Pelatihan Digital Marketing dan Berbagai Peluang Kariernya

Pelatihan digital marketing menjadi kesempatan terbaikmu sebelum merintis karier. Apalagi peluang kariernya juga bagus. Simak deh ulasannya berikut ini!

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]
Pelatihan digital marketing untuk karier masa depan
Pelatihan digital marketing untuk karier masa depan

Menjamurnya pelatihan digital marketing tidak bisa lepas dari tren pemasaran secara daring yang kian tinggi. Bahkan, pekerjaan dalam bidang digital marketing juga menjadi salah satu favorit anak-anak muda zaman sekarang. Nah, apakah Teman Belajar salah satu di antaranya?

Secara umum, sebenarnya belum banyak perkuliahan khusus yang menjurus ke bidang digital marketing. Oleh sebab itu, pengetahuan dan kemampuan akan digital marketing lebih banyak orang dapat melalui pelatihan. Maklum saja, sekarang ini sumber daya manusia untuk pemasaran secara digital makin perusahaan butuhkan.

Lalu, bagaimana ya cara menyiapkan diri dalam mempelajari digital marketing sedari dini? Selagi masih kuliah, tidak ada salahnya kok Teman Belajar mulai cari tahu dasar-dasar dari bidang ini. Berikut ini Tim Belajar Lagi rangkum beberapa poin penting dari digital marketing, peluang karier, hingga rekomendasi pelatihan yang cocok buatmu.

Sekilas tentang digital marketing

Pemasaran secara daring‍
Pemasaran secara daring

Digital marketing secara umum adalah kegiatan pemasaran yang mencakup berbagai saluran daring untuk menjangkau pelanggan lebih banyak. Medianya bisa beragam, misalnya:

  • Search engine
  • Social platform
  • Google sites
  • Email
  • PPC ad networks
  • dan lain-lain.

Sejauh ini, digital marketing sudah banyak memberikan manfaat bagi pengusaha ataupun perusahaan. Terutama dalam hal terkoneksi dengan pelanggan. Lewat digital marketing, perusahaan dapat menargetkan market lebih tepat, membuat konten yang sesuai, melacak minat pelanggan, dan lain-lain.

Sebagian orang menganggap digital marketing sama halnya seperti inbound marketing. Menurut Semrush, ada perbedaan mendasar antara keduanya.

Inbound marketing merupakan strategi pemasaran yang menggunakan aset digital marketing untuk menarik perhatian pelanggan. Sementara, digital marketing sifatnya jauh lebih umum. Digital marketing semacam payung besar yang mengupayakan semua tipe pemasaran online, baik inbound maupun outbond.

Pentingnya digital marketing dalam bisnis

Peran digital marketing untuk bisnis
Peran digital marketing untuk bisnis

Seperti sudah kamu baca pada bagian awal, digital marketing tujuannya adalah untuk menjangkau pelanggan lebih besar. Kecanggihan teknologi membuat semua orang mudah berkoneksi satu sama lain lewat internet. Selain itu, hampir sebagian besar waktu orang habis untuk berselancar di dunia maya.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang rata-rata menghabiskan screen time sebanyak lima jam per hari. Dua jam dari durasi tersebut orang gunakan di media sosial. Jadi, makin paham ya kenapa pemasaran digital sebegitu pentingnya pada masa kini.

Berikut beberapa poin pentingnya digital marketing dalam bisnis:

Menarget audiens lebih tepat

Memasang iklan atau pemasaran di billboard tidak lagi menjadi strategi paling jitu. Pasalnya, cara tersebut kurang spesifik dalam menjangkau audiens. Dengan banyaknya orang berlalu-lalang, bahkan tanpa tahu karakteristiknya, kemungkinan iklan tersebut sampai ke target market akan sangat kecil.

Lain halnya dengan digital marketing. Pemasaran ini lebih akurat dalam menjangkau target market, bahkan amat spesifik. Mulai dari jenis kelamin, usia, domisili, kebiasaan, dan lain-lain.

Bahkan, perusahaan juga bisa memanfaatkan iklan berbayar jika memang ingin mendapatkan pelanggan lebih besar. Intinya, pelanggan salah sasaran akan sangat minim perusahaan temukan jika menggunakan digital marketing.

Membangun data pelanggan

Dalam digital marketing, setiap klik, like, follow, hingga subscription; semuanya dapat terukur. Contoh sederhananya, perusahaan dapat melihat calon pelanggan potensial yang berkunjung ke website hanya lewat Google Analytics.

Digital marketing selalu memberikan insight berdasarkan data audiens secara spesifik. Informasi yang ada dapat perusahaan kelola untuk menjalankan strategi pemasaran lebih baik.

Dengan adanya informasi mengenai interaksi audiens dengan website ataupun media sosial, perusahaan sudah membangun data besar mengenai para konsumen. Dengan pengelolaan dan strategi tepat, data-data tersebut dapat menjadi pilar buat meningkatkan pemasaran.

Meningkatkan konversi

Kabar baiknya, digital marketing juga memungkinkan hadirnya leads untuk menjadi sebuah konversi alias pembelian oleh konsumen. Dan karena sifatnya yang terukur, perusahaan bisa mengembangkan strategi untuk menaikkan konversi selanjutnya.

Langkah yang bisa dilakukan untuk menarget pelanggan yang berpotensi menjadi konversi antara lain:

  • Menggunakan SEO dengan kata kunci yang relevan dengan produk
  • Membuat digital ads untuk menjangkau pelanggan lebih luas
  • Memanfaatkan email marketing untuk berkoneksi lebih erat dengan pelanggan

Dengan konten yang menarik, digital marketing dapat menghubungkan perusahaan dengan pelanggan tepat. Yang awalnya hanya tertarik pada konten, bisa-bisa berakhir dengan melakukan pembelian.

Membangun hubungan dengan konsumen

Namun, perlu diingat juga bahwa digital marketing tidaklah bekerja secara serba instan. Ada kalanya strategi pemasaran secara digital gagal saat percobaan pertama. Digital marketing juga merupakan sebuah proses dari beragam pola, salah satunya adalah interaksi dengan pelanggan.

Jadi, jangan heran kalau strategi digital marketing tetap membutuhkan waktu serta usaha. Pemasaran daring ini menjadi pintu untuk berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai topik, misalnya:

  • Pelanggan lebih suka konten yang menyuarakan kegelisahan mereka
  • Penggunaan channel tertentu yang dipakai pelanggan untuk mengumpulkan informasi
  • Nilai dan prinsip dari brand adalah yang terpenting buat pelanggan
  • Pelanggan dapat dengan cepat meninggalkan sebuah konten yang mereka nilai tidak selaras dengan mereka

Penggunaan platform digital bukan hanya memberikan koneksi dengan pelanggan, tetapi juga mengenali kebiasaan mereka. Contohnya, pencarian hashtag, keterlibatan dalam forum, dan lain-lain. Maka, makin jelas bahwa kesuksesan digital marketing pun sangat bergantung pada waktu dan upaya dalam menjaring kedekatan dengan pelanggan.

Peluang karier digital marketing

Prospek kerja bidang digital marketing
Prospek kerja bidang digital marketing

Sejauh ini, kamu mulai punya gambaran mengapa bidang digital marketing kian orang minati akhir-akhir. Bahkan, tren ini berpotensi akan terus menanjak hingga setidaknya lima tahun ke depan. Bagaimana nih, mulai kepikiran ikut kelas pemasaran digital?

Sebelum memutuskan hendak mengikuti pelatihan digital marketing, mungkin ada baiknya kamu kenali dulu prospek kariernya. Karena bidang dalam digital marketing sendiri amat luas, peluang kariernya juga amat beragam. Beberapa pekerjaan yang bisa kamu pilih nantinya adalah sebagai berikut:

SEO specialist

Search engine optimization (SEO) merupakan proses optimasi pada website yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas website. Target utama dari SEO ini adalah untuk mendapatkan ranking pencarian teratas dalam mesin pencari, misalnya Google. Pekerjaan dalam area SEO ini sangat penting, apalagi jika bicara tentang digital marketing.

Salah satu profesi yang banyak perusahaan cari adalah SEO specialist. Nah, tugas utama dari SEO specialist adalah merancang dan membuat strategi agar peringkat website dapat naik. Dengan begitu, para pengguna internet pun dapat terdorong untuk mengunjungi website tersebut.

Sederhananya, saat pelanggan menuliskan kata kunci tertentu, website tersebut minimal ada di halaman pertama mesin pencari. Ketika sebuah website makin teroptimasi dengan baik, ranking dalam mesin pencari pun akan makin baik.

Pekerjaan SEO specialist ini juga cukup ketat persaingannya. Maka, pastikan Teman Belajar sudah punya bekal cukup perihal SEO jika ingin menjajal karier ini ya.

Social media specialist

Selain website, media atau platform penting dalam digital marketing adalah media sosial. Keberadaan media sosial seakan sudah menjadi pusat komunikasi orang-orang zaman sekarang. Jika dulu kamu hanya mengenal Facebook dan Twitter, maka lama-lama media lain seperti Instagram, YouTube, hingga TikTok makin populer belakangan ini.

Nah, digital marketing memanfaatkan kepopuleran media sosial untuk bisnis. Semua jenis media sosial layak menjadi platform buat digital marketing. Penggunaannya pun tergantung dari tipe konten hingga target market yang dituju perusahaan.

Pekerjaan yang amat relevan dengan jenis pemasaran lewat media sosial adalah social media specialist. Secara umum, tugasnya adalah membuat rancangan atau strategi pemasaran online sesuai karakteristik masing-masing media sosial. Semua pengembangan konten untuk media sosial berada di bawah tanggung jawab seorang social media specialist.

Andai kamu saat ini punya ketertarikan tersendiri dalam mengulik media sosial, bisa jadi pekerjaan ini cocok buatmu. Pasalnya, kunci utama menjadi social media specialist adalah memahami “medan” tiap jenis media sosial, baik itu dari segi konten, pengguna, hingga strategi.

Digital marketing manager

Prospek karier yang banyak orang minati juga termasuk digital marketing manager. Secara umum, orang dengan pekerjaan ini akan bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan pemasaran digital. Baik itu melalui website, media sosial, marketplace, hingga campaign.

Tugas besar dari digital marketing manager sebenarnya adalah memastikan brand awareness produk tersampaikan dengan baik ke pelanggan. Dalam hal ini, digital marketing manager mesti menguasai semua “medan” pemasaran secara daring. Dia juga harus membuat rancangan atau strategi pemasaran yang sifatnya kontinu.

Skill penting yang wajib kamu miliki jika ingin berkarier sebagai digital marketing manager adalah analisis. Untuk membuat rencana pemasaran, kamu harus bisa menganalisis data-data yang terkumpul lewat digital marketing. Maka, ketahanan dalam membaca dan mengolah data sangat diperlukan juga.

Copywriter

Bisa dibilang kunci dari kesuksesan sebuah konten, baik itu dalam bentuk video atau gambar, ada pada copywriting. Kemampuan meracik dan mengolah kata-kata yang “menjual” tidaklah mudah. Maka, jelas bahwa peran seorang copywriter sangat penting dalam digital marketing.

Untuk Teman Belajar yang punya hobi menulis, mungkin bisa mencoba berkarier sebagai copywriter. Menulis copywriting sangat jauh berbeda dengan menulis artikel atau konten biasa. Jika artikel sifatnya lebih edukasi dan informatif, maka copywriting lebih condong ke persuasif.

Artinya, tulisan yang nantinya kamu buat harus bisa mengundang rasa ingin tahu pelanggan sekaligus mendorong mereka untuk melakukan tindakan. Copywriting juga tidak bertele-tele, melainkan harus langsung tepat sasaran. Biar lebih paham soal copywriting, coba deh kamu pelajari jargon atau kalimat iklan yang kerap kamu jumpai.

Content marketing manager

Dalam digital marketing, keberadaan konten ibarat kunci utama dalam semua proses pemasaran. Konten merupakan gerbang pembuka untuk menjaring audiens. Bahkan, beberapa detik pertama adalah momen penting untuk memikat hati audiens.

Karena targetnya menarik audiens, maka sebuah konten haruslah relevan dengan mereka. Tidak jarang juga konten harus up to date alias mengikuti apa yang sedang tren.

Seseorang yang ahli atau mahir dalam pengelolaan konten biasanya berkarier sebagai content marketing manager. Tugasnya bukan membuat konten, melainkan menyusun rancangan konten. Setiap eksekusi dari berbagai bentuk konten akan berada di bawah tanggung jawabnya.

Buat kamu yang gemar mengutak-atik konten, bisa jadi karier ini pas untukmu. Jadi, coba kembangkan hobimu tersebut biar nantinya dapat berkarier di digital marketing ya.

Baca Juga: Begini Prospek Jenjang Karir sebagai Digital Marketer, Menarik Loh!

Merintis digital marketing dari nol

Pelatihan digital marketing jadi gerbang kariermu
Pelatihan digital marketing jadi gerbang kariermu

Pertanyaan selanjutnya, apa yang mesti kamu siapkan jika ingin berkarier di digital marketing? Berikut ini Tim Belajar Lagi merangkum beberapa tipsnya khusus untukmu:

Ikuti pelatihan digital marketing

Andai kamu masih terlalu awam tentang digital marketing, maka kamu harus belajar dari dasar-dasarnya terlebih dahulu. Saat ini media belajar juga amat luas, sebut saja lewat YouTube, buku, blog, dan lain-lain. Luangkan waktu untuk rutin mempelajari tentang apa itu digital marketing secara mandiri dulu.

Namun, boleh juga kamu mencoba belajar melalui pelatihan digital marketing. Pelatihan ini biasanya lebih mendalam dengan berbagai materi yang komprehensif. Ini akan jauh lebih memudahkan kamu untuk memahami dasar dalam digital marketing.

Pelatihan digital marketing sekarang banyak yang bersifat online. Jadi, amat fleksibel dan bisa kamu ikuti dari mana pun. Keuntungan lainnya, kamu juga dapat praktik langsung soal digital marketing dari mentor berpengalaman.

Dalam memilih tempat kursus yang tepat, jangan lupa melakukan riset terlebih dahulu. Cermati materi, mentor, sertifikasi, hingga fasilitas yang akan kamu dapatkan. Sesuaikan juga dengan bujet yang kamu miliki. Kalau belum ada bujet khusus, ikuti saja dulu pelatihan digital yang gratis.

Update resume

Setelah mengikuti pelatihan digital marketing, jangan lupa memasukkannya ke dalam resume milikmu. Dengan begitu, kamu bisa menunjukkan latar belakang kemampuanmu ke rekruter. Oleh sebab itu, penting sekali lho memastikan kelas yang kamu ikuti benar-benar menyediakan sertifikasi.

Ingat bahwa dunia digital marketing merupakan sebuah industri kreatif. Maka, buatlah resume yang relevan dengan hal tersebut. Tampilkan resume-mu semenarik mungkin, tanpa mengabaikan kualitas isinya.

Tidak perlu cemas jika kamu merasa tidak punya bakat desain. Sekarang sebuah resume kreatif bisa kamu buat dengan berbagai aplikasi, salah satunya adalah Canva. Pilih saja satu dari beragam template yang ada, modifikasi dan sesuaikan dengan resume-mu.

Lamar posisi digital marketing

Berbekal pelatihan dan resume yang ada, maka kamu pun siap mencoba melamar pekerjaan digital marketing. Tidak usah khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman. Sebagai pemula, kamu dapat memilih pekerjaan untuk fresh graduate kok.

Bahkan, tidak ada salahnya mencoba pekerjaan yang sifatnya masih volunteering ataupun magang tanpa dibayar. Fokuskan tujuanmu untuk mencari pengalaman dan membangun karier dulu, bukan hanya mengejar gaji.

Pahami juga bahwa ilmu dalam digital marketing akan terus bisa kamu pelajari saat terjun langsung dalam pekerjaan. Maka, serap sebanyak-banyaknya pengalaman dari orang-orang yang sudah senior di digital marketing ya. 

Bangun portofolio

Sembari menunggu pekerjaan, persiapkan juga portofolio sebaik mungkin. Menurut HubSpot, cara paling sederhana dalam membangun portofolio adalah memiliki blog pribadi. Kamu dapat mengisi blog dengan apa saja yang sudah kamu dapatkan selama pelatihan digital. Hal ini membantumu mengembangkan beberapa bidang berikut:

  • Content marketing
  • SEO
  • Ads
  • Social media
  • dan lain-lain.

Selain itu, studi kasus yang kamu peroleh selama pelatihan digital marketing pun bisa kamu jadikan portofolio. Dengan begitu, kamu secara tidak langsung menunjukkan kemampuanmu lewat latihan yang kamu dapatkan dari kelas.

Opsi lainnya, kamu boleh juga memulai merintis YouTube channel ataupun podcast pribadimu. Ingat, keberadaan konten sangat penting dalam digital marketing. Jadi, tidak ada salahnya kamu menekuni hobi membuat konten dengan lebih serius agar bisa jadi portofolio.

Referensi pelatihan digital marketing

Rekomendasi pelatihan digital marketing untuk pemula
Rekomendasi pelatihan digital marketing untuk pemula

Nah, berikut ini ada beberapa pilihan tempat pelatihan digital marketing secara online yang bisa kamu coba:

Instagram for Business: Build an Engaged Community

Pelatihan khusus Instagram ini dibuat oleh seorang Instagram Marketing Strategist, Tyler McCall. Terdapat 13 materi dan para peserta akan lebih difokuskan dalam membangun komunitas di media sosial. Kursus ini cocok untuk para pemula yang tertarik berkecimpung dalam dunia social media marketing.

Secara khusus, Tyler McCall juga memberikan materi tentang pentingnya cerita dalam konten Instagram. Menurutnya, storytelling masih menjadi cara paling efektif untuk meningkatkan engagement. Pada akhirnya, konversi sebuah bisnis dapat ikut meningkat lewat storytelling tersebut.

Karena sifatnya gratis, kursus ini tidak menyediakan sertifikasi bagi peserta. Namun, tidak ada salahnya buat mencoba kan?

SEO Training Course by Ahrefs

Untuk kamu yang tertarik mendalami SEO atau ingin menjadi SEO Specialist, bisa belajar dasar-dasarnya dulu lewat pelatihan dari Ahrefs ini. Kursus ini akan membekali kamu dengan fundamental SEO. Mulai dari riset kata kunci, on page SEO, sampai strategi dalam membangun website.

Dengan mentor berpengalaman dari Ahrefs, kamu dapat mengenal SEO lewat pelatihan digital marketing ini. Totalnya ada 14 materi dengan durasi kurang lebih selama dua jam. Meski tanpa sertifikasi, pelatihan ini gratis dan sangat cocok untuk pemula yang masih awam dengan SEO. 

Content Marketing Certification Course by HubSpot

Nah, HubSpot menyediakan menyediakan kursus digital marketing dengan sertifikasi. Kursus ini paling pas untuk kamu yang suka mengulik konten, yang mana jadi nyawa penting dalam digital marketing. Kamu akan mendapat pembelajaran penting mengenai pentingnya storytelling dalam menciptakan konten.

Terdapat 12 materi tentang content marketing lengkap dengan ujian yang mesti dilalui peserta. Ujiannya berbentuk pilihan ganda dan peserta bisa lulus setidaknya dengan menjawab 45 pertanyaan dari 60 pertanyaan. Durasi pelatihan sekitar enam jam dan sudah cukup baik untuk level pemula.

Full-Stack Digital Marketing Bootcamp Belajar Lagi

Bergeser ke dalam negeri, ada juga lho pelatihan digital marketing berkualitas yang bisa kamu ikuti. Namanya Full-Stack Digital Marketing Bootcamp dari Belajar Lagi. Kelas ini sangat cocok buat para pemula yang masih belum terlalu mendalami dunia digital marketing.

Dalam pelatihan ini, peserta akan mendapat pendalaman materi yang holistik, baik dari teori maupun praktik. Pengajarnya juga pastinya berkualitas sekaligus sudah berpengalaman dalam bidangnya. Kurikulumnya lengkap, mulai dari digital marketing secara dasar, brand building, social media organic, copywriting, SEO, dan lain-lain.

Karena sifatnya online, maka kamu bisa mengikutinya dari mana saja. Pokoknya fleksibel dan menyenangkan deh!

Baca Juga: Tips Pilih Bootcamp Digital Marketing yang Oke buat Belajar

Kesimpulan

Pelatihan digital marketing menjadi modal berharga untuk merintis karier di bidang pemasaran digital. Terlebih zaman sekarang hampir seluruh perusahaan sangat bergantung pada digital marketing.

Untuk mendalami digital marketing, kamu dapat mempelajarinya secara mandiri melalui YouTube, blog, video, dan lain-lain. Setidaknya kamu harus kenal dulu seperti apa sih digital marketing bekerja. Dengan begitu, kamu punya gambaran tentang karier yang akan kamu pilih kelak.

Agar kemampuanmu makin terasah, cobalah mengikuti pelatihan digital marketing yang sifatnya online. Kamu dapat memilih yang gratis maupun berbayar, tergantung ketersediaan bujet yang dimiliki. Namun, ada baiknya kamu memastikan memilih tempat kursus yang menyediakan sertifikasi ya.

Setelah mengikuti pelatihan, jangan lupa untuk menyiapkan resume sekaligus portofolio. Lamarlah pekerjaan mulai dari level pemula, bahkan tidak masalah jika sifatnya masih volunteering. Intinya, bangun dulu pengalaman sekaligus ilmu sebanyak-banyaknya selagi masih muda. Selamat mencoba belajar digital marketing!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.