Kursus Digital Marketing Bersetifikat, Cara Jitu Upgrade Skill dan Tingkatkan Jenjang Karier

Belajarlagi Writer
8 Min Read
Published:
May 8, 2023
Updated:
May 8, 2023

Kursus digital marketing cocok yang ingin upgrade skill atau ingin tingkatkan jenjang karir di bidang ini. Bagi pemula, tidak ada salahnya juga belajar sembari ambil sertifikasi untuk mempermudah mencari pekerjaan. Karena di kelas digital marketing, kamu akan dipandu oleh para ahli berpengalaman, serta kurikulum yang sudah disusun dan disesuaikan dengan permintaan pasar dan waktu belajar.

Menguasai digital marketing zaman sekarang bukan hanya soal mengikuti tren, lho. Tidak hanya untuk jenjang karier tapi manfaatnya sudah terbukti pada berbagai jenis usaha, mulai dari yang baru berdiri hingga yang sudah populer. Digital marketing bahkan bisa mempopulerkan usaha rumahan dengan lebih mudah sehingga mendorong tren berbisnis dari rumah.

Dalam laporan Think with Google, pencarian “where to buy” dan “near me” telah meningkat sebanyak 200% hanya dalam waktu dua tahun. Kesimpulan ini diperoleh dari perbandingan antara U.S Google Data periode April 2016-2017 dan April 2018-2019. 

Jadi, bisa dikatakan mengambil kursus digital marketing bersertifikat ini jadi salah satu cara jitu untuk mengembangkan skill-mu sehingga bisa bersaing dengan para jobseeker lainnya.

Alasan Mengikuti Kursus Digital Marketing Bersertifikat

Karena melihat peluangnya yang begitu besar, selanjutnya yuk simak alasan mengapa kamu wajib mengikuti kursus digital marketing bersetifikat!

1. Meningkatkan Skill Menjadi Digital Marketer Profesional

Jumlah pekerjaan digital marketing saat ini sedang booming, sehingga menyebabkan peningkatan yang pesat dalam jumlah pekerjaan digital di tahun-tahun mendatang. Nah, ini waktunya kamu mempersiapkan diri untuk peran pekerjaan yang akan sangat diminati di tahun-tahun mendatang dengan ikut kursus digital marketing bersertifikat.

Permintaan eksekutif pemasaran digital akan meningkat sebesar 30%. Artinya kamu perlu menelusuri keahlian yang diminta oleh perusahaan IT dan mempersiapkannya dengan tepat. 

Sebelum mulai, kamu wajib untuk memperhatikan keterampilan dan keahlian yang dibutuhkan. Mengambil inisiatif yang tepat akan membantu kamu memiliki posisi pekerjaan yang aman dengan gaji yang bagus dalam waktu dekat.

2. Dapat Memilih Berbagai Pilihan Karir

Digital Marketing tidak membatasi kamu pada satu profil pekerjaan tertentu. Bahkan perusahaan terkemuka seperti Google, Twitter, dan Facebook menyediakan beragam peluang kerja. Inilah alasan mengapa pentingnya ikut kursus digital marketing bersertifikat.

Membuat pilihan tergantung pada profesional yang harus menyiapkan karirnya di pemasaran digital. Pekerjaan online baru diumumkan secara teratur untuk berbagai organisasi dan perusahaan. Hal ini memberikan manfaat tambahan menjadi pemilih tentang jenis pekerjaan dan jenis workstation.

Namun, pilihan ini harus dibuat dengan menganalisis peran pekerjaan secara mendalam sehingga cocok dengan kebutuhanmu.

3. Gaji Lebih Baik

Ya, manfaat kursus digital marketing bersertifikat dapat membantu kamu mendapatkan gaji yang lebih baik. Karena ruang lingkup digital marketing semakin meningkat; itu pasti akan mempengaruhi anggaran individu. Permintaan dan penawaran untuk profesional digital berbanding terbalik satu sama lain. Permintaan lebih banyak dan pasokan sedikit.

Kasus ini akan terbukti bermanfaat bagi karyawan. Jika kamu memiliki keahlian dan keahlian yang lebih kuat, kamu dapat mengadakan pembicaraan tentang masalah gaji dan memanfaatkan paket terbaik. Saat ini posisi SEO, SMO, PPC, dan beberapa profil pekerjaan lainnya telah mengalami kenaikan gaji dibanding tahun-tahun sebelumnya.

4. Memulai Karir sendiri

Tidak seperti profesi lain di mana kamu harus menyelesaikan gelar atau diploma untuk memulai karir, kursus digital marketing bersertifikat tidak memerlukan prasyarat seperti itu. Dunia digital menawarkan peluang besar untuk memulai karir dalam digital marketing bahkan tanpa melangkah ke tempat kerja.

Kamu bisa memulai blogging dan berkonsentrasi untuk membangun basis penggemar yang lebih besar. Kamu juga dapat menguji pengetahuan dan keterampilan dengan mengikuti tes online seperti Ujian Google Analytics. 

Setelah kamu berhasil menyelesaikan tes, kamu dapat menambahkan sertifikat kursus digital marketing bersertifikat ke akun media sosial seperti LinkedIn sehingga perekrut dapat melihat profil dan bahkan dapat memilihmu.

5. Fleksibel

Waktu Kerja dalam digital marketing selalu fleksibel. Tugas lengkap didasarkan pada Internet, sehingga tidak ada kekhawatiran tentang lokasi kerja. Kamu bahkan dapat bekerja dari rumah, sehingga lokasi tidak menjadi masalah. Kehadiran Internet di mana-mana memudahkan pekerjaan dari tempat yang jauh.

Juga, ribuan orang terus berselancar di Internet 24/7. Mereka mungkin mengalami masalah atau bug kapan saja. Jadi menyelesaikan masalah mereka kapan saja lebih bermanfaat. Mereka dapat merespon ketika bantuan dibutuhkan.

6. Penyebaran Keterampilan dari Satu Perusahaan ke Perusahaan lain

Para profesional digital dapat mentransfer keahlian mereka dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Karena digital marketing digunakan oleh perusahaan skala kecil, menengah, dan besar, kamu dapat dengan mudah menggunakan keahlian yang diperoleh untuk menyelesaikan masalah orang lain.

Nah, agar bisa lebih bersaing dengan pekerja lainnya maka tak ada salahnya bekali dirimu dengan mengikuti kursus digital marketing bersertifikat.

7. Tunjukkan Kreativitas

Digital Marketing bertujuan untuk menambahkan kehidupan ke blog dan website yang tidak aktif. Kegiatan ini sangat membutuhkan kreativitas dan logika, karena menulis konten yang efektif dan membuat strategi membutuhkan banyak imajinasi dan ide-ide inovatif.

Karir Digital Marketing akan segera menjadi bagian penting dari dunia pemasaran. Mereka yang ingin bereksperimen dengan alat baru dan beradaptasi dengan perubahan harus memilih profil pekerjaan. Jika kamu ingin terus menunjukan kreativitasmu dibidang ini, maka kursus digital marketing bersertifikat adalah kuncinya.

8. Lebih Mudah Berinteraksi dengan Target Market

Mengikuti kursus digital marketing bersertifikat berarti kamu siap memangkas jarak dengan target market.  Digital marketing memudahkan kamu untuk melakukan pendekatan dengan orang-orang yang kamu target sebagai pembeli. 

Dalam hal ini, media sosial tidak hanya digunakan untuk mempublikasikan konten-konten marketing, tapi juga untuk berinteraksi dengan target market secara lebih dekat dan akrab. 

Tapi perlu dicatat, sebaiknya kamu tidak memberondong target market dengan konten promosi. Kenapa? Karena hal ini bisa dianggap spam. Akhirnya, mereka malah kesal dan tidak tertarik lagi dengan brand-mu. 

Tipsnya, bangunlah hubungan yang kuat dengan pelanggan. Salah satu caranya dengan merespon komentar-komentar pelanggan di unggahan social media-mu.  

Hal ini bisa menunjukkan kepedulianmu terhadap mereka. Kamu juga dianggap lebih hangat kalau rutin berkomunikasi dengan mereka. Adapun, cara lainnya bisa kamu pelajari setelah ikut kursus digital marketing bersertifikat.

9. Lebih Terukur dan Mudah Dievaluasi

Dalam kursus digital marketing bersertifikat, idealnya kamu mendapat arahan untuk menggunakan tools tertentu. Tools tersebut dapat memberi laporan terhadap strategi marketing yang kamu lakukan. 

Jadi misalnya kamu memproduksi artikel SEO di website, maka kamu bisa melihat performa website melalui catatan traffic konten tersebut. 

Hal serupa juga berlaku pada strategi digital marketing yang lain. Ini berarti apapun strategi yang kamu pilih, kamu dapat dengan mudah mengevaluasi strategi pemasaran yang kamu jalankan.

Dari situ, optimasi strategi bisa dilakukan untuk membuatnya berjalan lebih efektif. Secara langsung, hal ini dapat berdampak positif bagi penjualan produk kamu.

10. Lebih Mudah Menganalisa Pesaing Bisnis (Kompetitor)

Melalui digital marketing, kamu lebih mudah untuk mempelajari strategi marketing para kompetitor.  Untuk melihat bagaimana kompetitor melakukan promosi di media sosial misalnya. Kamu bisa berkunjung ke akun mereka, lalu mengamati konten-konten yang mereka publikasikan. 

Dari situ kamu memperoleh insight terkait gaya pendekatan apa yang mereka gunakan, bagaimana mereka berinteraksi dengan audiens, dan strategi apa saja yang menjadi andalan mereka.

Setelah itu kamu bisa bandingkan strategi yang dijalankan oleh tiap kompetitor. Manakah diantara strategi tersebut yang paling berhasil menarik pelanggan? 

Kalau sudah dapat jawabannya, kamu bisa meniru metode tersebut dan mengaplikasikannya untuk bisnis kamu. Atau, kamu bisa lakukan modifikasi untuk menghasilkan strategi yang lebih baik. 

Misal, kompetitor berhasil memikat pelanggan dengan konten berkonsep infografis. Maka kamu bisa coba gunakan konten interaktif seperti gabungan antara infografis dan kuis untuk menarik pelanggan. Mudah kan?

Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis

Kamu pasti bertanya-tanya, mengapa sangat penting untuk pemilik bisnis atau pekerja di perusahaan terus berkembang mengikuti tren digital marketing. Berikut ini penjelasan lengkapnya, semoga menjawab pertanyaanmu ya!

1. Memulai Bisnis dengan Biaya Kecil

Jika kamu memulai bisnis secara tradisional, ada banyak yang harus dipikirkan. Selain bangunan dan perlengkapan, kamu harus menyiapkan ragam metode promosi fisik. Papan nama toko, spanduk, tumpukan brosur, dan poster bisa memakan cukup banyak biaya promosi. Ini belum termasuk upaya promosi lewat media seperti koran dan majalah. Berbagai hal ini sering membuat calon pebisnis mundur sebelum memulai usaha mereka.

Untuk mempromosikan produk dan jasa, digital marketing dapat membantumu menghemat biaya dalam intensitas serta jangkauan pemasaran. Kamu bisa membuat akun media sosial atau blog gratisan untuk mempromosikan bisnis. Kamu tidak perlu membeli barang untuk modal dan bisa mulai sebagai reseller. 

Biaya iklan lewat media sosial populer seperti Facebook dan Instagram juga bisa disesuaikan dengan anggaranmu. Modalnya pemasarannya jauh lebih kecil dibandingkan dengan memulai secara tradisional.

Intinya, cukup dengan koneksi internet dan ponsel atau laptop, kamu sudah bisa melakukan pemasaran. Memulai bisnis pun jadi lebih hemat tanpa mengurangi kekuatan jangkauan pemasaranmu.

2. Mudah Menjangkau Banyak Calon Konsumen

Semakin luas jangkauan promosi, semakin banyak calon konsumen yang bisa kamu jaring. Membagikan brosur atau memasang spanduk hanya akan menjaring orang-orang yang melihat atau menerimanya secara langsung. Digital marketing membuatmu mampu menjangkau pasar yang lebih luas untuk memasarkan produk secara efisien.

Saat ini, ponsel dan akun media sosial hampir tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dengan pemasaran digital, kamu bisa langsung menjangkau ratusan dan bahkan ribuan orang dalam sehari. Cukup dengan satu postingan media sosial atau konten yang ditulis dengan baik, dan kamu bisa menjaring banyak calon konsumen bahkan tanpa keluar rumah!

Hebatnya lagi, dengan memanfaatkan digital marketing kamu bisa menjaring calon konsumen dari luar daerah. Hal ini memberimu kemudahan untuk mengembangkan jangkauan pasar yang lebih luas dari luar kota, provinsi, dan bahkan luar negeri. Kamu bahkan bisa melakukan ini tanpa menumpuk stok sendiri, misalnya sebagai reseller barang-barang tradisional yang diekspor ke pembeli atau kios luar negeri.

3. Mudah Beradaptasi dengan Tren Baru untuk Pemasaran

Sejak dunia memasuki dunia digital, masyarakat semakin mudah mengikuti beragam tren. Produk digital seperti media sosial, situs video, dan streaming menyebarkan beragam tren musik, film, meme, challenge, dan sebagainya. Semua ini memberi peluang besar buatmu untuk beriklan secara masif dan menjangkau calon konsumen yang gemar mengikuti tren digital.

Segi positif lainnya, kamu bisa melihat jenis produk yang sedang ngetren di populasi tertentu, misalnya makanan ringan, film, atau gaya berpakaian tertentu. Manfaatkan informasi ini untuk membuat bahasa pemasaran yang menarik.

4. Bisa Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Manfaat ternyata bukan hanya untuk menarik konsumen baru, tetapi juga menjaga loyalitas konsumen lama. Kok bisa?

Hal ini ternyata ada kaitannya dengan menciptakan kesetiaan pada merek (brand loyalty). Jika jenis bisnismu punya banyak saingan, kamu harus membuat konsumen datang berkali-kali ke produk atau jasamu. Media digital cocok untuk memasarkan bisnis dengan cara yang menarik minat konsumen dan menciptakan emosi positif setiap kali mereka membayangkan produkmu.

Misalnya, kamu bisa membuat postingan media sosial yang lucu atau kreatif, lalu menjadikannya daya tarik produkmu. Kamu juga bisa membagikan penawaran spesial yang hanya tersedia bagi pelanggan setia yang rajin berinteraksi di akun medsos bisnismu. 

Ketika banyak orang semakin akrab dengan profil bisnis atau merekmu, mereka akan lebih mudah mengingatmu ketika mencari produk atau jasa tertentu yang memang kamu tawarkan.

5. Sarana Tepat untuk Branding dan Membangun Reputasi

Cambridge Dictionary mendeskripsikan branding sebagai “kegiatan menghubungkan suatu produk dengan nama dan simbol tertentu agar dikenal orang”. Kamu bisa menggunakan sebagai sarana membangun merek, menarik perhatian, serta membuat bisnismu menonjol di tengah berbagai usaha serupa lainnya.

Caranya? Kamu bisa membuat beberapa akun media sosial dengan desain yang mencerminkan tema bisnismu. Gunakan gambar dan logo bisnis pada foto profil serta header. Buat postingan dengan gaya bahasa yang cocok dengan target pasar. 

Kamu juga bisa menggunakan media lain untuk memasarkan merekmu, misalnya video pendek yang lucu atau menarik dan menampilkan produkmu, lalu tampilkan di Instagram Reels atau YouTube.

Konten digital yang menarik seperti ini akan membuat orang lebih mudah menyebarkannya. Informasi tentang merek, produk, atau jasa yang kamu tawarkan pun tersebar dengan cepat bahkan hingga ke pengguna internet di daerah lain. Hal ini sulit kamu peroleh dengan pemasaran tradisional.

Rekomendasi Lembaga Kursus Digital Marketing Bersertifikat

Bagaimana? Makin tertarik untuk ikut kursus digital marketing bersertifikat? Ini dia ada beberapa rekomendasi yang bisa kamu ikuti. Gratis, lho!

 1. Google Analytics Individual Qualification

Jika membahas tentang dunia digital, maka Google tidak bisa dikecualikan. Mesin pencarian terbesar ini, menyediakan kursus digital marketing bersertifikat secara gratis bagi kamu yang mengikuti kelas Google Analytics Individual Qualification.

Selama proses pelatihan, kamu akan mempelajari seputar perencanaan, implementasi, pengumpulan data, administrasi, konversi, metrik, dan laporan dalam Google Analytics.

Untuk mendapatkan sertifikat digital marketing dari Google, kamu harus melalui 3 tahap yaitu lulus Google Analytics for Beginner, Advance Google Analytics, dan mengerjakan google Analytics Individual Qualification exam dengan passing score 80%.

Meskipun mayoritas data Google Analytics berupa angka dan statistika, namun kamu jangan khawatir. Kamu  juga dapat menemukan fakta menarik terkait efektivitas pemasaran digital dan perilaku pelanggan saat sudah memahami cara kerjanya. 

2. Facebook Blueprint

Selain jadi media sosial, Facebook juga membuka kesempatan buat kamu yang ingin ikut kursus digital marketing bersertifikat melalui platform Facebook Blueprint, lho.

Facebook Blueprint menyediakan sejumlah kursus online yang yang mempelajari tentang pemanfaatan fitur pemasaran secara maksimal, terutama di Facebook. Ada juga topik terkait lainnya seperti belajar membangun brand awareness dan membuat Instagram untuk bisnis. 

3. HubSpot Academy

HubSpot merupakan perusahaan yang memiliki produk berupa perangkat lunak yang terfokus pada Customer Relationship Management (CRM) yang terdiri dari beberapa segmen yang berbeda, seperti Marketing Hub, Sales Hub, CMS Hub, dan Service Hub. HubSpot telah berdiri sejak tahun 2006 di Amerika Serikat.

Selain software CRM tersebut, HubSpot juga punya layanan sertifikasi yang bernama HubSpot Academy untuk kamu yang ingin belajar dan mendapatkan sertifikat digital marketing.  

Selama proses mengikuti kursus digital marketing bersertifikat, terdapat lebih dari 10 sertifikasi di bidang ini, mulai dari content marketing, media sosial, dan search engine optimization. Materi akan diberikan dalam format video yang sudah direkam dan dalam bahasa Inggris. Bagaimana, berminat?

4. Google Ads Certification

Satu lagi sertifikat digital marketing dari Google yang bisa kamu dapatkan adalah dengan mengikuti Google Ads Certification.

Dalam prosesnya, Google menyediakan materi untuk membuat layanan pengiklanan dalam berbagai pilihan: Search, Video, Shopping, Display dan App. Kamu bisa menguasai dasar dari masing-masing pilihan dengan mengambil kelas dan mengerjakan Google Ads Certification.

Untuk mendapatkan sertifikasi, kamu perlu mengikuti semua modul di kelas dan lulus dari exam dengan passing grade 80%. Jika tidak lulus, kamu harus menunggu 7 hari untuk mengambilnya kembali.

5. LinkedIn Learning

Tidak hanya menjadi platform antara job seeker dan job recruiter, LinkedIn juga menyediakan kursus digital marketing bersertifikat di LinkedIn Learning. Bahkan, ada lebih dari 15.000 kelas di LinkedIn Learning yang bisa diakses dan diikuti secara gratis. 

Jika kamu ingin mendalami dan memperoleh sertifikat digital marketing, pilihlah kelas Become a Digital Marketing Specialist. Kamu akan mempelajari pemahaman dasar, google analytics, SEO, Google Ads, content marketing, social media marketing, email marketing dan graphic design.

Kesimpulan

Alasan digital marketing sangat dibutuhkan, karena melihat keadaan saat ini semua kegiatan sudah menggunakan digital. Di zaman serba teknologi seperti sekarang ini, dimana inovasi teknologi di dunia semakin mengalami kemajuan. Hal ini yang menjadikan pelatihan dan sertifikasi kompetensi digital marketing sangat dibutuhkan.

Seperti yang sudah dijelaskan di awal saat ini pesatnya kemajuan teknologi serta internet yang sudah tidak bisa dipisahkan dari bagian keseharian masyarakat, terlebih saat masa pandemi seperti sekarang diperkirakan semua aktivitas akan beralih ke digital khususnya marketing.

Oleh karena itu, tren penggunaan digital marketing sudah harus diterapkan dalam penjualan agar dapat mengikuti perubahan yang terjadi. Selain itu digital marketing akan membantu kalian dalam mencapai target pasar yang lebih optimal dan meningkatkan ROI lebih cepat juga membangun branding dengan biaya yang cukup murah dibandingkan dengan pemasaran konvensional.

Beberapa manfaat lainnya yang akan kamu dapatkan dengan mengikuti kursus digital marketing bersertifikasi akan membuka wawasan kita terhadap cara pemasaran yang modern. Pemasaran konvensional dan digital marketing tentunya memiliki perbedaan yang sangat signifikan, dengan mengetahui pemasaran yang sedang tren saat ini tentunya akan sangat berguna untuk saat ini dan masa yang akan datang.

No items found.
Belajarlagi author:

Belajarlagi Writer

Tim penulis Belajarlagi yang profesional dan berdedikasi untuk memberi informasi berkualitas demi Teman Belajar

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.