10+ Cara Viral di Tiktok dengan Membuat Konten FYP dan Memahami Algoritma

Belajarlagi Writer
8 Min Read
Published:
November 20, 2023
Updated:
June 7, 2024

Halo, Teman Belajar! Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan singkatan ajaib "FYP" di TikTok, yang merupakan singkatan dari "For You Page"? Masuk ke dalam halaman FYP merupakan cara utama agar kamu viral di Tiktok.

Jika kamu pernah bertanya-tanya bagaimana cara FYP di TikTok dengan cepat dan mudah, maka kamu berada di tempat yang tepat! Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang strategi dan tips praktis yang akan membantu kamu meraih kesuksesan di TikTok. 

Apapun jenis kontenmu, apakah itu tarian, komedi, menyanyi, atau hanya ingin berbagi pengetahuanmu, kami akan membantu kamu memahami rahasia di balik video yang viral di Tiktok.

Jadi, mari kita mulai perjalanan kita untuk mengungkap cara viral di Tiktok dengan membuat konten yang FYP. Siap-siap untuk jadi bintang TikTok berikutnya, yah!

Apa itu FYP di Tiktok?

cara agar viral di tiktok

FYP atau "For You Page", adalah salah satu elemen inti dari platform media sosial TikTok. Kamu mungkin pernah mendengar atau melihat singkatan ini saat menjelajahi aplikasi TikTok, bukan? 

Secara sederhana, FYP adalah cara viral di Tiktok dengan menampilkan serangkaian video-video pendek yang disesuaikan dengan preferensi dan aktivitas kamu sebagai pengguna di halaman utama.

Proses di balik FYP melibatkan algoritma yang canggih yang terus memantau perilaku pengguna. Proses pemantauan ini mencakup video-video yang kamu tonton, video yang kamu like, komentar yang kamu tinggalkan, dan bahkan profil akunmu. Dengan data-data ini, algoritma berusaha untuk memahami minat dan preferensi kamu.

Seiring waktu, FYP akan menampilkan video yang diharapkan akan sesuai dengan minat kamu. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih menarik dan memungkinkan kamu menemukan konten yang paling relevan dan menarik.

Saat pertama kali membuka halaman FYP kamu akan melihat berbagai video TikTok yang viral atau populer. Jasi, saat video kamu muncul di FYP, ini bisa pertanda bahwa kontenmu akan mendapatkan perhatian lebih banyak orang. 

Semakin banyak orang yang melihat video kamu, semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan like, komentar, berbagi, dan pertumbuhan pengikut. Dengan kata lain, FYP adalah salah satu kunci untuk mencapai viralitas dan visibilitas di TikTok. 

Sebab itu, pemahaman tentang cara konten muncul di FYP dan strategi untuk mencapai ini sangat penting bagi para kreator dan pengguna TikTok.

Baca Juga: Apa Sih yang Bikin TikTok Banyak Penggunanya?

Memahami Algoritma di Tiktok

Cara viral di Tiktok lainnya adalah dengan memahami algoritma dari media sosial ini. Algoritma di media sosial TikTok adalah serangkaian peraturan dan prosedur matematis yang mengendalikan tampilan dan distribusi konten di platform tersebut. 

Algoritma TikTok berfungsi sebagai otak di balik aplikasi, bertujuan untuk mempersonalisasi pengalaman pengguna dengan menampilkan video yang paling relevan dan menarik bagi setiap pengguna.

Algoritma TikTok bekerja melalui beberapa tahapan yang kompleks. Ini termasuk:

  • Pemantauan Perilaku Pengguna: Algoritma TikTok memantau dengan cermat perilaku kamu sebagai pengguna. Ini mencakup video yang kamu tonton, video yang kamu like, komentar yang kamu tinggalkan, berapa lama kamu menonton video, serta profil akunmu. Semua data ini digunakan untuk memahami minat dan preferensi kamu.
  • Analisis Konten: Setiap video di TikTok dianalisis berdasarkan faktor-faktor seperti durasi, kualitas produksi, interaksi pengguna, dan banyak lagi. Algoritma mencoba untuk mengidentifikasi video yang memiliki potensi untuk menarik perhatian dan berpotensi viral.
  • Peringkat Konten: Algoritma memberikan peringkat kepada video berdasarkan faktor-faktor tersebut. Video dengan peringkat lebih tinggi memiliki peluang lebih besar untuk muncul di FYP (For You Page).
  • Tampilan Di FYP: Video yang telah diberi peringkat tinggi kemudian dihadirkan di FYP pengguna. FYP adalah halaman utama TikTok yang menampilkan video-video yang diharapkan sesuai dengan minat pengguna.
  • Siklus Umpan Balik: Proses ini berulang terus-menerus. Algoritma terus memantau aktivitas dan menyesuaikan tampilan video sesuai dengan perubahan minat dan preferensi pengguna.

Mengapa penting memahami algoritma TikTok? Pengetahuan tentang Algoritma memungkinkan kamu untuk memahami bagaimana konten muncul di FYP.  video yang masuk ke halaman FYP, dapat membantumu mencapai lebih banyak tampilan, like, komentar, dan berbagi. 

Dengan memahami algoritma, kamu dapat merencanakan konten yang lebih sesuai dengan minat pengguna dan strategi yang lebih efektif untuk mencapai viralitas di TikTok. Dengan kata lain, pemahaman ini adalah kunci untuk sukses di platform ini, dan itu adalah alasan mengapa kamu harus memahami bagaimana algoritma TikTok bekerja.

Baca Juga: Apa Itu TikTok Ads? Intip Ulasan Lengkapnya di Sini!

Cara Agar Viral di TikTok dengan Konten FYP

cara agar FYP di TikTok

Selain memperhatikan algoritma, cara viral di Tiktok yang paling penting adalah membuat konten yang FYP!

Ada berbagai jenis konten yang berpotensi mendapatkan perhatian di FYP (For You Page) TikTok. Contohnya, kamu bisa membuat video konten tantangan yang sedang tren, video lucu, video edukasi atau tutorial, video template, kreasi seni, dan masih banyak lagi. 

Namun, selain membuat konten yang menarik, algoritma TikTok juga mempertimbangkan faktor-faktor lain. Di bawah ini beberapa cara membuat video konten yang cepat dan mudah FYP di Tiktok. Yuk, disimak!

1. Pahami Audiens Kamu

Sebelum membuat video, luangkan waktu untuk memahami minat dan preferensi audiens. Pertimbangkan siapa target audiens dan apa yang mereka cari di TikTok. Pengetahuan ini akan membantumu menciptakan konten yang lebih sesuai dengan minat mereka.

Analisis ini membantu kamu memahami minat, preferensi, dan perilaku pengguna, sehingga kamu dapat menciptakan konten yang lebih sesuai dengan audiens. 

Kamu bisa menggunakan alat analitik yang tersedia di Tiktok, yaitu fitur Insight. Kamu bisa menemukan fitur ini di Profil Tiktok mu. Di sana, kamu akan menemukan informasi tentang demografi pengikutmu, waktu online pengikut, dan sebagainya. Informasi ini dapat memberikan pandangan awal tentang siapa yang mengikuti kamu.

Selain alat analitik TikTok, kamu juga dapat menggunakan platform analitik eksternal untuk mendapatkan wawasan lebih dalam tentang audiens. Alat seperti Google Analytics dapat membantu kamu memahami asal geografis, perilaku online, dan minat audiens kamu.

Menganalisis audiens adalah proses yang berkelanjutan. Teruslah memantau data analitik, mendengarkan umpan balik pengikut, dan berinteraksi dengan audiens, yah! 

2. Ciptakan Judul dan Deskripsi yang Menarik

Judul dan deskripsi video kamu adalah faktor penting dalam menarik perhatian pengguna. Gunakan judul yang singkat, kreatif, dan deskripsi yang menggambarkan konten secara menarik.

Coba untuk menggunakan jelaskan dengan rinci dan menggunakan kata semi formal, dengan panggilan 'kamu' untuk pembaca. Buat juga judul sejelas mungkin, coba untuk membuat judul yang membangkitkan rasa ingin tahu audiens. Contohnya, "Tips Rahasia Untuk Meningkatkan Kreativitasmu!" atau "Inilah yang Terjadi Ketika Kami Makan 100 Burger dalam Satu Hari!"

Deskripsi video harus memberikan informasi tambahan tentang apa yang pengguna akan lihat di video kamu. Gunakan beberapa kalimat untuk menjelaskan dengan rinci apa yang akan terjadi dalam video. Juga, tambahkan sentuhan pribadi atau humor untuk membuatnya lebih menarik.

Jangan lupa juga untuk menggunakan hashtag yang sesuai dengan konten kamu. Hashtag membantu video kamu ditemukan oleh pengguna yang mencari konten sejenis.

3. Ciptakan Video Pendek yang Padat dan Menarik

TikTok adalah platform video pendek, jadi kamu harus memadatkan konten yang menarik dalam waktu singkat. Coba untuk mulai video kamu dengan aksi menarik atau momen paling penting untuk menggoda penonton di awal. Pahami content pillar juga sebelum membuat content plan.

Nah, Sebelum kamu mulai merekam, penting juga untuk kamu menentukan tujuan video kamu. Apa pesan atau cerita yang ingin kamu sampaikan? Apakah kamu ingin menghibur, mengedukasi, atau menginspirasi penonton? Memiliki tujuan yang jelas membantu dalam merencanakan konten.

Jangan lupa, usahakan untuk hanya menyampaikan satu ide atau pesan inti dalam video. Jangan mencoba mencakup terlalu banyak informasi dalam video singkat.

Setelah merekam, luangkan waktu untuk mengedit video. Potong adegan yang tidak perlu dan pastikan alur cerita berjalan lancar. Gunakan alat pengeditan di TikTok atau aplikasi pihak ketiga untuk menyempurnakan video. Jangan lupa untuk  mempertimbangkan durasi video. Sebab, video TikTok biasanya singkat, tetapi durasinya bervariasi. 

Baca Juga: 9 Cara Buat Tweet Viral di Twitter dengan Mudah

4. Gunakan Musik yang Tepat

Pilih lagu atau musik yang sesuai dengan tema atau mood video kamu. Musik yang cocok dapat meningkatkan daya tarik video kamu. Pastikan musik yang kamu pilih sesuai dengan tema dan pesan video kamu. Misalnya, jika video kamu tentang perjalanan ke pantai, lagu dengan nuansa tropis mungkin sesuai.

Kamu bisa menggunakan lagu atau musik yang sedang populer di TikTok dapat meningkatkan peluang video kamu muncul di FYP. Lagu-lagu populer seringkali mendapatkan lebih banyak perhatian.

Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa musik yang kamu pilih tidak melanggar hak cipta. Jika kamu tidak yakin tentang status hak cipta sebuah lagu, sebaiknya hindari menggunakannya.

5. Gunakan Efek Khusus dan Filter

TikTok menyediakan beragam efek khusus dan filter. Memilih efek khusus dan filter yang sesuai untuk video TikTok adalah langkah penting dalam menciptakan konten yang menarik dan memungkinkan video kamu muncul di FYP (For You Page). Gunakan ini untuk menambahkan sentuhan kreatif pada video kamu. Efek visual ini dapat memikat perhatian audiens.

Cobalah untuk memilih efek khusus dan filter yang sesuai dengan mood dan pesan video kamu. Gunakan efek dan filter secukupnya, hindari penggunaan berlebihan. Terlalu banyak efek atau filter dapat membuat video terlihat berantakan.

Jika ada trend atau tantangan yang sedang populer di TikTok, pertimbangkan untuk mengikuti tren tersebut dengan penggunaan efek atau filter yang sesuai. Hal ini dapat meningkatkan peluang video kamu muncul di FYP karena terkait dengan tren saat ini.

6. Tingkatkan Kualitas Video Konten

Meskipun TikTok dikenal dengan video sederhana, kualitas produksi yang baik tetap penting. Pastikan pencahayaan bagus, suara yang jernih, dan pengambilan gambar yang stabil.

TikTok mempertimbangkan kualitas video dalam proses pengindeksan dan pemeringkatan video di FYP (For You Page). Meskipun TikTok tidak memiliki pedoman kualitas video yang sangat kaku, kualitas visual dan audio video masih berperan penting dalam menentukan seberapa baik suatu video akan tampil di FYP.

Video yang memiliki kualitas visual dan audio yang baik cenderung lebih disukai oleh pengguna, mendapatkan lebih banyak like, komentar, dan berbagi, yang pada gilirannya meningkatkan kemungkinan video tersebut muncul di FYP.

Nah, untuk meningkatkan kualitas video pemilihan perangkat dan alat yang tepat adalah langkah awal yang penting. Gunakan smartphone dengan kamera berkualitas tinggi dan fitur yang mendukung pengambilan gambar yang baik. 

Perhatikan juga pengaturan kamera smartphone kamu diatur ke kualitas gambar dan resolusi yang tinggi. Video dengan resolusi tinggi akan terlihat lebih profesional. Selain itu, gunakan cahaya alami atau lampu tambahan jika diperlukan. Hindari pencahayaan yang terlalu terang atau terlalu gelap.

Video yang goyang atau bergetar juga dapat merusak kualitas kontenmu. Pertimbangkan untuk menggunakan tripod atau alat stabilisasi lainnya untuk memastikan video kamu tetap stabil. Pastikan juga suara pada video kamu jernih dan dapat didengar dengan baik. Gunakan mikrofon eksternal jika diperlukan, terutama jika ada suara latar belakang yang bising.

7. Partisipasi dalam Tantangan atau Trending Challenges

Mengikuti tren dan tantangan (Trending Challenges) di TikTok dapat membantu meningkatkan peluang video kamu muncul di FYP. Tren dan tantangan seringkali mendapatkan perhatian yang besar dari pengguna Tiktok. 

Video yang terkait dengan tren tersebut memiliki potensi lebih besar untuk mendapatkan views yang banyak dan berinteraksi dengan lebih banyak pengguna. 

Tren dan tantangan biasanya mencerminkan minat dan topik populer saat itu. Dengan mengikuti tren, video kamu menjadi lebih relevan dengan audiens TikTok yang sedang mencari konten sejenis. Mengikuti tren, kamu dapat menarik lebih banyak perhatian dan mendapatkan lebih banyak like, komentar, dan berbagi.

Video yang terkait dengan tren dan tantangan cenderung mendapatkan lebih banyak eksposur. Mereka dapat muncul di halaman penjelajahan (Discover), dan algoritma TikTok lebih mungkin menyarankan video tersebut kepada pengguna lain.

Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun mengikuti tren dapat membantu, itu tidak menjamin bahwa setiap video yang kamu buat tentang tren akan muncul di FYP. jadi, selama kamu menemukan strategi yang pas untuk kontenmu, kamu bisa mengikuti tren yang ada untuk meningkatkan peluang masuk ke halaman FYP. 

Baca Juga: Display Barang Trending TikTok Bisa Untung!

8. Hubungkan dengan Penonton

Berinteraksi dengan penonton di TikTok adalah hal yang positif dan dapat membantu meningkatkan keterlibatan dan loyalitas pengikutmu. 

Meskipun berinteraksi dengan penonton itu penting, itu sendiri mungkin tidak secara langsung membuat video kamu muncul di FYP (For You Page). Algoritma TikTok lebih berfokus pada sejumlah faktor, termasuk kualitas video, interaksi pengguna, konsistensi, dan relevansi.

Namun, berinteraksi dengan penonton memiliki beberapa manfaat yang dapat mempengaruhi sejauh mana video kamu berhasil di platform ini.

Merespons komentar atau pertanyaan penonton secara positif dan ramah dapat membangun loyalitas pengikut. Pengikut yang setia lebih cenderung terlibat secara aktif dengan konten kamu dan mendukung video kamu dengan like dan komentar. 

Ketika penonton merasa bahwa mereka diperhatikan dan dihargai, mereka lebih cenderung berbagi video kamu dengan pengikut mereka sendiri. Ini dapat memperluas jangkauan video kamu. 

Berinteraksi dengan komentar dan pesan dari pengikutmu secara konsisten dapat meningkatkan keterlibatan video. Video dengan banyak like, komentar, dan berbagi cenderung lebih baik dalam peringkat oleh algoritma TikTok.

9. Konsistensi dan Keaslian

Membuat konten yang konsisten dan autentik di TikTok adalah salah satu kunci untuk meningkatkan peluang video kamu muncul di FYP. 

Tetaplah mengunggah konten secara teratur. Semakin konsisten kamu, semakin besar peluang untuk membangun pengikut dan mendapatkan perhatian di TikTok. Coba untuk menerapkan tema atau gaya konsisten dalam konten kamu membantu membangun pengikut yang setia. 

Pengikut yang menikmati konten kamu dan tahu apa yang diharapkan dari kamu lebih cenderung terlibat secara aktif dan mendukung video kamu dengan like, komentar, dan berbagi.

Selain itu, buat juga konten yang autentik. Penonton lebih cenderung tertarik pada konten yang mencerminkan kepribadian dan minatmu. Ketika konten kamu konsisten dan autentik, kamu membangun kredibilitas di mata penonton. Pengikut akan lebih cenderung percaya kepada kamu dan menilai video kamu positif.

10. Optimasi Profil Akun Tiktok

Optimasi profil kamu di TikTok dapat memengaruhi sejauh mana video konten kamu muncul di FYP. Profil yang lebih menarik, informatif, dan konsisten dapat membantu menarik perhatian pengguna dan menjadikan akun kamu lebih relevan di mata algoritma Tiktok.

Ketika profil kamu lebih menarik dan informatif, pengguna mungkin lebih cenderung untuk berinteraksi dengan video-video kamu, dan ini dapat membantu meningkatkan peluang video kamu muncul di FYP.

Nah, untuk memaksimalkan profil akun Tiktok mu, coba untuk menggunakan foto profil yang menarik dan mencerminkan identitas kamu atau konten kamu. Foto ini harus terlihat jelas bahkan dalam ukuran kecil. 

Isi biodata kamu dengan informasi singkat tentang diri kamu atau tema konten kamu. Gunakan kata-kata yang menggambarkan siapa kamu dan apa yang pengguna dapat harapkan dari konten kamu.

Usahakan untuk mempertahankan konsistensi dalam nama pengguna kamu di seluruh platform media sosial. Cara ini membantu pengikut yang ada dan calon pengikut menemukan kamu dengan lebih mudah.

Jika memungkinkan, buat profil kamu terbuka agar video kamu bisa ditemukan oleh lebih banyak orang dan video kamu dapat lebih sering muncul di FYP. Kamu juga bisa menambahkan tautan menuju ke akun media sosial atau situs web yang ingin kamu promosikan.

Selain itu, kamu juga bisa gunakan hashtag yang relevan di bio kamu. Cara ini dapat membantu pengguna menemukan profil kamu saat mereka mencari konten yang sesuai dengan minat mereka.

Mengoptimalkan profil kamu secara keseluruhan dapat membantu menarik pengikut yang lebih banyak, memperkuat identitas akun kamu, dan membuat akun kamu lebih relevan di mata algoritma TikTok.

11. Analisis Kinerja Konten

Menganalisis kinerja video konten di TikTok menggunakan alat analitik bawaan TikTok dapat membantu kamu memahami sejauh mana keberhasilan kontenmu. Setelah itu, kamu juga dapat meningkatkannya dengan melakukan pembaharuan konten dan optimasi lainnya.

Untuk menggunakan alat analitik Tiktok kamu hanya perlu membuka ikon profil - statistik atau analytics - pilih video yang akan di analisis. Pada halaman video tersebut, kamu akan menemukan berbagai data analitik, seperti jumlah views, like, komentar, share, waktu menonton, gender, dan lokasi audiens. 

Setelah mendapatkan data, coba untuk tinjau data tersebut dengan cermat. Apakah video kamu mendapatkan banyak tampilan, suka, atau komentar? Bagaimana keterlibatan pengguna? Di mana mayoritas penonton video kamu berada?

Perhatikan, apakah penggunaan hashtag pada kontenmu berdampak positif pada kinerja?  Sebab, terkadang beberapa hashtag mungkin lebih efektif daripada yang lain. Lakukan analisis secara berkala untuk melihat tren dan perubahan dalam kinerja video kamu.  

Gunakan data analitik untuk merencanakan konten di masa depan. Cobalah untuk mengulang kesuksesan yang kamu temukan dalam video-video sebelumnya dan eksperimen dengan elemen-elemen yang berbeda untuk terus meningkatkan kinerja kontenmu.

Menganalisis kinerja video kamu menggunakan alat analitik bawaan TikTok, kamu dapat mengidentifikasi apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan dalam strategi konten kamu. Data tersebut membantu kamu memahami audiens kamu lebih baik, sehingga kamu dapat membuat konten yang lebih relevan dan menarik bagi mereka.

Ingin ahli jadi ahli Media Sosial dan jago viral? Ikuti Social Media Optimization Bootcamp bersertifikat dari Belajarlagi!

social media bootcamp

Nah, itulah dia cara viral di Tiktok dengan membuat konten FYP di Tiktok! Strategi yang tepat dan selalu melakukan eksperimen pada kontenmu dapat meningkatkan peluang video kamu untuk mendapatkan perhatian yang lebih besar di TikTok.

Perlu diingat bahwa untuk berhasil di TikTok, kunci utamanya adalah kreativitas, konsistensi, dan berinteraksi dengan komunitas. Meskipun jenis konten tertentu dapat mendapatkan perhatian di FYP, konten kamu tetap perlu mencerminkan kepribadian dan minat kamu sendiri. Jangan ragu untuk bereksperimen dan menciptakan konten yang unik dan autentik, yah!

#
Social Media
#
Digital Marketing
Belajarlagi author:

Belajarlagi Writer

Tim penulis Belajarlagi yang profesional dan berdedikasi untuk memberi informasi berkualitas demi Teman Belajar

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.