Gimana Biskuit Luar Bisa Terkenal di Pasar Indonesia?

Marketing Theory
Content

Pocky jadi produk asing asli Jepang yang bisa menguasai pasar biskuit stik di Indonesia. Bahkan sudah dapat penghargaan produk terlaris di dunia.

Kemasan Pocky yang masuk ke pasar Indonesia

Wajar lokal brand ga ada yang berani menyaingi penguasa biskuit stik ini. Kita coba bahas kesuksesan mereka. Pocky dilahirkan di Jepang pada tahun 1966, yang namanya diambil dari suara patahan stik biskuit ini ketika dimakan. Dan stik biskuit nya ada bagian yang ga dicelupin topping rasa agar konsumennya gampang buat megang stik nya.

Sebagai salah satu brand terlaris di Jepang, Pocky ini brand yang adaptif banget sama yang namanya inovasi rasa. Terbukti umurnya sudah setengah abad dan punya 50 jenis rasa. Tapi sayangnya beberapa rasa aja yang dijual di Indonesia.

Hal ini membuktikan kalau brand yang adaptif sama perkembangan zaman bisa membuat mereka tetap bertahan jadi brand yang dikenal banyak orang. Apalagi kalau target marketnya snack yang fokus buat kalangan anak muda.

Membentuk brand loyalty Pocky

Campaign brand Pocky

Dan fakta unik dari Pocky ini mereka punya hari khusus yaitu perayaan Pocky Day, yang dimulai di Jepang sejak 11 November 1999.

Di kalender Jepang, tahun 1999 ini tahun 11 Heisei yang penulisannya jadi 11/11/11. Deretan angka 1 ini mirip stik Pocky yang berjajar di kotaknya. Nggak cuman itu, mereka juga aktif memberi giveaway atau event yang menarik buat gaet loyalitas konsumennya.

Selain itu ini cukup efektif buat ningkatin engagement antara brand dengan konsumennya. Product knowledge juga bisa ikutan meningkat pastinya. Nggak heran sih kalau Pocky cukup dikenal disini. Brand legendaris asal Jepang yang udah berpengalaman. Punya rekor penjualan terbanyak di dunia.

Tentu ini bikin minder para kompetitor yang mau menyaingi mereka. Harus mikir 2 kali kalau mau geser Pocky dari top of mind.

Teman Belajar bisa juga loh mengintip lebih banyak lagi ulasan mengenai digital marketing dan studi-studi kasus lainnya di website belajarlagi.id dan kanal X @belajarlagiHQ

Kalau kamu ingin lebih intensif mempelajarinya lagi, yuk segera daftarkan diri kamu di kelas umum maupun kelas spesialisasi branding di BelajarlagiHQ! Sampai jumpa di kelas, ya!

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.