Kenali Manfaat, Cara Meningkatkan, dan Tujuan Public Speaking!

Pahami tujuan public speaking jika kamu ingin membangun relasi, serta memperluas peluang pengembangan karier!

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Dilansir dari Study, public speaking adalah keterampilan yang diperlukan untuk pengembangan karir serta alat yang berguna untuk mempelajari sesuatu hal yang baru.

Meski terlihat mudah untuk berbicara di depan umum, namun bagi sebagian orang ini merupakan hal sulit karena sering kali menyebabkan gugup. Alhasil, ide atau opini yang hendak disampaikan menjadi kurang jelas.

Maka dari itu, seseorang perlu tahu apa saja manfaat, cara meningkatkan, serta tujuan public speaking bila ingin terus berkembang, terutama dalam hal membangun networking serta personal branding.

Apa itu Public Speaking?

Komunikasi adalah alat utama dalam hidup bermasyarakat. Melalui komunikasi, seseorang bisa mengenal orang lainnya, membangun koneksi, mempengaruhi orang lain, membuat keputusan, dan masih banyak lagi.

Public speaking merupakan salah satu bentuk komunikasi yang paling penting, namun masih sering ditakuti sebagian orang.

Melansir Pan Communications, public speaking merupakan seni berbicara di depan umum dengan teknik berbicara yang tepat. Banyak pula yang menganggapnya sebagai seni persuasi, karena bisa membujuk, menginformasikan, dan menghibur audiensnya.

Kemampuan dan tujuan public speaking umumnya bisa diaplikasikan hampir di semua aspek kehidupan manusia. Dari profesional seperti pekerjaan, hingga sehari-hari seperti pesta pernikahan.

Manfaat Memiliki Kemampuan Public Speaking

Public speaking adalah cara yang bisa digunakan untuk membangun citra diri hampir di semua bidang kehidupan.

Sehingga, kemampuan ini penting untuk dikuasai oleh seseorang demi prospek karier yang cemerlang kedepannya.

Berikut ini kami sudah merangkum manfaat public speaking lainnya, dikutip dari Virtual Speech, yaitu: 

1. Pengembangan Karir

Kemampuan public speaking yang dimiliki seseorang bisa membantunya dalam membangun relasi profesional. Semakin luas relasi tersebut, semakin luas pula potensi dan peluang  pengembangan karirnya.

Selain itu, keterampilan berbicara di depan umum juga dapat membantu seseorang untuk tampil menonjol di tempat kerja.

Dengan kemampuan ini, umumnya seseorang jadi lebih percaya diri untuk berbicara dalam rapat, mempromosikan ide-ide secara mumpuni, dan menampilkan diri sebagai seorang profesional.

2. Modal Ketika Berbisnis

Kemampuan berbicara di depan khalayak umum juga merupakan modal utama bagi seorang pebisnis, terutama dalam melakukan pemasaran. 

Contohnya bagi seorang pemilik usaha, ia perlu mengenalkan produknya ke pasar konsumen hingga investor. Dalam melakukan hal ini, tentu perlu penyampaian yang sesuai sehingga pelanggan yakin terhadap bisnis yang sedang dikembangkan.

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Public speaking juga sangat membantu untuk terus meningkatkan rasa kepercayaan diri.

Hal tersebut tentu sangat berguna bagi perkembangan karier kedepannya. Semakin percaya diri tampil di depan banyak orang, performa yang ditunjukkan juga akan terlihat bagus di mata orang lain.

4. Meningkatkan Pengetahuan

Dengan menjalin komunikasi ke banyak orang, seorang public speaker bisa memperoleh insight baru dari lawan bicara. 

Skill ini juga dapat sebagai alat untuk mengukur kemampuan dalam memahami banyak tipe audiens.

5. Melatih Critical Thinking

Ingin meningkatkan skill critical thinking? Ternyata, skill public speaking bisa membantu, lho.

Sebab, saat menulis naskah, seseorang membutuhkan pemikiran yang cermat, mulai dari riset audiens hingga membuat kalimat penutup.

Belum lagi ketika harus menjawab pertanyaan audiens, maka diharuskan untuk menemukan jawaban dengan cepat namun tetap terlihat menarik.

Cara Meningkatkan Public Speaking

Masih belum percaya diri dengan skill public speaking saat ini?

Berikut beberapa cara yang bisa dipelajari dan diikuti untuk meningkatkan kemampuan public speaking-mu!

1. Kenali Audiens yang Dihadapi

Mengutip Coursera, jika hendak berbicara di depan umum, maka pahami dahulu kepada siapa kita akan berhadapan.

Ini karena saat public speaking, seseorang harus berbicara untuk orang lain, bukan diri sendiri.

Contohnya, jika audiens yang akan datang rata-rata berusia 20-25 tahun, maka public speaker harus bisa menyampaikan pesan dengan bahaya yang sesuai dengan mereka.

Selain itu, cari juga celah untuk menyelipkan humor yang sesuai dengan orang-orang seumuran mereka. Hal ini agar penyampaian tidak membosankan dan terus mendapatkan perhatian audiens.

2. Pastikan Memiliki Pesan yang Jelas

Susunlah poin-poin materi yang ingin disampaikan itu adalah cara yang tepat untuk meningkatkan kemampuan public speaking

Tidak perlu menghafal setiap kalimat, melainkan jelaskan garis besarnya dan runtutan materi secara jelas sehingga mudah dipahami.

3. Terus Berlatih

Walaupun setiap hari kita berbicara dengan orang-orang, berlatih berbicara khusus untuk di depan umum tentu berbeda.

Cobalah mengulang materi yang hendak dibawakan setiap harinya.

Saat sudah benar-benar paham dan menguasainya, maka akan jadi lebih nyaman dan percaya diri.

4. Tambahkan Humor dan Emosi

Menyelipkan unsur humor dan emosi ketika berbicara tentu membuat rileks atau tidak terlalu kaku. 

Selain itu, membantu memecahkan keheningan, audiens umumnya menyukai pembicara yang bisa melempar humor karena bisa menyegarkan suasana. 

Pandai-pandailah menyelipkan unsur emosi pada materi atau secara spontan agar bisa memberikan ketertarikan audiens untuk mengikuti materi yang disampaikan.

5. Gunakan Bahasa Tubuh yang Tepat

Bahasa tubuh seperti gerakan maupun ekspresi harus sejalan dengan materi yang disampaikan. Tidak hanya perkataan saja yang audiens terima, namun memperhatikan bahasa tubuh juga harus dilakukan. 

Karena audiens selalu akan nyaman jika penyampaian public speaker selaras dengan gerakan tubuh. 

Mulailah berlatih public speaking secara rileks dan tidak kaku ketika berbicara dihadapan umum.

Tujuan Public Speaking

Setelah tahu definisi, manfaat, dan cara meningkatkannya, berikutnya kamu juga harus tahu apa saja tujuan public speaking.

Meskipun semua yang dilakukan terlihat mudah dan sering dilakukan sehari-hari, teknik penyampaian yang digunakan akan disesuaikan dengan tujuan seseorang berbicara di muka umum.

1. Mempengaruhi Audiens

Tujuan public speaking dalam mempengaruhi audiens yang ada di hadapan kita. 

Seperti halnya jika sedang melakukan presentasi di depan teman sekelas, kita harus bisa mempengaruhi pendengaran mereka agar mereka fokus kepada penjelasan presentasinya dengan cara membuat power point yang menarik audiensnya dan itu mempengaruhi mereka agar terfokus dengan penjelasan.

2. Membagikan Informasi

Menurut Classroom, tujuan public speaking yang paling mendasar dan kerap dimanfaatkan oleh banyak orang adalah untuk menyampaikan informasi.

Jenis informasi yang diberikan juga cukup beragam, mulai dari ilmu pengetahuan, berita terkini, hingga pengumuman layaknya hasil penelitian gerakan sosial.

3. Menghibur 

Public speaking juga memiliki tujuan yang lain yaitu menghibur. Tujuan menghibur audiens ini dilakukan untuk menghibur para khalayak umum agar mereka terhibur dan juga senang dan gembira. 

Agar public speaking tidak tegang dan terlihat tidak menarik maka kita sisipkan di jela-jela pemberian materi dengan sedikit guyonan atau juga bisa dengan pantun jenaka atau pantun yang bersifat humor. 

4. Memotivasi Audiens

Salah satu tujuan public speaking adalah memberikan informasi kepada audiens, dengan tujuan untuk memotivasi mereka.

Tujuan satu ini kerap dimanfaatkan oleh motivator, guru, dan atasan yang ingin melihat pendengarnya berkembang.

Cara motivator menyuarakan pemikirannya adalah dengan berbicara dengan suara yang lantang dan keras dan juga berintonasi untuk mempengaruhi para audiens berpikir yang baik agar mereka tidak pantang menyerah dalam segala apapun yang terjadi dan agar para audiens semangat dalam menjalani hidupnya. 

Dengan kemampuan berbicara di depan umum, public speaker dapat menyampaikan pesan motivasi secara tepat dan mempengaruhi pola pikir seseorang agar mereka menjadi lebih bersemangat.

5. Mengubah

Mengubah dalam tujuan public speaking adalah mengubah suasana yang semula tegang menjadi hangat, yang semula membosankan menjadi sangat gembira atau senang, dan sebaliknya. 

Kenapa bisa seperti itu? 

Karena pembawa acara atau yang sedang menjelaskan materi mereka bisa merasakan suasana seperti apa dan kita juga bisa mengubah suasana tersebut agar penjelasan yang kita jelaskan saat presentasi kita dipahami oleh mereka.

Itu dia Teman Belajar, beberapa informasi tentang tujuan public speaking lengkap dengan definisi, cara meningkatkan, dan manfaatnya. Melatih skill ini memang tidak mudah, tapi bukan tidak mungkin. Yuk, lakukan latihan public speaking untuk karier yang lebih gemilang!

Jadi, siap Belajar Lagi?

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.