Cara Iklan di Facebook Ads: Manfaat dan Langkah-langkahnya

Belajarlagi Writer
8 Min Read
Published:
December 4, 2023
Updated:
December 4, 2023

Memahami cara iklan di facebook ads kini menjadi jurus jitu baik bagi perusahaan maupun perorangan, untuk bisa memperluas pasar mereka dan mengembangkan bisnis ke arah yang positif.

Facebook Ads untuk mengembangkan bisnis

Melansir dari laman resmi Facebook, Facebook ads adalah iklan yang ditampilkan di laman Facebook dan menjangkau para penggunanya yang berjumlah 2 miliar orang. 

Dengan besarnya angka pengguna tersebut, tak heran bila cara iklan di Facebook ads mulai dipelajari dan bahkan menjadi salah satu posisi wajib di sebuah perusahaan.

Dalam era digital yang terus berkembang, pemasaran online menjadi unsur kunci dalam strategi keberhasilan bisnis. Facebook ads, sebagai salah satu platform pemasaran digital terbesar di dunia, menawarkan peluang luar biasa bagi para pengusaha dan pemasar untuk mencapai audiens yang tepat, membangun brand awareness, dan meningkatkan konversi. 

Lebih jelasnya, artikel berikut ini akan membahas tentang cara iklan di Facebook ads. Yuk, simak!

Kelebihan Menggunakan Iklan Facebook Ads

Sebelum masuk ke cara iklan di facebook ads, kenali dulu manfaat-manfaatnya yang membuat banyak orang mempercayakan bisnis mereka dengan metode periklanan ini, dikutip dari Single Grain.

1. Jangkauan Luas dan Diversifikasi Audiens

Facebook memiliki lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan, memberikan jangkauan yang sangat luas. 

Cara iklan di facebook ads dapat menjangkau audiens yang beragam dari segi usia, minat, dan latar belakang, memungkinkan penggunaan strategi pemasaran yang lebih terfokus.

2. Alat Targeting yang Canggih

Cara iklan di Facebook ads menyediakan alat targeting yang canggih, memungkinkan menyusun kampanye iklan dengan sangat spesifik. 

Pengguna dapat menargetkan berdasarkan usia, lokasi, minat, perilaku online, dan banyak lagi, memastikan iklan hanya ditampilkan kepada orang-orang yang memiliki potensi minat tertentu.

3. Kemampuan Retargeting

Fitur retargeting atau remarketing Facebook memungkinkan bisnis untuk menargetkan orang-orang yang telah berinteraksi sebelumnya. Ini dapat meningkatkan konversi dengan fokus pada orang-orang yang sudah menunjukkan minat atau niat beli.

4. Analisis dan Pelaporan yang Kuat

Facebook Ads menyediakan alat analisis dan pelaporan yang kuat. Kamu dapat melacak kinerja kampanye dengan detail yang luar biasa, termasuk jumlah klik, tayangan, konversi, dan lainnya. Informasi ini sangat berharga untuk mengoptimalkan strategi iklan dari bisnis milikmu.

5. Fleksibilitas Anggaran

Dengan menggunakan Facebook ads, kamu dapat mengatur anggaran harian dan total yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. 

Cara iklan di Facebook Ads ini bisa memberikan fleksibilitas dalam mengendalikan pengeluaran iklan sesuai dengan kapasitas keuangan.

6. Berbagai Jenis Iklan

Facebook menawarkan berbagai jenis iklan, termasuk iklan gambar, iklan video, iklan karusel, dan iklan dinamis. Ini memungkinkan kamu memilih format iklan yang paling sesuai dengan tujuan kampanye dan preferensi audiens target.

7. Interaksi Melalui Konten Multimedia

Kemampuan untuk menggunakan gambar dan video dalam iklan memberikan dimensi tambahan pada pesan pemasaran. Konten multimedia cenderung lebih menarik dan dapat membangun hubungan yang lebih erat dengan audiens.

8. Optimasi untuk Berbagai Perangkat

Cara iklan di Facebook ads dioptimalkan untuk berbagai perangkat, termasuk ponsel, tablet, dan desktop. Hal ini memastikan bahwa iklan dapat diakses dan tampil dengan baik di berbagai platform, meningkatkan potensi jangkauan.

9. Kemampuan Memilih Penempatan Iklan

Dengan Facebook ads, kamu dapat memilih dimana iklan akan ditampilkan, baik di beranda, di kolom iklan, di Instagram, di Audience Network, atau di berbagai tempat lainnya. Ini memberikan kontrol penuh terhadap penempatan iklan.

10. Kemampuan Memantau Interaksi dan Keterlibatan

Facebook Ads memungkinkan kamu untuk melihat interaksi langsung dengan iklan, seperti like, komentar, dan share. Ini memberikan wawasan tambahan tentang cara audiens merespons kampanye bisnis milikmu.

11. Integrasi dengan Platform Lain

Facebook Ads dapat diintegrasikan dengan berbagai platform dan alat lainnya, seperti Instagram, WhatsApp, dan Shopify. Hal ini memungkinkan penggunaan strategi multi channel untuk mencapai audiens di berbagai platform.

12. Kemampuan Mengukur ROI

Dengan alat analisis yang kuat, kamu dapat dengan mudah mengukur Return on Investment (ROI) dari kampanye Facebook Ads. Ini membantu kamu menilai sejauh mana iklan berhasil dalam menghasilkan keuntungan bagi bisnis.

Mempersiapkan Kampanye Bisnis di Facebook Ads

Tak lengkap rasanya bila tidak tahu apa yang harus dipersiapkan sebelum mempelajari cara iklan di Facebook ads. Berikut ini rangkumannya, dikutip dari berbagai sumber.

Tentukan Tujuan Kampanye 

Sebelum membuat iklan, tentukan dengan jelas tujuan kampanye bisnis milikmu. Apakah kamu ingin meningkatkan penjualan, membangun awareness merek, atau mengarahkan traffic ke situs web? Tujuan yang jelas akan membimbing seluruh strategi kampanye bisnis.

Identifikasi Audiens Target

Kenali audiens target dengan baik. Siapa mereka? Apa minat mereka? Di mana mereka berada secara geografis? Identifikasi karakteristik audiens untuk dapat menyesuaikan iklan dengan preferensi mereka.

Kembangkan Penawaran yang Menarik

Desain penawaran atau promosi yang menarik bagi audiens. Apakah itu diskon khusus, pengiriman gratis, atau penawaran eksklusif lainnya, pastikan penawaran darimu memberikan nilai tambah yang signifikan.

Kreatif Iklan yang Menarik

Desain kreatif iklan bisnismu dengan cermat. Gunakan gambar, video, dan teks yang menarik dan mencerminkan identitas brand milikmu. Hasil kreatif yang menonjol dapat membuat iklan lebih menarik bagi audiens.

Cara Iklan di Facebook Ads

Langkah awal membuat iklan di meta Ads

Nah, selanjutnya adalah cara iklan di Facebook Ads dilansir dari laman Meta. Sangat cocok jika kamu ingin mulai mengembangkan audiens untuk bisnismu!

Langkah 1: Akses Facebook Ads Manager

Cara iklan di Facebook ads diawali dengan memastikan kamu sudah login ke akun Facebook terlebih dahulu. 

Facebook Ads Manager dapat diakses melalui tautan Ads Manager atau dengan mengklik menu panah di pojok kanan atas Facebook dan memilih "Ads Manager."

Langkah 2: Pilih Tujuan Kampanye 

Cara iklan di Facebook ads selanjutnya, pilih tujuan spesifik untuk kampanye bisnis milikmu. Facebook menyediakan berbagai tujuan, termasuk peningkatan traffic, interaksi, konversi, penjualan, dan lainnya. 

Membuat kampanye di Faceook Ads

Langkah 3: Tentukan Audiens Target

Berikutnya, gunakan alat targeting Facebook untuk menentukan audiens target. Pilih kriteria seperti lokasi geografis, usia, jenis kelamin, minat, dan perilaku online. Pastikan target sesuai dengan profil pelanggan ideal.

Langkah 4: Pilih Penempatan Iklan

Cara iklan di Facebook ads memungkinkan kamu memilih di mana iklan akan ditampilkan. Pilih di antara beranda Facebook, kolom iklan, Instagram, Audience Network, dan tempat-tempat lainnya. Penempatan yang dipilih harus relevan dengan audiens dan tujuan kampanye.

Langkah 5: Tetapkan Anggaran dan Jadwal

Tetapkan anggaran harian atau anggaran total untuk kampanye adalah salah satu langkah cara iklan di Facebook ads yang penting. Anggaran dapat disesuaikan sesuai kebutuhan dan kemampuan keuangan bisnis.

Lalu, tentukan periode waktu kapan iklan akan ditampilkan. Kamu dapat memilih tampilan iklan sepanjang waktu atau membatasi jadwal penayangan sesuai kebutuhan.

Langkah 6: Pilih Jenis Iklan dan Format Kreatif

Pilih jenis iklan yang ingin dibuat, seperti iklan gambar, iklan video, iklan karusel, atau iklan dinamis. Pilih format yang paling sesuai dengan pesan dan tujuan bisnis.

Saat mengunggah gambar atau video yang akan digunakan dalam iklan juga perlu diperhatikan. Pastikan kreatif iklan mencerminkan brand dan menarik perhatian audiens.

Langkah 7: Buat Teks dan Judul Iklan

Cara iklan di Facebook ads berikutnya, yaitu dengan menulis teks dan judul iklan yang menarik dan informatif. Pastikan pesan jelas, singkat, dan memicu tindakan dari audiens.

Langkah 8: Atur Tautan dan Call-to-Action (CTA)

Kemudian, jangan lupa sertakan tautan yang mengarahkan audiens ke halaman tujuan yang relevan. Pilih call-to-action (CTA) yang sesuai dengan tujuan kampanye, seperti "Learn More," "Shop Now," atau "Sign Up."

Langkah 9: Tinjau dan Kirim Iklan

Tinjau semua detail iklan untuk memastikan semuanya sesuai dengan keinginan yang hendak dicapai dari Facebook ads. Periksa gambar, teks, tautan, dan pengaturan targeting.

Setelah puas dengan komponen iklan, klik "Kirim" atau "Place Order" untuk menyampaikan iklan ke Facebook Ads Manager.

Langkah 10: Pantau dan Analisis Kinerja Iklan

Gunakan Facebook Ads Manager untuk memantau kinerja iklan. Perhatikan metrik seperti jumlah klik, tayangan, dan tingkat konversi. Ini membantumu memahami seberapa baik iklan berperforma.

Lakukan analisis data secara rutin dan gunakan hasilnya untuk mengoptimalkan strategi iklan. Sesuaikan target, penawaran, atau kreatif berdasarkan data yang berhasil diperoleh.

Kekurangan dari Iklan di Facebook Ads

Meskipun Facebook ads memiliki banyak kelebihan, seperti yang telah dibahas sebelumnya, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan oleh pengiklan. 

Berikut adalah beberapa kekurangan dari penggunaan Facebook ads:

1. Biaya yang Meningkat

Facebook Ads memungkinkan kamu mengendalikan anggaran, tetapi biaya per klik dan tayangan dapat meningkat seiring dengan meningkatnya persaingan. 

Untuk mencapai hasil yang optimal, kamu mungkin perlu menginvestasikan lebih banyak uang, terutama jika bersaing dalam industri yang ramai.

2. Ketidakpastian Algoritma

Algoritma Facebook yang digunakan untuk menentukan tampilan iklan dapat berubah secara teratur. Hal ini dapat mempengaruhi jangkauan dan kinerja iklan bisnismu. 

Pengiklan harus terus memantau perubahan algoritma dan menyesuaikan strategi mereka secara berkala.

3. Potensi Kelelahan Iklan (Ad Fatigue)

Jika kamu menggunakan iklan yang sama terlalu sering, audiens dapat mengalami kelelahan iklan (ad fatigue). Ini bisa mengakibatkan penurunan kinerja iklan karena audiens mungkin tidak merespons iklan yang sama secara berulang kali.

Oleh karena itu, pengiklan perlu melakukan rotasi kreatif dan strategi penayangan iklan untuk menghindari kelelahan iklan.

4. Privasi dan Keamanan Data

Dengan meningkatnya kekhawatiran tentang privasi online, beberapa pengguna mungkin enggan memberikan informasi pribadi mereka kepada platform seperti Facebook. Ini dapat membatasi potensi audiens yang dapat dicapai oleh iklan bisnismu.

5. Keterbatasan Kontrol Penempatan

Meskipun Facebook ads memberikan opsi penempatan iklan yang luas, tidak semua penempatan cocok untuk setiap jenis bisnis. Beberapa penempatan mungkin lebih efektif daripada yang lain, dan pengiklan tidak selalu memiliki kontrol penuh terhadap di mana iklan mereka akan ditampilkan.

6. Tingkat Konversi yang Bervariasi

Efektivitas Facebook ads dalam menghasilkan tingkat konversi dapat bervariasi tergantung pada industri, produk, atau layanan yang diiklankan. Beberapa bisnis mungkin mengalami kesulitan mencapai tingkat konversi yang diinginkan meskipun memiliki strategi iklan yang baik.

7. Keterbatasan Targeting Demografis Tertentu

Beberapa demografi tertentu mungkin kurang terwakili atau sulit dijangkau melalui Facebook Ads. Ini dapat menjadi tantangan jika bisnis milikmu memiliki audiens yang sangat spesifik yang tidak sejalan dengan karakteristik mayoritas pengguna Facebook.

8. Ketergantungan pada Platform Eksternal

Penggunaan Facebook ads membuat bisnis bergantung pada platform eksternal. Perubahan aturan atau kebijakan platform dapat memiliki dampak signifikan pada strategi pemasaran dan kinerja kampanye.

Kesimpulan

Itu dia cara iklan di Facebook ads yang dapat memberikan peluang luar biasa bagi bisnis untuk mencapai audiens yang tepat dengan pesan yang relevan. 

Dengan merencanakan, membuat, dan mengelola kampanye dengan cermat, kamu dapat mengoptimalkan potensi Facebook ads untuk meningkatkan keberhasilan bisnis secara keseluruhan. 

Pantau kinerja secara teratur, sesuaikan strategi, dan terus pelajari dari data untuk tetap menjadi pemasar yang adaptif dan sukses di dunia digital yang terus berubah.

#
Performance Marketing
Belajarlagi author:

Belajarlagi Writer

Tim penulis Belajarlagi yang profesional dan berdedikasi untuk memberi informasi berkualitas demi Teman Belajar

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.