Ini dia 7 Rekomendasi Kegiatan yang Bisa Dilakukan dalam Pengembangan Diri

Pengembangan diri dilakukan untuk meningkatkan potensi yang ada dalam diri. Kegiatan berikut ini bisa menjadi rekomendasi dalam proses pengembangan diri.

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Setiap orang memiliki kemampuan dalam dirinya yang tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Hanya saja terkadang kemampuan yang ada di dalam diri seseorang tidak disadari dan dibiarkan begitu saja, sehingga kemampuannya tidak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Walaupun memiliki banyak kemampuan, jika kamu tidak mengetahuinya dan bahkan tidak pernah mengasah potensi yang ada di dalam diri, kemampuan tersebut dapat terkubur dengan sendirinya. Maka untuk mencegah hal itu terjadi, cobalah untuk mencari tahu kemampuan dan potensi diri yang dimiliki mulai dari sekarang.

Setelah mengetahui kemampuan dan potensi diri, lakukanlah kegiatan-kegiatan yang mendukung pengembangan diri kamu secara perlahan. Untuk itu, pahami lebih lanjut mengenai pengertian dari pengembangan diri, dan apa saja kegiatan yang bisa dilakukan dalam proses pengembangan diri. 

Definisi Pengembangan Diri

Pengembangan diri merupakan sebuah proses untuk melatih kemampuan, potensi diri, bakat, dan pribadi setiap orang yang bisa dikembangkan melalui pengalaman hingga mengikuti pembelajaran untuk mengembangkan diri. Pengalaman tersebut biasanya dirasakan berkali-kali, yang akhirnya membentuk seseorang menjadi lebih bisa mengandalkan dirinya sendiri.

Menurut sumber buku seperti Fanani, menyatakan bahwa pengembangan diri merupakan proses mengembangkan seluruh potensi yang ada dalam diri, dengan mencoba untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan bertindak, juga meningkatkan kemampuan nalar yang baik yang bisa didapatkan melalui berbagai kegiatan.

Sedangkan menurut Marwawi, pengembangan diri merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk melatih kemampuan, bakat, pribadi, sampai emosional, supaya dapat berkembang secara terus-menerus.

Jadi pengembangan diri, bisa dilakukan secara mandiri untuk meningkatkan kemampuan yang ada dalam diri supaya bisa dimanfaatkan dengan baik dalam kehidupan seperti dunia kerja. Dengan kemampuan diri yang terus dilatih dalam pengembangan diri, akan membuat kamu menjadi seseorang yang bisa diandalkan.

Tujuan dari Pengembangan Diri

Setiap kegiatan yang dilakukan pasti memiliki tujuan yang hendak dicapai, supaya dapat mengetahui tolak ukur sukses atau tidaknya sebuah hal yang sedang dilakukan tersebut. Pengembangan diri juga memiliki tujuan, untuk seseorang mempunyai target yang ingin dicapai dalam proses pengembangan diri.

Tujuan dari pengembangan diri secara umum adalah untuk membuka kesempatan bagi setiap individu dapat mengembangkan dirinya mulai dari meningkatkan potensi diri, bakat, juga kemampuan individu dalam menjalani kehidupan sosial, agama, serta kemampuan dalam pemecahan masalah. Adapun beberapa tujuan lain dari pengembangan diri sebagai berikut:

  • Untuk menciptakan individu yang dapat bersikap profesional ketika berinteraksi dengan individu lainnya, misalnya dalam hal pekerjaan
  • Membentuk individu yang dapat melakukan problem solving pada setiap permasalahan yang ada
  • Meningkatkan kualitas diri setiap individu
  • Dapat memperbaharui pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki oleh seorang individu

Manfaat Pengembangan Diri

Manfaat akan selalu diperoleh dari kegiatan positif yang dilakukan oleh seorang individu. Apalagi kegiatan tersebut adalah pengembangan diri yang tentu saja memiliki banyak manfaat setelah kegiatan tersebut dilakukan dengan baik. Berikut ini adalah manfaat melakukan pengembangan diri:

  • Meningkatnya motivasi diri untuk melakukan berbagai hal sesuai dengan kemampuan yang dimiliki
  • Meningkatkan kepercayaan diri
  • Membuat seorang individu mampu mengambil keputusan dengan bijak
  • Kemampuan akan diakui dengan benar, khususnya dalam dunia kerja
  • Membuat seorang individu menjadi lebih mandiri

7 Rekomendasi Kegiatan Pengembangan Diri

Berikut ini ada 7 rekomendasi kegiatan yang dapat dilakukan dalam pengembangan diri:

1. Belajar dengan Giat sesuai Kemampuan Diri

Kegiatan pengembangan diri yang pertama bisa dengan melakukan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan diri. Hal ini bisa dimulai dengan mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan, kekuatan dan kelemahan yang ada pada diri. Jika sudah mengetahui kemampuan apa yang ada dalam diri kamu, pelajarilah dengan baik dan ikuti berbagai aktivitas sesuai dengan kemampuan. Contohnya, jika kamu memiliki kemampuan dalam mengenali karakter seseorang, kamu bisa memulai pembelajaran mendalam tentang bagaimana mengenali karakter dengan baik.

2. Pendidikan

Ketika kamu sudah menemukan kemampuan diri, selain belajar secara mandiri dalam proses pengembangan diri, kamu juga bisa memasuki dunia pendidikan yang sesuai dengan kemampuan diri. Seperti contoh di atas, jika kamu memiliki kemampuan untuk mengenali karakter seseorang, maka cobalah untuk mendaftar di jurusan psikologi ketika kuliah nanti. Dengan begitu, kemampuan akan semakin terasah dan terlatih, sehingga bisa dimanfaatkan dengan baik.

3. Mengikuti Seminar dan Workshop yang Membahas Pengembangan Diri

Banyaknya seminar yang dilakukan secara online, membuat kamu lebih mudah untuk mengikuti seminar dalam proses pengembangan diri. Seminar biasanya dilakukan untuk membagi berbagai informasi, termasuk bahasan mengenai pengembangan diri yang bisa kamu temukan di media sosial.

Dengan mengikuti seminar, kamu akan bertemu dengan orang-orang baru dan menjalin relasi untuk dapat berbagi kiat-kiat dalam pengembangan diri masing-masing individu.

4. Menyusun Masa Depan

Memulai untuk menyusun masa depan juga bisa membantu dalam proses pengembangan diri. Kamu tidak boleh terpaku pada hal-hal di masa lalu yang bisa menghambat proses pengembangan diri untuk menjadi lebih baik. Dengan begitu, menyusun dan merencanakan masa depan dengan benar bisa membantu untuk mengembangkan diri kamu.

5. Mengatur Pola Hidup dengan Baik

Jika kamu memiliki pola hidup yang kurang baik, ini saatnya kamu mengubah hal tersebut. Aturlah pola hidup mulai dari rajin berolahraga, makan di waktu yang tepat, tidur sesuai dengan kebutuhan, dan memperbanyak pengetahuan. Hal ini akan memacu pengembangan diri, karena pengembangan diri bukan hanya kegiatan untuk meningkatkan kemampuan saja, tetapi juga untuk memperbaiki kepribadian seorang individu.

6. Membangun Hubungan Interpersonal

Hubungan interpersonal merupakan hubungan seorang individu dengan individu yang lainnya. Hubungan antar-individu ini bisa mempengaruhi perkembangan diri seseorang, maka dari itu kamu bisa memulai untuk mencari teman yang bisa memberikan dampak positif bagi diri kamu dan juga mau diajak untuk bersama-sama mengembangkan diri.

7. Memperindah Diri

Memperindah diri menjadi salah satu kegiatan yang bisa mendorong pengembangan diri seseorang. Dengan memperindah diri untuk berpenampilan yang baik dan menarik, dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Rasa percaya diri itu akan membawa diri kamu untuk terus berkembang.

Kalau begitu, sudah tahu kan pengembangan diri penting dalam kehidupan setiap individu. Kegiatan dalam proses pengembangan diri pun tidak sulit untuk dilakukan, karena itu mulailah untuk melakukan berbagai kegiatan yang bisa mendorong pengembangan diri kamu!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.