Spill Gaji Social Media Manager Berdasar Jenjang Karier

Bertanggung jawab menjadi "voice of the company" berikut adalah gaji Social Media Manager yang harus kamu ketahui!

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Spill Gaji Social Media Manager Berdasar Jenjang Karier

Pesatnya perkembangan media sosial dan pemanfaatannya dalam pekerjaan, membuat banyak orang penasaran akan gaji Social Media Manager.

Ditambah lagi, pekerjaan satu ini semakin dikenal karena peran Lily Collins di serial Emily In Paris garapan Netflix. Emily yang merupakan seorang Social Media Manager tampak memiliki kehidupan yang mewah, serta penampilan yang fashionable.

Lantas, apakah gaji Social Media Manager sesuai dengan yang ditampilkan di serial Emily In Paris? Berikut ini BelajarLagi sudah merangkum penjelasannya untukmu.

Mengenal Profesi Social Media Manager

Teman Belajar, apa masih ada yang asing dengan profesi satu ini?

Dilansir dari Digital Marketing Institute, Social Media Manager adalah seseorang dalam sebuah organisasi atau perusahaan yang dipercaya untuk monitoring, eksekusi, filtering, dan mengukur kehadiran media sosial pada sebuah produk, brand, korporasi, atau bahkan individu. 

Pentingnya posisi ini, membuatnya juga sering disebut sebagai, “voice of the company” atau suara perusahaan.

Sedangkan mengutip Prospects, posisi ini terkadang masih masih memiliki kaitan dengan marketing. Hal ini karena mereka kerap menjalankan strategi digital marketing, khususnya social media marketing.

Beberapa Keahlian yang Harus Dimiliki Seorang Social Media Manager

Setelah memahami jobdesk dari profesi Social Media Manager, berikut adalah keterampilan apa saja yang harus kamu kuasai bila ingin berkarir di bidang ini.

1. Copywriting

Pengetahuan tentang copywriting dan SEO copywriting sangat dibutuhkan seorang Social Media Manager, karena mereka harus menulis di berbagai platform untuk mencapai target.

2. Riset

Seorang Social Media Manager sebaiknya bisa mengikuti dan update terhadap dunia sosial dan digital media. Ini bisa jadi riset untuk performa maupun apa yang diposting oleh kompetitor sehari-hari di sosial media. 

3. Skill Social Media

Seperti nama profesi nya, pemahaman sosial media bagi seorang Social Media Manager adalah hal mutlak.

Selain itu, manager soal media juga harus mempunyai skill dalam mengetahui konten-konten yang menarik calon customer dan bagaimana cara mengoptimalkan nya. Dimana dari konten-konten yang bermanfaat bagi customer tersebut akan meningkatkan brand awareness dan jumlah engagement.

4. Skill Marketing

Seorang Social Media Manager tidak harus selalu mengetahui soal-soal yang berhubungan dengan konten promosi di media sosial saja, namun juga dituntut untuk menguasai skill marketing yang baik. 

Dengan kemampuan marketing tersebut, akan sangat membantu Social Media Manager dalam menentukan promosi yang tepat untuk sebuah brand atau produk.

Tanggung Jawab Seorang Social Media Manager

Menjadi bagian dari tim digital marketing, seorang Social Media Manager umumnya memiliki tanggung jawab seperti:

  • Menetapkan dan mengembangkan strategi media sosial dan menetapkan goals untuk meningkatkan brand awareness dan menaikkan jumlah engagement.
  • Menghandle semua platform media sosial dari brand atau perusahaan seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube.
  • Mengelola anggaran untuk sosial media perusahaan.
  • Membuat content plan serta menyampaikannya kepada tim.
  • Menentukan ide dan mengatur kompetisi serta campaign untuk mempromosikan perusahaan atau brand.
  • Menciptakan konten multimedia yang efektif.
  • Membangun relasi yang baik dengan influencer baik di media sosial dan juga secara langsung.
  • Melakukan riset dan melaporkan performa akun media sosial setiap brand dengan menggunakan tools seperti Google Analytics ataupun insight yang disediakan oleh Facebook.
  • Mengatur para staf junior di bidang media sosial.
  • Mengedukasi staf lainnya dalam menggunakan sosial media untuk mempromosikan perusahaan.
  • Melakukan komunikasi dengan klien lewat telepon, email, conference call atau bertatap muka secara langsung.

Gaji Social Media Manager

Sebagai orang yang menghubungkan perusahaan dan klien, membuat pekerjaan seorang Social Media Manager tidak mudah. Maka tak heran gaji Social Media Manager cukup tinggi meski di entry level.

1. Entry Level

Melansir Indeed, gaji Social Media Manager entry level di Indonesia ada di angka Rp5-6 jt rupiah. Sedangkan ikutip dari Built In, gaji Social Media Manager entry level di US ada di angka 70-80 USD.

Nominal tersebut adalah rata-rata, yang bisa jadi berbeda-beda sesuai dengan kota atau daerah serta kesepakatan pegawai dan perusahaan.

2. Mid Level

Untuk kamu yang sudah mencapai jenjang karir di mid level, gaji Social Media Manager di Indonesia ada di angka Rp6-8jt Rupiah, sedangkan di US ada di angka 80-95 USD.

3. Senior Level

Dilansir dari PayScale, gaji Social Media Manager senior level di Indonesia dengan pengalaman diatas 8 tahun ada di angka Rp8-12jt Rupiah dengan total rata-rata bisa mencapai 200jt/tahun. Sedangkan di US, gaji Social Media Manager senior level ada di angka 95-110USD.

Nah, itu dia penjelasan seputar gaji Social Media Manager di Indonesia dan US, lengkap dari entry level, mid level, hingga senior level. Besarnya gaji Social Media Manager tentu diimbangi pula dengan tanggung jawab yang besar, karena sangat berkaitan dengan citra perusahaan di mata klien. 

Jadi, apakah Teman Belajar berminat untuk menjadi seorang Social Media Manager?

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.