Apa itu Value Proposition dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Membuat konsumen tertarik pada produk menjadi tantangan bagi perusahaan.Yuk, ketahui cara menarik minat konsumen melalui value proposition!

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Apa itu Value Proposition dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Ketika mengelola sebuah bisnis, sebuah perusahaan menginginkan produknya bisa dikenal dan mampu terjual banyak. Perlu strategi-strategi tertentu yang dilakukan untuk bisa menunjang keberhasilan dari pemasaran sebuah produk.

Value proposition menjadi salah satu bagian yang harus diperhatikan perusahaan karena memiliki peran yang cukup penting dalam dunia bisnis. Value proposition bisa memberikan pengaruh pada minat pelanggan dalam memilih untuk menggunakan produk atau jasa milik suatu perusahaan.

Kelebihan produk atau jasa suatu perusahaan bisa juga dilihat oleh pelanggan melalui value proposition. Karena itu, teman belajar harus tahu banyak hal mengenai value proposition

Apa itu Value Proposition?

Value proposition merupakan nilai yang diberikan perusahaan kepada konsumen ketika hendak membeli produk atau jasa dari perusahaan terkait.

Hal ini juga dijelaskan pada laman Investopedia yang mengatakan bahwa value proposition adalah nilai yang akan diperoleh konsumen jika konsumen mempunyai keinginan untuk membeli produk dari perusahaan. Value proposition juga menjadi penjelasan yang dapat dipahami dengan mudah oleh konsumen tentang alasan harus memilih produk di suatu perusahaan.

Maka dari itu, sebuah value proposition perlu memberikan penjelasan secara jelas terkait kegunaan produk dalam pemenuhan kebutuhan konsumen, memberitahukan konsumen tentang manfaat produk, dan juga memberikan pernyataan terkait kelebihan produk perusahaan jika dibandingkan dengan produk perusahaan lain.

Value proposition akan dikatakan ideal jika dapat langsung membuat konsumen mengambil keputusan untuk membeli produk perusahaan.

Value Proposition Canvas-01 - Value Proposition Canvas Logo, HD Png  Download - kindpng
Value Proposition Canvas

Definisi dari value proposition juga dilengkapi oleh Corporate Finance Insititute yang mengatakan bahwa value proposition mencakup manfaat produk atau jasa milik perusahaan yang akan diberikan dan diterima oleh konsumen. Value proposition pun menjadi senjata yang tepat untuk dapat meningkatkan pemasaran produk, hingga menambah jumlah konsumen tetap.

Setelah memahami apa itu value proposition, kamu pasti jadi mengerti mengapa value proposition menjadi hal yang penting dalam bisnis. Tujuan dari value proposition sendiri adalah untuk menarik konsumen supaya membeli produk dari perusahaan kamu, dengan memberikan pemahaman terkait manfaat, kemudahan, dan kegunaan dari produk yang kamu punya untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

Nah, bukan hanya pengertian dan tujuannya saja yang perlu kamu pahami, namun juga bagaimana cara membuat value proposition yang tepat supaya dapat mencapai keberhasilan untuk membuat konsumen memilih produk dari perusahaan milik kamu.

Cara Membuat Value Proposition

Membuat elemen value proposition tidak sama ya dengan membuat tagline yang biasa kamu lakukan. Perlu perencanaan yang lebih matang dan mendalam, supaya value proposition berjalan sesuai keinginan. 

Dari penjelasan sebelumnya, bisa kita simpulkan bahwa value proposition bisa diibaratkan sebagai sebuah pesan yang akan disampaikan kepada konsumen. Pesan tersebut berisikan alasan untuk konsumen memilih produk perusahaan milik kamu.

Value proposition sendiri memiliki beberapa elemen penting untuk bisnis kamu. Elemen-elemen tersebut adalah:

  • Newness

Newness merupakan inovasi dari produk perusahaan yang bisa ditawarkan kepada konsumen, yang bahkan mungkin belum dimiliki oleh perusahaan lain.

  • Performa

Elemen performa berkaitan dengan seberapa bagus kegunaan sebuah produk perusahaan.

  • Customization

Customization merupakan sebuah penawaran dari perusahaan yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

  • Problem Solved

Problem solved menjadi hal penting, karena berkaitan dengan bagaimana produk perusahaan bisa memberikan solusi dan penyelesaian masalah terhadap kebutuhan konsumen.

  • Design

Design merupakan sebuah keindahan dari visual sebuah produk yang bisa dilihat dan dinikmati oleh konsumen.

  • Status 

Elemen yang satu ini berkaitan dengan bagaimana produk perusahaan bisa menaikkan status sosial seseorang.

  • Harga

Menentukan harga sesuai dengan target konsumen. Sesuaikan harga dengan kualitas yang bisa diberikan kepada konsumen.

  • Aksesibilitas

Aksesibilitas merupakan kemampuan untuk memudahkan produk agar bisa dijangkau oleh banyak orang.

Kamu perlu memperhatikan elemen-elemen tersebut ketika hendak membuat value proposition untuk kemajuan bisnis. Yuk simak cara membuat elemen value proposition di bawah ini:

1. Memahami dengan Baik Visi dan Misi Perusahaan

Sebelum membuat value proposition, kamu harus mencoba untuk kembali memahami visi (tujuan) dan misi (aksi) yang perusahaan kamu telah buat di awal pembentukan perusahaan. Hal ini dilakukan supaya value proposition yang dibuat, sejalan dengan visi dan misi perusahaan.

2. Melakukan Analisa terhadap Calon Konsumen

Lakukan analisa terhadap calon konsumen untuk mengetahui produk atau jasa apakah yang sedang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen. Kamu bisa melakukan analisa terhadap konsumen secara online melalui survei yang dilakukan menggunakan google form.

3. Melakukan Riset terhadap Perusahaan Pesaing

Bukan suatu hal yang tidak mungkin, kamu akan memiliki bisnis dengan produk atau jasa yang sama dengan perusahaan lain. Karena itu, kamu perlu melakukan riset terhadap perusahaan saingan.

Carilah kekurangan serta kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan lain, setelah itu kamu bisa memulai untuk membuat value proposition dan juga unique selling proposition.

Produk atau jasa yang memiliki value proposition dan unique selling proposition yang baik, akan mendapatkan peluang yang lebih besar dalam menarik perhatian konsumen.

4. Perlihatkan Kemudahan yang Akan Konsumen Dapatkan

Untuk membuat value proposition, kamu juga perlu memberikan informasi tentang manfaat yang akan konsumen dapatkan jika membeli dan menggunakan produk dari perusahaan milik kamu.

Tambahkan juga beberapa kelebihan yang ada di produk perusahaan kamu, namun tidak ada di produk milik perusahaan pesaing.

Setelah ini, kamu bisa mulai untuk mencoba membuat value proposition yang sesuai dengan produk milik kamu ya. Pastikan kamu dapat membuat konsumen percaya untuk terus membeli dan menggunakan produk dari perusahaan kamu.

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.