5 Referensi Bootcamp Digital Marketing, Cocok buat Pemula!

Teman Belajar, apakah kamu sudah cukup familiar dengan bootcamp digital marketing? Belajar tentang digital marketing sejatinya sangat bermanfaat untuk pengembangan diri, terutama karier. Terlebih zaman sekarang banyak perusahaan membutuhkan sumber daya pada bidang tersebut untuk pemasaran produk.‍Lalu, sebenarnya seberapa penting sih mempelajari digital marketing? Apakah bidang tersebut cukup menjanjikan untuk kamu jadikan karir pilihanmu? Agar dapat menemukan jawabannya, Teman Belajar dapat membaca ulasan berikut ini. Simak ya!

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Teman Belajar, apakah kamu sudah cukup familiar dengan bootcamp digital marketing? Belajar tentang digital marketing sejatinya sangat bermanfaat untuk pengembangan diri, terutama karier. Terlebih zaman sekarang banyak perusahaan membutuhkan sumber daya pada bidang tersebut untuk pemasaran produk.

Lalu, sebenarnya seberapa penting sih mempelajari digital marketing? Apakah bidang tersebut cukup menjanjikan untuk kamu jadikan karir pilihanmu? Agar dapat menemukan jawabannya, Teman Belajar dapat membaca ulasan berikut ini. Simak ya!

Pentingnya Digital Marketing

Pada prinsipnya, ruang lingkup dari digital marketing adalah tentang pemasaran. Namun, cara atau strateginya tentu jelas berbeda dengan marketing konvensional zaman dulu. Apalagi konsumen atau pembeli masa kini sangat bergantung pada internet dan dari situlah strategi digital marketing bermula.

Menurut Digital Marketer, definisi dari digital marketing adalah sebuah upaya untuk mempromosikan produk dan jasa secara daring dengan memanfaatkan internet. Bentuknya bermacam-macam, misalnya social media marketing, email marketing, dan lain-lain.

Bayangkan, hampir semua konsumen senantiasa terhubung dengan internet. Entah itu untuk bekerja, berselancar di dunia maya, ataupun untuk transaksi pembelian. Itulah sebabnya pebisnis zaman sekarang mesti benar-benar memanfaatkan digital marketing untuk pemasaran.

Melalui digital marketing, jangkauan ke konsumen akan makin luas. Bahkan, target market pun dapat pengusaha bidik lebih akurat daripada marketing konvensional.

Kenapa Mesti Menjajal Bootcamp Digital Marketing?

Seperti yang sudah kamu simak sebelumnya, perkembangan teknologi menjadikan bidang ini sangat menarik untuk dipelajari. Meski latar belakang pendidikanmu tidak dari bidang ini, kamu bisa loh mengikuti bootcamp digital marketing.

Pada prinsipnya, bootcamp ini merupakan kursus digital marketing yang dapat mengasah dan mempertajam kemampuan sebagai bekal untuk menjadi digital marketer. Semua pengetahuan yang ada bisa peserta dapatkan dalam beberapa sesi bersama praktik langsung. Setelah menyelesaikan bootcamp, peserta biasanya akan mendapat sertifikasi yang bermanfaat saat bekerja nanti.

Kebanyakan kursus ini sifatnya online dan sangat fleksibel. Maka, pesertanya pun juga beragam. Mulai dari karyawan tetap, pekerja lepas, bahkan mahasiswa. Beberapa keunggulan mengikuti kursus digital marketing antara lain:

  • Biayanya terjangkau untuk materi-materi yang sifatnya padat dan lengkap
  • Sebagai pengisi waktu luang yang bermanfaat
  • Bekal untuk merintis karier baru
  • Mendapatkan sertifikasi

Rekomendasi Bootcamp Digital Marketing

Bagaimana nih, Teman Belajar? Apakah kamu sudah mulai tertarik untuk mengikuti bootcamp digital marketing? Beberapa referensi kursus berikut bisa kamu jadikan pertimbangan sebagai tempat belajar.

Google Analytics Academy

Google Analytics menjadi salah satu tools penting buat menarik data-data demi tujuan pengembangan bisnis. Oleh sebab itu, seorang calon digital marketer sebaiknya juga belajar Google Analytics ini secara lebih mendalam.

Google sendiri menyediakan kursus melalui Google Analytics Academy. Dalam kursus ini tersedia untuk orang-orang dengan bermacam-macam level, mulai dari pemula sampai pengguna yang sudah aktif. Kursus dari Google ini sifatnya gratis, jadi sangat cocok untuk pemula.

Dalam Google Analytics Academy ini tersedia video beserta transkrip yang mudah untuk peserta pahami. Pada akhir kursus, peserta biasanya akan diarahkan untuk mengikuti sertifikasi melalui Google Analytics Certification.

Wordstream PPC University

Wordstream merupakan platform online advertising yang juga menyediakan kursus bernama PPC University. Selain belajar tentang pay per click (PPC), kursus ini menyediakan pembelajaran penuh mengenai digital marketing.

Secara garis besar, ruang lingkup PPC University ini juga mendalami tentang alokasi anggaran untuk iklan alias ads. Jadi, kemampuan dalam PPC pun dapat terasah melalui kursus ini.

PPC University menyediakan tiga level untuk peserta. Level paling awal adalah untuk para pemula yang masih minim info mengenai digital marketing. Dua level selanjutnya lebih banyak diperuntukkan untuk digital marketer berpengalaman.

Social Media Quickstarter

Salah satu pemanfaatan digital marketing yang cukup ampuh adalah melalui media sosial. Social Media Quickstarter dapat menjadi pilihan jika kamu tertarik mengulik media sosial untuk pemasaran produk. Sebut saja melalui YouTube, Instagram, Twitter, Facebook, LinkedIn, dan lain-lain.

Materi-materi yang terdapat pada kursus digital marketing ini sangat mudah untuk para pemula pahami. Jadi, sangat cocok untuk siapa pun yang masih awam tentang digital marketing dan tertarik untuk menekuninya sebagai karier.

SEMRUSH Academy

Semrush menjadi salah satu tools yang digital marketer andalkan, terutama untuk melakukan riset kata kunci, menganalisis kompetitor, sampai beragama keperluan digital campaign. Fokus dari kursus SEMRUSH Academy memang banyak berpusat pada fitur-fitur dari Semrush itu sendiri.

Modul pembelajaran yang Semrush persiapkan juga cukup lengkap dan dapat menambah pengetahuan tentang tren perkembangan digital. Kursus digital marketing ini sifatnya gratis dan tersedia beberapa level, mulai dari pemula sampai ahli.

Fullstack Digital Marketing - Belajarlagi

Nah, Belajarlagi juga nggak ketinggalan loh punya bootcamp digital marketing andalan. Namanya Fullstack Digital Marketing. Teman Belajar pasti cocok deh mengikuti kursus ini. Pasalnya, bootcamp ini sangat ramah untuk para pemula dan mengasah kemampuan digital marketing melalui real case untuk kamu pelajari.

Dengan durasi belajar 7 sampai 8 minggu, Teman Belajar dapat mendapatkan pendalaman mengenai digital marketing melalui teori sekaligus praktik. Materinya sendiri langsung dari praktisi yang sudah berpengalaman. Betul-betul paket lengkap buat bekal jadi digital marketer andal deh!

Tambahan keseruan lainnya, Teman Belajar nantinya bakal bertemu dengan ratusan peserta dengan latar belakang karier berbeda-beda. Tambah ilmu baru sekalian tambah koneksi, menyenangkan juga kan?

Itulah tadi beberapa rekomendasi kursus digital marketing yang bisa Teman Belajar ikuti. Makin paham kan besarnya peluang karier pada bidang digital marketing ini. Jadi, jangan ragu untuk mulai belajar sekaligus mengasah keterampilan digital marketing mulai dari sekarang ya!

Untuk mengetahui program-program bootcamp digital marketing dari Belajarlagi, langsung saja meluncur ke website. Kami tunggu partisipasi dari Teman Belajar semua!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.