Rekomendasi Bootcamp Desain Mobile Terbaik di Indonesia

Belajarlagi Writer
8 Min Read
Published:
June 20, 2023
Updated:
June 20, 2023

Halo Teman Belajar! Apakah kamu sedang mencari bootcamp desain mobile terbaik di Indonesia? Jika iya, kamu datang ke tempat yang tepat!

Dalam era digital seperti sekarang, desain mobile menjadi sangat penting dalam mengembangkan aplikasi atau produk digital. Oleh karena itu, bootcamp desain mobile menjadi semakin populer di Indonesia sebagai tempat untuk belajar dan mengasah keterampilan dalam desain mobile.

Namun, dengan banyaknya pilihan yang tersedia, mencari bootcamp desain mobile terbaik bisa jadi membingungkan. Jangan khawatir, karena kami telah merangkum beberapa rekomendasi bootcamp desain mobile terbaik di Indonesia untuk kamu.

Jadi, tetaplah di sini dan simak rekomendasi kami. Siapa tahu, bootcamp desain mobile impianmu ada di sini! Tapi, sebelum membahas tentang rekomendasi bootcampnya, bagaimana kalau Tim Belajar Lagi ajak kamu untuk mengenal apa itu desain mobile, sejarah, hingga kegunaannya bagi dunia digital. Penasaran? Yuk, disimak!

Apa itu Desain Mobile? 

pa itu Desain Mobile?‍

Desain mobile adalah proses merancang antarmuka (interface) atau tampilan dari aplikasi atau situs web yang dapat diakses melalui perangkat mobile seperti smartphone atau tablet. Tujuan dari desain mobile adalah memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik saat menggunakan aplikasi atau situs web pada perangkat mobile.

Kamu pasti pernah menggunakan aplikasi atau situs web di smartphone, kan? Nah, desain mobile lah yang membuat tampilan dan penggunaan aplikasi atau situs web tersebut lebih mudah dan nyaman untuk digunakan di perangkat mobile. Desain mobile meliputi segala aspek dari warna, ukuran, bentuk, hingga tata letak dari elemen-elemen di dalam aplikasi atau situs web.

Karena semakin banyak orang yang menggunakan perangkat mobile untuk mengakses internet, desain mobile menjadi sangat penting untuk memastikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan efektif. Jadi, jika kamu tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang desain mobile, jangan ragu untuk mengikuti bootcamp atau kursus yang tersedia.

Sejarah Terciptanya Desain Mobile

Sejarah Terciptanya Desain Mobile‍

Awalnya, desain web hanya dibuat untuk dapat diakses melalui komputer desktop atau laptop. Namun, dengan semakin populernya perangkat mobile seperti smartphone dan tablet, para desainer mulai menyadari pentingnya desain yang dapat diakses melalui perangkat mobile.

Pada tahun 2000-an, mulailah muncul kebutuhan untuk mengoptimalkan tampilan dan pengalaman pengguna pada perangkat mobile.

Pada awalnya, desain mobile masih sangat sederhana dan fokus pada fitur-fitur dasar seperti telepon dan pesan teks. Namun, dengan semakin berkembangnya teknologi, desain mobile mulai memiliki tampilan yang lebih menarik dan interaktif. Hal ini membuat penggunaan ponsel pintar dan tablet semakin populer dan membuat banyak perusahaan dan aplikasi berlomba-lomba untuk membuat tampilan yang lebih baik untuk perangkat mobile.

Pada tahun 2007, Apple merilis iPhone pertama yang mengubah cara kita menggunakan ponsel. Dengan layar sentuh yang besar dan antarmuka pengguna yang intuitif, iPhone menjadi hit dan memicu revolusi desain mobile yang lebih canggih dan kompleks.

Namun, dengan semakin canggihnya teknologi, desain mobile berkembang dengan cepat dan memungkinkan aplikasi dan situs web untuk memiliki tampilan yang lebih menarik dan fungsional di perangkat mobile.

Selain itu, popularitas aplikasi seperti Facebook dan Twitter pada perangkat mobile membuka peluang bagi desainer untuk memperluas kemampuan desain mobile. Para desainer mulai mengeksplorasi kemungkinan desain mobile yang lebih menarik dan interaktif, dengan menggunakan fitur-fitur baru seperti sensor gerak dan fitur layar sentuh.

Hingga saat ini, desain mobile terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Desainer terus menciptakan desain mobile yang lebih inovatif dan menarik bagi pengguna perangkat mobile.

Kisaran Gaji Profesi Desain Mobile di Indonesia

Kisaran Gaji Profesi Desain Mobile di Indonesia‍

Nah, kali ini kita akan membahas kisaran gaji profesi desain mobile di Indonesia. Sebagai profesi yang berkaitan dengan teknologi, desain mobile menawarkan gaji yang cukup menggiurkan. Namun, kisaran gaji tersebut tentu saja tergantung pada beberapa faktor seperti pengalaman, keterampilan, dan lokasi kerja.

Rata-rata, untuk desainer mobile dengan pengalaman kerja sekitar 1-3 tahun, gaji yang ditawarkan berkisar antara 5-10 juta rupiah per bulan. Namun, untuk desainer mobile dengan pengalaman kerja lebih dari 5 tahun dan keterampilan yang lebih tinggi, gaji yang ditawarkan bisa mencapai 15-20 juta rupiah per bulan.

Selain itu, lokasi kerja juga dapat memengaruhi kisaran gaji. Kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, atau Surabaya cenderung menawarkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan kota-kota kecil.

Namun, perlu diingat bahwa gaji bukanlah satu-satunya faktor yang penting dalam memilih profesi. Kamu juga perlu mempertimbangkan kesenangan dan minatmu terhadap desain mobile serta potensi pengembangan karir di masa depan.

Mengapa Desain Mobile itu Penting?

Mengapa Desain Mobile itu Penting?‍

Kamu pasti sering menggunakan ponsel pintar atau tablet, kan? Nah, ada beberapa alasan kenapa desain penting bagi keberlangsungan dunia digital. Berikut ini di antaranya:

1. Memudahkan pengguna dalam mengakses informasi dan melakukan aktivitas di perangkat mobile 

Kamu pasti pernah merasa kesulitan dalam mencari informasi atau melakukan aktivitas di perangkat mobile yang kamu gunakan, kan? Nah, desain mobile yang baik dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

Dengan desain yang baik, informasi dan fitur yang kamu butuhkan dapat diatur dan disajikan dengan cara yang mudah dipahami oleh pengguna. Selain itu, antarmuka pengguna atau user interface (UI) yang intuitif dapat meminimalkan kesalahan pengguna dalam menggunakan aplikasi atau produk, sehingga membuat penggunaan perangkat mobile menjadi lebih efisien dan nyaman.

Misalnya, ketika kamu membuka aplikasi toko online di perangkat mobile, desain mobile yang baik akan menampilkan barang-barang yang ditawarkan dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Kamu juga dapat dengan mudah mencari produk yang kamu inginkan dan melakukan pembayaran dengan cepat dan mudah.

Dengan demikian, desain mobile yang baik dapat memudahkan pengguna dalam mengakses informasi dan melakukan aktivitas di perangkat mobile. Sebaliknya, desain mobile yang buruk dapat membuat pengguna kesulitan dalam mencari informasi dan melakukan aktivitas, bahkan bisa membuat mereka frustrasi dan memilih untuk beralih ke aplikasi atau produk lain yang lebih mudah digunakan.

2. Menciptakan pengalaman pengguna yang berkesan

Pernahkah kamu menggunakan aplikasi atau produk di perangkat mobile yang membuatmu merasa senang dan puas? Nah, itulah pengalaman pengguna (user experience) yang baik. Pengalaman pengguna yang baik dapat dicapai dengan desain mobile yang baik pula.

Desain mobile yang baik dapat menciptakan pengalaman pengguna yang interaktif, menarik, dan mudah dipahami. Hal ini membuat penggunaan perangkat mobile menjadi lebih menyenangkan dan menyimpan kenangan yang berkesan pada pengguna.

Ketika pengguna merasa puas dengan pengalaman pengguna yang diberikan, maka kemungkinan besar mereka akan terus menggunakan aplikasi atau produk tersebut, bahkan merekomendasikannya kepada orang lain. Hal ini dapat membantu meningkatkan loyalitas pengguna dan bahkan dapat membantu meningkatkan popularitas merek atau produk tersebut.

3. Memainkan peran penting dalam branding

Apakah kamu tahu bahwa desain mobile juga memainkan peran penting dalam branding suatu produk atau layanan? Yup, desain mobile dapat membantu memperkuat citra merek atau brand image.

Dalam desain mobile, elemen-elemen seperti warna, tipografi, dan grafis dapat digunakan untuk menciptakan kesan yang konsisten dengan citra merek. Sebagai contoh, sebuah aplikasi perbankan mungkin menggunakan warna biru yang cerah dan tipografi yang formal untuk menciptakan kesan profesional dan dapat dipercaya.

Selain itu, desain mobile juga dapat membantu memperkuat identitas merek dengan menghadirkan elemen visual yang konsisten dengan merek tersebut. Misalnya, sebuah merek minuman berenergi mungkin menggunakan gambar atau logo tertentu pada semua materi promosi mereka, termasuk aplikasi mobile mereka.

Dengan demikian, desain mobile dapat membantu merek menciptakan identitas yang kuat dan konsisten, dan menciptakan pengalaman merek yang kohesif bagi pengguna. Sebaliknya, desain mobile yang buruk dapat mengirimkan pesan yang salah atau bahkan merusak citra merek secara keseluruhan.

4. Semakin banyak orang yang menggunakan perangkat mobile

Tahukah kamu bahwa semakin banyak orang yang menggunakan perangkat mobile saat ini? Ya, benar! Menurut data yang diterbitkan oleh We Are Social dan Hootsuite pada tahun 2021, ada lebih dari 5,22 miliar pengguna ponsel di seluruh dunia.

Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak orang yang menggunakan perangkat mobile untuk melakukan berbagai hal, seperti mengakses informasi, berbelanja online, mengirim pesan, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, penting bagi pengembang untuk memperhatikan desain mobile saat membangun produk atau layanan mereka.

Dengan semakin banyaknya pengguna perangkat mobile, pengalaman pengguna yang baik menjadi semakin penting. Jika pengguna tidak dapat dengan mudah menggunakan aplikasi atau situs web pada perangkat mobile mereka, mereka mungkin akan meninggalkannya dan mencari alternatif lain.

Oleh karena itu, desain mobile yang responsif dan mudah digunakan dapat membantu memastikan bahwa produk atau layanan kamu dapat diakses oleh sebanyak mungkin orang. Dengan demikian, kamu dapat mencapai audiens yang lebih luas dan meningkatkan penghasilan atau hasil bisnis kamu.

Jadi, semakin banyak orang yang menggunakan perangkat mobile, semakin penting juga desain mobile dalam pengembangan produk atau layanan kamu. Dengan memperhatikan desain mobile yang baik, kamu dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan mencapai audiens yang lebih besar.

Rekomendasi Bootcamp Desain Mobile Terbaik di Indonesia

Rekomendasi Bootcamp Desain Mobile Terbaik di Indonesia‍

Nah, buat kamu yang tertarik untuk belajar desain mobile, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengikuti bootcamp desain mobile di Indonesia. Bootcamp desain mobile adalah program pelatihan intensif yang fokus pada pembelajaran desain mobile dari dasar hingga mahir.

Berikut ini beberapa rekomendasi bootcamp desain mobile terbaik di Indonesia yang bisa kamu coba:

1. Alterra Academy

Alterra Academy adalah salah satu lembaga pendidikan di Indonesia yang menawarkan bootcamp desain mobile yang sangat direkomendasikan. 

Di sini, kamu bisa belajar tentang UI/UX design, mobile app development, hingga product management. Mereka menawarkan program yang berfokus pada praktek, sehingga kamu bisa langsung mempraktikkan apa yang kamu pelajari di dalam kelas.

Tidak hanya itu, Alterra Academy juga memiliki kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan industri teknologi yang terus berkembang. Kamu akan diajarkan oleh para praktisi yang sudah berpengalaman di bidangnya masing-masing, sehingga kamu bisa mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan berguna.

Saat ini, Alterra Academy telah meluluskan lebih dari 1000 lulusan dengan persentase tingkat penempatan kerja yang cukup tinggi. Jadi, jika kamu ingin mengembangkan keterampilanmu di bidang desain mobile, Alterra Academy adalah salah satu pilihan yang sangat direkomendasikan.

Jika tertarik untuk mengikuti bootcamp desain mobile di Alterra Academy, kamu harus siapkan anggaran mulai dari sekitar 20 juta rupiah. Harga tersebut bisa berubah tergantung pada program yang kamu pilih. 

Namun, Alterra Academy menawarkan program beasiswa dan cicilan pembayaran untuk membantumu dalam mengatasi keterbatasan biaya. Jadi, pastikan kamu mempertimbangkan semua opsi yang ada sebelum memutuskan untuk mendaftar di Alterra Academy.

2. Hacktiv8

Hacktiv8 juga menawarkan bootcamp desain mobile yang sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin memulai karir di bidang teknologi. Mereka menawarkan program belajar yang intensif, dimana kamu akan belajar tentang UI/UX design, mobile app development, hingga deployment.

Selama di Hacktiv8, kamu akan diajarkan oleh mentor yang berpengalaman dan berbakat di bidangnya. Mereka juga memiliki kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan industri teknologi yang terus berkembang, sehingga kamu akan mendapatkan keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan teknologi saat ini.

Harga Bootcamp Desain Mobile di Hacktiv8 cukup bervariasi tergantung pada program yang kamu pilih. Namun, secara umum, harga bootcamp di Hacktiv8 tergolong cukup terjangkau jika dibandingkan dengan manfaat dan pengalaman yang akan kamu dapatkan. Harga untuk program Mobile UI/UX Design, misalnya, mulai dari sekitar 7 juta rupiah hingga 12 juta rupiah, tergantung pada paket yang kamu pilih.

Selain itu, Hacktiv8 juga menawarkan program beasiswa bagi kamu yang ingin belajar tetapi terkendala masalah finansial. Kamu bisa memperoleh kesempatan belajar yang berkualitas tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu besar.

Jadi, jika kamu ingin memulai karir di bidang desain mobile, Hacktiv8 adalah salah satu pilihan yang patut dipertimbangkan. Dengan program belajarnya yang intensif dan mentor yang berkualitas, kamu akan mendapatkan keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses di industri teknologi.

3. Glints Academy

Glints Academy juga menawarkan bootcamp desain mobile yang dapat membantu kamu memulai karir di bidang teknologi. Selama bootcamp, kamu akan diajarkan keterampilan desain mobile dan UI/UX design oleh mentor yang berpengalaman dan ahli di bidangnya.

Mereka juga menawarkan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan industri teknologi saat ini, sehingga kamu akan memperoleh keterampilan yang relevan dan dibutuhkan oleh perusahaan teknologi.

Selain itu, Glints Academy juga menawarkan program magang yang dapat membantu kamu memperoleh pengalaman kerja yang berharga dan membangun portofolio yang kuat. Program magang ini juga dapat membuka pintu kesempatan kerja di perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia.

Biasanya harga bootcamp di Glints Academy berkisar antara beberapa juta hingga puluhan juta rupiah tergantung durasi program dan jenis program yang kamu pilih.

4. Ironhack

Bootcamp Desain Mobile di Ironhack merupakan program pelatihan yang cocok bagi kamu yang ingin belajar desain mobile dengan pendekatan praktis. Dalam program ini, kamu akan belajar membuat desain mobile mulai dari konsep awal hingga produk jadi. Selain itu, kamu juga akan belajar tentang teknologi terkini dan praktik terbaik dalam industri desain mobile.

Bootcamp Desain Mobile di Ironhack berdurasi 9 minggu dan dilaksanakan secara intensif, dengan kurikulum yang dikembangkan oleh para ahli industri desain mobile yang berpengalaman. Selain itu, kamu juga akan diberikan kesempatan untuk belajar dari praktisi dan mentor yang aktif bekerja di industri desain mobile.

Program bootcamp di Ironhack didesain untuk mempersiapkan kamu agar siap menghadapi tantangan dan memperoleh keterampilan yang dibutuhkan dalam industri desain mobile. 

Setelah menyelesaikan program ini, kamu akan mendapatkan portofolio desain mobile yang kuat dan memperoleh kemampuan untuk melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka.

Jangan lupa bahwa Bootcamp Desain Mobile di Ironhack memerlukan biaya untuk mendaftar dan menyelesaikan programnya. Namun, biaya tersebut dapat bervariasi tergantung pada durasi program dan jenis programnya. Untuk informasi lebih lanjut tentang program dan biaya, kamu bisa mengunjungi situs web resmi Ironhack.

5. Dicoding Academy

Dicoding Academy adalah salah satu lembaga pelatihan digital terkemuka di Indonesia yang menawarkan program bootcamp desain mobile. Program bootcamp desain mobile ini dirancang untuk memperkenalkan konsep dasar desain mobile dan mempersiapkan peserta untuk menjadi seorang desainer mobile yang handal.

Program bootcamp desain mobile di Dicoding Academy berdurasi selama 3 bulan dan terdiri dari 8 modul yang mencakup topik-topik seperti konsep dasar desain mobile, UI/UX design, pengembangan aplikasi mobile, hingga penyelesaian masalah dalam desain mobile. 

Selama program ini, kamu akan dibimbing oleh instruktur yang berpengalaman dan akan diberikan tugas-tugas yang praktis untuk meningkatkan keterampilanmu.

Selain itu, Dicoding Academy juga menawarkan sertifikasi resmi dari Google dalam program Android Developer Fundamentals, yang dapat meningkatkan nilai tambah di pasar kerja. Harga program bootcamp desain mobile di Dicoding Academy cukup terjangkau dan dapat dibayar dengan cicilan.

Jadi, jika kamu tertarik untuk menjadi seorang desainer mobile yang handal dan mendapatkan sertifikasi resmi dari Google, program bootcamp desain mobile di Dicoding Academy bisa menjadi pilihan yang tepat.

Nah, apabila kamu berubah pikiran dan mau ikut bootcamp materi selain desain mobile, kamu bisa cek selengkapnya di Belajar Lagi

Di Belajar Lagi, kamu akan ketemu dengan berbagai program bootcamp lainnya seperti Fullstack Digital Marketing, Search Engine Optimization (SEO), Project Management, hingga Social Media Organic. 

Tak perlu khawatir, di sini kamu akan mendapatkan pengalaman belajar yang intensif dan didampingi oleh mentor yang berpengalaman di bidangnya. Selain itu, dengan mengikuti program bootcamp di Belajar Lagi, kamu juga akan mendapatkan akses ke komunitas alumni yang terus berkembang, serta kesempatan untuk membangun jaringan dengan para profesional di bidang yang kamu minati.

Harga bootcamp di Belajar Lagi bisa berbeda-beda tergantung durasi program dan jenis materi yang diajarkan. Namun, secara umum, Belajar Lagi menawarkan harga yang kompetitif dan terjangkau dibandingkan dengan bootcamp di tempat lain.

Jadi, jangan ragu untuk mengeksplorasi berbagai program bootcamp yang ditawarkan oleh Belajar Lagi dan temukan passionmu di bidang teknologi dan digital!

No items found.
Belajarlagi author:

Belajarlagi Writer

Tim penulis Belajarlagi yang profesional dan berdedikasi untuk memberi informasi berkualitas demi Teman Belajar

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.