Simak Cara Agar Viral di TikTok, Bisa untuk Bisnis Bahkan Karir Pribadi

Belajarlagi Writer
8 Min Read
Published:
December 6, 2023
Updated:
December 6, 2023
Platform TikTok untuk bisnis dan personal branding

Empat tahun kebelakang, mencari cara agar viral di TikTok adalah kesibukan banyak orang, terutama yang ingin mengoptimalkan media sosial untuk berbagi video pendek tersebut.

Cara agar viral di TikTok terkadang menjadi misteri bagi banyak orang. Ada yang hanya secara asal membuat video, tapi bisa memperoleh views jutaan dalam waktu singkat. Namun, ada pula yang sudah berusaha mengikuti trend dan membuat video sekreatif mungkin, tapi masih belum mencapai angka views yang diinginkan.

Mengutip Washington Post, TikTok telah menjadi fenomena global dengan miliaran pengguna yang aktif setiap bulannya. Dengan kemampuannya untuk membuat konten menjadi viral dalam hitungan jam, platform ini telah menjadi lahan subur bagi kreativitas dan eksposur. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang cara agar viral di TikTok dan strategi yang dapat meningkatkan peluang kesuksesanmu. Pastikan simak sampai akhir, ya!

Sejarah Singkat Aplikasi TikTok

Ketika mencari cara agar viral di TikTok, sebagian pasti bertanya-tanya: apa yang membuat aplikasi ini begitu mengguncang internet?

Dilansir dari Vox, TikTok tidak lahir sebagai platform itu sendiri. Sebelumnya, ada aplikasi bernama Musical.ly yang diluncurkan pada tahun 2014. Musical.ly memungkinkan pengguna membuat video singkat berdurasi 15 detik dengan playback musik. 

Baru pada tahun 2018, perusahaan pembuatnya, ByteDance, mengakuisisi Musical.ly dan menggabungkannya dengan platformnya yang sudah ada, TikTok.

Setelah penggabungan, TikTok berkembang pesat di seluruh dunia. Dalam beberapa tahun, platform ini berhasil mendapatkan basis pengguna yang sangat besar, terutama di kalangan remaja dan kaum muda. 

Keberhasilan TikTok tidak hanya terbatas pada pengguna individu, tetapi juga menarik perhatian berbagai selebriti, musisi, dan konten kreator terkenal.

Ditambah lagi ketika pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia tahun 2020 lalu, dimana setiap orang diharuskan di rumah, TikTok menjadi salah satu hiburan yang naik daun kala itu dan bertahan hingga saat ini.

Fitur Utama TikTok

Agar bisa tahu cara agar viral di TikTok secara menyeluruh, pahami dulu apa saja fitur utama dari aplikasi berlogo nada ini. Mengutip Sprout Social, setidaknya ada empat fitur utama di TikTok, yaitu:

Jenis konten-konten yang viral di TikTok

1. Video Pendek dan Musik

Salah satu fitur utama TikTok adalah kemampuan pengguna untuk membuat video pendek berdurasi 15 hingga 60 detik. Kini, TikTok sudah memperpanjang durasinya hingga 10 menit, mengingat banyak yang menggunakan aplikasi ini untuk vlogging.

Selain itu, pengguna dapat memilih lagu atau suara latar yang akan menjadi pengiring video mereka, menciptakan pengalaman visual dan auditif yang unik.

2. Trending Challenges

Tantangan atau "challenges" adalah bagian integral dari TikTok. Pengguna dapat membuat tantangan mereka sendiri atau berpartisipasi dalam tantangan yang sedang tren. Ini menciptakan gelombang partisipasi yang besar dan seringkali menghasilkan konten yang viral.

3. Efek dan Filter Kreatif

TikTok menyediakan berbagai efek kreatif dan filter yang dapat digunakan pengguna untuk meningkatkan kualitas visual dan kreativitas video mereka. Ini termasuk efek transisi, filter wajah, dan banyak lagi.

4. TikTok For You Page (FYP)

For You Page adalah bagian dari TikTok dimana pengguna dapat menemukan konten yang disesuaikan dengan preferensi mereka. Algoritma TikTok mempelajari perilaku pengguna untuk menyajikan konten yang lebih relevan dan meningkatkan kesempatan konten tersebut menjadi viral.

Cara Agar Viral di Tiktok

Nah, ini dia bagian artikel yang paling ditunggu-tunggu yaitu cara agar viral di TikTok. Berikut adalah tips yang bisa diikuti, namun ingat ya kalau kreatifitas dan ketekunan juga menjadi kunci utama terbesar.

1. Memahami TikTok dan Audiens 

Sebelum melompat ke strategi cara agar viral di TikTok, penting untuk memahami bagaimana TikTok berfungsi. Platform ini menekankan konten singkat, kreatif, dan interaktif. 

Video pendek, musik, dan tantangan bersama merupakan elemen kunci dari ekosistem TikTok.

Penting untuk memahami siapa audiens-mu di TikTok. Apakah mereka lebih muda, lebih tua, atau berada di kelompok usia tertentu? Mengetahui preferensi dan tren yang mendominasi audiens dapat membantu kamu membuat konten yang lebih relevan.

2. Kreativitas dan Inovasi

Kunci utama cara agar viral di TikTok adalah keunikan. Gagas ide yang belum pernah dilihat sebelumnya dapat menarik perhatian pengguna TikTok. Lakukan riset tentang tren terkini dan coba berikan sentuhan kreatif yang baru.

Kamu juga bisa melakukan kolaborasi dengan kreator TikTok lain yang dapat memberikan keuntungan ganda. Ini tidak hanya meningkatkan audiens, tetapi juga membawa ide-ide segar dan perspektif baru ke konten milikmu.

Agar video makin menarik, TikTok juga telah menyediakan berbagai efek khusus, filter, dan fitur kreatif. Manfaatkan ini untuk memberikan daya tarik visual tambahan pada konten TikTok-mu. Pilihan ini seringkali menjadi daya tarik utama untuk video yang sedang trending.

3. Keseruan dan Keterlibatan

Membuat challenge adalah bagian integral dari cara agar viral di TikTok. Membuat challenge yang sederhana, kreatif, dan mudah diikuti dapat meningkatkan keterlibatan pengguna. Pastikan untuk membuat hashtag khusus untuk challenge agar lebih mudah dilacak.

Tidak hanya tentang membuat konten, tetapi juga tentang berinteraksi dengan audiens. Balas komentar, terlibat dalam diskusi, dan terhubung dengan pengikut akun-mu. Ini membangun komunitas yang kuat di sekitar konten milikmu.

Selebihnya, konten yang menghibur atau memberikan nilai edukasi sering kali mendapatkan perhatian lebih besar. Apakah itu tutorial singkat, fakta menarik, atau hiburan lucu, pastikan kontenmu memberikan sesuatu yang berharga bagi pengguna.

4. Optimalisasi Teknis

Pemilihan hashtag yang tepat sangat penting sebagai salah satu cara agar viral di TikTok. Gunakan kombinasi dari hashtag populer dan spesifik untuk mencapai audiens yang lebih besar tanpa tenggelam di lautan konten yang serupa.

Optimalisasi hashtag dengan pahami kapan audiens-mu paling aktif di TikTok. Mengunggah konten pada waktu yang tepat dapat meningkatkan visibilitas dan interaksi. Kamu bisa lakukan eksperimen dengan waktu unggah yang berbeda-beda untuk menemukan jendela waktu yang paling efektif.

Agar semakin menarik, pastikan teks pada video mudah dibaca. Desain yang eye-catching dapat membantu konten stand out di antara konten lain di feed TikTok.

5. Pengukuran dan Analisis

Jika kamu serius tentang membuat konten yang viral, beralihlah ke akun TikTok Pro. Ini memberikan wawasan mendalam tentang kinerja konten, audiens, dan tren.

Analisis video yang telah sukses adalah kunci untuk cara agar viral di TikTok yang berkelanjutan. Identifikasi pola dan elemen yang membuat video tertentu berhasil, dan terapkan pembelajaran ini pada konten yang akan datang.

Keuntungan Menggunakan TikTok

Setelah tahu cara agar viral di TikTok dan berhasil mencapainya, setidaknya akan ada beberapa keuntungan dalam menggunakan aplikasi berbasis video ini. Melansir Forbes, beberapa diantaranya adalah:

1. Ekspresi Kreatif Tanpa Batas

Behind the scene membuat konten untuk TikTok

TikTok memberikan platform bagi individu untuk mengekspresikan kreativitas mereka tanpa batas. Video pendek dan berbagai fitur kreatif, seperti filter dan efek, memberikan kebebasan bagi pengguna untuk mengeksplorasi sisi kreatif mereka dan membuat konten yang unik.

2. Jangkauan Global yang Luas

Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan, TikTok memberikan kesempatan untuk mencapai audiens global. Maka tak heran bila banyak orang mencari cara agar viral di TikTok.

Engagement atau keterlibatan pengguna TikTok sangat luar biasa, sehingga bisa membantu brand untuk meningkatkan penjualan.

Dengan demikian, waktu layar para pengguna cukup lama sehingga mereka berpotensi terekspos berbagai macam iklan saat menggunakan TikTok.Tingkat keterlibatan pengguna yang besar itu pun dimanfaatkan oleh berbagai brand untuk meningkatkan visibilitas produk atau layanan mereka.

3. Peluang Karir untuk Konten Kreator

TikTok telah menciptakan bintang-bintang internet dan kreator konten yang sukses. Kesempatan untuk berkolaborasi dengan merek, mendapatkan dukungan penggemar, dan bahkan membangun karir di dunia hiburan digital semakin terbuka lebar melalui platform ini.

Kehadiran TikTok membuat siapapun bisa menjadi terkenal. Jika kamu pebisnis, akan ada banyak sekali influencer yang dapat dipilih untuk membantu promosi bisnis.

Menjangkau influencer dengan banyak pengikut dapat membantu bisnis menjangkau audiens yang jauh lebih besar. TikTok telah membantu merampingkan proses ini untuk bisnis dengan menciptakan TikTok Creator.

Alhasil, kamu tidak perlu pusing memilih influencer dengan banyak pertimbangan karena TikTok sudah memiliki alat untuk memfilter influencer yang terbaik untuk bisnis milikmu.

4. Pemasaran dan Promosi Produk

Buat merek dan bisnis, TikTok memberikan peluang untuk melakukan pemasaran dan promosi produk dengan cara yang kreatif. 

Yang terbaik adalah mencocokkan nada platform yang sudah mapan dan memilih untuk mengambil konten yang lucu, atau menawarkan cuplikan di balik layar.

Toko pakaian Zara, misalnya, menggunakan platform untuk berbagi pengalaman di dalam toko yang imersif, sementara BMW memberikan kilasan di balik layar tentang pengambilan gambar konten pemasaran mereka.

Apa pun pendekatan yang kamu ambil, kreativitas dan sudut pandang akan berkontribusi dan dapat meningkatkan identitas merek milikmu.

5. Interaksi dan Keterlibatan Pengguna

Fitur komentar, like, dan berbagi memungkinkan interaksi langsung antara kreator konten dan pengguna. Hal ini menciptakan ikatan yang kuat antara pengguna dan pengikutnya, yang dapat meningkatkan keterlibatan dan membuat pengalaman pengguna lebih positif.

6. Tantangan dan Komunitas yang Kuat

TikTok dikenal karena tantangan yang menjadi tren, menciptakan komunitas yang kuat di sekitar berbagai topik. Tantangan ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga membangun rasa solidaritas di antara pengguna yang berpartisipasi.

7. Pemberdayaan Beragam Bakat

TikTok memperkuat pemberdayaan beragam bakat dan kemampuan. Dengan platform ini, seseorang tidak perlu menjadi selebriti konvensional untuk mendapatkan pengikut dan pengakuan. Semua orang memiliki kesempatan untuk menemukan audiens mereka sendiri.

8. Tren dan Budaya Populer

TikTok sering menjadi sumber tren dan budaya populer. Pengguna dapat tetap terkini dengan tren terkini dan terlibat dalam konversasi global tentang topik yang sedang tren di platform ini.

Mirip dengan Twitter dan platform media sosial lainnya, TikTok memungkinkan pengguna untuk menelusuri video sesuai dengan topik dan tagar yang sedang tren. 

Artinya, dengan menyesuaikan konten dengan tren populer, kamu dapat meningkatkan jumlah penayangan yang diterima video di akunmu secara signifikan.

9. Kemudahan Penggunaan dan Aksesibilitas

TikTok dirancang dengan antarmuka yang ramah pengguna dan mudah digunakan. Ini membuatnya dapat diakses oleh berbagai kelompok usia dan tingkat keahlian teknologi, memberikan pengalaman yang nyaman untuk pengguna baru.

10. Menyediakan Berbagai Format Iklan

Manfaat Tik Tok yang membantu exposure bisnis milikmu  ialah memiliki berbagai pilihan format untuk beriklan. Berikut jenis-jenis iklan TikTok yang perlu diketahui dan pahami:

a. Top View Ads

Fitur Top View Ads merupakan fitur terbaik yang tidak bisa dilewatkan. TopView Ads muncul selama 5 detik setelah pengguna membuka aplikasi.

Dengan fitur ini, kamu dapat menampilkan video dengan durasi mencapai 60 detik dan layar secara penuh dengan suara yang dilengkapi fitur putar otomatis.

Keunggulan lainnya, kamu bisa memberi tautan dalam iklan sehingga dapat meningkatkan traffic di halaman internal maupun eksternal.

Namun kamu harus mengetahui bahwa Top View Ads adalah bentuk iklan reservasi, artinya akan ada tarif tetap yang harus dibayarkan agar iklan ditayangkan ke sejumlah tayangan.

Dengan cara ini, kamu dijamin mendapatkan eksposur yang direncanakan. Namun, kamu juga harus berkomitmen pada penetapan harga tetap yang kurang fleksibel dan seringkali lebih tinggi daripada iklan lelang.

b. In-Feed Ads

Fitur ini adalah  jenis iklan TikTok yang mirip dengan iklan feeds Instagram, dimana muncul pada laman “For You”. Iklan video ini bisa berdurasi 9-15 detik yang bisa kamu tambahkan CTA (Call-to-Action) atau tautan ajakan bertindak untuk pengguna.

Dengan jenis iklan ini, kamu bisa menarik pengguna untuk berbelanja, mengunduh aplikasi, atau mengunjungi website bisnismu.

Selain itu, In-Feed Ads juga memungkinkan para audiens untuk meninggalkan likes, komentar, atau membagikan video pada pengguna lain.

c. Brand Takeover Ads

Fitur iklan TikTok yang satu ini biasanya langsung muncul ketika pengguna membuka aplikasi. Manfaat tiktok yang satu ini merupakan paling efektif dan cocok untuk meningkatkan branding produk dalam bisnis milikmu.

Iklan ini hampir mirip dengan Top View Ads, perbedaanya memiliki tampilan statis atau dinamis dengan layar penuh yang memberikan dampak visual yang lebih kuat.

Brand Takeover Ads tidak bisa dilewatkan oleh pengguna, sehingga mereka harus menonton video hingga selesai. Dalam iklan ini, pengguna tidak bisa memberikan feedback berupa suka ataupun komentar.

Selain itu, pengguna tidak dapat melihat lebih dari satu iklan sehingga kamu dapat memanfaatkan eksklusivitas ini dan memanfaatkannya sebaik mungkin.

d. Branded Hashtag Challenge

Sesuai namanya, Branded Hashtag Challenge memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi dengan membuat konten seputar tema campaign tertentu.Iklan ini memanfaatkan hashtag untuk promosi brand. 

Ketika pengguna mengklik hashtag yang disponsori brand, mereka segera diarahkan ke halaman arahan yang menampilkan logo sponsor, tautan situs web, deskripsi tantangan, dan video paling populer yang saat ini menggunakan hashtag terkait.

Tantangan tagar bermerek memberi pengguna kemampuan untuk membuat konten yang menarik pada tema kampanye bisnismu. Ini memberikan manfaat iklan organik dan bersponsor untuk bisnis.

Kesimpulan

Itu dia penjelasan mengenai cara agar viral di TikTok yang bisa kamu coba. Selain untuk bisnis, kamu juga bisa mencoba peruntungan membangun karir sendiri sebagai konten kreator, lho!

Penting untuk diingat bahwa keuntungan menggunakan TikTok dapat bervariasi tergantung pada tujuan pengguna. Bagi kreator konten, ini bisa menjadi peluang karir, sementara bagi bisnis, ini bisa menjadi saluran pemasaran yang efektif. Kesuksesan di TikTok seringkali bergantung pada kreativitas, konsistensi, dan pemahaman tentang audiens target.

#
Social Media
#
Performance Marketing
Belajarlagi author:

Belajarlagi Writer

Tim penulis Belajarlagi yang profesional dan berdedikasi untuk memberi informasi berkualitas demi Teman Belajar

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.