Bagaimana Cara Mengetahui Potensi Diri? Simak 5 Langkahnya!

Bagaimana cara mengetahui potensi diri yang kamu miliki? Apa potensi diri itu? Kamu bisa menemukan jawabannya di sini!

Daftar Isi

[tampilkan]
[sembunyikan]

Bagaimana Cara Mengetahui Potensi Diri? Simak 5 Langkahnya!

Teman Belajar, pernahkah kamu merasa bingung dengan apa yang kamu inginkan, terutama dalam berkarier? Mungkin saja hal ini disebabkan karena kamu belum mengetahui atau menemukan potensi diri yang kamu miliki.

Pada dasarnya, setiap orang punya potensi dirinya masing-masing. Kamu bisa mengetahuinya dari melihat apa kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki. Bisa juga melihat dari apa hal yang kamu sukai. 

Misalnya, kamu suka bermain alat musik. Nah, mungkin saja potensi diri yang kamu miliki ada di bidang musikal. Kamu pun bisa fokus mengasah skill di bidang yang satu ini, sehingga kamu bisa memiliki karier yang cemerlang di bidang ini.

Kalau kamu masih sering galau memikirkan apa potensi diri yang kamu miliki, no worries! Coba ikuti 5 cara mengetahui potensi diri berikut ini, yuk!

Apa Itu Potensi Diri?

Untuk mengetahui pengertian potensi diri itu sendiri, ada dua teori pengertian yang bisa kamu jadikan acuan.

Pertama, menurut KBBI, potensi diri adalah kemampuan yang bisa dikembangkan. Singkatnya, kamu perlu tahu dulu apa kemampuan yang kamu miliki.

Sedangkan, menurut Bonnie. A Barlow, potensi diri adalah proses kreatif untuk memahami pengalaman, menemukan arah, tujuan hidup, menetapkan tujuan, dan membuat rencana berdasarkan tujuan hidup. Potensi diri ini sangat erat kaitannya dengan pengembangan diri.

Potensi diri ini juga penting agar kamu untuk terus fokus mengasah kemampuan yang sudah kamu miliki, sehingga kamu pun bisa terus mengembangkan diri kedepannya, terutama pada urusan karir.

Bagaimana Cara Mengetahui Potensi Diri

Nah, jika kamu sudah mengerti pengertian potensi diri itu sendiri, mungkin sekarang kamu bertanya-tanya, bagaimana cara mengetahuinya? Potensi diri apa yang kamu miliki? Nah, beberapa langkah berikut ini bisa membantu kamu mengetahui potensi diri yang kamu miliki.

1. Cari Tahu Impianmu

Cara paling dasar yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengetahui apa impianmu, cita-citamu, atau yang ingin kamu lakukan di hidupmu. Impian ini ibarat sebuah tujuan. Tanpa tujuan, tentunya kamu akan berjalan tanpa arah.

Tujuan hidup tidak perlu sesuatu hal yang besar atau muluk-muluk. Hal kecil dan spesifik pun bisa menjadi sebuah tujuan hidup. Misalnya, kamu ingin memiliki pekerjaan yang bisa membantu orang lain dalam mencari suatu informasi. Hal itu pun termasuk ke dalam tujuan hidup. 

Dari sini, kamu bisa menetapkan langkah dan mencari tahu lebih lanjut tentang pekerjaan yang bisa membuatmu mencapai tujuan ini. Setelah sudah yakin, kamu juga tidak boleh ragu terhadap keputusanmu dan fokus untuk terus mengembangkannya.

2. Mencoba Kegiatan Untuk Mengasah Potensi

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencoba berbagai macam kegiatan atau aktivitas yang bisa membantu kamu mengasah potensi untuk mencapai tujuanmu tersebut.

Cara ini juga bisa kamu lakukan untuk mengetahui apa yang kamu suka dan apa yang dirasa kurang cocok untukmu.

Kalau kamu merasa senang melakukan hal tersebut tetapi kamu rasa belum memiliki kemampuan yang cukup untuk melakukannya dengan baik, maka kamu bisa terus mengasah kemampuan tersebut. Kamu juga bisa saja menyadari pada akhirnya bahwa mungkin hal tersebut tidak cocok dengan dirimu. Maka, kamu pun bisa mencoba mencari potensi lain dari dirimu. Ingat, tidak ada kata terlambat untuk mencoba, loh!

3. Melakukan Uji Tes Potensi Diri

Cara yang satu ini cukup mudah dan cepat. Banyak jasa-jasa psikologi yang menyediakan jasa uji tes potensi diri. Tes yang biasanya dilakukan seperti analisis sidik jari, analisis gambar, atau tes bersama psikolog.

Hasil yang kamu dapatkan bisa menentukan potensi diri berdasarkan kepribadian yang kamu miliki. Mungkin saja kamu merupakan seseorang yang dominan, sehingga kamu lebih cocok untuk berkarier sebagai seorang pemimpin dan terus ada di depan khalayak umum, misalnya seperti jurnalis, reporter, dan lain sebagainya.

Mungkin juga kamu adalah seseorang yang memiliki kelebihan di bidang komunikasi dan bisa berempati dengan orang lain. Maka, kamu bisa saja bekerja di bidang hubungan masyarakat atau sebagai psikolog.

4. Bertanya Kepada Orang Terdekat

Terkadang, potensi diri juga dapat kita ketahui dari orang lain. Kamu juga bisa loh, bertanya ke orang-orang disekitarmu tentang kelebihan dan kekurangan yang mungkin kamu miliki.

Orang-orang terdekat seperti teman, saudara, dan orang tua tentunya terus memperhatikanmu dan kebiasaan kamu sehari-hari. Dari sini, mereka bisa menyimpulkan potensi diri yang kamu punya.

5. Memperluas Wawasan

Dengan wawasan yang luas, kamu bisa mengetahui apa saja hal-hal yang kamu ketahui dan tidak, serta hal yang kamu sukai atau tidak. Kamu bisa memperluas wawasanmu dari membaca buku, mengikuti konten yang positif di internet atau media sosial, hingga mengikuti komunitas dan mendapatkan wawasan dari orang lain.

Dengan memiliki wawasan, kamu bisa berpikir, melakukan observasi, dan menganalisis keterkaitan antara diri sendiri dan setiap subjek yang ada di luar diri. Dari sini, seseorang akan perlahan menemui apa yang unik dari darinya, apa yang disukai, dan hal apa yang bisa dikembangkan. Dari sini, potensi diri pun akan terus terasah.

Nah, itulah tadi informasi tentang potensi diri dan cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui potensi diri yang kamu miliki. Ingat untuk terus menggali kemampuan yang kamu miliki agar kamu bisa berkembang. Hindari juga untuk membandingkan diri kamu dengan orang lain, ya!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Blog

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.