Tren Marketing Ramadan, Apa Aja?

Marketing Theory
Creative

Ramadan bisa jadi peak moment atau bahkan sebaliknya untuk beberapa usaha/bisnis. Emang gimana sih tren marketing di momen ini?

Walaupun momennya cuma sebulan, tapi banyak orang yg habitnya berubah di bulan Ramadan, otomatis berpengaruh juga ke tren belanjanya.

Insight dari Meta nyebutin kalo 38% umat muslim udh ngerencanain kegiatan belanja mereka seenggaknya 20 hari sebelum Ramadan.

Tren Marketing Ramadan

So, apa aja yg perlu pelaku bisnis pahami tentang tren marketing di Ramadan ini?

1/ Waktu Customer Aktif Berbelanja

Di bulan ramadan waktu puncak belanja dan konsumsi media biasanya ngalamin pergeseran, misalnya:

- Belanja online: Abis buka Puasa (sekitar pukul 19.00 - 22.00), ini momen pas cust lebih santai dan punya waktu buat eksplor produk.

- Konsumsi Media:

1. Menjelang Sahur (sekitar pukul 03.00 - 05.00): Banyak orang mengonsumsi media digital, kayak video streaming atau media sosial, sambil nunggu waktu sahur & imsak.

2. Setelah Buka Puasa (sekitar pukul 19.00 - 22.00): Konsumsi media juga meningkat setelah berbuka, orang-orang punya waktu santai sambil nonton acara TV atau akses konten online.

2/ Promosi Khusus Ramadan

Momen ramadan bisa jadi waktu yg pas buat kamu build promo, misalnya harga spesial khusus PO (Pre-Order), promo gratis ongkir & promo khusus ramadan lainnya.

Data dari Google nunjukkin 72% konsumen global melihat bulan Ramadan sebagai momen utama buat cari promo terbaik

Selain itu, jangan abaikan CRM (Customer Relationship Management).

Karena insight dari Meta nunjukin, kalo 66% customer yg belanja saat ramadan merasa lebih deket sama brand lewat berkirim pesan isntan. Di sini kecepatan respon juga perlu jadi perhatian.

3/ Konten Interaktif dgn Storytelling

Ga jauh beda dari bulan lain, wining konten di bulan ramadan juga bakal lebih mengarah ke short video/reels yg punya storytelling kuat

Bedanya cuma di pendekatan dan cara kemas konten yg perlu dikaitin sama momen ramadan. Cerita yg relatable memungkinkan buat bangun hubungan personal sama audiens.

Kalo kamu mau tau apa aja sih winning content yg bakal tren di ramadan ini dan gimana cara buatnya supaya bisa impactful ke sales

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Topik apa yang paling menarik untuk anda?
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Cookie Consent

By clicking “Accept”, you agree to the storing of cookies on your device to enhance site navigation, analyze site usage, and assist in our marketing efforts. View our Privacy Policy for more information.

Cookie preferences