Kelas Digital Marketing, Solusi Tepat Pemula untuk Belajar Cepat!

Belajarlagi Writer
8 Min Read
Published:
April 10, 2023
Updated:
April 10, 2023

Kelas digital marketing cocok untuk kamu yang masih pemula, namun ingin belajar cepat agar bisa berkarir di bidang ini. Karena di kelas digital marketing, kamu akan dipandu oleh para ahli berpengalaman, serta kurikulum yang sudah disusun dan disesuaikan dengan permintaan pasar dan waktu belajar.

Seiring perkembangan teknologi dan internet yang begitu masif, digital marketing kini menjadi idola baru bagi perusahaan ketika menyusun strategi pemasaran. Tak heran jika banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga pemasar digital profesional. Jika kamu ingin menekuni bidang ini, sebagai pemula kamu bisa mendapatkan gaji di angka 5 hingga 10 juta rupiah.

Melansir Simplilearn, seseorang yang telah mengikuti kelas digital marketing akan memiliki sertifikat. Nah, sertifikat ini adalah bukti bahwa kamu telah menyelesaikan kursus dan mempelajari beberapa keterampilan berharga dalam durasi yang ditentukan.

Alasan Pentingnya Belajar Digital Marketing

Sebelum melihat rekomendasi kelas digital marketing, kamu juga harus memiliki motivasi untuk mempelajarinya. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kamu harus belajar digital marketing, terutama di era industri 5.0!

1.  Pengguna Internet Mobile yang Terus Meningkat

Internet telah masuk ke daftar kebutuhan pokok generasi sekarang. Smartphone atau mobile phone semakin mudah didapatkan. 

Menurut DataReportal, per Januari 2022, jumlah pengguna internet Indonesia mencapai 204,7 juta orang. Adapun, tingkat penetrasi internet di Indonesia mencapai 73,7 persen dari total populasi.

Dengan mengintegrasikan pemasaran secara keseluruhan maka pemasaran digital bisa menjangkau target konsumen di seluruh platform online, melalui situs web, email, media sosial, dan aplikasi. 

2.  Belajar Digital Marketing untuk Masa Depan

Tidak ada kata terlambat untuk belajar digital marketing. Digital marketing merupakan salah satu spesialisasi yang sangat dicari oleh banyak perusahaan saat ini. Jika kamu menguasai Digital Marketing, maka peluangmu mendapatkan pekerjaan akan lebih besar.

Banyak penawaran untuk posisi digital marketer, internet marketer, online marketing specialist, SEO expert, content production, digital marketing consultant, dan sebagainya. Artinya, prospek digital arketing sangat bagus untuk masa depan.

3.  Metode Pemasaran Digital Lebih Efektif

Metode pemasaran secara digital jauh lebih efektif daripada pemasaran secara konvensional. Misalnya, saat ini sudah banyak media massa cetak yang beralih ke media online. Media massa tidak perlu lagi mencetak berita, sehingga bisa menghemat biaya percetakan. Selain itu, media digital juga mudah untuk disebarluaskan. 

Dengan perkembangan digital juga, saat kamu ingin beriklan, kamu bisa menentukan target audiens yang lebih spesifik. Mulai dari usia, jenis kelamin hingga demografinya. 

4. Bersaing dengan Kompetitor

Setiap pebisinis pasti ingin lebih unggul dibandingkan dengan kompetitornya. Saat ini hampir semua pelaku usaha bisnis beralih menggunakan digital marketing untuk mempromosikan produk atau brand mereka, mulai dari pelaku usaha kecil sampai dengan pelaku usaha besar. Dengan menggunakan digital marketing mereka akan mampu menjangkau target pasar dengan baik. 

Digital marketing sangat berperan dalam pembentukan personal branding dan identitas bisnis di dunia digital. Strategi digital marketing yang tepat mampu mengantarkan bisnis ke reputasi bisnis yang valuable, memiliki kualitas, dan dipercaya oleh konsumen.

5.  Belajar Digital Marketing Itu Mudah

Saat ini sudah banyak situs-situs yang membuat artikel tentang pembelajaran digital marketing. Kamu juga bisa mempelajari via e-book yang berformat PDF, sehingga kamu bisa mempelajarinya kapan saja dan di mana saja dengan mudah. 

Selain itu, kamu juga bisa belajar Digital Marketing via online course. Belajar melalui online course akan membantumu belajar dengan lebih efektif. Online course merupakan pilihan yang tepat bagi siapa pun yang ingin belajar mengenai digital marketing, baik pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Daftar Rekomendasi Kelas Digital Marketing

Lantas, apa saja kelas digital marketing yang direkomendasikan untuk memperoleh sertifikasi? Simak daftarnya berikut ini!

1. Google Digital Garage - Fundamental of Digital Marketing

Digital Garage pada dasarnya merupakan program nirlaba yang dijalankan oleh Google dengan menggandeng berbagai partner. Salah satu program yang tersedia adalah Fundamentals of Digital Marketing.

Fundamentals of Digital Marketing adalah kelas digital marketing online gratis berisi materi mengenai website, Google My Business, Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), social media, email marketing, serta content marketing.

Tujuan kelas ini jelas untuk memberikan ilmu dasar mengenai digital marketing dan bisa diikuti oleh siapa saja, mulai dari Fresh Graduate hingga profesional.

2. Google Analytics Academy 

Kelas digital marketing online berikutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Google Analytics Academy. Jika dibandingkan dengan kursus sebelumnya, kursus ini berisi bahasan spesifik berupa pembahasan seluk beluk program web analytics.

Dari Google Analytics Academy kamu akan mengetahui betapa Google Analytics sangat membantu aktivitas digital marketing melalui website yang kamu jalankan.

3. HubSpot Academy - Free Inbound Marketing

HubSpot Academy merupakan salah satu penyedia kelas digital marketing secara gratis. Kamu cukup mendaftar sebagai member untuk mengikuti kelasnya.

Khusus di HubSpot Academy - Free Inbound Marketing, kamu akan belajar Inbound Marketing yang merupakan teknik pemasaran untuk menarik pelanggan ke produk dan layanan melalui content marketing, social media marketing, dan sebagainya.

4. Udemy - The Complete Digital Marketing Course - 12 Courses in 1

Berikutnya ada Udemy yang punya The Complete untuk kelas Digital Marketing Course - 12 Courses in 1. Udemy merupakan marketplace pembelajaran dan pengajaran online dengan 183.000 kursus dan 40 juta peserta dari berbagai belahan dunia.

The Complete Digital Marketing Course - 12 Courses in 1 sendiri adalah 1 kelas yang terdiri dari 12 kursus, yakni Market Research, WordPress, Email Marketing, Copywriting, SEO, YouTube Marketing, Social Media Marketing, Linkedin Marketing, App Marketing, Google Adwords, Facebook Ads, dan Google Analytics.

5. Meta Blueprint

Meta Blueprint adalah salah satu kelas digital marketing online gratis dari Facebook (Meta) untuk mengenal Facebook Ads luar dan dalam. Dibagi menjadi beberapa pelajaran, eLearning dari Blueprint mengajarkan kamu bagaimana cara membangun bisnis. 

Selain gratis, eLearning dari Blueprint juga fleksibel.Kamu bisa mengaksesnya kapanpun kamu bisa. Meta Blueprint ini bisa digunakan untuk bisnis UKM maupun agensi besar.

6. Twitter Flight School

Twitter Flight School juga merupakan salah satu kelas digital marketing online besutan Twitter untuk mengedukasi para marketer dan agency

Disini, kamu bisa mempelajari cara membangun brand awareness, meluncurkan produk, mendorong penjualan, dan berinteraksi dengan audiens di Twitter.

7. YouTube Creators Academy

Seperti yang sudah diketahui, video merupakan pendekatan marketing yang banyak digemari belakangan ini. Oleh karena itu, penting bagi pelaku bisnis untuk mempelajari cara menggiring banyak orang untuk melihat video di channel bisnis yang dimiliki. 

Sebagai platform berbagi video terbesar saat ini, tak ketinggalan Youtube juga meluncurkan YouTube Creator Academy. Mengusung tagline “Maximize your Channel”, online course ini bertujuan untuk memaksimalkan channel yang dimiliki, seperti:

  • Cara mendapatkan uang melalui YouTube
  • Menganalisis YouTube analytics
  • Membangun bisnis
  • Serba-serbi hak cipta di YouTube
  • Membuat konten menarik

8. TikTok Business Learning Center

TikTok juga menyediakan kelas digital marketing online untuk membantu pelaku bisnis berkembang. 

Dengan mengikuti kelas online gratis ini, peserta diharapkan bisa mengembangkan keterampilan marketing yang dimiliki, mulai dari mengerti ekosistem digital marketing, sampai menjadi ahli TikTok ads.

9. SEMRush Academy

SEMrush tak hanya menawarkan tools yang berguna untuk kampanye digital marketing. Ternyata, mereka juga memiliki program kelas digital marketing online dan sertifikasi secara gratis, lho. 

Kursus ini ditawarkan untuk para pemula yang baru mempelajari SEO serta digital marketing secara umum. Setelah mengikuti kursus, kamu juga akan mengikuti ujian yang juga gratis sebelum mendapatkan sertifikasi.

10. Udacity Digital Marketing Course

Rekomendasi berikutnya termasuk ke dalam kelas premium. Artinya, kamu harus membayar sejumlah biaya terlebih dahulu sebelum bisa bergabung dengan kelas digital marketing satu ini. Meski berbayar, kelas ini sangat direkomendasikan karena ada banyak sekali hal yang akan diajarkan.

Kamu akan belajar mulai dari dasar digital marketing, meningkat ke strategi pembuatan konten digital marketing, SEO, Google Ads, email marketing, hingga memaksimalkan fungsi Google Analytics. Durasi kelas ini kurang lebih 3 bulan dan kamu akan belajar selama 10 jam per minggu.

11. Reliablesoft Academy

Sama seperti SEMRUSH, Reliablesoft juga termasuk salah satu agensi digital kenamaan. Agensi ini membuka kelas digital marketing dalam 9 kelas berbeda. 

Jika ingin mendapatkan sertifikat digital marketing, kamu harus menyelesaikan seluruh kelas tersebut. Tidak hanya sampai di situ, kamu juga harus mengikuti ujian dan lulus. 

Materi yang diajarkan hampir sama seperti pelatihan yang lain yaitu tentang Search Engine Optimization (SEO), Google Analytics, dan berbagai strategi digital marketing.

12. Linkedin Learning

Sudah sejak lama LinkedIn menyediakan berbagai kelas gratis yang bisa diakses penggunanya. Salah satunya adalah kelas digital marketing bertajuk “Becoming a Digital Marketing Specialist”. 

Dengan mengikuti pelatihan ini, kamu akan mendapatkan banyak ilmu. Beberapa topik yang dibahas antara lain email marketing, content marketing, social media marketing, Google Ads, SEO foundations, dan masih banyak lagi. 

Sertifikat pelatihannya bisa langsung kamu sematkan di profil LinkedIn setelah menyelesaikan seluruh rangkaiannya.

13. Google Skillshop

Kelas digital marketing ini dirancang oleh para pakar produk dari Google. Di sini, kamu bisa mengembangkan skill yang bisa langsung dipraktikkan. Ada banyak kursus yang bisa diambil misalnya Google Marketing Platform dan Google Ads.

Pelatihan ini gratis dan kamu juga akan mendapatkan sertifikat setelah selesai mengikuti seluruh rangkaian pelatihan. Selain skill digital marketing, kamu juga bisa mengambil pelatihan lain yang diinginkan.

Mengikuti pelatihan digital marketing seperti yang sudah dijelaskan di atas akan memberikan banyak benefit bagi kamu. Ilmunya bisa diterapkan untuk memajukan bisnismu sendiri atau menggunakan sertifikatnya untuk melamar kerja.

14. eMarketing Institute

Sedikit berbeda dengan tempat kelas digital marketing yang lain, eMarketing Institute memfasilitasi para calon pemasar untuk belajar melalui e-book digital marketing yang telah mereka sediakan. 

Sampai tulisan ini dibuat, total ada 10 topik sertifikasi dari e-book digital marketing yang dapat kamu pelajari secara GRATIS, yaitu: 

  • E-commerce Certification 
  • Affiliate Marketing Certification 
  • Blogging Certification 
  • Content Marketing Certification 
  • Email Marketing Certification 
  • Online Marketing Fundamental Certification 
  • SEO Certification 
  • Social Media Marketing Certification 
  • Search Engine Marketing Certification 
  • Web Analytics Certification

15. Ahrefs Academy

Rekomendasi kelas digital marketing terakhir adalah Ahrefs Academy. Ahrefs merupakan perusahaan penyedia tool optimasi website yang memfasilitasi user-nya dengan topik-topik seputar SEO. 

Saat ini ada 6 topik kelas digital marketing yang dapat kamu ikuti secara gratis, yang mana salah satunya merupakan sertifikasi SEO. Enam topik tersebut adalah: 

  • Ahrefs Certification Course 
  • How to Use Ahrefs 
  • SEO Course for Beginner 
  • Blogging for Business 
  • Advanced Link Building 
  • The Best of Ahrefs TV

Peluang Bisnis dan Karir Digital Marketing

Melansir Think with Google, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki pertumbuhan pengguna internet tercepat di dunia. Bahkan, jumlah pengguna smartphone naik 3 kali lipat dalam lima tahun, dan 60% penduduknya telah memiliki ponsel (±156 juta orang).

Apabila kita perhatikan angka tersebut, sederhananya dapat kita simpulkan bahwa itu merupakan sebuah “Peluang Emas” dalam beberapa tahun mendatang. 

Peluang itu hendaknya dapat ditangkap oleh berbagai kalangan, khususnya para pemegang jabatan di suatu perusahaan, para pemilik bisnis, dan juga orang-orang yang ingin meniti karir di bidang tersebut. 

1. Peluang Berbisnis dengan Digital Marketing 

Berikut ini hal-hal yang mustahil dilakukan sebelum adanya digital marketing (jika dapat dilakukan pun akan menghabiskan biaya yang sangat besar), namun kini dapat dilakukan hanya dengan sentuhan jari dan berbiaya rendah:

• Menjangkau Siapa Saja dengan Biaya yang Lebih Terjangkau 

Pada zaman sebelum digital marketing, kamu akan menghabiskan milyaran rupiah jika ingin mengenalkan produk melintasi benua. Namun kini hal itu dapat dilakukan hanya dengan ratusan ribu rupiah per minggu dengan misalnya, beriklan di Instagram. 

Tidak hanya melalui iklan, kamu  juga dapat menjangkau seluruh wilayah yang memiliki akses internet dan memperkenalkan produk Anda menggunakan situs web. 

Membuat situs web tidak memakan banyak biaya bahkan dapat dilakukan dengan gratis. Namun jangan lupa bahwa banyak produsen juga membuat situs web jadi selain membuat kamu  juga harus menerapkan SEO (mengoptimalkannya) agar dapat ditemukan oleh calon pembeli potensial. 

• Memilih dengan Detail Siapa Target Iklan 

Salah satu cara terbaik untuk menarget audiens yang sesuai dengan produk atau jasa yang kamu  tawarkan adalah dengan memasang iklan di media yang anggota komunitasnya kemungkinan besar memiliki minat pada produk milikmu. 

Selain itu, bisa juga di lokasi yang sering dikunjungi orang-orang mungkin berminat pada produkmu.

• Memelihara Komunitas Pengguna Produk secara Global 

Dengan adanya fitur grup di Facebook, WhatsApp, Telegram serta berbagai fitur di media sosial maka kamu dapat mengumpulkan mereka yang menggemari produk dan merek milikmu di dalam suatu wadah online. 

Kamujuga dapat menyelenggarakan acara online yang dihadiri oleh anggota komunitas dari seluruh dunia menggunakan platform pertemuan online seperti Zoom. 

Memang tidak ada yang dapat menggantikan pertemuan fisik namun saat pertemuan fisik tidak dapat dilakukan, wadah online menjadi alternatif yang paling ideal dan ramah biaya untuk berinteraksi dengan komunitas pelanggan perusahaanmu.

2. Peluang Karir Digital Marketing 

Saat ini bisa dibilang hampir semua hal telah atau sedang menunggu digitalisasi. Perusahaan-perusahaan di semua sektor mulai fokus pada perkuatan kehadiran online mereka. 

Untuk mencapai hal itu, perusahaan-perusahaan tersebut memerlukan tenaga-tenaga digital marketer. Selain permintaan yang terus bertambah, jenjang karirnya juga menjanjikan. Itulah sebabnya karir digital marketing semakin diminati banyak orang. 

Berikut ini beberapa alasan mengapa kamu harus mempelajari keterampilan ini dan mengambil kelas digital marketing: 

• Banyaknya Permintaan di Bidang Ini 

Hampir semua bisnis mengalokasikan anggarannya lebih banyak ke digital marketing alih-alih pemasaran konvensional. Hasilnya, banyak perusahaan yang mencari tenaga pemasar digital untuk membantu mereka menghadapi persaingan. 

Dengan banyaknya kebutuhan yang belum semuanya terpenuhi, tidak heran bahwa pendapatan seorang pemasar digital berpengalaman dapat mencapai belasan juta per bulan. 

• Tidak Membutuhkan Latar Belakang Pendidikan Khusus 

Jika kamu ingin belajar digital marketing, tidak perlu mengkhawatirkan latar belakang pendidikan seperti lazimnya di bidang lain. Kamu hanya perlu belajar teknik digital marketing dan banyak mempraktekkannya untuk menambah pengalaman dan menyusun portofolio. 

Kamu tidak perlu mendapatkan gelar lain atau pergi ke perguruan tinggi untuk memulai karir di bidang ini. Meskipun latar belakang pendidikan pemasaran atau informatika akan berguna namun bukan berarti sebuah keharusan. Pengetahuan digital marketing masih memungkinkan untuk dipelajari tanpa latar belakang pendidikan tertentu. 

• Keamanan Kerja yang Lebih Baik 

Jika keamanan kerja menjadi perhatianmu, maka ini adalah saat yang tepat untuk belajar digital marketing karena pada tahap ini teknologi digital marketing hanya akan semakin berkembang dan banyak digunakan. 

Perhatikan apa yang terjadi saat pandemi covid-19 mulai tahun lalu. Banyak sekali perusahaan dan industri yang melakukan adaptasi agar tidak tergulung oleh gelombang pandemi. 

Salah satu cara yang dipakai adalah dengan mengadopsi atau memperkuat divisi pemasaran digital mereka, karena itulah cara yang paling masuk akal untuk menjangkau target pasar mereka di tengah-tengah pandemi.  

• Pilihan Bidang Pekerjaan yang Beragam 

Ada banyak pilihan keahlian dalam dunia digital marketing yang dapat dijelajahi. Entah kamu baru menyelesaikan pendidikan formal atau sudah bekerja sebagai profesional, kamu akan menemukan sesuatu yang baru.  

Dengan mempelajari digital marketing, kamu dapat menguasai beberapa keahlian sekaligus sehingga kamu akan dapat memilih dari beragam pilihan jabatan yang ada seperti SEO, Social Media Manager, ahli Search Engine Marketing, Analytics Manager, Content Marketing Manager, dan masih banyak lagi.

• Pertumbuhan Industri yang Cepat 

Meskipun digital marketing sudah ada sejak lama namun lahirnya internet membuatnya semakin bertaji. Seiring dengan semakin meluasnya penggunaan teknologi internet maka digital marketing juga semakin bertumbuh. Bahkan pertumbuhan ekonomi digital 10 kali lebih cepat daripada ekonomi offline. 

Kemunculan pandemi Covid-19 di tahun 2020 membuat peran penting digital semakin tak terbantahkan. Di masa yang akan datang permintaan tenaga ahli digital marketing ini diperkirakan akan semakin meningkat seiring banyaknya wilayah di bumi yang terhubung dengan internet. 

Semakin banyak perusahaan yang menyadari keuntungan pemanfaatan internet dan platform digital. Digital marketing memiliki potensi yang besar untuk memungkinkan para pemilik bisnis menjangkau audiens yang lebih luas, mengembangkan bisnis mereka dan memperoleh lebih banyak pendapatan.

• Terbukanya Peluang Berwirausaha 

Jika kamu ingin memulai usaha sendiri, menguasai digital marketing jelas akan menguntungkan. 

Kamu dapat menggunakan keahlian mu untuk mendirikan agensi digital marketing milikmu sendiri atau memasarkan produk atau jasa perusahaanmu.

Nah, itu dia informasi tentang kelas digital marketing yang siap membantumu meningkatkan skill. Kamu bisa mengikuti kelas trial sebelum mengambil kelas premium, agar tahu ingin menembangkan skill yang mana. Selamat belajar!

No items found.
Belajarlagi author:

Belajarlagi Writer

Tim penulis Belajarlagi yang profesional dan berdedikasi untuk memberi informasi berkualitas demi Teman Belajar

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.