Tips Lancar Pindah Karir Ke Digital Marketing, Cocok untuk Kamu!

Pindah karir ke bidang digital marketing menjadi hal yang banyak dibicarakan akhir-akhir ini. Ada beberapa faktor, tantangan, serta tips yang perlu kamu ketahui!

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Digital marketing jadi salah satu bidang profesi yang menggiurkan karena sangat menjanjikan. Kini, hampir semua perusahaan, baik itu perusahaan kecil seperti UMKM atau korporat membutuhkan seorang digital marketer untuk mengurus strategi marketing secara online atau digital.

Lantas, hal ini membuat banyak orang berbondong-bondong ingin berkarir di bidang digital marketing ini. Bahkan, tidak jarang juga mereka yang sudah memiliki pekerjaan ingin mencoba peruntungan di bidang ini.

Apakah kamu salah satu orang yang ingin pindah karir menjadi seorang digital marketer? Simak terus artikel ini hingga akhir untuk dapat tips dan panduannya, ya!

Mengapa pindah karir?

Pindah karir, atau yang sering disebut dengan career switching atau career shifting merupakan fenomena yang cukup banyak dibicarakan. Kalau kamu lagi lihat-lihat timeline LinkedIn dan melihat teman kamu punya pekerjaan baru di bidang yang sangat berbeda dari pekerjaan sebelumnya, tandanya temanmu sudah melakukan pindah karir ini. 

Lalu, mengapa orang-orang memutuskan untuk pindah karir ke bidang yang berbeda?

Pada saat kuliah, pernahkah kamu merasa salah jurusan? Atau pada saat sudah mendapatkan pekerjaan, kamu merasa pekerjaan yang kamu jalani tidak sesuai dengan ekspektasi atau kualifikasi yang kamu punya? Nah, itulah beberapa perasaan yang sering muncul di benak para pejuang career shifting.

Ada banyak alasan orang-orang memutuskan untuk pindah karir, diantaranya adalah mereka merasa jenuh di pekerjaan sekarang karena merasa sudah tidak ada lagi tantangan yang bisa mereka jalankan. Selain itu, beberapa orang juga memutuskan untuk pindah karir karena melihat prospek kerja suatu bidang kedepannya.

Kalau kamu memutuskan untuk pindah karir ke bidang yang sangat berbeda dari pekerjaan kamu sebelumnya, besar kemungkinan kamu akan memulainya dari bawah atau posisi junior. Namun, jangan khawatir. Tentunya selama bekerja kamu akan dibimbing hingga kamu bisa menguasai bidang pekerjaan kamu yang baru.

Mengapa digital marketing?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, digital marketing menjadi salah satu bidang profesi yang banyak diminati akhir-akhir ini. Hal ini karena digital marketing sangat dibutuhkan oleh semua perusahaan. Maka, demand untuk SDM di bidang ini memang sedang meningkat,

Selain itu, bagian-bagian dari digital marketing pun cukup banyak, sehingga membuat munculnya banyak pekerjaan yang cukup baru dan dapat menyerap banyak tenaga kerja.

Misalnya saja untuk social media. Ada perusahaan yang memang menginginkan kandidat yang bisa menguasai semua bidang social media, mulai dari Facebook, Instagram, dan TikTok yang disebut sebagai Social Media Specialist. Namun, jika perusahaan sudah besar, maka akan ada satu orang khusus untuk masing-masing channel social media. Misalnya saja TikTok Specialist.

Contoh lainnya adalah di bidang SEO dan SEM. Ada perusahaan yang menggabungkan keduanya, namun ada pula yang memisahkan keduanya. Selain itu, bidang SEM juga bisa saja membutuhkan seorang performance marketer. Sedangkan di SEO, ada beberapa jenjang karir seperti SEO Specialist, SEO Content Writer, dan lain sebagainya.

Maka, tak heran jika digital marketing menarik banyak orang yang ingin berpindah karir.

Tantangan pindah jalur karir

Memilih untuk pindah jalur karir tentunya bukan keputusan yang mudah, karena akan berdampak pada masa depan kamu. Maka dari itu, tantangan pada saat pindah jalur karir pun cukup banyak, seperti:

  • Pindah jalur karir sangat berbeda dengan pindah tempat kerja. Kamu akan mengalami perubahan total dari lingkungan kerja hingga jenjang karir dan kemungkinan besar kamu akan memulai dari awal.
  • Perlu banyak belajar dan mengulang-ngulang materi yang baru kamu dapati. Jangan takut untuk salah, karena kamu pasti akan dibimbing oleh rekan kerjamu yang memang sudah berkecimpung di bidang ini sebelumnya.
  • Bersaing dengan banyak orang, termasuk para fresh graduate. Hal ini karena banyaknya lulusan baru yang juga belum mendapatkan pekerjaan, sehingga kamu harus bersaing dengan mereka juga.

Tips persiapan pindah karir

Tantangan-tantangan yang disebutkan sebelumnya bisa kamu atasi dengan cara terus menerus belajar dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Kamu juga tidak perlu khawatir karena kamu bisa mengikuti beberapa tips persiapan pada saat ingin pindah karir berikut ini:

  • Tetapkan tujuan kamu. Mulai dari menentukan bidang yang benar-benar ingin kamu tekuni, perusahaan seperti apa yang kamu rasa cocok dan ideal sebagai tempat belajarmu, hingga jenjang karir kamu di bidang ini kedepannya.
  • Kemudian, buat rencana yang matang. Kamu bisa memulainya dengan langkah-langkah yang kecil, seperti mengetahui seperti apa sebenarnya digital marketing, bagaimana kesehariannya, dan lain sebagainya. Dengan begini, kamu bisa menyusun rencana yang matang dan tidak terburu-buru keluar dari pekerjaan kamu saat ini.
  • Terakhir, tentunya kamu harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Memulai hal yang baru tentunya akan membuat kamu keluar dari zona nyaman kamu. Maka, kamu pun perlu terbiasa untuk memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Misalnya, di bidang digital marketing ini, kamu bisa mengikuti Bootcamp Full Stack Digital Marketing dari BelajarLagi untuk mengetahui segala hal tentang digital marketing dan memuaskan rasa ingin tahumu.

Itu dia beberapa informasi seputar pindah karir menjadi digital marketer. Apakah kamu ingin menjadi salah satunya, Teman Belajar?

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.