15 Contoh Usaha UMKM yang Bisa Kamu Coba, Cocok untuk Pemula! 

Ashya Ravika
8 Min Read
Published:
June 20, 2024
Updated:
June 20, 2024

Memulai usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bisa menjadi langkah awal yang menjanjikan untuk kamu yang ingin terjun ke dunia bisnis. Dengan berbagai contoh usaha UMKM yang sukses, ada banyak inspirasi yang bisa kamu ambil. Namun, sebelum kamu memulai, penting untuk memahami kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis usaha UMKM yang ada. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa contoh usaha UMKM yang populer di Indonesia, serta mengupas sisi positif dan tantangan yang mungkin kamu hadapi. Yuk, intip 15 contoh usaha UMKM untuk pemula, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya di bawah ini! 

Apa Saja Contoh Usaha UMKM Terbaru yang Potensial?

contoh usaha UMKM produk kecantikan

1. Produk Kecantikan dan Perawatan Tubuh

Dunia kecantikan saat ini tengah digandrungi masyarakat, bukan hanya dari sisi konsumen tetapi juga bagi pelaku usaha. Jika kamu memiliki ketertarikan di bidang ini, UMKM produk kecantikan atau perawatan tubuh bisa jadi pilihan untukmu! Usaha ini meliputi penjualan skincare, kosmetik, atau produk perawatan rambut. Bisa dijalankan melalui toko online atau offline.

Kelebihan dari usaha jenis ini adalah permintaan produk kecantikan tinggi, terutama dari kalangan wanita. Sementara itu, kekurangannya adalah persaingan ketat dan harus memastikan produk aman serta memiliki izin edar.

2. Kerajinan Tangan (Handmade)

Contoh usaha UMKM selanjutnya yakni kamu bisa menyalurkan hobi membuat kerajinan tangan dengan menjual produk handmade seperti perhiasan, tas, atau dekorasi rumah. Kelebihan dari usaha ini adalah kamu bisa menjual produk yang unik dan memiliki nilai seni tinggi sehingga bisa menarik segmen pasar yang lebih khusus.

Sementara itu, kekurangan dari usaha ini adalah proses produksinya yang bisa memakan waktu lama dan tenaga. Bukan hanya itu, usaha ini juga membutuhkan strategi pemasaran yang lebih menantang.

3. Layanan Kebersihan (Cleaning Service)

Saat ini, usaha layanan kebersihan semakin menjamur. Jika kamu tertarik dengan usaha ini, kamu bisa menawarkan jasa kebersihan rumah, kantor, atau kendaraan. Baik dilakukan dengan cara sendiri atau dengan tim kecil.

Kelebihan dari usaha ini adalah permintaan yang stabil karena kebersihan adalah kebutuhan rutin. Selain itu, modal awal dari usaha ini juga relatif kecil. Sementara itu, kekurangan dari usaha ini adalah membutuhkan tenaga fisik yang cukup besar dan kepercayaan dari pelanggan. 

Baca Juga:  20 Contoh Usaha UMKM di Desa yang Berpotensi Menguntungkan

4. Pet Shop dan Produk Hewan Peliharaan

Kecintaanmu terhadap binatang juga bisa kamu salurkan menjadi contoh usaha UMKM, lho! Contohnya, kamu bisa membuka usaha pet shop yang menyediakan layanan grooming atau menjual makanan, aksesoris, dan peralatan untuk hewan peliharaan. 

Kelebihan dari usaha UMKM ini adalah pasar yang loyal dari pemilik hewan peliharaan yang selalu membutuhkan produk dan layanan ini. Namun, kekurangannya adalah modal awal bisa cukup besar dan perlu pengetahuan tentang produk yang dijual.

5. Usaha Pertanian atau Hidroponik

Usaha pertanian hidroponik juga bisa menjadi salah satu pilihan awal untuk contoh usaha UMKM! Pada usaha ini kamu bisa menanam sayur-sayuran, buah-buahan, atau tanaman hias secara konvensional atau hidroponik. Nantinya, hasil yang kamu tanamkan bisa langsung dijual atau melalui pasar online.

Kelebihan dari usaha ini adalah permintaan produk organik dan hidroponik yang meningkat. Selain itu, modal awal bisa disesuaikan dengan skala usaha. Namun, kekurangannya adalah kamu memerlukan pengetahuan khusus dan perawatan yang intensif. Risiko kegagalan panen juga ada.

Baca Juga: Pentingnya Brand Guide untuk Branding UMKM

6. Warung Kopi dengan Konsep Unik

contoh usaha UMKM warung kopi

Coffee shop atau warung kopi yang saat ini menjamur bisa memberikan peluang contoh usaha UMKM untuk kamu. Kamu bisa coba untuk membuka warung kopi dengan konsep yang menarik, seperti tema vintage, buku, atau musik tertentu.

Tren ngopi yang semakin populer, konsep yang kuat, dan unik bisa menarik banyak pelanggan. Marketing yang menarik juga diperlukan untuk menambahkan daya tarik ke pelanggan. Namun, kekurangan dari usaha ini adalah persaingan cukup ketat dan perlu inovasi terus-menerus agar tetap menarik.

7. Toko Kue Vegan

Toko kue dengan konsep yang unik juga bisa jadi ide usaha UMKM saat ini. Contohnya, kamu bisa menjual kue dan pastry khusus untuk konsumen vegan yang menghindari produk hewani.

Saat ini, segmen pasar vegan semakin besar dan banyak orang yang mencari alternatif makanan vegan yang tak kalah lezat dari makanan biasa. Namun, dalam menjalankan usaha ini, kamu perlu menggunakan bahan baku khusus yang mungkin lebih mahal dan harus memastikan kualitas serta rasa yang tetap enak.

8. Toko Mainan Edukatif

Usaha mainan edukatif anak juga bisa kamu pertimbangkan! Kamu bisa menjual mainan yang fokus pada perkembangan edukatif anak-anak, seperti puzzle, buku interaktif, dan mainan STEM.

Usaha ini terlihat menjanjikan karena saat ini orang tua semakin sadar pentingnya mainan edukatif, sehingga pasar cukup besar. Namun, sebelum membuat produknya, pastikan kamu melakukan riset untuk memastikan produk benar-benar edukatif dan aman untuk anak-anak.

Baca Juga: 10 Daftar Konsultasi Bisnis Gratis untuk UMKM dan Startup yang Bisa Kamu Manfaatkan

9. Laundry Sepatu dan Tas

Usaha laundry baju mungkin sudah terlalu biasa, tapi pernahkah kamu terpikirkan untuk membuat usaha laundry khusus untuk sepatu dan tas? Kamu bisa membuka layanan cuci dan perawatan sepatu serta tas yang profesional.

Tanpa kamu sadari, saat ini banyak orang yang memerlukan layanan laundry sepatu atau tas karena ingin menjaga kebersihan dan keawetan barang mereka. Namun, untuk memulai usaha ini, kamu memerlukan teknik khusus dan peralatan yang tidak murah untuk membersihkan barang tanpa merusaknya.

10. Toko Online Produk Lokal

Bagi kamu yang sangat menyukai produk lokal, kamu juga bisa menjadi wadah bagi produk lokal dikenal lebih luas! Kamu bisa menjual produk-produk lokal seperti kerajinan tangan, pakaian tradisional, atau makanan khas melalui platform online.

Dengan begitu, secara tidak langsung kamu telah mendukung produk lokal dan seringkali memiliki keunikan yang tidak dimiliki produk massal. Namun, untuk memulai usaha ini, kamu perlu strategi pemasaran yang baik untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

11. Jasa Catering Sehat

contoh usaha UMKM catering

Jika kamu memiliki keahlian memasak, tidak ada salahnya untuk mencoba usaha UMKM catering sehat! Kamu bisa menyediakan makanan sehat untuk kantor, acara, atau individu yang ingin menjalani gaya hidup sehat.

Catering sehat saat ini tengah digandrungi masyarakat karena gaya hidup sehat semakin populer. Sehingga, banyak orang mencari opsi makanan sehat setiap harinya. Namun, untuk usaha ini kamu memerlukan keahlian dalam menyiapkan menu yang sehat namun tetap enak. Kamu juga perlu mempersiapkan logistik yang matang.

12. Bengkel Sepeda dan Layanan Perbaikan

Menjalankan usaha bengkel sepeda juga bisa jadi pilihan untuk memulai ide bisnis UMKM. Kamu bisa menawarkan layanan perbaikan dan perawatan sepeda, serta menjual aksesoris dan suku cadang.

Terlebih, saat ini tren bersepeda meningkat, terutama di kalangan urban, sehingga layanan ini semakin dicari. Namun, sebelum membuka usaha ini, pastikan kamu mengetahui pengetahuan teknis yang baik dan investasi awal untuk peralatan bengkel.

Baca Juga:  Pelatihan UMKM Dorong Bisnis Berkembang, Ini Penjelasannya

13. Produksi dan Penjualan Sabun Organik

Sabun organik kini digandrungi karena meningkatnya kesadaran konsumen terhadap kesehatan dan lingkungan. Konsumen semakin peduli pada produk yang ramah lingkungan dan aman bagi kulit, sehingga sabun organik menjadi pilihan populer. 

Kelebihan membuka usaha sabun organik termasuk potensi pasar yang luas, terutama di kalangan konsumen yang peduli terhadap kesehatan dan lingkungan, serta peluang untuk menciptakan produk unik dengan berbagai bahan alami. Namun, usaha ini juga memiliki kelemahan seperti biaya produksi yang lebih tinggi dibandingkan sabun konvensional, karena bahan-bahan alami biasanya lebih mahal.

14. Jasa Rental Alat Outdoor

Usaha rental alat outdoor merupakan pilihan yang bagus untuk contoh UMKM, terutama dengan meningkatnya tren aktivitas luar ruangan seperti hiking, camping, dan bersepeda. Kelebihan membuka usaha ini termasuk permintaan yang stabil, kamu juga bisa beroperasi dengan stok yang relatif kecil, dan memiliki potensi untuk diperluas dengan menambah berbagai jenis peralatan.

Namun, ada juga beberapa kelemahan dalam menjalankan usaha ini. Salah satunya adalah risiko kerusakan atau kehilangan peralatan yang disewakan, yang dapat menimbulkan biaya tambahan untuk perbaikan atau penggantian. Pengelolaan stok dan pemeliharaan peralatan juga memerlukan perhatian khusus untuk memastikan kualitas dan keamanan peralatan tetap terjaga.

15. Toko Alat Tulis dan Kado Custom

Alat tulis dan kado custom menarik bagi konsumen yang mencari hadiah unik dan spesial untuk berbagai acara seperti ulang tahun, pernikahan, atau hari besar lainnya. 

Kelebihan usaha ini meliputi permintaan yang stabil dan pasar yang luas. Produk kado custom memiliki margin keuntungan yang tinggi karena konsumen bersedia membayar lebih untuk personalisasi. 

Namun, persaingan dengan toko alat tulis besar dan platform online bisa menjadi tantangan, terutama dalam hal harga dan variasi produk. Selain itu, kado custom membutuhkan strategi, kreativitas, dan kemampuan produksi yang baik untuk memenuhi ekspektasi pelanggan, yang dapat memakan waktu dan biaya. 

belajarlagi agency untuk UMKM

Maka dari itu kamu bisa menggunakan jasa digital agency jika ragu untuk mengurus usaha UMKM. Serahkan saja pada Belajarlagi Digital Agency yang telah dipercaya mengurus media sosial dan konten Sahabat Pegadaian, DJJPR dan lainnya. Ayo hubungi kami sekarang!

Itulah dia 15 contoh usaha UMKM yang bisa kamu coba sebagai pemula. Dengan pilihan usaha UMKM yang spesifik di atas, kamu bisa menyesuaikan dengan minat dan keahlianmu. Semoga ide-ide ini bisa membantumu memulai perjalanan pebisnis yang sukses!

#
UMKM
Belajarlagi author:

Ashya Ravika

SEO Writer dengan pengalaman lebih dari 5 tahun yang biasa menulis untuk berbagai macam topik dan gaya bahasa. Memiliki passion di bidang penulisan dan pendidikan.

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.