4 elemen copywriting, Apa Aja?

Marketing Theory
Copywriting

Untuk kamu yang ingin belajar copywriting, jangan sampe skip 4 elemen copywriting ini kalau pengin tulisan kamu lebih persuasif, terarah dan relate sama kebutuhan audience:

1/ Objectives

2/ Target

3/ Unique Selling Propositions

4/ Brand Voice

Minjar bahas satu persatu elemenya

1. Objective

Sebagai bagian dari aktivitas marketing, setiap copywriting pasti punya objective yg mau dicapai, misalnya; ningkatin sales, awareness, atau ningkatin number of install, etc.

Nah copywriting harus bisa searah sama objective yg dituju. Let's say mau ningkatin sales

Cara kita ngobrol ke audiance bisa lebih hard selling yg bener2 jualan, misal pake copy "beli sekarang; join sekarang; limited time only," dll. Bisa juga straight forward ngasih promo potongan harga atau bundling.  

Contohnya promo duo frappe Point Coffee. Promonya apa, bisa didapetin di mana dan waktu berlakunya

Cara kita ngobrol ke audiance bisa lebih hard selling yg bener2 jualan, misal pake copy "beli sekarang; join sekarang; limited time only," dll. Bisa juga straight forward ngasih promo potongan harga atau bundling.  

Nah beda lagi kalo objectivenya awareness

Biasanya dipake buat ngenalin produk baru, tujuannya biar lebih banyak yg tau dan produknya dijadiin opsi buat dibeli.

Contoh masih dari brand yg sama yg ngasih info series baru produknya. Mention variannya apa aja & berapa harganya

2. Target

Setiap marketing activity pasti punya specific target audience, whether cowo/cewe, rentang usianya berapa, social economic statusnya kaya gimana (menengah, kelas atas, kelas bawah), dll.

Copywriting yg baik harus bisa relate sama target audiencenya.

As a copywriter kita harus kenal habit dari target audience kita kaya gimana, konten apa yg biasa mereka konsumsi, supaya output tulisan kita bisa pas sama apa yg mereka butuhin.

Jadi bisa bikin mereka terpersuasi  & akhirnya terkonversi buat ngelakuin sesuatu.

3. USP

Unique Selling Propositions adalah istilah lain dari benefit produk/servis yg ditawarin. USP ini basically apa yg mau kita jual, apa yg mau dihighlight untuk memancing audience tertarik sama produk kita.  

Contohnya brand Wardah yg punya USP sebagai pelopor kosmetik halal

4. Brand Voice

Brand Voice itu gaya komunikasi yg konsisten, jadi sebaiknya jangan berubah-ubah, supaya kalo orang2 ngeliat gaya komunikasi tertentu langsung terasosiasikan dgn brand kita, bisa bikin stand out dan jadi pembeda dari kompetitor.

Brand voice bisa bikin lebih terhubung sama target audience yg udh ditetapkan karena ini berhubungan sama gambaran personility brand.

Contoh jenis2 personality, ada funny, bubbly, inspiring, witty, enthusiastic, casual, bold, dll.

Gimana? Apa copy kamu selama ini udh mengcover 4 elemen di atas?

Atau kamu punya brand favorit yg punya copywriting menarik? Coba share di reply yaa

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Topik apa yang paling menarik untuk anda?
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Cookie Consent

By clicking “Accept”, you agree to the storing of cookies on your device to enhance site navigation, analyze site usage, and assist in our marketing efforts. View our Privacy Policy for more information.

Cookie preferences