Rekomendasi Ecommerce Agency Terbaik di Indonesia

Belajarlagi Writer
8 Min Read
Published:
August 4, 2023
Updated:
August 4, 2023

Mau mengembangkan potensi bisnismu agar dikenal oleh semua orang? Coba gunakan jasa ecommerce agency terbaik di Indonesia. Simak rekomendasinya di sini!

Hai, Teman Belajar! Jika kamu sedang merintis bisnis online di Indonesia, maka pasti kamu tahu betapa pentingnya memiliki partner yang handal dalam mengelola platform yang kamu buat di e-commerce. 

Betul sekali, dalam dunia yang semakin berkembang pesat ini, keberadaan e-commerce agency menjadi sangat vital dalam mengoptimalkan bisnis onlinemu. Ecommerce agency biasanya berisi profesional yang memiliki pengetahuan mendalam tentang strategi digital marketing, manajemen inventaris, dan pengembangan situs web. Nah, dengan bantuan agency ini, kamu bisa meningkatkan visibilitas dan daya saing bisnis secara efektif.

Namun, sebelum memasuki daftar rekomendasi tersebut, penting untuk menyadari bahwa setiap bisnis memiliki kebutuhan yang unik. Oleh karena itu, kamu perlu mempertimbangkan faktor seperti budget, skala bisnis, dan jenis produk yang kamu jual sebelum membuat keputusan akhir.

Untuk itu, mari simak dulu penjelasan tentang apa itu e-commerce agency dan tips memilih agency terbaik sebelum masuk ke rekomendasinya. Yuk, disimak!

Apa itu Ecommerce Agency? 

Apa itu E-Commerce Agency?

Ecommerce agency merupakan suatu layanan yang secara khusus berfokus pada pengembangan, pengelolaan, dan pemasaran bisnis online. 

Salah satu peran utama dari ecommerce agency adalah merancang dan mengembangkan situs web yang fungsional, menarik, dan mudah digunakan. Mereka memahami betul bagaimana caranya menciptakan pengalaman belanja yang menyenangkan bagi pelanggan, sehingga dapat meningkatkan tingkat konversi dan memperluas jangkauan bisnis onlinemu.

Selain itu, ecommerce agency juga terdiri dari profesional dalam bidang digital marketing. Mereka mampu merancang strategi yang tepat untuk meningkatkan visibilitas bisnis di berbagai platform online, seperti search engine, sosial media, dan marketplace. Dengan kemampuan ini, ecommerce agency dapat membantu meningkatkan traffic pengunjung, mengoptimalkan campaign iklan, serta meningkatkan penjualan secara signifikan.

Tentu saja, setiap ecommerce agency memiliki keahlian dan layanan yang berbeda-beda. Ada yang fokus pada pengembangan situs web dan desain, sementara yang lainnya khusus mengurus digital marketing. Oleh karena itu, penting untuk melakukan riset menyeluruh dan memilih agency yang sesuai dengan kebutuhan bisnis onlinemu.

Menggunakan layanan dari ecommerce agency dapat memberikan banyak manfaat bagi bisnis onlinemu. Selain menghemat waktu dan tenaga, kamu juga akan mendapatkan akses ke keahlian profesional yang dapat membantu mengatasi tantangan dan kesulitan yang mungkin kamu hadapi dalam menjalankan bisnis online.

Tips Memilih Ecommerce Agency yang Tepat

Tips memilih e-commerce agency yang tepat

Jika kamu sedang mencari partner kerja yang tepat untuk mengembangkan bisnis online, memilih ecommerce agency yang sesuai adalah langkah penting yang perlu kamu pertimbangkan. Berikut ini ada beberapa tips jitu untuk memilih ecommerce agency yang tepat:

1. Jelaskan Kebutuhan Bisnismu

Pertama-tama, kamu perlu mengidentifikasi kebutuhan khusus bisnismu. Apakah kamu membutuhkan bantuan dalam pengembangan website, strategi pemasaran, manajemen toko secara online, atau layanan lainnya? Dengan memahami kebutuhan bisnis yang dimiliki, kamu dapat mencari ecommerce agency yang memiliki keahlian dan layanan yang sesuai kebutuhan.

2. Cek Portofolio dan Pengalaman

Melihat portofolio dan pengalaman agency adalah langkah penting dalam mengevaluasi kemampuan mereka. Cek proyek-proyek sebelumnya yang telah dikerjakan dan lihat apakah mereka memiliki pengalaman yang cukup dalam industri atau jenis bisnis yang serupa denganmu. Ini dapat memberikan gambaran tentang sejauh mana agency tersebut dapat menghadirkan hasil yang diinginkan.

3. Perhatikan Reputasi dan Testimoni

Jangan lupa untuk melihat reputasi agency yang kamu pertimbangkan. Cari tahu apakah mereka memiliki testimonial positif dari klien sebelumnya. Kamu juga dapat mencari ulasan atau komentar online tentang pengalaman kerja dengan agency tersebut. Reputasi yang baik dapat memberikan indikasi bahwa agency tersebut dapat dipercaya dan menghasilkan kualitas kerja yang baik.

4. Pertimbangkan Kemampuan Komunikasi

Komunikasi yang efektif sangat penting dalam menjalin kerja sama yang baik. Pastikan bahwa ecommerce agency yang kamu pilih memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan dapat merespons pertanyaan atau permintaan dengan cepat. Mereka juga sebaiknya memiliki kemampuan mendengarkan yang bagus untuk memahami kebutuhan dan visi bisnismu dengan lebih baik.

5. Evaluasi Harga dan Aturan Kerja

Tentu saja, harga juga menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan. Buatlah perbandingan antara harga yang ditawarkan oleh beberapa ecommerce agency dan pastikan kamu mendapatkan nilai yang sebanding dengan layanan yang diberikan. Selain itu, periksa juga aturan kerja mereka, seperti jangka waktu proyek, dukungan teknis, dan kemungkinan adanya perubahan atau penyesuaian di masa mendatang.

6. Lakukan Konsultasi dan Tanya Jawab

Sebelum membuat keputusan akhir, jangan ragu untuk melakukan konsultasi dengan e-commerce agency yang kamu pilih. Sampaikan kebutuhan dan harapan secara jelas, serta gunakan kesempatan ini untuk bertanya sebanyak mungkin. Pertanyaan yang diajukan dapat membantu kamu memahami lebih baik tentang cara kerja mereka, pendekatan mereka terhadap project yang dikerjakan, dan bagaimana mereka dapat membantu bisnismu berkembang.

8 E-commerce Agency Terbaik di Indonesia

Sepuluh e-commerce agency terbaik di Indonesia

Seperti yang sudah Tim Belajar Lagi jelaskan sebelumnya. Dengan potensi pasar digital yang begitu besar, Indonesia telah melahirkan sejumlah agency yang luar biasa dengan reputasi yang sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Sekarang, Tim Belajar Lagi telah menyusun 8 rekomendasi ecommerce agency terbaik di Indonesia. Berikut ini daftarnya:

1. Coconut Indonesia

Berlokasi di Bandung, Jawa Barat, Coconut bukanlah sebuah ecommerce agency biasa. Mereka adalah tim ahli yang berdedikasi dalam membantu para pengusaha seperti kamu untuk membangun dan mengelola toko online yang sukses. Dengan pengalaman dan pengetahuan yang mendalam dalam industri ecommerce, Coconut memiliki reputasi yang kuat dalam membantu bisnis online tumbuh dan berkembang.

Salah satu keunggulan Coconut adalah pendekatan mereka yang personal dan berfokus pada kebutuhan klien. Mereka percaya bahwa setiap bisnis memiliki keunikan dan tantangan yang berbeda, oleh karena itu mereka menyediakan solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnismu. Dengan mendengarkan dan memahami visi serta tujuan bisnismu, Coconut akan memberikan strategi yang tepat untuk meningkatkan kehadiran onlinemu.

Coconut juga mengerti pentingnya desain yang menarik dan responsif dalam menciptakan pengalaman belanja yang optimal bagi pelangganmu. Mereka akan bekerja sama denganmu untuk mengembangkan situs web yang profesional, dengan tampilan yang menarik dan mudah dinavigasi. Hal ini akan membantu meningkatkan daya tarik toko onlinemu dan membuat pelanggan merasa nyaman dalam berbelanja.

Selain itu, Coconut memiliki keahlian dalam strategi pemasaran digital yang efektif. Mereka akan membantu kamu dalam mengoptimalkan kampanye pemasaran online, seperti iklan berbayar, optimisasi mesin pencari, dan pemasaran media sosial. Dengan pendekatan yang terarah dan analisis yang cermat, mereka akan membantu kamu mencapai hasil yang maksimal dalam meningkatkan visibilitas dan penjualan online.

Tak hanya itu, Coconut juga memberikan dukungan teknis yang handal. Mereka akan memastikan bahwa toko onlinemu berjalan dengan lancar dan bebas dari masalah teknis yang mengganggu. Dengan pemahaman yang mendalam tentang platform e-commerce dan integrasi sistem, Coconut akan membantu kamu mengatasi kendala teknis sehingga kamu dapat fokus pada pengembangan bisnismu.

Kelebihan lain dari Coconut adalah komitmen mereka terhadap kepuasan klien. Mereka selalu siap mendengarkan pertanyaan, masukan, dan kebutuhanmu. 

2. Satuvision

Berada di 2 lokasi, yaitu Bali dan Jakarta, Satuvision adalah sebuah perusahaan yang berfokus pada pengembangan dan pengelolaan platform e-commerce untuk bisnis online.

Kamu mungkin bertanya-tanya, mengapa Satuvision begitu istimewa? Nah, ada beberapa alasan yang membuat mereka menjadi pilihan yang sempurna bagi perusahaan yang ingin memperluas kehadiran mereka dalam dunia e-commerce.

Pertama-tama, Satuvision memiliki tim yang berpengalaman dan berdedikasi dalam bidangnya. Para ahli di Satuvision memiliki pemahaman yang mendalam tentang tren dan praktik terbaru dalam industri e-commerce, dan mereka terus mengikuti perkembangan teknologi terbaru. 

Dengan pengetahuan dan keterampilan yang mereka miliki, mereka dapat membantu perusahaan mengembangkan strategi yang efektif dan solusi kreatif untuk mencapai tujuan mereka.

Selanjutnya, Satuvision menyadari bahwa setiap bisnis memiliki kebutuhan yang berbeda. Oleh karena itu, mereka menawarkan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan klien mereka. Mulai dari desain dan pengembangan platform e-commerce hingga strategi pemasaran digital, Satuvision mampu memberikan solusi yang tepat untuk setiap perusahaan. Mereka juga memberikan dukungan teknis yang andal dan bimbingan yang berkelanjutan kepada klien mereka, sehingga perusahaan dapat fokus pada inti bisnis mereka.

Satuvision juga dikenal karena pendekatannya yang inovatif. Mereka terus menganalisis dan mempelajari perilaku konsumen serta tren pasar terbaru, dan menggunakan informasi ini untuk membantu perusahaan mengoptimalkan penjualan mereka. Dengan memanfaatkan strategi pemasaran digital yang efektif dan teknik optimasi SEO yang canggih, Satuvision membantu perusahaan memperluas jangkauan mereka dan meningkatkan konversi penjualan.

Selain itu, Satuvision telah membangun kemitraan yang kuat dengan platform e-commerce terkemuka seperti Shopify, Magento, dan WooCommerce. Ini memungkinkan mereka untuk menyediakan solusi e-commerce yang terintegrasi dengan lancar dengan platform ini, memberikan pengalaman berbelanja online yang mulus bagi pelanggan.

3. AJ Marketing

Tak hanya membuka cabang di Indonesia, AJ Marketing juga berada di Jepang, Korea Selatan, dan India. Salah satu kekuatan AJ Marketing adalah kemampuan mereka dalam mengoptimalkan platform Ecommerce. Mereka menggunakan beragam alat dan teknik yang canggih untuk memastikan bahwa situs web dan toko online klien mereka berkinerja optimal. 

Dengan pemahaman yang mendalam tentang SEO (Search Engine Optimization), UX (User Experience), dan analitik, mereka membantu meningkatkan visibilitas online dan mendorong konversi yang lebih tinggi.

Selain itu, AJ Marketing juga memiliki keahlian dalam mengelola kampanye periklanan online yang efektif. Mereka mampu mengidentifikasi target audiens yang tepat dan merancang iklan yang menarik untuk menarik perhatian pelanggan potensial. Dengan fokus yang kuat pada penargetan yang tepat, mereka membantu klien mereka memaksimalkan anggaran periklanan mereka dan mencapai hasil yang optimal.

Tak hanya itu, AJ Marketing juga memberikan layanan konsultasi dan pelatihan kepada klien mereka. Mereka berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka dalam strategi pemasaran digital, membantu klien untuk mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang pasar dan tren terbaru. Dengan demikian, AJ Marketing bukan hanya sebuah agensi pemasaran, tetapi juga mitra bisnis yang berdedikasi untuk kesuksesan klien mereka.

Kamu akan menemukan bahwa AJ Marketing memiliki pendekatan yang sangat profesional dan proaktif terhadap setiap klien. Mereka berkomitmen untuk memberikan hasil terbaik dan berupaya membangun hubungan jangka panjang dengan setiap mitra bisnisnya. 

Tim AJ Marketing terus mengikuti perkembangan terbaru di dunia Ecommerce dan pemasaran digital untuk memastikan klien mereka selalu berada di garis depan.

4. Pendulum Creative

Pendulum adalah sebuah perusahaan yang berfokus pada layanan konsultasi dan solusi e-commerce yang inovatif. Agensi ini telah memperoleh reputasi yang luar biasa dalam industri e-commerce, dan terus menjadi salah satu pemain kunci di bidang ini.

Pendulum memiliki visi yang jelas dan komitmen yang kuat untuk membantu pelanggan meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis online mereka. Dengan memadukan strategi pemasaran digital yang canggih dan pemahaman yang mendalam tentang perilaku konsumen online, mereka mampu menciptakan pengalaman belanja yang menarik dan menguntungkan bagi pelanggan mereka.

Salah satu hal yang membedakan Pendulum adalah pendekatan mereka yang berfokus pada data. Mereka menganalisis data pelanggan dengan seksama untuk mengidentifikasi tren, preferensi, dan pola perilaku yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran dan penjualan. Dengan memanfaatkan kekuatan data ini, Pendulum membantu pelanggan mereka mengambil keputusan yang lebih cerdas dan efektif.

Selain itu, Pendulum juga menawarkan layanan konsultasi yang luas untuk membantu pelanggan mengembangkan strategi e-commerce yang terintegrasi. Mulai dari perencanaan dan pengembangan platform e-commerce yang responsif hingga strategi pemasaran, optimasi mesin pencari, manajemen konten, dan layanan pelanggan, Pendulum memiliki tim ahli yang siap membantu pelanggan mencapai tujuan mereka.

Komitmen Pendulum terhadap kualitas dan kepuasan pelanggan tercermin dalam kolaborasi yang erat dengan klien mereka. Mereka mendasarkan kerjasama mereka pada pemahaman mendalam tentang kebutuhan unik setiap pelanggan dan menciptakan solusi yang disesuaikan secara khusus. Pendulum juga mengutamakan transparansi dan komunikasi yang efektif, sehingga pelanggan merasa didengar dan terlibat dalam setiap langkah proses.

Sebagai agensi e-commerce yang terkemuka, Pendulum telah berhasil membantu berbagai merek dan bisnis meningkatkan kehadiran online mereka dan meraih kesuksesan yang signifikan. Kredibilitas mereka didukung oleh portofolio yang mengesankan dan testimoni pelanggan yang positif.

5. Wise Design Lab

Berbasis di Bandung, Jawa Barat, Wise Design Lab adalah sebuah agensi desain yang telah mengukir reputasi yang kokoh dalam dunia e-commerce. Dengan pengalaman bertahun-tahun dalam industri ini, Wise Design Lab telah membantu banyak perusahaan dan individu sukses dalam menciptakan kehadiran online yang menarik, fungsional, dan mengundang konversi.

Sebagai agensi e-commerce yang dipercaya, Wise Design Lab menawarkan layanan yang komprehensif, mulai dari desain dan pengembangan situs web hingga strategi pemasaran digital yang cerdas. Tim ahli mereka terdiri dari desainer grafis, pengembang web, dan pakar pemasaran digital yang berdedikasi untuk menciptakan pengalaman online yang luar biasa untuk pelanggan mereka.

Apa yang membedakan Wise Design Lab adalah pendekatan mereka yang fokus pada kebutuhan dan tujuan klien mereka. Mereka percaya bahwa desain yang efektif dan berkualitas tinggi harus didasarkan pada pemahaman yang mendalam tentang bisnis dan target pasar klien mereka. Oleh karena itu, Wise Design Lab secara aktif terlibat dalam proses konsultasi dengan klien, mendengarkan dengan saksama keinginan mereka, dan menerjemahkan visi mereka menjadi solusi desain yang unik dan memikat.

Selanjutnya, Wise Design Lab juga mengutamakan kesan pertama yang kuat. Mereka menyadari betapa pentingnya desain yang menarik dalam menarik perhatian calon pelanggan. Dengan demikian, mereka menyediakan desain yang estetis dan intuitif yang tidak hanya memastikan tampilan yang menakjubkan, tetapi juga memprioritaskan fungsionalitas dan pengalaman pengguna yang superior.

Wise Design Lab telah bekerja dengan berbagai bisnis dari berbagai industri, mulai dari startup yang sedang berkembang hingga merek ternama. Keahlian mereka dalam desain e-commerce, pengembangan situs web, dan strategi pemasaran telah mendapatkan apresiasi dari klien mereka yang puas.

6. Dartmatics

Dibentuk oleh tim yang berpengalaman dan berkomitmen, Dartmatics memiliki reputasi yang solid dalam menghadirkan solusi e-commerce yang efisien dan efektif. Dengan beragam layanan yang ditawarkan, mereka membantu bisnis dalam mengembangkan dan mengoptimalkan kehadiran online mereka, serta meningkatkan kinerja penjualan mereka secara signifikan.

Dartmatics menawarkan berbagai layanan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan unik setiap klien. Tim mereka bekerja sama dengan klien mereka untuk memahami tujuan bisnis, menganalisis pasar, dan mengidentifikasi peluang yang dapat dioptimalkan. Mereka menyediakan solusi kustom yang meliputi desain dan pengembangan situs web, integrasi sistem, manajemen konten, strategi pemasaran digital, analisis data, dan dukungan teknis yang berkelanjutan.

Salah satu keunggulan Dartmatics adalah pendekatan mereka yang sangat adaptif terhadap perubahan dalam dunia e-commerce yang terus berkembang. Dengan pemahaman yang mendalam tentang tren terbaru, teknologi mutakhir, dan perilaku konsumen, mereka membantu klien mereka menghadapi tantangan yang muncul dengan cepat dan merumuskan strategi yang sukses untuk meraih keunggulan kompetitif.

Selain itu, Dartmatics memiliki jejak rekam yang mengesankan dalam membantu berbagai jenis bisnis, mulai dari pemula hingga merek yang sudah mapan. Mereka telah bekerja dengan perusahaan di berbagai industri, termasuk mode, elektronik, makanan dan minuman, peralatan rumah tangga, dan banyak lagi.

7. Bullrank

Bullrank didirikan dengan visi dan misi untuk membantu bisnis-bisnis kecil dan menengah (UKM) dalam mengembangkan kehadiran mereka di dunia online.

Berlokasi di Tangerang, Banten, kekuatan Bullrank terletak pada tim profesional mereka yang terampil dan berpengalaman di bidang Ecommerce. Mereka terdiri dari pakar digital marketing, desainer web, analis data, dan ahli strategi yang berdedikasi untuk memberikan solusi yang efektif dan inovatif kepada klien mereka.

Dalam menjalankan tugasnya, Bullrank fokus pada peningkatan visibilitas dan pengoptimalan 

konversi melalui berbagai strategi pemasaran digital. Mereka membantu klien mereka dalam mengembangkan dan mengelola kampanye iklan online yang efektif, termasuk pengoptimalan SEO, periklanan berbayar (pay-per-click), media sosial, dan strategi konten yang menarik.

8. Dinoiki

Memiliki kantor yang terletak di Jakarta Selatan, Indonesia, Dinoiki adalah sebuah perusahaan agensi e-commerce yang berdedikasi untuk memberikan solusi kreatif dan efektif kepada klien-klien mereka. 

Tak hanya itu, Dinoiki juga mengutamakan kepuasan pelanggan. Mereka memastikan bahwa setiap proyek dikerjakan dengan kualitas terbaik, tepat waktu, dan sesuai dengan anggaran yang ditetapkan. Dengan pendekatan yang transparan dan kerjasama yang erat dengan pelanggan, mereka menciptakan hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan.

Nah, itu informasi lengkap tentang ecommerce agency mulai dari tips memilih, hingga rekomendasinya yang terbaik. Semoga informasi ini bisa membantu kamu menemukan partner agency yang sesuai dengan kebutuhanmu, ya!

#
Digital Marketing
Belajarlagi author:

Belajarlagi Writer

Tim penulis Belajarlagi yang profesional dan berdedikasi untuk memberi informasi berkualitas demi Teman Belajar

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.