6 Strategi dari Jasa Pemasaran yang Hits di Tahun 2023, Sudah Pernah Coba?

Belajarlagi Writer
8 Min Read
Published:
December 18, 2023
Updated:
December 18, 2023
Strategi Jasa Pemasaran yang Hits di Tahun 2023

Kamu mungkin pernah mendengar pepatah lama bahwa satu-satunya hal yang pasti adalah perubahan. Hal ini sangat berlaku dalam dunia pemasaran. Di tahun 2023, pemasaran telah mengalami pergeseran besar dan kita berada di tengah-tengah gelombang tren yang tak terelakkan. 

Di tengah arus perubahan yang deras ini, bagaimana kamu bisa bertahan agar bisnismu tetap up-to-date? Tentunya kamu harus beradaptasi dengan tren terbaru! Tapi, tidak usah khawatir, karena beberapa jasa pemasaran sudah memperbaharui strategi marketingnya untuk memberikan kamu dan bisnismu hasil yang sangat memuaskan. 

Lalu, apa saja strategi dari jasa pemasaran yang hits di tahun 2023 ini? Tenang, dalam artikel ini, kita akan menjelajahi strategi pemasaran yang akan memikat hatimu dan membantumu tetap up-to-date dalam dunia yang selalu berubah ini. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Apa itu Jasa Pemasaran?

Jasa pemasaran adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh individu atau perusahaan untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek mereka kepada khalayak yang dituju dengan tujuan meningkatkan penjualan, kesadaran merek, dan keberhasilan bisnis secara keseluruhan. Jasa pemasaran melibatkan berbagai strategi, taktik, dan saluran komunikasi untuk mencapai target pasar yang ditentukan.

Jasa pemasaran dapat dilakukan oleh perusahaan pemasaran profesional, agen periklanan, departemen pemasaran internal, atau individu yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pemasaran.

Tujuan utama dari adanya jasa pemasaran adalah membantu kamu mencapai berbagai target bisnismu dengan cara yang lebih efisien. Dengan jasa pemasaran yang tepat, kamu dapat meningkatkan kesadaran merek, memperluas pangsa pasar, meningkatkan penjualan, dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan. Jasa pemasaran membantu kamu merancang strategi yang relevan dengan audiens targetmu, sehingga kamu dapat mencapai hasil yang diinginkan dalam dunia bisnis yang kompetitif ini.

Beberapa contoh kegiatan yang dapat termasuk dalam jasa pemasaran, meliputi penelitian pasar, perencanaan strategi pemasaran, promosi, penjualan dan distribusi, manajemen merek, pemasaran online, interaksi dengan pelanggan, hingga melakukan analisis kerja.

Apa itu Strategi Pemasaran?

apa saja strategi pemasaran yang bisa diterapkan?

Strategi pemasaran adalah rencana terstruktur yang dirancang oleh suatu organisasi, perusahaan, atau jasa pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran mereka. Hal ini mencakup serangkaian langkah-langkah dan tindakan yang disusun dengan cermat untuk mengidentifikasi target pasar, mengembangkan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, dan mempromosikannya dengan cara yang efektif. 

Strategi pemasaran merupakan dasar dari seluruh upaya pemasaran dan membantu mencapai tujuan bisnis. Aspek ini membantu jasa pemasaran dan perusahaan memandu semua keputusan dan memastikan bahwa upaya pemasaran berjalan dengan efektif dan efisien. Dengan merancang dan melaksanakan strategi pemasaran yang tepat, perusahaan dapat memaksimalkan peluang bisnis dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan.

Mengapa Strategi dari Jasa Pemasaran Terus Berkembang?

Jasa pemasaran terus berkembang karena berbagai alasan yang berdampak pada dunia bisnis dan cara kita berinteraksi dengan merek serta produk. Nah, mari kita bahas mengapa hal ini terus terjadi.

1. Teknologi Terus Maju

Di era digital ini, teknologi menjadi dasar dari sebagian besar strategi pemasaran. Kemajuan teknologi membuka pintu bagi bagi perusahaan untuk melakukan inovasi dalam berkomunikasi dengan konsumen. 

Misalnya, munculnya media sosial, pemasaran berbasis data, dan perangkat pintar telah memberikan peluang baru perusahaan berkomunikasi dengan audiens melalui bantuan aplikasi.

Teknologi telah membuka pintu bagi kemunculan saluran komunikasi baru. Dengan adanya internet, media sosial, perangkat pintar, dan berbagai platform digital lainnya. audiens tidak hanya menerima pesan dari iklan televisi atau cetakan, tetapi juga melalui email, pesan teks, media sosial, iklan online, dan lainnya. 

Kemajuan teknologi memberikan banyak pilihan strategi bagi jasa pemasaran untuk mencapai audiens di berbagai platform, meningkatkan jangkauan dan penetrasi pemasaran dalam bisnis.

2. Preferensi Konsumen Selalu Berubah

Untuk tetap relevan, sebuah bisnis harus terus menyesuaikan taktik pemasaran mereka dengan apa yang audiens inginkan dan butuhkan. Apakah audiens lebih suka berbelanja secara online, mencari rekomendasi produk dari influencer, atau menilai merek berdasarkan tanggung jawab lingkungan? Sehingga perusahaan harus responsif terhadap preferensi ini.

Preferensi konsumen yang selalu berubah juga memiliki dampak yang signifikan bagi jasa pemasaran. Ketika preferensi konsumen berubah, maka strategi yang ditawarkan jasa penawaran pun harus semakin bervariatif. Hal ini dilakukan agar klien mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan dengan kemauan mereka.

Selain strategi, perubahan preferensi konsumen juga mempengaruhi inovasi produk dan layanan. Sebuah bisnis harus dapat mengembangkan produk atau layanan baru yang memenuhi kebutuhan audiens yang semakin berkembang. 

3. Persaingan Semakin Ketat

Semakin banyak bisnis yang bersaing dalam pasar global, maka perusahaan juga harus menggunakan strategi pemasaran yang cerdik untuk menarik perhatian. Dengan demikian, jasa pemasaran terus berkembang untuk memberikan strategi pemasaran yang unggul dan kompetitif kepada kliennya.

Dalam upaya untuk memenangkan persaingan dan menarik perhatian konsumen, sebuah bisnis harus terus meningkatkan kualitas dan kreativitas konten pemasaran mereka. Contohnya seperti penggunaan konten video yang menarik, kampanye konten yang relevan, dan format interaktif yang berbeda.

Perusahaan dan jasa pemasar harus terus memonitor pesaing, menyesuaikan strategi pemasaran mereka, dan berusaha memenangkan hatimu sebagai konsumen dengan cara yang lebih baik, lebih kreatif, dan lebih relevan. Dengan kata lain, persaingan yang ketat adalah salah satu faktor pendorong utama perubahan dalam tren pemasaran.

4. Data Menjadi Semakin Berlimpah

Data adalah harta karun dalam pemasaran modern. Sebuah bisnis menggunakan data untuk memahami pelanggan mereka dengan lebih baik, mempersonalisasi pesan, dan mengukur keberhasilan kampanye mereka. Seiring dengan perkembangan teknologi, semakin banyak data yang dapat dikumpulkan dan digunakan.

Data yang berlimpah memungkinkan jasa pemasaran dan perusahaan membuat keputusan pemasaran yang lebih cerdas. Analisis data dapat membantu mereka memahami tren konsumen, menilai efektivitas kampanye, dan mengidentifikasi peluang pertumbuhan.

Selain itu, analisis data yang canggih juga memungkinkan merek untuk memprediksi tren konsumen di masa depan. Ini memungkinkan mereka untuk merencanakan strategi jangka panjang yang lebih adaptif.

5. Peran Besar Globalisasi

Saat ini, sebuah bisnis dapat dengan mudah mengakses pasar global. Pemasaran digital memungkinkan sebuah bisnis menjangkau audiens di seluruh dunia. Oleh karena itu, strategi dari jasa pemasaran harus terus berkembang untuk membantu klien mengatasi tantangan terkait dengan pasar global yang lebih kompleks.

Dengan kata lain, globalisasi telah menciptakan tantangan dan peluang yang unik dalam dunia jasa pemasaran. Globalisasi ini mempengaruhi tren dengan menciptakan kebutuhan strategi pemasaran yang lebih global, inklusif, dan responsif terhadap pasar internasional. 

Jasa pemasaran akan melihat lebih banyak kampanye pemasaran yang mencoba menjangkau audiens global. Mereka juga akan mempelajari berbagai strategi marketing yang sedang tren sambil memahami perbedaan budaya dan lingkungan bisnis di berbagai negara. 

Singkatnya, jasa pemasaran terus berkembang karena mengikuti perkembangan teknologi, preferensi konsumen, persaingan yang semakin ketat, data yang melimpah, dan globalisasi. Dengan perkembangan ini, strategi pemasaran yang up-to-date menjadi kunci bagi keberhasilan merek dan bisnis dalam lingkungan yang terus berubah ini.

Strategi Pemasaran yang Sering Digunakan Jasa Pemasaran  Tahun 2023

Strategi marketing yang masih relevan

Strategi pemasaran yang digunakan oleh jasa pemasaran di tahun 2023 akan terus berubah seiring dengan perubahan teknologi, preferensi konsumen, dan dinamika pasar. Jasa pemasaran dan perusahaan harus terus memantau tren dan beradaptasi dengan cepat untuk memaksimalkan efektivitas kampanye pemasaran mereka di tahun 2023.

Berikut adalah beberapa strategi pemasaran yang banyak digunakan oleh jasa pemasaran pada tahun 2023:

1. Konten Interaktif

Strategi marketing konten interaktif, seperti kuis, polling, video 360 derajat, dan pengalaman realitas virtual, akan semakin hits bahkan setelah tahun 2023 berakhir. Mengapa? Sebab, strategi ini dapat meningkatkan keterlibatan pengguna dan memungkinkan sebuah bisnis berinteraksi lebih dekat dengan audiens mereka.

Dengan menggunakan visualisasi data dan grafik interaktif yang menggabungkan elemen grafis dan data, dapat membantu sebuah bisnis untuk lebih mudah memahami informasi dan membuat pengalaman audiens lebih menarik.

Konten interaktif sering terintegrasi dengan platform media sosial, sehingga memungkinkan audiens membagikan konten bisnis yang menurut mereka menarik di akun pribadinya. Tentu, ini akan menciptakan brand awareness yang lebih besar pada merekmu. Nah, beberapa konten interaktif yang biasanya dibuat oleh jasa pemasaran, antara lain:

  • Video Interaktif: Video interaktif telah menjadi trend yang dominan. Jasa pemasaran biasanya akan membuat konten video yang memungkinkan audiens berpartisipasi, sehingga mereka bisa menjelajahi konten bisnismu lebih dalam. Konten seperti Ini akan menciptakan pengalaman yang lebih mendalam dan pribadi bagi para target audiens.

  • Kuis dan Uji Pengetahuan: Jasa pemasaran sering juga membuat konten kuis atau uji pengetahuan yang mengundang audiens untuk berpartisipasi. Konten ini biasanya dibuat untuk mengukur seberapa dalam pemahamanmu seputar brandmu atau yang lainnya. Kelebihannya adalah kamu akan mendapatkan hasil kinerja konten yang lebih cepat. 

  • Simulasi dan Permainan: Simulasi bisnis atau permainan sering digunakan untuk menjelaskan konsep kompleks mengenai bisnismu atau untuk melibatkan audiens dalam pengambilan keputusan. Hal ini memberikan audiens kesempatan untuk memahami dampak dari keputusan yang sudah dipilih dalam konteks nyata.

  • Interactive Storytelling: Konten jenis ini biasanya dibuat agar audiens bisa memilih arah cerita atau tindakan karakter utama yang diinginkan. Konten ini akan menciptakan tingkat keterlibatan yang tinggi dan memungkinkan audiens merasa lebih terlibat dalam narasi.

  • Augmented dan Virtual Reality (AR/VR): Augmented reality dan virtual reality semakin sering digunakan dalam konten interaktif. Konten ini memungkinkan audiens dapat "merasakan" produk atau layanan yang ditawarkan bisnismu secara lebih mendalam melalui pengalaman VR atau AR yang menarik.

2. Video Marketing

Video akan terus menjadi elemen pusat dalam strategi pemasaran. Jika melihat tren pemasaran di tahun 2023,banyak brand bisnid yang fokus membuat konten video yang menghibur, mendidik, dan terhubung emosional dengan audiens mereka. 

Video marketing dapat berupa video singkat hingga video edukasi dengan durasi panjang, tergantung pada tujuan dan strategi pemasaran. Namun, saat ini format video pendek seperti TikTok dan Reels akan terus populer.

Video marketing yang berfokus pada pesan kunci, desain visual, dan engagement audiens, video marketing bertujuan untuk menciptakan hubungan yang kuat antara merek dan konsumen.

Proses pembuatan video marketing melibatkan banyak tahap yang harus dijalani dengan hati-hati dan profesionalisme. Semua tahapan ini berkontribusi untuk menciptakan video yang efektif dalam mencapai tujuan pemasaran yang telah ditetapkan sejak awal.

Tahap awal melibatkan menentukan tujuan kampanye video. Apa yang ingin kamu capai dengan video ini? Apakah tujuannya adalah meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan penjualan, atau menyampaikan pesan tertentu? Setelah tujuan ditetapkan, jasa pemasaran akan merancang strategi yang sesuai.

Tim kreatif akan merancang konsep cerita, pesan, dan gaya visual yang akan digunakan dalam video. Ini melibatkan penentuan pesan kunci, target audiens, dan cara untuk mengkomunikasikan pesan dengan cara yang menarik. Setelah merancang naskah,  jasa pemasaran akan merencanakan produksi video. Ini mencakup pemilihan lokasi, peralatan, aktor (jika diperlukan), dan jadwal produksi. Semua detail teknis dan logistik akan diatur dengan cermat.

Video juga akan diproses dengan pengeditan, penggunaan musik, hingga optimasi SEO yang sesuai dengan tujuan awal.  Setelah mengalami pengujian dan revisi, video akan dipublikasikan di platform yang ditargetkan, baik itu situs web merek, media sosial, atau platform berbagi video seperti YouTube. 

Selanjutnya, video akan dipromosikan melalui berbagai saluran pemasaran, seperti iklan online, posting media sosial, atau kampanye email.

3. AI Marketing

AI Marketing atau Artificial Intelligence Marketing adalah penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi strategi pemasaran. 

Strategi pemasaran menggunakan AI untuk menganalisis data konsumen secara mendalam. Hal ini mencakup pemahaman perilaku konsumen, preferensi, serta tren yang muncul dari data historis. Dengan analisis data yang lebih canggih, mereka dapat memahami konsumen dengan lebih baik.

AI digunakan untuk menciptakan pengalaman yang lebih personal bagi konsumen. Jasa pemasaran dapat merancang pesan dan konten yang disesuaikan dengan preferensi individu, sejarah pembelian, dan lokasi geografis konsumen.

AI dapat memantau aktivitas pesaing dan memberikan wawasan tentang strategi pemasaran pesaing. Ini membantu jasa pemasaran untuk tetap kompetitif dan merespons perubahan dalam pasar.

AI juga membantu jasa pemasaran dalam menentukan audiens yang paling sesuai dengan kampanye mereka. Dengan analisis data yang kuat, AI dapat mengidentifikasi segmen konsumen yang paling mungkin merespons positif terhadap pesan pemasaran, sehingga mengoptimalkan penargetan.

Bukan hanya itu, AI dapat membantu jasa pemasaran dalam mengoptimalkan alokasi anggaran pemasaran. Dengan memantau kinerja kampanye secara real-time, AI dapat mengarahkan anggaran ke saluran dan kampanye yang paling efektif.

4. Influencer Marketing

Influencer Marketing dapat dianggap sebagai salah satu strategi pemasaran yang hits di tahun 2023. Strategi pemasaran ini melibatkan kolaborasi dengan individu atau kelompok yang memiliki pengaruh besar di media sosial atau dalam niche tertentu. Tujuannya adalah untuk memanfaatkan popularitas dan kredibilitas para influencer tersebut untuk mempromosikan produk atau merek kepada audiens mereka.

Pada dasarnya, Influencer Marketing melibatkan kerjasama antara brand atau perusahaan dengan influencer yang relevan. Mereka menjalin kesepakatan tentang cara, bentuk, dan waktu pelaksanaan kampanye pemasaran. Dalam hal ini, influencer berperan sebagai pihak yang memberikan jasa pemasaran kepada merek dengan cara memasarkan produk atau layanan mereka kepada audiens yang telah mereka bangun.

Jasa pemasaran dalam konteks Influencer Marketing mencakup berbagai aspek, termasuk:

  • Penelitian Influencer: Jasa pemasaran atau perusahaan akan melakukan penelitian untuk mengidentifikasi influencer yang sesuai dengan merek dan target audiensnya.

  • Pembuatan Kontrak: Jasa pemasaran akan menegosiasikan dan merancang kontrak dengan influencer yang mencakup kompensasi, deliverables, jadwal, dan aspek hukum lainnya.

  • Kreativitas Konten: Jasa pemasaran berperan dalam merancang pesan dan konten yang sesuai dengan merek, tetapi juga menarik dan sesuai dengan gaya influencer.

  • Pengawasan Pelaksanaan: Mereka memantau pelaksanaan kampanye untuk memastikan kepatuhan terhadap kontrak dan standar brand.

  • Pengukuran Kinerja: Setelah kampanye selesai, jasa pemasaran akan mengukur kinerja influencer marketing. Jasa pemasaran akan menganalisis metrik seperti jumlah tayangan, keterlibatan, konversi, dan pengaruh yang dihasilkan oleh kampanye.

  • Pengembangan Hubungan: Dalam beberapa kasus, jasa pemasaran bekerja untuk membangun hubungan jangka panjang antara merek dan influencer.

Penting untuk dicatat bahwa Influencer Marketing adalah salah satu bentuk khusus dari jasa pemasaran yang memanfaatkan kekuatan individu yang memiliki pengaruh dalam media sosial. Meskipun melibatkan elemen kreatif dan strategis dalam pemasaran, influencer marketing berfokus pada kerjasama dengan pihak eksternal, yaitu influencer, untuk mencapai tujuan pemasaran.

5. Voice Search Marketing

Voice Search Marketing adalah strategi yang digunakan jasa pemasaran yang dirancang untuk memanfaatkan teknologi pengenalan suara, seperti asisten virtual (contohnya, Siri, Google Assistant, dan Alexa). 

Strategi marketing ini digunakan untuk mencapai audiens yang semakin besar yang menggunakan perintah suara untuk mencari informasi, produk, atau layanan di internet. Pemasaran ini memahami bahwa cara orang mencari informasi berubah karena penggunaan asisten suara semakin populer. 

Saat menggunakan strategi ini jasa pemasaran akan melakukan optimasi konten online, termasuk halaman web, blog, dan konten media sosial, agar lebih responsif terhadap pertanyaan yang diajukan audiens dalam bentuk suara. Optimasi tersebut melibatkan penggunaan kata kunci panjang (long-tail keywords) dan pertanyaan yang sering muncul dalam percakapan sehari-hari.

Pemasar menciptakan konten yang menjawab pertanyaan umum yang mungkin diajukan oleh pengguna voice search. Termasuk pertanyaan mengenai informasi produk, panduan, atau jawaban atas pertanyaan umum yang terkait dengan industri atau bisnis.

Setelah strategi digunakan, jasa pemasaran menggunakan alat analitik untuk mengukur kinerja kampanye Voice Search Marketing. Mereka melacak sejauh mana perubahan dalam perilaku konsumen yang dipengaruhi oleh Voice Search.

Voice Search Marketing memanfaatkan perubahan dalam perilaku konsumen dan tren penggunaan teknologi. Strategi pemasaran ini terbilang efektif membantu brand mencapai audiens dengan menggunakan perintah suara untuk mencari informasi dan berbelanja, dan juga memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dalam perintah suara. 

Strategi ini adalah salah satu contoh inovasi jasa pemasaran yang berusaha untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi untuk mencapai audiens yang semakin besar dan beragam.

6. Chatbot Marketing

Chatbot Marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan chatbot atau program komputer yang dirancang untuk berkomunikasi dengan manusia melalui pesan teks atau suara. Chatbot ini digunakan untuk berinteraksi dengan calon pelanggan atau pelanggan yang mengunjungi situs web atau platform media sosial. 

Jasa pemasaran menggunakan chatbot untuk mengidentifikasi pengguna berdasarkan data yang mereka bagikan, seperti preferensi, lokasi, dan sejarah pembelian. Dengan informasi ini, mereka dapat memisahkan pengguna ke dalam segmen yang lebih spesifik.

Chatbot digunakan sebagai alat dukungan pelanggan yang dapat menjawab pertanyaan umum, memberikan bantuan, dan menyelesaikan masalah dengan cepat. Ini membantu dalam meningkatkan layanan pelanggan.

Selain informasi umum, chatbot dapat memberikan rekomendasi konten atau produk berdasarkan preferensi pengguna. Ini membantu dalam mengarahkan perhatian pengguna ke konten atau produk yang mungkin menarik bagi mereka, memberikan informasi produk, memberikan rekomendasi, dan membantu dalam proses checkout yang dapat meningkatkan penjualan.

Jasa pemasaran juga menggunakan data yang dikumpulkan melalui chatbot untuk mengukur kinerja kampanye dan efektivitas chatbot dalam membantu pencapaian tujuan pemasaran.

Sekarang, kamu telah melihat betapa dinamisnya dunia jasa pemasaran di tahun 2023, bukan?  Mulai dari pengaruh teknologi yang tak pernah berhenti, perubahan dalam preferensi konsumen, persaingan ketat, data yang melimpah, dan dampak globalisasi, tren pemasaran terus berkembang. Inilah yang membuat pemasaran begitu menarik dan penuh potensi.

Tantangan dan peluang yang hadir dalam dunia pemasaran dapat membantu merek menghadirkan produk dan layanan yang lebih sesuai dengan keinginan konsumen. Jasa pemasaran menjadi alat yang sangat efektif untuk menghubungkan merek dengan audiens mereka, memahami preferensi, dan menciptakan pengalaman yang lebih baik.

Seiring berjalannya waktu, kita dapat yakin bahwa tren dalam jasa pemasaran akan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi, perubahan konsumen, dan dinamika pasar. Bukan hanya jasa pemasaran, kamu sebagai pebisnis juga harus semakin cerdas melihat inovasi dan kreativitas pemasaran yang digunakan di dunia bisnis. 

#
Digital Marketing
Belajarlagi author:

Belajarlagi Writer

Tim penulis Belajarlagi yang profesional dan berdedikasi untuk memberi informasi berkualitas demi Teman Belajar

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.