4 Rekomendasi Kursus Social Media Marketing untuk Membangun Bisnis

Penting bagi kamu ketika hendak memulai bisnis secara online untuk mengetahui dan memahami social media marketing terlebih dahulu, supaya nantinya kamu akan tahu cara-cara untuk meningkatkan brand awareness dan juga user engagements ketika membangun bisnis berbasis online.

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

4 Rekomendasi Kursus Social Media Marketing untuk Membangun Bisnis

Saat ini, bisnis menjadi salah satu usaha yang dijadikan pilihan oleh cukup banyak orang yang tidak ingin bekerja menjadi seorang karyawan. Membangun bisnis di era ini juga bisa dilakukan secara online melalui media sosial lho. 

Penggunaan media sosial ini bisa membantu untuk memperluas jangkauan konsumen dalam menemukan produk yang kamu jual. Namun tentunya, membangun bisnis dan memperluas jangkauan melalui media sosial juga tidak bisa dianggap sepele. Kamu memerlukan pengetahuan tentang bagaimana melakukan pemasaran produk di media sosial atau yang lebih dikenal dengan sebutan social media marketing.

Penting bagi kamu ketika hendak memulai bisnis secara online untuk mengetahui dan memahami social media marketing terlebih dahulu, supaya nantinya kamu akan tahu cara-cara untuk meningkatkan brand awareness dan juga user engagements ketika membangun bisnis berbasis online.

Teman belajar bisa lho, mempelajari social media marketing melalui kursus social media marketing yang disediakan oleh beberapa platform untuk mempermudah dalam mendalami tentang social media marketing secara online.

Apa itu Social Media Marketing?

Sebelum beranjak membahas tentang platform apa saja yang menyediakan kursus untuk social media marketing, mari ketahui dulu tentang apa itu social media marketing.

Social media marketing merupakan pemasaran suatu produk atau jasa yang dilakukan secara digital dengan media sosial sebagai wadahnya.

Menurut Neil Patel, social media marketing adalah tahapan untuk membangun ketertarikan dari sebuah konten yang diperlihatkan. Menurutnya, social media marketing berkaitan dengan proses mempromosikan suatu produk atau jasa untuk dapat meningkatkan pengetahuan konsumen akan produk atau jasa yang tersedia.

Sedangkan Hubspot menjelaskan secara singkat bahwa social media marketing merupakan sebuah aksi untuk menarik konsumen yang aktif di media sosial.

Dijelaskan pada laman Majoo bahwa social media marketing akan mengaitkan beberapa kegiatan seperti membangun keberadaan bisnis kamu di media sosial, meningkatkan brand awareness, dan mengaitkan pelanggan konsumen dengan berbagai konten yang diposting di media sosial sehingga mampu meningkatkan Return of Investment.

Dengan pengertian di atas, kamu pasti sudah tahu kan bahwa pengetahuan tentang social media marketing sangat penting sebelum memulai bisnis online.

Strategi Social Media Marketing

Untuk dapat sukses dalam pemasaran produk atau jasa, tentu diperlukan strategi yang tepat supaya target kamu dapat tercapai sesuai dengan yang direncanakan. Kamu bisa membuat strategi social media marketing seperti di bawah ini:

  • Melaksanakan riset untuk mengetahui konten seperti apa yang biasanya digemari dan menarik bagi konsumen sehingga memiliki keinginan untuk menggunakan suatu jasa atau produk.
  • Menentukan metrics social media marketing dengan bantuan google analytics untuk membantu dalam proses membangun bisnis di media sosial.
  • Mempelajari target pasar dan konsumen untuk mengetahui produk atau jasa seperti apa yang sedang menjadi kebutuhan sekaligus diinginkan oleh konsumen, supaya dapat disesuaikan dengan produk atau jasa yang akan kamu sediakan.
  • Menentukan platform media sosial yang akan digunakan dengan membandingkan platform media sosial manakah yang dapat membantu peningkatan penjualan secara signifikan.
  • Membuat konten yang mampu menarik minat para konsumen untuk menggunakan produk atau jasa yang kamu miliki.
  • Mengunggah konten secara konsisten juga penting dilakukan supaya konsumen melihat kesungguhanmu dalam menjalankan bisnis.
  • Mencoba untuk memanfaatkan iklan di sosial media juga menjadi pilihan yang bagus untuk dapat menjangkau konsumen lebih luas lagi.
  • Setelah itu, lakukan evaluasi untuk dapat mengetahui dan juga mengatasi segala kekurangan yang ada pada strategi yang sudah dilakukan sebelumnya.

Rekomendasi Kursus Social Media Marketing

Supaya kamu bisa menentukan strategi social media marketing dengan baik, kamu bisa mencoba untuk ikut kursus social media marketing yang dilakukan oleh beberapa platform secara online. Berikut ini ada beberapa rekomendasi kursus social media marketing yang bisa kamu pilih salah satunya:

1. Hubspot Academy

Hubspot yang merupakan pengembang perangkat lunak marketing ini menyediakan kelas untuk kursus social media marketing pada Hubspot Academy

Kamu akan mempelajari berbagai hal seperti bagaimana cara mengembangkan strategi media sosial yang baik untuk bisnis kamu, cara membangun strategi yang dapat memuaskan konsumen dan memperoleh keuntungan melalui media sosial, dan bagaimana cara yang tepat untuk memanfaatkan kegunaan media sosial untuk bisnis yang kamu jalankan.

2. Udemy

Selanjutnya ada marketplace yang menyediakan materi untuk belajar secara online dengan 183.000 kursus dan 40 juta peserta dari berbagai negara yang tidak lain tidak bukan adalah Udemy. Udemy menyediakan berbagai kursus termasuk social media marketing yang bisa kamu pelajari dengan mudah, baik untuk pemula maupun yang sudah cukup memahami tentang apa itu social media marketing.

Udemy ini mempunyai The Complete Digital Marketing Course yang terdiri dari 12 kursus yaitu, Market Research, WordPress, Email Marketing, Copywriting, SEO, YouTube Marketing, Social Media Marketing, Linkedin Marketing, App Marketing, Google Adwords, Facebook Ads, dan Google Analytics.

3. Pijar Mahir

Pijar mahir adalah platform yang menyediakan pembelajaran secara online yang bertujuan untuk dapat memudahkan kamu dalam memperluas pengetahuan dan meningkatkan kemampuan di bidang yang kamu inginkan, seperti social media marketing

Kamu akan mempelajari tentang konsep dasar dari social media marketing, bagaimana cara membuat konten yang menarik di sosial media, hingga cara untuk menentukan metrics dalam social media marketing

4. Belajarlagi

Belajarlagi merupakan salah satu Online Learning Academy yang menyediakan kelas untuk digital marketing sekaligus social media marketing yang bisa kamu ikuti melalui Social media organic bootcamp Belajarlagi

Disana kamu akan belajar fundamental, best practices, hingga reporting social media organic dari para expert. Entah untuk brand ataupun personal. Rangkaian bootcamp yang komprehensif dengan harga terjangkau.

Itu dia 4 rekomendasi platform pembelajaran online yang bisa kamu ikuti untuk memperdalam pengetahuan dan melatih kemampuan dalam mengembangkan bisnis kamu dengan social media marketing. Dengan adanya kursus online, kamu bisa semakin yakin bahwa bisnis yang kamu bangun bisa berkembang dengan baik.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.