Astra Digital merupakan unit digital inovatif yang berada di bawah naungan Astra Grup. Fokus Astra Digital terletak pada inovasi guna mendukung transformasi bisnis. Pilar utama dalam pelayanannya meliputi digital ventures, strategi & consulting, digital marketing, data intelligence, serta academy & technology.
Beberapa produk unggulan Astra Digital hadir dalam aplikasi konsumen berbasis otomotif dan mobilitas. Misalnya, Seva.id, CariParkir, Sejalan, serta Movic. Astra Digital juga berkolaborasi serta berinvestasi dengan startup dari berbagai sektor untuk mendukung teknologi, seperti Gojek, Halodoc, dan Sayurbox.
Misi utama Astra Digital adalah mengenalkan ragam inovasi digital serta membangun nilai tambah melalui produk-produk teknologi yang sinergis. Untuk mencapai misi tersebut, para karyawan Astra Digital diharapkan memiliki keterampilan mengembangkan produk berbasis data.
Berkaca dari hal itu, Astra Digital bersama Corporate Training Belajarlagi menyelenggarakan pelatihan data analytics dan product development bertajuk “The Product Scientist: From Data Analytics to Market-Ready Solution Training”. Pelatihan tersebut diikuti oleh 67 karyawan Astra Digital dan berlangsung pada 6 serta 20 Agustus 2025 di Astra Digital Internasional - Altira Business Park.
Tujuan dari pelatihan tersebut adalah untuk membekali para profesional ilmu data dengan pengetahuan penting, pola pikir, dan keterampilan praktis agar mampu mengonseptualisasikan, mengembangkan, dan mengelola produk berbasis data yang selaras dengan tujuan bisnis.
Pentingnya pelatihan data analytics dan product development
.webp)
Pada dasarnya, analisis data dan pengembangan produk sangatlah berkaitan erat. Dengan keterampilan pengelolaan data yang baik, para peserta bisa berkesempatan mengembangkan produk yang mampu menciptakan nilai terukur.
Guna mencapai tujuan pelatihan yang ada, Tim Belajarlagi bersama Astra Digital menyusun materi atau kurikulum sebagai berikut:
- Fundamentals of Product Management & Problem Exploration: Memahami tren pasar, menganalisis pesaing, dan mengidentifikasi peluang pengembangan produk berbasis data.
- Product Development & Validation: Mempelajari kerangka kerja pengembangan produk yang lengkap - dari ide hingga pembuatan prototipe - sambil memvalidasi ide melalui penelitian dan metrik, serta membangun keterampilan tim untuk menilai kelayakan dan keinginan terhadap produk.
- Go-to-Market, Growth Strategy, & Post-Launch Management: Memastikan peserta memahami proses dari peluncuran hingga peningkatan skala dengan memanfaatkan analisis data untuk monetisasi, pengoptimalan, dan pertumbuhan jangka panjang, terutama untuk produk data/AI.
Manfaat pelatihan bagi peserta
Dengan mengikuti pelatihan analisis data dan pengembangan produk, peserta tentu memperoleh peningkatan keterampilan yang nantinya bisa diaplikasikan ke pekerjaan. Pelatihan dari Belajarlagi ini tidak hanya bicara secara teori, melainkan juga praktik langsung.
Dalam materi Fundamentals of Product Management & Problem Exploration, peserta membentuk kelompok untuk mengidentifikasi satu ide produk berbasis data yang relevan dengan permasalahan di Astra. Ide tersebut kemudian dipresentasikan langsung ke instruktur.
Peserta juga praktik langsung dalam pemetaan ideasi, pembuatan kanvas rencana uji, serta pembuatan draf MVP + BMC pada materi Product Development & Validation. Terakhir, peserta juga diminta membuat strategi peluncuran dan monetisasi sederhana untuk MVP berikut mempresentasikan perihal strategi pemasaran, metrik utama, dan dampak atau ROI yang diharapkan.
Intinya, belajar melalui praktik jelas akan lebih mudah mengembangkan keterampilan sekaligus meningkatkan produktivitas kerja nantinya.
Corporate Training Belajarlagi, solusi pelatihan terbaik bagi perusahaan
Memberikan pelatihan ke karyawan merupakan investasi terbaik bagi perusahaan yang ingin mengembangkan bisnis jangka panjang. Nah, Corporate Training dari Belajarlagi siap menjadi mitra terbaik bagi perusahaan!
Corporate Training Belajarlagi menawarkan suasana pelatihan yang menyenangkan, tetapi tetap berfokus pada pemahaman holistik secara teori dan praktik. Dengan para instruktur berpengalaman di bidangnya, karyawan pun berkesempatan berlatih praktik dengan studi kasus di kehidupan perusahaan.
Beberapa program pelatihan yang ada meliputi digital skill, sales skill, management skill, dan soft skill. Perusahaan juga bisa bekerja sama dengan Belajarlagi dalam penyusunan kurikulum agar lebih sesuai dengan kebutuhan.
Untuk berkonsultasi atau mencari tahu informasi lebih lengkap mengenai Corporate Training, bisa cek langsung di website Belajarlagi, ya!