15 Contoh Website dari Berbagai Jenis Bisnis dan Perusahaan

Jessica Dima
8 Min Read
Published:
October 13, 2025
Updated:
October 13, 2025

Contoh website untuk usaha atau bisnis seperti apa, sih? Pada era digital seperti sekarang, penggunaan website sangat penting untuk meningkatkan perkembangan bisnis. Bukan cuma bisnis skala besar yang butuh website, bisnis skala kecil dan sedang pun sebaiknya memilikinya.

Keberadaan website dalam sebuah usaha itu tidak sebatas formalitas saja. Melalui website, kita dapat membangun citra bisnis menjadi lebih profesional dan kredibel. Bukankah dua hal itu pada akhirnya turut membantu mengembangkan bisnis menjadi lebih besar?

Kali ini Tim Belajarlagi sudah menyiapkan rangkuman lengkap mengenai manfaat website beserta jenis-jenisnya. Tak lupa juga ada beberapa contoh website dari beragam usaha yang bisa kita pelajari. Simak bersama-sama yuk!

Apa manfaat website dalam bisnis?

Sepenting apa sih memiliki website dalam menjalankan usaha? Website sejatinya punya peran dan manfaat sebagai berikut:

Mendorong bisnis terlihat lebih profesional

Adanya social media marketing memang membantu sebuah bisnis menjangkau audiens lebih banyak. Namun, ingat pula bahwa bisnis mana pun juga bisa memiliki media sosial secara gratis. Itu artinya, kredibilitas dari sebuah bisnis tidak bisa hanya kita lihat dari halaman Facebook, Instagram, ataupun TikTok.

Sementara, membangun dan membuat website jelas membutuhkan biaya. Audiens lebih condong menilai profesionalitas sebuah bisnis dari website-nya. Pebisnis yang sungguh-sungguh menjalankan usahanya bisa kita cermati dari ada tidaknya website.

Ya, website membantu usaha terlihat lebih profesional dan pastinya kredibel. Oleh sebab itu, kita perlu mempertimbangkan memiliki website saat ingin mengembangkan bisnis agar makin maju.

Meningkatkan visibilitas

Pengguna internet di dunia sangat tinggi, angkanya di atas 4,5 miliar orang. Di Indonesia sendiri, para pengguna internet kian meningkat dari waktu ke waktu. Tanpa memanfaatkan website, mustahil usaha kita bisa ditemukan oleh audiens.

Audiens sering menggunakan mesin pencari seperti Google untuk menemukan sesuatu yang mereka butuhkan. Dengan strategi SEO yang tepat pada website, usaha kita berpotensi lebih mudah audiens temukan. Otomatis visibilitas bisnis ikut meningkat sehingga dikenal banyak orang.

Memperkuat kepercayaan dan loyalitas

Karena website membuat sebuah usaha lebih kredibel, tentu saja itu akan berdampak pula ke kepercayaan audiens. Kita dapat juga menampilkan ulasan dari pelanggan di website. Dari situ, loyalitas pelanggan pun makin kuat.

Website menjadi media untuk membangun kepercayaan dan loyalitas. Jadi, membuat website adalah investasi terbaik dalam memajukan usaha.

Menjangkau audiens lebih banyak selama 24 jam

Website juga menjadi “toko” terbaik bagi kita untuk berjualan. Berbeda dengan layanan chat ataupun marketplace, website mampu melayani pengunjung selama 24 jam. Kita bisa memberikan ruang nyaman bagi pelanggan untuk berbelanja dan bertransaksi kapan saja.

Selain itu, website jelas membantu usaha kita menjangkau audiens lebih banyak. Makin baik visibilitas kita, peluang hadirnya pelanggan baru pun makin besar.

Tipe-tipe website

Sebelum melihat contoh desain dan isi website dari berbagai bisnis, kita pelajari dulu ya jenis-jenisnya berikut ini:

Website bisnis atau perusahaan

Ini merupakan jenis website paling umum yang berisi tentang profil, visi, hingga produk bisnis dari sebuah perusahaan. Website bisnis biasanya menawarkan layanan dan tempat nyaman bagi pelanggan untuk berbelanja. Selain itu, website pada usaha berskala besar juga punya tujuan membangun citra profesional di mata klien ataupun investor.

Namun sekali lagi, kita pun bisa menciptakan website sekalipun bisnis kita masih berskala kecil ataupun sedang. Lewat website, kita dapat mencantumkan hal-hal yang menjadi visi sekaligus keunggulan produk atau layanan dibandingkan pesaing lainnya. Ini akan menjadi pijakan kuat guna membangun bisnis agar lebih besar.

Website ecommerce

Website ecommerce dirancang untuk dapat melayani jual dan beli produk ke konsumen secara daring. Isi dari website ini banyak berfokus pada katalog produk hingga sistem pembayaran yang mudah. Karena bentuknya ecommerce, maka produk yang muncul pada website ini bisa sangat beragam dari berbagai merek.

Website portofolio

Tipe website portofolio lebih sering digunakan oleh freelancer atau agensi yang menyediakan jasa tertentu secara profesional. Website ini isinya portofolio atau hasil pekerjaan yang pernah dilakukan bersama banyak klien. Tujuan adanya website ini adalah untuk kepercayaan calon klien baru sekaligus menunjukkan kualitas layanan dan pekerjaan.

Dalam website portofolio, biasanya juga ada ulasan dari para klien yang dapat memperkuat kredibilitas freelancer atau agensi. Oleh sebab itu, ketersediaan portofolio sangat penting untuk bisnis yang berfokus pada layanan atau jasa tertentu.

Website blog

Website yang khusus berupa blog umumnya menyediakan konten berupa artikel yang sifatnya edukatif dan informatif bagi audiens. Melalui website blog, audiens memperoleh pengetahuan baru yang relevan dengan kebutuhan mereka.

Pada akhirnya, konten tulisan dalam blog ini nantinya mendorong audiens untuk lebih mudah memahami produk atau layanan apa yang bisnis tawarkan. Agar bisa menjangkau audiens lebih tepat, strategi SEO sangat penting digunakan untuk mengembangkan website blog.

Baca juga: 8 Cara Membuat Blog Pribadi untuk Pemula!‍

Website landing page

Jenis website landing page fokusnya lebih spesifik ke pemasaran, entah itu promo, penjualan produk baru, dan lain-lain. Website ini isinya hanya satu tulisan yang tujuan mendorong audiens untuk melakukan tindakan. Jadi, tampilannya memang lebih simpel dan terkesan hard selling.

Website reservasi

Website ini berfungsi membantu audiens memesan tempat, acara, ataupun layanan tertentu. Misalnya, hotel, hostel, restoran, konser, dan lain-lain. Website biasanya membantu audiens dalam memesan atau memperoleh tiket untuk acara tertentu secara daring dan lebih praktis.

Contoh website dari berbagai bisnis

Nah, berikut contoh website bisnis dengan desain yang menarik dan pastinya disesuaikan dengan branding mereka. Pelajari isinya juga yuk!

Belajarlagi

contoh website edutech

Belajarlagi menyediakan program bootcamp online, corporate training, hingga sertifikasi yang bermanfaat untuk pengembangan keterampilan. Fokusnya ada pada keterampilan digital dengan kurikulum yang komprehensif dengan biaya terjangkau.

Pada website Belajarlagi, kita bisa menemukan program dan layanan apa yang tersedia. Selain itu, ada juga artikel-artikel yang pastinya menunjang pengetahuan kita akan digital marketing. Belajarlagi juga menawarkan tools AI yang bisa kita akses dengan sistem berlangganan.

Ini adalah contoh website bisnis yang memberikan paket lengkap informasi bagi audiens. Untuk kita yang membutuhkan tempat belajar atau mengembangkan bisnis, isi dari website Belajarlagi dapat jadi solusi.

Salah satu kelas yang cukup populer dan bisa kita ikuti adalah Bootcamp Full Stack Digital Marketing. Program belajar intensif selama 8 pekan ini akan membantu kita dalam mempelajari sekaligus memahami digital marketing. Baik itu lewat teori maupun praktik.

Dengan para instruktur yang berpengalaman, Bootcamp Full Stack Digital Marketing memberikan kurikulum yang lengkap. Misalnya, brand building, copywriting, SEO, social media marketing, dan masih banyak lagi. Semuanya itu bakal jadi bekal terbaik untuk kita berkarier sebagai digital marketer.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai pendaftaran dan jadwal kelas, bisa cek langsung di website Belajarlagi, ya!

Riliv

contoh website kesehatan

Melalui website-nya, Riliv menyediakan layanan konseling untuk pribadi maupun perusahaan. Selain itu, Riliv juga menyertakan info mengenai kerja sama (partnership) serta artikel-artikel mengenai kesehatan mental. Ciri khas dari website ini adalah minimalis dengan penggunaan warna biru sebagai branding yang kuat.

Samsung

contoh website gadget

Website Samsung menonjolkan berbagai rangkaian produk yang mereka tawarkan ke konsumen. Misalnya, ponsel, televisi, laptop, hingga peralatan elektronik rumah tangga. Dengan adanya katalog produk di website, Samsung memberi kemudahan bagi audiens untuk berbelanja dari berbagai tempat di banyak negara.

Gojek

contoh website layanan

Meski sudah dikenal banyak pengguna lewat aplikasinya yang serba praktis, Gojek tetap membangun website sebaik mungkin, lho. Pada website Gojek, kita dapat menemukan visi dan misi perusahaan, produk atau layanan apa saja yang ditawarkan, artikel, hingga peluang karier. Gojek menjadi bukti bahwa kecanggihan aplikasi tetap harus diimbangi dengan pengelolaan website yang sama baiknya.

Bakpia Tugu

contoh website makanan f&b

Sebagai salah satu oleh-oleh khas Yogyakarta yang cukup populer dari mulut ke mulut, Bakpia Kukus Tugu Jogja tetap memiliki website yang menarik. Melalui website ini, kita bisa mengenal merek ini secara lebih mendalam. Mulai dari keunggulannya, apa saja produknya, lokasi toko, hingga promo-promo menarik. Bukti nih kalau bisnis lokal pun tetap butuh website.

Tokopedia

contoh website ecommerce

Sebagai marketplace, website Tokopedia menampilkan produk-produk yang bisa audiens pesan secara daring dan praktis. Meski memiliki aplikasi, Tokopedia tetap mengelola website karena ada jenis pengunjung yang merasa nyaman membeli lewat situ. Selain memuat informasi promo, kita juga bisa mengenal Tokopedia melalui visi dan misi yang tercantum di website.

Baca Juga: 10 Cara Membuat Website tanpa Coding, Cocok untuk Pemula!

J&T

contoh website jasa layanan

Website J&T memiliki fokus utama pada layanan pengiriman dokumen maupun barang. Dari website ini, kita akan memperoleh banyak informasi terkait layanan, estimasi ongkos kirim, hingga pelacakan pengiriman barang. Selain itu, website ini juga memuat promo-promo menarik yang bisa audiens nikmati.

Alfagift

contoh website marketplace

Website Alfagift menawarkan kemudahan berbelanja secara online dari lokasi mana pun. Banyak informasi promo bisa kita dapatkan dari website ini. Selain itu, Affagift juga memakai website-nya untuk mendorong audiens mengunduh aplikasi belanja yang lebih praktis.

Wardah

contoh website kecantikan

Sebagai salah satu merek produk kecantikan lokal yang populer, Wardah menonjolkan branding-nya lewat website. Bukan hanya menampilkan produk-produk unggulan, website Wardah juga menyajikan informasi dan rekomendasi kecantikan bagi audiens.

Jiwa Grup

contoh website kopi

Jiwa Grup memiliki beberapa merek yang dikenal audiens. Melalui website ini, Jiwa Grup mencantumkan tiga brand unggulannya: Janji Jiwa, Sejuta Jiwa, dan Janji Jiwa Culture. Website ini makin memperkuat branding serta kredibilitas Jiwa Grup dalam memberikan produk terbaik bagi pelanggannya.

Traveloka

contoh website penerbangan

Website Traveloka menjadi semacam situs reservasi yang memudahkan pengunjung menemukan layanan yang diperlukan. Mulai dari transportasi, rental kendaraan, hotel, hingga pertunjukan. Meski ada juga dalam versi aplikasi, website ini pun tetap ramai dikunjungi karena memudahkan orang dalam reservasi.

Paxel

contoh website jasa

Paxel belakangan ini menjadi brand penyedia layanan pengiriman barang yang populer karena dinilai cepat dan aman. Website Paxel tidak cuma menampilkan promo, tetapi juga kemitraan, layanan, hingga pelacakan pengiriman. Yang unik dari website ini adalah branding warna ungu dan kuning yang begitu kuat serta menancap di benak audiens.

Point Coffee

contoh website coffee shop

Lewat website, Point Coffee ingin menunjukkan kualitas dan kredibilitasnya sebagai merek yang menawarkan produk minuman kopi bagi pelanggan. Saat ini popularitas Point Coffee memang tengah naik karena rasanya yang enak dengan harga lebih terjangkau. Kita bisa cek apa saja sih menu unggulan merek ini lewat website-nya.

Alodokter

contoh website kesehatan

Website Alodokter memberikan kemudahan pagi pengunjung untuk berobat ke dokter. Selain itu, ada juga layanan membeli obat secara daring yang praktis. Website ini juga memiliki banyak artikel kesehatan yang berguna untuk memperluas informasi pengguna.

Aerostreet

contoh website pakaian

Aerostreet dikenal sebagai merek sepatu berkualitas dengan harga terjangkau. Seiring dengan perkembangan bisnisnya, Aerostreet pun melebarkan produk ke pakaian dan parfum. Nah, lewat website-nya, kita bisa mengenal lebih dekat mengenai merek-merek yang ada di Aerostreet beserta official store yang tersedia.

Baca Juga:15 Cara Membuat Tampilan Blog Keren, Menarik Perhatian User!

Kesimpulan

Dari contoh website yang ada, kita bisa melihat bagaimana website punya peran besar dalam perkembangan bisnis. Misalnya: meningkatkan kredibilitas dan profesionalitas merek, meningkatkan visibilitas, memperkuat kepercayaan pelanggan, serta memberi layanan 24 jam.

Maka, penting ya bagi kita untuk membuat website saat tengah mengembangkan bisnis, sekalipun itu masih dalam skala kecil ataupun sedang.

#
Digital Marketing
Belajarlagi author:

Jessica Dima

Freelance SEO content writer yang 5+ berpengalaman menulis artikel dengan berbagai topik: pekerjaan, gaya hidup, edukasi, dan kesehatan mental. Selain SEO, ia mempunyai passion khusus pada storytelling.

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Topik apa yang paling menarik untuk anda?
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Cookie Consent

By clicking “Accept”, you agree to the storing of cookies on your device to enhance site navigation, analyze site usage, and assist in our marketing efforts. View our Privacy Policy for more information.