Pindah Karier ke Project Management? Ini Tempat Belajarnya!

Belajarlagi Writer
8 Min Read
Published:
October 24, 2022
Updated:
November 10, 2022

Pindah Karier ke Project Management? Ini Tempat Belajarnya!

Halo Teman Belajar! Apakah kamu pernah dengar tentang project management atau project manager? Project management adalah sebuah metode yang perlu dirancang dengan baik agar bisa diimplementasikan oleh perusahaan pada saat menjalankan proyek-proyek besar. Sedangkan, orang-orang yang berprofesi di bidang ini biasanya disebut sebagai project manager

Project management juga biasa disebut dengan manajemen proyek. Pada dasarnya, project management ini akan mengatur suatu proyek, mulai dari ide yang sangat dasar hingga menjadi suatu produk. 

Apakah kamu tertarik untuk pindah karier ke bidang ini? Di artikel ini, BelajarLagi akan membahas sekilas tentang project management dan tempat rekomendasi yang bisa kamu kunjungi untuk belajar bidang ini. Yuk, baca hingga akhir!

Apa Itu Project Management?

Seperti yang sudah disinggung, project management adalah sebuah metode yang perlu dirancang dengan baik agar bisa diimplementasikan oleh perusahaan pada saat menjalankan proyek-proyek besar. Selain proyek besar maupun kecil di perusahaan, kamu juga bisa mempelajarinya untuk kemudian diimplementasikan di kehidupanmu sehari-hari, loh!

Beberapa tanggung jawab seorang project manager yaitu:

  • Merencanakan proyek sesuai dengan tujuan perusahaan melalui strategi-strategi yang dibuat,
  • Membimbing tim untuk mencapai tujuan atau goal dari satu proyek, 
  • Membuat outline, timeline, dan anggaran berdasarkan goal suatu proyek,
  • Membuat laporan kemajuan proyek, dan
  • Bertemu dengan para stakeholders.

Cukup banyak, bukan? Maka dari itu, suatu project manager tentunya tidak bisa bekerja sendiri dan membutuhkan bantuan tim serta orang lain agar bisa bekerja dengan baik dan mencapai tujuannya.

Cara Berkarier Menjadi Project Manager

Kalau kamu tertarik untuk switch career menjadi project manager, jangan khawatir! Kamu bisa asalkan ingin belajar dan mudah beradaptasi.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melihat postingan lowongan pekerjaan di bidang ini. Kamu bisa lihat, apa saja requirements dan job description untuk posisi ini. Setelah itu, kamu bisa melihat, apa kekuranganmu untuk kemudian kamu kembangkan agar bisa masuk ke bidang ini.

Setelah mengetahui kekuranganmu, kamu bisa melatih skill yang dibutuhkan untuk melamar posisi ini. Kamu juga bisa belajar dan bertanya tentang dasar-dasar ilmu project management melalui media sosial. Sudah banyak video belajar yang tersedia di internet. Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial LinkedIn untuk berjejaring dengan profesional yang sudah terjun ke bidang ini.

Jika sudah yakin dengan skill dan pengalaman yang kamu miliki, kamu bisa saja mendaftar ke posisi ini. Kamu bisa memulai dari posisi entry level agar ada orang yang bisa membimbing kamu. Good luck!

Skill yang Dibutuhkan Project Manager

Nah, berikut beberapa skill yang dibutuhkan dan harus kamu kuasai saat ingin menjadi seorang project manager:

  • Komunikasi,
  • Kepemimpinan,
  • Organisasi,
  • Adaptasi,
  • Empati,
  • Dapat bekerja di bawah tekanan,
  • Pemahaman kuat soal bisnis dan manajemen risiko,
  • Kemampuan manajemen proyek dan diri yang baik,
  • Berpikir kritis,
  • Problem solving,
  • Kemampuan analisis, dan
  • Budgeting.

Kamu sudah menguasai skill yang mana, nih?

Rekomendasi Kursus Project Management

  1. Kelas.Work by Kelas.com

Kelas.com menyediakan berbagai pilihan kelas yang bisa kamu ambil dan pelajari. Kelas Belajar Dasar Project Management akan membimbing kamu dalam mempelajari segala hal yang berkaitan dengan project management. Di Kelas.com, kamu akan belajar melalui video yang bisa kamu putar setiap saat, sehingga waktu belajar pun fleksibel yang bisa diatur sesuai dengan jadwalmu!

  1. Udemy

Siapa yang tidak mengenal Udemy. Di platform belajar melalui video on-demand ini, kamu juga bisa mempelajari project management. Ada banyak pilihan kelas yang bisa kamu pilih, baik itu yang berbayar maupun gratis. Menarik, bukan?

  1. Coursera

Coursera terkenal sebagai platform belajar berbagai hal dari para profesional. Di kelas Manajemen Proyek Google: Sertifikat Profesional, kamu akan mempelajari project management secara rinci, dalam, dan detail. Tentunya, di kelas Coursera dengan Google ini, semua materi dirancang dengan komprehensif agar pelajar bisa memahaminya dengan jelas.

  1. LinkedIn Learning

LinkedIn menyediakan banyak kelas-kelas yang berguna untuk pengembangan karier, termasuk project management. Di learning paths dengan tema “Become a Project Manager”.

Ada beberapa course pecahan yang bisa kamu ambil, seperti foundations, beberapa aspek penting seperti; ethics, requirements, schedules, budgets, communication, teams, dan risk. Oh iya, kamu bisa mempelajari hal ini secara gratis dan di akhir pelajaran, kamu akan dapat sertifikat yang bisa kamu tampilkan di profil LinkedIn kamu.

  1. BelajarLagi Project Management Bootcamp

BelajarLagi juga menyediakan Project Management Bootcamp buat kamu yang tertarik untuk pindah karier atau belajar bidang ini untuk karier profesionalmu, loh!

Selama 3 minggu pertemuan bersama instruktur yang berpengalaman, kamu akan belajar segala hal tentang Project Management, mulai dari pengenalan dasar hingga praktik langsung. Selain kelas live, kamu juga akan mendapatkan tugas dan rekaman kelas, sehingga kamu bisa menonton kembali kelas-kelas yang telah berjalan.

Beberapa materi yang bisa kamu dapatkan di bootcamp ini diantaranya yaitu develop project character, define the scope, plan the project schedule, hingga how to deliver a great pitch.

Lengkap dan menarik, kan? Tunggu informasi tentang tanggal buka pendaftarannya, ya! Jangan lupa untuk follow media sosial agar kamu bisa update tentang kelas-kelas yang akan dibuka di BelajarLagi.

Nah, itulah beberapa informasi seputar project management. Selain untuk kebutuhan pindah karier, kamu juga bisa mengikuti kelas project management untuk diimplementasikan pada kehidupan profesionalmu.

No items found.
Belajarlagi author:

Belajarlagi Writer

Tim penulis Belajarlagi yang profesional dan berdedikasi untuk memberi informasi berkualitas demi Teman Belajar

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.