Perlu Tahu! Prospek Jenjang Karir SEO Specialist, Kamu Tertarik Mencobanya?

SEO menjadi salah satu karier yang paling menjanjikan di era digital sekarang. Ternyata, ada beberapa prospek karier SEO Specialist yang bisa kamu coba, loh!

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Search Engine Optimization atau SEO menjadi salah satu bidang karir di bidang digital marketing yang sedang banyak dicari oleh perusahaan. Hal ini disebabkan SEO bisa membuat sebuah brand dikenal lebih luas oleh banyak orang tanpa perlu mengeluarkan budget yang besar.

Menjadi seorang SEO Specialist pun tidak memiliki syarat pendidikan yang khusus, kamu hanya perlu memiliki rasa ingin tahu yang besar dan ingin terus beradaptasi dalam mempelajari hal-hal yang baru.

Maka dari itu, pekerjaan ini pun dinilai sangat menjanjikan. Kini, banyak orang yang berbondong-bondong ingin pindah karir ke bidang SEO ini. Apakah kamu salah satunya? Kalau iya, simak terus artikel ini untuk tahu prospek kerja yang ada di bidang SEO!

Mengenal SEO Secara Singkat

Kalau kamu mampir ke tulisan ini, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan SEO dan ingin menjadi seorang SEO Specialist. Sebelum membahas tentang jenjang karir di bidang SEO Specialist, kita perlu membahas kembali SEO secara singkat.

Secara umum, Search Engine Optimization atau SEO adalah sebuah proses atau metode yang digunakan untuk membantu sebuah website berada di peringkat atau halaman pertama Google.

Nah, tugas utama seorang SEO Specialist adalah mencari kata kunci atau keyword yang berhubungan dengan bisnis serta membuat strategi konten yang sesuai. Dari proses ini, diharapkan website bisa berada di halaman pertama dan mendapatkan traffic yang tinggi.

Skill Yang Dibutuhkan SEO Specialist

Lalu, untuk menjadi seorang SEO Specialist, kamu pun harus memiliki beberapa skill yang mumpuni. Beberapa skill yang kamu butuhkan, yaitu:

  • Kemampuan adaptasi dan ingin terus berkembang. Hal ini karena kamu akan bekerja dengan teknologi yang tentunya akan terus menerus berkembang mengikuti zaman. Selain itu, algoritma search engine pun akan terus berubah.
  • Kemampuan riset yang baik, karena keseharian pekerjaan kamu akan terus melakukan riset kata kunci, kompetitor, hingga tren yang sedang ada.
  • Kemampuan menulis konten yang mudah dipahami serta SEO-friendly. Menulis konten untuk SEO tentunya berbeda dengan kamu menulis biasa. Ada teknik-teknik SEO on-page yang harus kamu kuasai.
  • Kemampuan menggunakan tools analytic. Dalam bekerja, kamu pasti akan membutuhkan bantuan dari tools-tools yang bisa memudahkan pekerjaanmu. Misalnya saja tools seperti SEMRush dan Ubersuggest untuk melakukan keyword research, tools Google Search Console untuk melihat perkembangan traffic pada website, tools untuk optimasi konten seperti Yoast SEO, dan lain sebagainya.
  • Selanjutnya, adalah skill komunikasi. Sebagai SEO Specialist, kamu tentunya tidak akan bekerja sendirian. Kamu membutuhkan bantuan dari orang lain untuk memudahkan pekerjaanmu. Misalnya saja, kamu akan bekerja dengan web developer untuk memaksimalkan kerja website.

Nah, itulah beberapa skill yang dibutuhkan. Apakah kamu sudah memiliki skill-skill tersebut? Kalau kamu ingin mempelajari tentang SEO secara teknis dan mendalam, kamu bisa mengikuti bootcamp SEO dari BelajarLagi, loh!

Prospek Jenjang karir SEO Specialist

Setelah mengenal tentang SEO secara singkat, sekarang kamu perlu tahu beberapa jenjang karir yang ada di posisi SEO ini. Simak terus, ya!

1. Junior SEO Specialist

Saat pertama kali masuk ke dunia SEO ini, kamu umumnya akan ditempatkan di posisi Junior SEO Specialist atau SEO Associate. Tanggung jawabmu di posisi ini adalah untuk melakukan pengujian, menganalisis, dan mengubah website agar lebih ramah SEO-friendly.

Dalam kesehariannya, pekerjaan kamu mencakup melakukan keyword research, On Page dan Off Page Optimization, pengoptimalan konten artikel, melakukan link building, dan membuat SEO reporting.

2. SEO Specialist

Selanjutnya, setelah 2-3 tahun kamu menjadi seorang SEO Associate, kamu akan naik ke posisi SEO Specialist atau SEO Executive. Di sini, tanggung jawabmu tentunya lebih besar lagi. Selain melakukan keyword research, kamu juga akan melakukan analisa website, baik itu website perusahaan sendiri atau website kompetitor.

Secara luas, kamu juga bertanggung jawab dalam memproduksi konten yang akan diproduksi, mengukur dan memonitor performa SEO website, serta melakukan link building.

3. SEO Manager

Jenjang selanjutnya adalah seorang SEO Manager. Di posisi ini, kamu bertanggung jawab sebagai kepala dari beberapa tim SEO, seperti SEO Content Writer dan SEO Specialist. 

Secara garis besar, seorang SEO Manager bertanggung jawab untuk merencanakan, menerapkan, dan mengelola strategi SEO perusahaan secara menyeluruh. Tugas dan tanggung jawabmu mencakup berbagai hal, seperti web marketing, web analysis, content strategy planning, link building, dan keyword strategy.

4. Head of Digital

Terakhir, ada posisi head of digital. Di posisi ini, tanggung jawabmu tidak hanya seputar SEO saja. Kamu juga perlu memiliki pengetahuan di bidang digital marketing lainnya seperti SEM, social media, dan lain-lain.

Tanggung jawabmu mencakup melakukan kolaborasi dengan divisi dan tim lain, hingga membangun relasi dengan pihak luar. Untuk kesehariannya, kamu akan merancang dan melakukan kampanye pemasaran melalui digital marketing, seperti SEO/SEM, email, dan sosial media. Kamu juga akan mengukur dan membuat report dari apa yang sudah kamu lakukan bersama tim.

Itulah dia beberapa informasi seputar prospek jenjang karir seorang SEO Specialist. Tentunya, setiap perusahaan dan industri memiliki jenjang dan posisi yang berbeda-beda. Apakah kamu tertarik berkarir di bidang SEO ini?

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.