Apa Itu Search Engine Marketing? Panduan Lengkap 2026 & Cara Kerjanya

Jessica Dima
8 Min Read
Published:
March 16, 2026
Updated:
March 16, 2026

Bagaimana sebuah iklan mampu tampil di halaman dan urutan pertama Google? Search engine marketing, atau dikenal juga dengan SEM, adalah strategi pemasaran digital yang efektif merebut atensi calon pelanggan yang berasal dari mesin pencari. Dengan SEM, pebisnis dapat terhubung dengan audiens yang sedang mencari produk atau jasa tertentu melalui ekosistem iklan berbayar yang terstruktur.

SEM itu tidak hanya bicara tentang memasang iklan di mesin pencari saja. Tentu saja ada cara kerja dan komponen-komponen utama yang punya peran atas keberhasilan SEM. Kadang SEM sendiri juga sering disalahartikan dengan SEO, padahal keduanya berbeda. Maka, artikel berikut ini akan membahas apa itu search engine marketing secara mendalam.

Apa Itu Search Engine Marketing dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Search engine marketing adalah penayangan iklan berbayar di hasil halaman mesin pencari (contoh paling umum Google). Iklan tersebut langsung muncul di bagian atas halaman begitu pengguna memasukkan kata kunci tertentu. SEMrush menyebut strategi pemasaran lewat SEM sangat efektif untuk menjangkau calon pelanggan yang aktif dan memang termotivasi mencari produk spesifik.

Dalam Google Ads, ada mekanisme yang disebut dengan ad auction di mana Google akan menentukan iklan mana yang layak tayang melalui proses lelang cepat. Iklan yang menang untuk ditayangkan tidak sekadar berdasarkan bujet dengan nilai terbesar. Google Ads juga mempertimbangkan hal penting lainnya: quality score. Quality score sendiri sangat dipengaruhi oleh tiga faktor penting, yakni relevansi iklan, kualitas landing page, serta ekspektasi CTR. Melalui quality score yang ketat, bisnis-bisnis kecil dengan konten berkualitas dan relevan punya peluang mengalahkan merek lain yang lebih besar.

Bagaimana cara kerja dari SEM bisa Teman Belajar bayangkan secara sederhana. Anggaplah kamu sebagai pengguna Google mengetik kata kunci “sepatu lari lokal terbaik”. Dalam hitungan milidetik, proses lelang terjadi, kemudian muncullah beberapa tayangan iklan berlabel “sponsored”. Kamu klik salah satu iklan tersebut, lalu pengiklan akan membayar setiap klik yang terjadi.

Melalui penjelasan search engine marketing tersebut, Teman Belajar bisa ambil kesimpulan bahwa strategi ini berbasis pada niat (intant) dari audiens. Inilah yang membuat SEM menjadi salah satu saluran periklanan yang mampu memberikan konversi tinggi dalam pemasaran digital.

SEM vs SEO, Dua Sisi Mata Uang yang Sering Disalahpahami

Muncul miskonsepsi karena banyak orang memandang SEM dan SEO itu saling bersaing. Antara yang berbayar dan organik, mana yang lebih baik bekerja. Pahadal, SEM dan SEO sebenarnya bukan itu dipersaingkan. Keduanya sama-sama bekerja di halaman mesin pencari, hanya saja pendekatannya yang berbeda.

Data dari First Page Sage menunjukkan hasil klik pencarian organik melalui Google memberikan 10 kali lipat lebih banyak daripada klik dari iklan berbayar. Tingkat konversi pada SEO pun lebih tinggi (2,4%) daripada SEM (1,3%). Namun, jangan terburu-buru menyimpulkan SEO lebih baik dari SEM. Teman Belajar harus memperhatikan time frame keduanya yang berbeda. Strategi SEO dapat memberi traffic terbaik setelah berjalan minimal 3-6 bulan, berbeda dengan SEM yang durasinya lebih instan (setidaknya hitungan jam saja).

Baik SEM maupun SEO, masing-masing memiliki kekuatan yang bisa digunakan menurut tujuan dan kondisi bisnis. SEM lebih unggul ketika terdapat persaingan SEO ketat di bisnis sejenis, kebutuhan promosi produk baru, promo musiman terbatas, hingga targeting audiens spesifik. SEO dapat Teman Belajar andalkan untuk merek atau bisnis yang sudah stabil, punya tujuan membangun ROI jangka panjang, ataupun kondisi terbatasnya bujet iklan.

SEM

SEO

  • Urgensi pemasaran untuk promosi yang sifatnya terbatas (diskon Lebaran, diskon Natal, dan sebagainya)
  • Persaingan SEO dengan kompetitor begitu ketat
  • Promosi produk baru yang membutuhkan exposure lebih luas
  • Menargetkan audiens secara lebih spesifik
  • Kondisi merek sudah cenderung lebih stabil
  • Keterbatasan dana untuk memasang iklan
  • Membangun ROI untuk jangka panjang
  • Memberikan konten-konten edukatif dan informatif yang relevan untuk waktu lama

Menurut penelitian dari Estland, menggabungkan SEM dan SEO adalah upaya kolaboratif terbaik guna mengoptimalkan hasil digital marketing. Cara ini dapat meningkatkan visibilitas merek, memaksimalkan sumber daya, serta menaikkan ROI. Disebutkan bahwa strategi menggabungkan SEM dan SEO menghasilkan 25% klik lebih banyak bagi merek. Itu artinya, bisnis tidak hanya menguntungkan, tetapi juga memperoleh kepercayaan lebih dari audiens. 

Baca juga Apa Saja Target dari Menggunakan SEO? Ini Jawabannya!

Anatomi Iklan SEM, Komponen yang Menentukan Iklan Menang atau Kalah

Iklan yang “menang” dalam proses lelang sangat bergantung pada seperti apa komponen-komponen dalam iklan tersebut. Jika hendak memasang iklan di Google Ads, pastikan Teman Belajar mencermati dan menyiapkan 5 komponen ini sebaik mungkin:

  • Headline. Siapkan 3 headline dengan maksimal 30 karakter. Dalam headline tersebut, pastikan ada kata kunci terkait dan tambahkan proposisi yang membedakan bisnismu dengan iklan lainnya. Google akan mencoba berbagai kombinasi headline yang ada dan memilih yang berkinerja terbaik. 
  • Description. Buat 2 deskripsi dengan maksimal 90 karakter. Deskripsi bisa kamu isi dengan detail produk atau layanan dan pastikan masukkan kata kunci juga di dalamnya. Sama seperti headline, Google akan menguji kombinasi deskripsi yang ada.
  • Display URL. Ini merupakan tautan halaman atau website merek yang muncul pada halaman pencari.
  • Ad extensions. Komponen ini adalah bagian dari Google Ads yang biasanya memberi informasi tambahan seputar bisnis (bentuk populer umumnya berupa sitelink, callout, structured snippet).
  • Landing page. Komponen ini muncul setelah pengunjung meng-klik iklan di halaman hasil pencarian Google. Inilah tempat yang menentukan apakah pengunjung akan menjadi prospek atau hingga berakhir ke pembelian. Landing page akan bekerja lebih efektif jika berpedoman pada corong penjualan (BOFU, MOFU, TOFU).

Search engine marketing erat kaitannya juga dengan penggunaan keyword match atau pencocokan kata kunci. Google Ads menyediakan tiga match type keyword: board match (menjangkau luas, namun boros), phrase match (lebih terarah), dan exact match (paling presisi dengan konversi tertinggi). Jenis keyword match yang Teman Belajar pilih jelas akan berpengaruh pada audiens yang melihat iklan, relevansi tayangan iklan ke audiens, serta seberapa efektif pembelanjaan bujet. Andai keyword match-nya terlalu luas, Teman Belajar berisiko membuang bujet untuk klik yang tidak relevan. Jika terlalu sempit, kamu kehilangan peluang memperoleh traffic tinggi.

Guna mengoptimalkan penggunaan kata kunci, jangan lupa memanfaatkan negative keyword dan menambahkannya ke ke campaign di SEM. Negative keyword merupakan kata yang Teman Belajar sertakan dalam campaign untuk mencegah iklan muncul pada situs yang tidak relevan. Alhasil, Teman Belajar pun dapat menghemat bujet secara signifikan sekaligus meningkatkan quality score.

Rekomendasi terbaik dalam menjalankan campaign di SEM adalah dengan tidak melakukan perubahan setidaknya selama satu sampai dua minggu. Algoritma pada Google memerlukan waktu tertentu untuk mengoptimalkan iklan. Saat iklan berjalan, pantaulah metrik-metrik seperti CTR (Click-Through Rate), CPC (Cost Per Click), CPA (Cost Per Acquisition), ROAS (Return on Ad Spend). Sekali lagi, Ad rank pada Google tidaklah bicara mengenai besaran bujet. Ketika iklanmu memiliki quality score tinggi dengan CPC lebih rendah, iklan itu akan menempati urutan teratas pada halaman Google dibandingkan dengan iklan dengan bid lebih tinggi.

Berapa Budget SEM yang Ideal? Panduan Realistis untuk Pemula

Jika ditanya berapa bujet SEM yang ideal, maka jawabannya adalah tidak ada patokan berapa nominal minimalnya. Bujet SEM sebenarnya sangat bergantung pada jenis industri (CPC rata-rata per kategori), target lokasi secara geografis, dan tujuan campaign (apakah untuk membangun kesadaran merek ataukah konversi).

Contohnya, CPC untuk pasar di Indonesia bisa berbeda-beda. Rata-rata CPC pada industri e-commerce sekitar Rp500-Rp3.000 per klik, sementara industri lebih besar seperti properti ada di angka Rp5.000-Rp50.000 per klik. Pemahaman semacam ini penting untuk menentukan bujet awal iklan di SEM.

Berikut contoh framework penentuan bujet SEM yang bisa Teman Belajar praktikkan:

  1. Tentukan dulu target CPA. CPA bisa ditentukan dengan melihat margin produk, target keuntungan, dan biaya-biaya operasional lainnya. Misalnya, margin per transaksi sebesar Rp90.000. Agar tetap untung, tetapkan CPA sebesar Rp60.000 per transaksi (setiap pembelian dari 1 klik seharga Rp60.000).
  2. Tetapkan estimasi konversi (berapa persen dari klik yang berubah menjadi pembelian). Andaikanlah iklan e-commerce yang sudah stabil umumnya berada di konversi sebesar 2%.
  3. Hitung CPC maksimum berdasarkan target CPA. CPC = CPA x konversi = Rp60.000 x 0,02 = Rp1.200. Angka ini masih dalam kisaran sehat jika melihat rata-rata angka CPC e-commerce (Rp500-Rp3.000).
  4. Tentukan target penjualan dan hitung kebutuhan klik. Mulai tetapkan jumlah konversi per hari, misalnya 20 transaksi. Setiap transaksi + membutuhkan 50 klik, jadi jumlah klik per hari = 20 x 50 = 1.000 klik.
  5. Tetapkan bujet harian yang masuk akal = jumlah klik x CPC = 1.000 x Rp1.200 = Rp1.200.000.

Kesalahan umum yang paling sering dilakukan oleh para pemula adalah menetapkan bujet SEM terlalu kecil tanpa estimasi perhitungan yang jelas. Akibatnya, data-data yang seharusnya menjadi dasar optimasi Google pun menjadi tidak ada. Padahal, algoritma smart bidding pada Google Ads memerlukan 30-50 konversi per bulan agar dapat bekerja optimal. 

Memasang iklan di SEM tidaklah untuk Teman Belajar biarkan begitu saja setelah tayang. Alokasikan setidaknya 20% waktu per minggu untuk mengamati kinerjanya bagaimana. Jika perlu, sesuaikan lagi bid dan lakukan uji variasi iklan agar tujuan dan target ROAS ikut tercapai.

Baca juga 10 Cara Membuat Landing Page: Fungsi dan Tipsnya

Pemahaman akan apa itu SEM dan cara kerjanya akan membawamu pada pembelajaran yang lebih mendalam agar eksekusinya pun tepat. SEM pada dasarnya bisa dipelajari oleh siapa pun, terlepas apa pun latar pendidikannya. Tentu saja cara tercepat untuk menguasai search engine marketing adalah dengan belajar langsung dari ahlinya, bukan sekadar membaca artikel ini.

Bootcamp FSDM Belajarlagi

Ikuti program bootcamp Full Stack Digital Marketing di Belajarlagi yang membantumu mendalami pemasaran digital secara lengkap. Program ini mencakup hal-hal terkait digital marketing secara spesifik, yaitu SEM, SEO, social media marketing, hingga analytics. Baca informasi lebih lengkap mengenai Full Stack Digital Marketing di Belajarlagi dan persiapkan dirimu menjadi marketer andal!

Referensi

  • Carlos Silva. Search Engine Marketing (SEM): What It Is & How to Do It
  • First Page Sage. SEO vs. SEM: Which Is Better in 2025?
  • Google Ads Help. How the Google Ads auction works.
  • Carlos Silva. Negative Keywords: What They Are & How to Use Them.
  • Cecilia Meis. What Are Keyword Match Types? Examples + Best Practices.
  • DMB. 10 Common SEM Mistakes and Steps to Fix It in 2026.
  • Eastland. How Do Search Engine Marketing & Search Engine Optimization Work Together?

#
Digital Marketing
#
Marketing
#
Social Media
Belajarlagi author:

Jessica Dima

Freelance SEO content writer yang 5+ berpengalaman menulis artikel dengan berbagai topik: pekerjaan, gaya hidup, edukasi, dan kesehatan mental. Selain SEO, ia mempunyai passion khusus pada storytelling.

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Topik apa yang paling menarik untuk anda?
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Cookie Consent

By clicking “Accept”, you agree to the storing of cookies on your device to enhance site navigation, analyze site usage, and assist in our marketing efforts. View our Privacy Policy for more information.