Belajar tentang Rebranding dari Logo Matahari

2 mins
Marketing Theory

Setelah 47 tahun lebih di Indonesia, Matahari Department Store yang terkenal dengan produk fashionnya itu rebranding lagi untuk yang keempat kalinya. Logo mereka sekarang terlihat lebih minimalis dengan dominasi 1 warna saja.

Strategi “minimalism branding” coba dimanfaatkan oleh Matahari buat meningkatkan brand identity mereka.

Matahari tergolong cukup rajin dalam beradaptasi di setiap perkembangan zaman yang ada. Itulah mengapa Matahari lebih bisa sustain kalau dibandingkan retail yang lain.

Tampilan salah satu Matahari Department Store

Apa itu brand identity?

Banyak sekali aspek yang menunjang identitas sebuah brand, yang paling bisa diingat adalah tampilan visual yang tampak mata, baik dari pilihan warna, desain, jingle, logo, dan lain sebagainya. Kombinasi elemen tersebut berperan untuk menanamkan pesan dari sebuah brand kepada pemirsa. Kalau mau membayangkan brand identity secara lebih simple adalah logo centang yang dimiliki oleh Nike, beserta slogan mereka yang cadas, “JUST DO IT.” Atau brand Apple dengan visual logo apel tergigit. Nah, sudah cukup terbayang kan?  

Minjar coba analisis deh beberapa strategi Matahari dalam beradaptasi setiap perubahan zaman.

1. Logo rebranding

Perubahan logo Matahari

Dengan 3 kali perubahan logo, Matahari terhitung rajin dalam beradaptasi dengan perubahan. Sebuah logo mencerminkan budaya & goals mereka kedepannya.

Artinya kalau ada perubahan di logo, bisa jadi ada perubahan arah goals mereka sesuai perkembangan zaman.

2. Digital adaptation

Adaptasi di dunia digital memang jadi keharusan saat ini. Apalagi retail sejak pandemi daya beli nya makin menurun. Orang cenderung suka belanja online.

Saat ini Matahari juga punya website & aplikasi sendiri yang menjual produknya lewat online.

3. Pricing strategy

Salah satu strategi andalan dari retail itu pricing strategy nya. Mereka pintar memainkan psikologis harga yg bikin produknya terlihat worth it.

Matahari juga sering ngasih promo berbentuk kupon potongan harga setelah konsumen selesai berbelanja.

Strategi ini cukup efektif, karena bisa meningkatkan nominal belanja konsumennya dan repurchase buying.

Bikin orang terus mau belanja karena kuponnya bisa dipakai buat pembelian selanjutnya. Apalagi kupon diskon ini biasanya nominal diskonnya besar banget.

4. Membership

Udah lama strategi membership ini digunakan sama mereka. Tujuannya jelas buat meningkatkan loyalitas konsumennya. Apalagi Matahari sering ngasih promo atau points yang lumayan besar buat para membership mereka. Bikin konsumen makin tergiur buat ikutan jadi membernya.

Menurut kalian strategi apalagi nih yang bikin Matahari tetap bisa bertahan sebagai retail fashion sampai sekarang?

Teman Belajar, jangan lewatkan juga ya ulasan-ulasan menarik lainnya tentang studi kasus brand  di website Belajarlagi.id dan kanal X  @belajarlagiHQ!

Oiya, kalau kamu ingin memperdalam ilmu branding, kamu bisa memantau informasi dan melihat kurikulumnya di BelajarlagiHQ! Di sana, kamu bisa belajar tentang riset market dan banyak hal lainnya, sampai jumpa di kelas!

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.