Digital Marketing Training: Definisi, Manfaat, dan Rekomendasinya

Mengikuti digital marketing training bisa jadi pilihan yang tepat untuk pemula. Simak manfaat dan rekomendasi penyedia pelatihannya berikut ini!

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Digital Marketing Training: Definisi, Manfaat, dan Rekomendasinya

Pernahkah kamu mendengar atau bahkan sedang memiliki ketertarikan untuk mengikuti digital marketing training?

Beberapa tahun belakangan ini, digital marketing merupakan posisi pekerjaan dengan gaji yang menggiurkan. Belum lagi seorang digital marketer yang memiliki berbagai macam skill seputar digitalisasi marketing, tak heran jika banyak orang yang mulai tertarik dengan posisi ini.

Namun, digital marketing bukan sesuatu yang bisa dipelajari dalam semalam. Butuh banyak riset, belajar, dan juga latihan. Belum lagi kamu wajib membangun portofolio yang menarik. Maka tak heran jika digital marketing training menjadi salah satu pilihan bagi pemula di bidang ini.

Bila kamu salah satu yang hendak mengambil digital marketing training, maka informasi berikut ini wajib untuk kamu simak. Jangan lupa dicatat, ya!

Mengenal Digital Marketing Training

Seluruh dunia saat ini telah mengalihkan perhatiannya ke media digital. Internet kini telah digunakan untuk hal-hal yang paling sederhana hingga yang paling rumit. Dari hal yang sifatnya personal, hingga profesional.

Facebook dan Instagram yang sebelumnya dipandang sebagai media komunikasi sosial informal, kini telah menjadi bagian utama dari digital marketing. 

Generasi masa kini cenderung memilih menggunakan digital marketing untuk bisnis mereka. Keunggulannya antara lain, bisa menjangkau audiens lebih luas, bisa dioperasikan dimana saja, dan tentu saja lebih murah dibandingkan marketing tradisional.

Bila kamu tertarik untuk terjun ke dunia digital marketing namun masih awam, maka mengikuti digital marketing training adalah hal yang tepat. Dibanding belajar individual, disini kamu akan dilatih dan belajar sesuai kurikulum yang disusun oleh para ahli. Dalam segi waktu, ini tentu saja dinilai lebih efisien.

Mengutip Simplilearn, digital marketing training akan menjabarkan dengan lebih mendalam tentang pemasaran digital. Peserta juga akan diajarkan untuk menyusun strategi mengkomunikasikan merek melalui berbagai media digital dan menentukan model bisnis daring dalam melakukan aktivitas pemasaran digital. 

Selanjutnya kamu akan belajar cara untuk menarik pelanggan dengan menggunakan media sosial dan meningkatkan penjualan dengan menggunakan aplikasi e-commerce. Selain itu kamu juga akan mempelajari mengenai elemen pemasaran. 

Terakhir, akan ada pembelajaran mengenai cara melakukan evaluasi dan mengukur tingkat keberhasilannya.

Adapun goals yang ingin dicapai setelah mengikuti digital marketing training adalah sebagai berikut: 

  • Memberikan mindset dan pengetahuan terkait Komunikasi Pemasaran Digital
  • Memberikan skill pada peserta dalam mengkomunikasikan merek dan produk melalui media digital.
  • Mengoptimalkan komunikasi pemasaran digital yang sudah dilakukan peserta.

Lebih cepat dibandingkan dengan bootcamp, umumnya digital marketing training dilakukan selama satu hingga dua bulan saja. Maka tak heran bila ini menjadi pilihan bagi universitas atau perusahaan ketika hendak membekali mahasiswa atau pekerja mereka dengan ilmu digital marketing.

Mengapa Harus Mengikuti Digital Marketing Training?

Jawabannya tentu saja agar kamu bisa mengoptimalisasi penggunaan tools dalam digital marketing untuk mencapai keuntungan maksimum. Dalam jenjang karier, ini akan menjadi investasi diri yang akan membantumu memperoleh pekerjaan yang lebih baik.

Namun, ada pula manfaat lainnya yang akan kamu dapatkan setelah mengikuti digital marketing training. Berikut ini penjelasannya, dilansir dari Iim Skills

1. Pemahaman yang mendalam tentang konsep inti

Topik digital marketing training akan mencakup semua elemen penting yang membentuk proses pemasaran digital. Mulai dari memberikan arahan tentang cara kerja SEO dan SEM, hingga HTML lanjutan dan WordPress, atau Joomla. 

Jadi, dipastikan kamu dapat memperoleh pemahaman mendalam tentang semua elemen melalui digital marketing training ini.

Modul utama dan sub modul digital marketing training adalah SEO, SEM, Mobile Marketing. Ada pula content marketing, Analitik, Pemasaran Email, Pemasaran Afiliasi, Pemasaran Influencer, dan inbound marketing. Ditambah lagi copywriting, Pemasaran Konten, Pemasaran media sosial, periklanan, otomatisasi pemasaran, dll.

Untuk digital marketing, sangat penting untuk memiliki pengetahuan luas tentang satu atau lebih modul ini. Selain itu, seorang digital marketer harus memahami konsep inti dari elemen-elemen ini. Juga, mereka harus akrab dengan terminologi berbeda yang terkait dengan konsep tersebut.

2. Pilihan karir yang menguntungkan

Pertumbuhan di dunia digital telah terjadi dengan sangat cepat. Alhasil, hampir semua perusahaan saat ini membutuhkan orang-orang yang cekatan dan berbakat untuk membantu inisiatif digital marketing mereka. 

Karier dalam pemasaran digital tidak hanya menarik tetapi juga sangat bermanfaat. Namun sayangnya, permintaannya saat ini melebihi pasokan ahli yang terampil dalam berbagai peran digital marketing. 

Oleh karena itu, seorang profesional yang mahir dalam bidang ini bisa memiliki pilihan karir yang sangat menguntungkan di depan mereka. Ini adalah salah satu aspek utama dari manfaat digital marketing training.

Bidang digital marketing memiliki banyak sebutan dan sebutan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Manajer Media Sosial
  • Manajer Digital Marketing
  • SEO Specialist 
  • Multimedia Specialist
  • Blogger
  • Media Planner 
  • Brand and Content Coordinator 
  • Desainer Grafis
  • Content Marketing Strategist 
  • Copywriter
  • PPC Specialist
  • Data Analyst
  • dll.

Jika kamu melihat berbagai portal pekerjaan saat ini, penawaran gaji yang ditawarkan untuk penulis konten/copywriter dengan portofolio yang bagus cukup tinggi. Dengan pengalaman beberapa tahun, penghasilan berkisar antara Rp5-8 juta/bulan. 

Dalam kasus Digital Marketer dan ahli strategi, gajinya bisa mencapai Rp10-15 juta/bulan tergantung pada tingkat pengalaman dan tingkat keberhasilan di proyek yang lalu. 

Karena ini adalah bidang yang dinamis, usia bukanlah penghalang untuk pertumbuhan profesional seorang digital marketer. Yang penting adalah kemampuan untuk menayangkan kampanye berkualitas tinggi dengan hasil yang sama tingginya. 

Dengan sertifikasi dari lembaga terkenal yang membuktikan kemampuanmu sebagai digital marketer yang produktif, kamu dapat melamar pekerjaan apapun yang diinginkan. 

Selain itu, digital marketing training juga memungkinkan kamu bertemu rekan sejawat atau bahkan orang dari perusahaan yang membutuhkan seorang ahli digital marketing untuk bisnis mereka.

3. Memiliki peluang lebih besar

Karena digital marketing adalah bidang yang kuat dan dinamis, bidang ini menawarkan peluang bagi para profesional tanpa membatasi mereka pada bidang pekerjaan tertentu. 

Seorang digital marketer yang telah menyelesaikan training dari lembaga terkemuka akan dilengkapi dengan pengetahuan luas tentang berbagai elemen pemasaran digital. Misalkan kamu mahir dalam desain grafis, pemasaran konten, pemasaran media sosial, dan Copywriting.

Maka kamu dapat memilih untuk bekerja di berbagai sektor yang memerlukan layanan ahli profesional di bidang ini. Selain itu, kamu juga bisa memilih jenis pekerjaan yang ingin kamu lakukan, memilih profil pekerjaan, dan melamar ke perusahaan manapun. 

Digital marketing training akan memberikanmu keunggulan dibandingkan rekan-rekan lainnya yang tidak mengikuti pelatihan serupa. Metode studi praktis bersama dengan pengetahuan teoritis sangat mendukung CV serta portofolio milikmu.

Ini adalah salah satu manfaat besar dari digital marketing training, yaitu membantu meningkatkan kepercayaan diri saat melamar pekerjaan di berbagai profil dan kategori. 

Pengetahuan yang kamu miliki karena training, akan membantumu mendapatkan poin ekstra ketika melamar pekerjaan. Jadi, kamu dapat melihat manfaat dari digital marketing training sangat besar asalkan kamu mau menginvestasikan waktu dan tenaga.

Pastikan untuk mengidentifikasi keterampilan yang merupakan poin terkuat dalam dirimu. Dapatkan pelatihan terutama di bidang yang ingin kamu kuasai dan kemudian jangan lupa buat portofolio. 

4. Dapat memulai karir dengan segera

Dilengkapi dengan sertifikasi dari digital marketing training dari lembaga terpercaya, kamu tidak perlu menunggu calon pemberi kerja dan peluang kerja untuk memulai karir di lapangan. 

Karena kamu sekarang mahir dalam keterampilan yang membutuhkan keahlian pemasaran digital, kamu dapat memulai situs web atau bahkan agensi sendiri dengan sangat baik. Ini adalah salah satu manfaat besar dari digital marketing training.

5. Kenyamanan dan fleksibilitas kerja

Digital marketing training akan membantu untuk memahami kemampuan dan memiliki keyakinan dirimu untuk mandiri. Ini membantu membangun pola pikir yang kuat saat kamu mengembangkan bidang keahlian. Manfaat kursus pemasaran digital sangat banyak dalam aspek ini. Selain dapat dipelajari secara online, training juga dapat dilakukan sambil melakukan pekerjaan lain dan sesuai keinginan.

Karena sebagian besar digital marketing training dilakukan secara online, kamu dapat mengambilnya dari manapun dan kapanpun. 

Setelah seseorang menyelesaikan digital marketing training, mereka memiliki keuntungan untuk bekerja sesuai dengan syarat dan ketentuan mereka sendiri untuk melamar pekerjaan reguler atau bekerja dari rumah. 

Hal yang kamu butuhkan untuk melanjutkan pekerjaan digital marketing adalah laptop atau tablet, dan koneksi internet. Oleh karena itu, memperkuat keahlianmu dengan training diperlukan saat ini. Ini menawarkan fleksibilitas dan kenyamanan untuk memilih apa yang ingin kamu lakukan dan bagaimana kamu ingin menjalani karier.

6. Peluang bekerja freelance

Setelah kamu mendapatkan training bersertifikat seputar digital marketing, kamu akan menemukan banyak peluang freelance yang menghampiri. 

Ada beberapa pekerjaan lepas yang diposting online untuk berbagai kategori dalam pemasaran digital. Baik itu Copywriting, desain situs web, atau pembuatan konten, kamu akan selalu dapat menemukan pekerjaan yang selaras dengan profil pekerjaanmu.

Karena training ini memberikanmu pengetahuan mendasar tentang bagian-bagian dalam digital marketing, kamu akan secara otomatis melihat bahwa pekerjaan yang dipasang sepadan dengan pelatihan yang kamu lalui. 

Rekomendasi Digital Marketing Training

Umumnya, digital marketing training dilakukan oleh lembaga yang bekerjasama dengan institusi dan akan dilakukan secara langsung/offline.

Namun bila kamu masih merupakan individu yang tidak tergabung dengan institusi manapun dan ingin mengikuti pelatihan ini, berikut ada beberapa rekomendasi digital marketing training yang bisa kamu ikuti, antara lain:

1. Facebook Blueprint

Terdapat 90 jenis kelas digital marketing training yang ditawarkan dan bisa kamu ikuti di Facebook Blueprint. 

Setiap kelas memberikan pembelajaran yang berbeda seputar advertising, pengaturan ads, pengukuran ads performance, media buying, peningkatan penjualan online, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan sertifikat pelatihan dari Facebook Blueprint, kamu tidak harus menyelesaikan semua kelasnya. Pilih saja beberapa yang paling kamu minati.

2. The Complete Digital Course Udemy

Udemy merupakan platform online course yang sudah cukup populer. Platform yang satu ini menyediakan begitu banyak materi pelatihan termasuk digital marketing training. 

Untuk bisa mengikuti kelasnya, kamu harus membayar biaya registrasi terlebih dahulu.

Biaya masih cukup terjangkau, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena uang yang dibayarkan akan setimpal dengan ilmu yang didapatkan.

3. Google Digital Garage

Kursus atau digital marketing training yang selanjutnya ini dikelola oleh Google. Kamu juga sudah bisa melihat melalui namanya. Menariknya, pelatihan ini sudah mendapatkan akreditasi dari Interactive Advertising Bureau Europe dan The Open University.

Kamu akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan digital marketing. Contohnya antara lain social media, selling online, Google Analytics, dan lain-lain. Kursus ini memiliki durasi 40 jam dan terdapat 28 modul di dalamnya.

4. LinkedIn Learning Becoming a Digital Marketing Specialist

Sudah sejak lama LinkedIn menyediakan berbagai kelas gratis yang bisa diakses penggunanya. Salah satunya adalah kelas digital marketing training bertajuk, “Becoming a Digital Marketing Specialist”. 

Dengan mengikuti pelatihan ini, kamu akan mendapatkan banyak ilmu. Beberapa topik yang dibahas antara lain email marketing, content marketing, social media marketing, Google Ads, SEO foundations, dan masih banyak lagi. 

Sertifikat pelatihannya bisa langsung kamu semakan di profil LinkedIn setelah menyelesaikan seluruh rangkaiannya.

5. Google Skillshop

Digital marketing training satu ini dirancang oleh para pakar produk dari Google. Di sini, kamu bisa mengembangkan skill yang bisa langsung dipraktikkan. Ada banyak kursus yang bisa diambil misalnya Google Marketing Platform dan Google Ads.

Pelatihan ini gratis dan kamu juga akan mendapatkan sertifikat setelah selesai mengikuti seluruh rangkaian pelatihan. Selain skill digital marketing, kamu juga bisa mengambil pelatihan lain yang diinginkan.

Mengikuti pelatihan digital marketing seperti yang sudah dijelaskan di atas akan memberikan banyak benefit bagi kamu. Ilmunya bisa diterapkan untuk memajukan bisnismu sendiri atau menggunakan sertifikatnya untuk melamar kerja.

6. SEMRUSH Academy

SEMRUSH adalah salah satu perusahaan digital marketing ternama. Siapa sangka kalau perusahaan ini juga membuka digital marketing training secara online. 

Ada beragam jenis kelas pelatihan yang bisa kamu pilih. Masing-masing kelas bisa diselesaikan dalam waktu 30 menit sampai 5 jam.

Tidak perlu takut mengeluarkan biaya, karena digital marketing training dari SEMRUSH ini 100% gratis! Menarik banget, kan?

7. Reliablesoft Academy

Sama seperti SEMRUSH, Reliablesoft juga termasuk salah satu agensi digital kenamaan. Agensi ini membuka digital marketing training dalam 9 kelas berbeda. 

Jika ingin mendapatkan sertifikat digital marketing, kamu harus menyelesaikan seluruh kelas tersebut. Tidak hanya sampai di situ, kamu juga harus mengikuti ujian dan lulus. 

Materi yang diajarkan hampir sama seperti pelatihan yang lain yaitu tentang Search Engine Optimization (SEO), Google Analytics, dan berbagai strategi digital marketing.

8. Udacity Digital Marketing Course

Rekomendasi digital marketing training satu ini termasuk kelas premium. Artinya, kamu harus membayar sejumlah biaya terlebih dahulu sebelum bisa bergabung dengan kelasnya. Meski berbayar, kelas ini sangat direkomendasikan karena ada banyak sekali hal yang akan diajarkan.

Kamu akan belajar mulai dari dasar digital marketing, meningkat ke strategi pembuatan konten digital marketing, SEO, Google Ads, email marketing, hingga memaksimalkan fungsi Google Analytics. Durasi kelas ini kurang lebih 3 bulan dan kamu akan belajar selama 10 jam per minggu.

Keuntungan Memahami Digital Marketing untuk Bisnis

Setelah mengikuti digital marketing training tentu kamu ingin mengaplikasikannya untuk bisnis, bukan? Baik untuk dirimu sendiri atau perusahaan, berikut ini keuntungannya menerapkan digital marketing untuk bisnis:

1. Bisnis Mudah Ditemukan 

Dampak positif yang pertama yaitu bisnis akan mudah ditemukan secara organik. Orang-orang yang memakai internet menjadi lebih mudah dalam menemukan produk atau jasa yang kamu tawarkan. 

Terlebih lagi bila melihat data jumlah pengguna internet. Ternyata Indonesia di tahun 2022 memiliki 204 juta orang yang menggunakan internet. Data ini berdasarkan data komprehensif dari databoks. 

Bila orang-orang mudah menemukan bisnis milikmu melalui internet maka brand awareness tentu akan meningkat. Setelah awareness meningkat, akan lebih mudah mendatangkan cuan. 

2. Mudahnya Melihat Perilaku Konsumen 

Keuntungan kedua dari digital marketing yang kamu dapat adalah data. Kamu menjadi mudah mengambil data yang menampilkan perilaku konsumen. 

Melalui tools yang tepat (seperti Google Analytics, social media dashboard, dan tools lain) dalam digital marketing, maka setiap konsumen yang datang bisa diukur perilakunya. Mulai dari yang membeli hingga yang hanya melihat-lihat saja. 

Teori internet marketing sangat bisa diaplikasikan pada tools yang nanti kamu pelajari dalam pelaksanaan internet marketing pada sebuah brand. 

3.Kombinasi Peran Media Sosial dan Search Engine 

Dalam internet saat ini, media sosial mengalami pertumbuhan paling pesat. Kemunculannya menjadi tempat orang saling berinteraksi dengan orang lain. 

Sayangnya, media sosial saja tidak cukup mengembangkan bisnis. Sebab banyak bisnis ternama yang memadukan peran search engine + media sosial. 

Kamu bisa memasang website agar lebih mudah ditemukan orang-orang dalam search engine (Google, Yahoo! dan lainnya). Setelah itu maka perpaduan peran search engine dan media sosial membuat bisnis semakin kuat. 

Hal itu bisa diusahakan dengan melakukan digital marketing. Apalagi bila kamu sudah memiliki tim yang bisa memanfaatkan digital marketing. Pasti hasilnya lebih menguntungkan.

4. Membangun Komunitas Konsumen 

Dilansir dari NEX, internet menjadi wadah tanpa batas untuk menghubungkan orang-orang, karena tidak adanya sekat antara daerah dan waktu. Maka internet sangat memungkinkan untuk mengumpulkan orang-orang dari berbagai daerah dan karakteristik.  Nantinya mereka akan lebih nyaman berkumpul pada brand yang kamu miliki. 

Digital Marketing ini akan membantumu dalam membentuk komunitas konsumen dengan sendirinya. 

Setelah mengandalkan website, yang nantinya diindex oleh Google, lalu mengandalkan media sosial juga, maka komunitas akan terbentuk. Banyak pebisnis yang tidak pandai menjaga komunitas konsumen yang sudah terbentuk. Sebab mereka pikir komunitas konsumen akan selalu loyal pada bisnisnya. 

Nah, digital marketing akan membuat kamu menjadi lebih mawas diri dalam menjaga komunitas konsumen. Sehingga bila kamu membuat promo, akan selalu ada yang antusias mengikuti promo. 

5. Memasang Iklan Tak Harus di TV 

Akan ada saatnya ketika bisnis sudah besar dan tidak bisa lagi mengandalkan organik saja. Harus dipadukan antara organik dan strategi berbayar. Strategi berbayar yang paling menguntungkan adalah dengan memasang iklan di internet. 

Memasang iklan bisa menjadi murah dan sangat menguntungkan asal tidak sembarangan. Melalui digital marketing, kamu bisa memasang iklan yang powerful tanpa harus membayar mahal di TV dan koran nasional. 

Kesimpulan

Poin-poin di atas merupakan informasi seputar digital marketing training. Seperti yang kita ketahui, digital marketing adalah bidang yang produktif dan menarik. Dengan mengikuti digital marketing training akan membantu dirimu untuk mengambil langkah pertama menuju karier yang sangat sukses dalam pemasaran digital. 

Training akan membantumu dalam mengambil peluang yang tepat dan mengembangkan keterampilan yang relevan melalui teori dan tugas praktis. Kamu hanya perlu bekerja keras dan berlatih dengan rajin menyerap semua informasi penting yang diberikan selama training ini berlangsung. 

Karena setelah digital marketing training selesai, kamu akan melihat berbagai peluang karir yang menanti. Semoga beruntung!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.