Ingin Optimasikan Iklan Facebook? Yuk, Simak Tipsnya!

Teman Belajar, sudah pernah beriklan di Facebook Ads? Bagaimana pengalamannya? Sukseskah? Atau justru kebalikannya yaitu jadi boncos?

Yes, Teman Belajar. Jika kamu pernah beriklan di Facebook Ads dan boncos, kemungkinan kamu kurang tepat dalam mengoperasikannya. Yuk, intip apa saja yang harus kamu perhatikan agar FB/IG Ads kamu nggak boncos lagi. 

1- Pastikan kamu mengatur objective yang sesuai

Untuk mengatur objective atau tujuan beriklan yang sesuai, kamu perlu tahu terlebih dulu objective yang ingin dicapai oleh brand kamu. Kamu juga harus tahu marketing funnel bagian mana yang ingin ditargetkan. 

Berikut beberapa objective yang tersedia: 

- Reach

- App Install

- Conversions

- Lead Gen dll

2- Set targeting yang tepat

Sesuaikan Targeting Ads kamu dengan target pasar dari produk yang kamu pasarkan. Coba testing berbagai macam demographic sampai kamu mendapatkan winning audience. Usahakan audience size kamu ada di parameter warna hijau berikut ini ya!

3- Sesuaikan Budgeting Ads

Agar iklan Facebook kamu optimal, kamu harus bisa sesuaikan budget ads dengan target audience kamu. Kamu bisa mulai beriklan di facebook hanya dengan Rp 15.000 loh

Kamu bisa mulai dari bajet yang kecil dan bagikan ke beberapa campaign, sampai menemukan campaign yang memiliki performance paling OK.

4- Creative is King

Creative bisa berkontribusi sebesar sebanyak 47 persen pada kesuksesan campaign kamu. Beberapa kriteria kreatif yang oke yang bisa kamu tambahkan dalam kreatif kamu antara lain ada Urgency, brand Cohesion, Emotionally Appealing, Value propsositiin yang sesuai target, dan CTA yg kuat.

5- Optimasi dan literasi

Jangan berharap lebih FB Ads langsung oke di percobaan pertama. Kita harus banyak eksperimen dan melakukan optimasi sehingga iklan kita makin oke. 

Kamu bisa memanfaaykan fitur reporting di FB Ads untuk memantau perkembangan iklan kamu. Kamu juga bisa sediakan Spreadsheet khusus untuk tracking performance.

Nah, itu tadi beberapa tip buat kamu untuk mengiptimasi Facebook Ads kamu. Hanya saja, semua ini masih konsep dasar ya, Teman Belajar. Masih banyak hal yang bisa kamu pelajari agar Ads atau iklan bisa berjalan dengan maksimal.

Teman Belajar bisa mengulik beberapa artikel tentang studi kasus marketing di website Belajarlagi.id dan twitter @BelajarlagiHQ ya! Kalau kamu ingin memperdalam ilmu digital marketing, kamu bisa juga daftarkan diri kamu di kelas umum dan kelas spesialisasi digital marketing di BelajarlagiHQ. Sampai jumpa di kelas!