Cara Sate Ratu Jogja Jadi Warung Sate Viral yang Dicari Banyak Wisatawan

Marketing Theory
Sales

Jalan-jalan ke kota Jogja bakal terasa kurang afdol kalau kamu nggak sekalian menjajal wisata kuliner. Terkenal dengan angkringannya, nyatanya kota pelajar ini juga punya banyak pilihan makanan. Mau kuliner tradisional? Bisa menjajal gudeg, bakpia, atau sate klathak. Mau kuliner viral? Bisa banget mencoba sate ratu!

Kalau kamu cek Instagram @sateratu, mereka udah punya lebih dari 100k followers, lho. Oiya, kamu pasti salfok sama highlightnya yang penuh bendera-bendera negara, ya? Itu bukan lokasi cabang Sate Ratu melainkan list pengunjung WNA yang udah dateng buat makan sate ayam merah mereka yang khas. Padahal baru buka 5 tahun lalu, tapi pencapaiannya udah segokil ini! Kira-kira apa cara mereka menjalankan bisnis kuliner ini?

Cara Sukses Plus Viral ala Sate Ratu

1. User Generated Content (UGC)

Pernah dengar istilah UGC dalam dunia marketing? Seperti namanya, UGC itu bentuknya konten berupa foto, video, review, atau artikel yang dibuat oleh kelompok atau individu dalam rangka mendukung suatu merek. Cara ini pernah dipakai Warner Bros dan PhotoRoom untuk mempromosikan kampanye film Barbie.

Kalau di Sate Ratu, setiap pengunjung yang upload foto di media sosial dan tag @sateratu, bisa dapat free nasi dan air mineral. Ini adalah teknik word of mouth terbaik di era digital yang bisa spread awareness brand lebih luas.

Nggak berhenti sampai disitu, beberapa jam setelah upload foto biasanya kita di DM sama CS Sate Ratu soal rasa sate mereka sambil di-encourage untuk review di Google dan Tripadvisor. Cara ini sukses bikin mereka dapat Certificate of Excellence dari Trip Advisor 2 tahun berturut-turut di 2017 dan 2018.

2. Product Quality

 Product Quality sate ratu jogja

Unique selling point Sate Ratu terletak pada visual dan rasanya. Sate di sini nggak diguyur pakai sambal kacang dan warnanya dominan merah dengan cita rasa manis gurih. Kalau menurut kami, tekstur dan rasanya mirip-mirip ala yakitori di Jepang.

Walaupun banyak pengunjungnya dari luar kota bahkan luar negeri, owner Sate Ratu nggak pernah mau bikin sate versi frozen. Dia menyarankan kalau waktu yang paling enak menyantap Sate Ratu adalah pas kondisi fresh dan hangat. Rasanya bakal beda kalau dijadikan frozen dan hal tersebut bisa menurunkan penilaian mereka atas Sate Ratu.

3. Collab Bersama Brand

Collab Bersama Brand

Di  Sate Ratu, kita cuma bisa menemukan air mineral merek Aqua aja. Soalnya Sate Ratu memang sudah collab secara eksklusif sama Aqua sehingga brand air mineral lain nggak bisa masuk. Selain Aqua, mereka juga collab sama Teh Botol Sosro, Dawet Gayatri, minuman Buah Hou dan Topupkuy. Jadi jangan heran kalau seragam para staffnya penuh dengan logo-logo brand yang collab tadi.

Selain itu, sejak Mei 2025 Sate  Ratu mulai collab eksklusif bareng Gofood bukan Grab dan Grab Food yang sudah sejak 2 tahun lalu jadi partner ride hailing mereka.

4. Mengutamakan Service yang Excellence

Rasa makanan yang enak dan antrian yang panjang ditunjang juga dengan pelayanan yang nilainya 100. Karena meski antriannya mengular, tapi waktu yang dihabiskan untuk menunggu itu nggak lama. Semua serba cepat dan terorganisir, mulai dari greeter, runner, checker, server, hingga staff floor.

Kualitas pelayanan yang oke ini didapatkan langsung dari owner mereka yang pernah kerja di bidang hospitality, Pak Budi Seputro. Pengalaman ini membuat beliau paham banget soal sistem pelayanan dan apa yang diinginkan pelanggan dari sebuah produk.

menu sate ratu yogyakarta

Menerapkan 4 strategi di atas sukses membawa Sate Ratu mendapatkan banyak penghargaan, seperti:

1. Certificate of Excellence dari Trip Advisor (2017&2018)

2. Finalis Kompetisi Penerus Kuliner Nusantara dari Kecap Bango (2018)

3. Indonesia Award for Excellence in Restaurant dari Yayasan Penghargaan Indonesia (2018)

4. Juara Nasional Kompetisi "Ngulik Rasa" dari Unilever Food Solutions (2019)

Dari sini kita belajar kalau bisnis F&B masa kini nggak bisa cuma mengandalkan soal rasa, tapi juga strategi marketing. Karena kami percaya banyak bisnis kuliner di luar sana yang layak viral juga tapi belum tahu strategi digital yang tepat.

Di sini Belajarlagi Agency bisa membantu perusahaan-perusahaan untuk mendapatkan hasil terbaik dengan memanfaatkan digital marketing secara efektif. Mulai dari manajemen sosial media, branding, sampai ads atau performance marketing. Yuk, jadwalkan sesi konsultasi bersama tim Belajarlagi Agency dan lihat bagaimana perusahaanmu bisa berkembang lebih cepat lagi!

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Topik apa yang paling menarik untuk anda?
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Cookie Consent

By clicking “Accept”, you agree to the storing of cookies on your device to enhance site navigation, analyze site usage, and assist in our marketing efforts. View our Privacy Policy for more information.

Cookie preferences