Cara Membuat CV Digital Marketing yang Menarik dan Unik

Belajarlagi Writer
8 Min Read
Published:
November 10, 2022
Updated:
November 10, 2022

Cara Membuat CV Digital Marketing yang Menarik dan Unik

Digital marketing menjadi bidang pekerjaan yang naik daun sejak 2020. Pandemi membuat semua bisnis perlu beradaptasi dengan kebiasaan berjualan yang baru, yaitu secara online

Banyak sekali cabang dari digital marketing yang bisa Teman Belajar coba, seperti SEO, social media, performance marketing, ads, dan lain sebagainya. Tak heran kalau bidang yang satu ini melahirkan banyak profesi baru dan dibutuhkan oleh semua industri dan membuat banyak orang yang berbondong-bondong mempelajari digital marketing untuk pindah karier atau sekedar mempelajari ilmunya untuk kemudian diterapkan di bisnis mereka sendiri.

Apakah Teman Belajar termasuk salah satu peminat yang ingin mencoba berkarier di bidang digital marketing ini? Kalau iya, simak cara membuat Curriculum Vitae (CV) yang baik dan menarik sebagai digital marketer agar kamu bisa dipanggil oleh recruiter!

Mengapa Perlu CV yang Menarik?

Setiap hari, recruiter melihat belasan bahkan hingga puluhan CV para pelamar. Agar CV bisa dilirik oleh recruiter, coba buat CV yang meninggalkan kesan pertama yang baik dan menarik.

Curriculum Vitae merupakan dokumen berisi ringkasan diri yang digunakan untuk melamar ke suatu pekerjaan. CV umumnya berisikan data diri, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, pencapaian, daftar skill yang dimiliki, dan informasi kontak. CV dapat disesuaikan sesuai dengan posisi yang ingin kamu lamar, termasuk membuat CV untuk bidang digital marketing. 

Untuk membuatnya, kamu bisa membuat CV dengan desain yang menarik dan sesuai dengan kepribadianmu dan posisi yang kamu lamar. Kamu juga bisa melakukan riset terhadap perusahaan yang ingin kamu tuju dan menyesuaikan CV sesuai dengan requirements yang mereka inginkan.

Dengan cara ini, besar peluangnya CV yang kamu kirim akan diingat oleh recruiter karena lebih unggul dibandingkan kandidat lain dan kamu akan dipanggil ke tahap selanjutnya.

Cantumkan Hal Ini Dalam CV Digital Marketer

Lalu, apa saja yang seharusnya dicantumkan di dalam CV seorang digital marketer? Berikut BelajarLagi kasih tipsnya untuk kamu, ya!

1. Informasi Diri

Dalam semua CV tentunya sangat penting untuk mencantumkan informasi diri kamu, seperti nama,riwayat pendidikan terakhir, dan kontak yang dapat dihubungi. Biasanya, elemen ini terletak di bagian atas atau pembuka CV agar memudahkan recruiter melihat informasi dasar tentang dirimu.

Riwayat pendidikan terakhir akan menentukan apakah kamu memang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Sedangkan kontak dapat membuat recruiter lebih mudah menghubungi kamu.

Hal yang bisa kamu cantumkan di bagian ini, yaitu:

  • Nama lengkap,
  • Alamat email,
  • Link portofolio (jika ada),
  • Nomor telepon aktif, dan
  • Domisili atau kota tinggal.

2. Ringkasan Diri

Bagian ringkasan diri ini sering juga disebut dengan “About” atau “Summary”, yang berisi beberapa kalimat yang menjelaskan tentang dirimu. Kamu bisa menjelaskan secara singkat, jelas, dan padat tentang siapa dirimu, apa yang kamu minati, dan apa kemampuanmu.

Sebagai seorang digital marketer, tentunya kamu juga perlu menulis hal yang berkaitan dengan posisi yang kamu lamar ini, ya!

3. Pengalaman Kerja

Bagian pengalaman kerja ini penting banget, karena hal ini yang akan menentukan apakah kamu memang sesuai dengan apa yang dicari oleh perusahaan berdasarkan pengalamanmu.

Tulislah pengalaman kerja yang memang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Sebagai seorang digital marketer, kamu juga perlu menuliskan apa saja tugas dan tanggung jawab serta pencapaian mu di posisi sebelumnya.

Kalau kamu belum memiliki pengalaman profesional, kamu juga bisa menuliskan pengalaman organisasi atau volunteer yang memang berkaitan dengan posisi yang kamu lamar. Jangan lupa untuk mengurutkannya dari pengalaman terakhir lengkap dengan tahun kerja dan nama perusahaan, ya!

4. Riwayat Pendidikan

Riwayat pendidikan juga biasanya menjadi syarat dalam melamar suatu pekerjaan. Kamu bisa mencantumkan riwayat pendidikan terakhir kamu dan beberapa pengalaman atau pencapaian yang relevan selama bersekolah.

Sebagai seorang digital marketer, kamu juga bisa menuliskan pengalaman pendidikan non-formal di bidang digital marketing, seperti Program Full Stack Digital Marketing dari BelajarLagi. 

Oh iya, kamu juga bisa mencantumkan beberapa sertifikat yang bisa kamu dapatkan dari course-course digital marketing gratis lainnya yang banyak tersedia, misalnya dari Hubspot, Google, SEMRush Academy, dan lain sebagainya.

5. Kemampuan atau Skill

Terakhir, kamu juga bisa mencantumkan kemampuan atau skill yang kamu miliki. Kemampuan ini bisa jadi kemampuan yang sifatnya teknis atau non-teknis. Misalnya, kemampuan time management, kemampuan komunikasi dan kerja sama antar tim, dan lainnya.

Sedangkan, kemampuan teknis yang bisa kamu cantumkan sebagai digital marketer adalah beberapa tools yang biasanya digunakan selama bekerja di bidang digital marketing. Misalnya, Google Ads, Google Keyword Planner, Google Analytics, Meta Business, dan lain sebagainya.

Hal ini tentunya akan membantu recruiter tahu apa saja yang menjadi keunggulan dibandingkan kandidat lainnya.

6. Link Portofolio

Terakhir, kamu bisa mencantumkan link portofolio kamu ke dalam CV. Portofolio merupakan ringkasan dan hasil pekerjaan yang telah kamu kerjakan di bidang digital marketing.

Portofolio ini bisa berisi project-project terkait, misalnya saat kamu mengelola website dengan menggunakan SEO, mengelola akun sosial media perusahaan, menjalankan Instagram/Facebook/Google Ads, dan lain sebagainya.

Dari portofolio ini, recruiter akan mengetahui sejauh mana kamu paham tentang digital marketing melalui apa yang sudah kamu jalankan. 

Itulah beberapa informasi seputar cara membuat CV menarik sebagai digital marketer. Yuk, buat CV mu sekarang dan raih impian menjadi seorang digital marketer!

No items found.
Belajarlagi author:

Belajarlagi Writer

Tim penulis Belajarlagi yang profesional dan berdedikasi untuk memberi informasi berkualitas demi Teman Belajar

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.