Bank Indonesia x Belajarlagi: Fullstack Digital Marketing Program

Bank Indonesia (BI) Papua Barat memainkan peran penting dalam membina UMKM di Papua Barat. Mengingat perkembangan sistem pemasaran yang mengarah pada digitalisasi, ada kebutuhan mendesak untuk meningkatkan keterampilan dalam digital marketing.

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Bank Indonesia (BI) Papua Barat memainkan peran penting dalam membina UMKM  di Papua Barat. Mengingat perkembangan sistem pemasaran yang mengarah pada digitalisasi, ada kebutuhan mendesak untuk meningkatkan keterampilan dalam digital marketing.

Maka dari itu, Bank Indonesia Papua Barat berinisiatif untuk melakukan Digital Marketing Corporate Training bersama Belajarlagi yang berlangsung dari 25 April - 27 Juni 2023 secara jarak jauh.

Sekilas tentang Bank Indonesia Papua Barat

Bank Indonesia (BI) Papua Barat, Bank sentral Republik Indonesia yang berada di region Papua ,tepatnya di kota Manokwari. Salah satu tugas Bank Indonesia di setiap regional adalah melakukan pemberdayaan dan pelatihan UMKM. Namun persaingan bisnis di era saat ini tidaklah mudah, terutama karena menjamurnya e-commerce dan marketplace yang menyebabkan penjualan produk tidak lagi mengenal teritorial tertentu. Oleh karena itu, dibutuhkan digital marketing untuk membantu UMKM dalam melakukan perluasan akses pasar.

Tantangan yang Dihadapi Bank Indonesia Papua Barat

BI Papua Barat menghadapi tantangan spesifik yaitu UMKM di Papua Barat memiliki kendala dalam menggunakan Digital Marketing dalam proses marketing yang dilakukan, 95% UMKM yang dibina oleh Bank Indonesia Papua Barat masih berjualan secara konvensional dan tidak memiliki social media.

Kebutuhan ini mencakup:

  • Memahami Fundamental Marketing dan Digital Marketing Mindset.
  • Menguasai keterampilan dalam pembuatan Digital Content & Copywriting.
  • Kemampuan meningkatkan Branding, Social Media Organic dan Facebook Ads

Solusi yang Ditawarkan Belajarlagi

Dengan memahami kebutuhan dari BI Papua Barat, Belajarlagi menghadirkan Fullstack Digital Marketing Program for BI's MSME partners pada 25 April - 27 Juni 2023 dengan:

1. Online Learning

Corporate Training dilakukan secara online selama 6 minggu dengan Tim Belajarlagi dan 3 minggu sesi mentoring dengan Tim Belajarlagi.

2. Customized Curriculum dan Expert Instructor 

Secara garis besar, peserta dari tim BI Papua mempelajari 3 modul utama terkait Digital Marketing yaitu: 

#1 Fundamental Marketing dan Digital Marketing Mindset.

#2 Digital Content & Copywriting.

#3 Branding, Social Media Organic, Facebook Ads, dan SEO 

Instruktur pelatihan ini adalah 

  1. Roro Ajeng Sekar Arum, Social Media & Optimation Lead at KOMPAS TV, +5 years experienced in Social Media and Creative.
  2. Anang Marjono, Tiktok Content Creator & Project Manager at Belajarlagi.
  3. Bani Aji Pratama, Head of B2B Belajarlagi, +5 years experienced in Marketing.

Hasil dari Corporate Training

50 peserta dari tim UMKM Binaan Bank Indonesia Papua Barat mendapat berbagai ilmu dan keterampilan baru melalui pelatihan ini antara lain, Belajarlagi berhasil membantu peserta UMKM untuk naik kelas. Dari yang kurang dapat memanfaatkan digital marketing, sampai berhasil meningkatkan jangkauan pasar dan pelanggan melalui pembelajaran dan praktik digital marketing fundamental, aktivasi marketplace dan media sosial, pembuatan konten, hingga mengoptimalisasikan WA Business sebagai channel komunikasi dan interaksi dengan para pelanggan.

Tak hanya Bank Indonesia Papua Barat, institusimu juga bisa mengadakan training untuk meningkatkan performa tim!

Belajarlagi menyediakan program training yang up-to-date dengan kebutuhan industri saat ini dan dapat dipersonalisasi berdasarkan kebutuhan perusahaanmu. Mulai dari jenis program (digital marketing, data analytics, project management, atau Business development), durasi, jadwal, hingga setup (offline, online, atau hybrid).

Jika kamu tertarik mengadakan Corporate Training bersama Belajarlagi, kamu bisa konsultasikan kebutuhanmu dulu dengan mengisi form di bawah ini!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Case Study

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.