Belajarlagi x IBT Universitas Tanjungpura: Corporate Social Media Optimization Training

Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) Universitas Tanjungpura (UNTAN) berupaya untuk memaksimalkannya dengan mengadakan program pelatihan social media optimization bagi startup binaan IBT Untan.
Daftar Isi
[tampilkan]
[sembunyikan]

Media sosial telah berevolusi menjadi platform yang bisa menghubungkan sebuah bisnis dengan target audiensnya. Sebagai salah satu media pemasaran yang efektif, media sosial bisa dimanfaatkan sebuah bisnis untuk membangun brand awareness, berinteraksi dengan pelanggan, dan bahkan meningkatkan penjualan. Bisnis yang mengabaikan media sosial sama saja dengan membuang sebagian besar pasar potensialnya.

Menyadari pentingnya peran media sosial, Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) Universitas Tanjungpura (UNTAN) berupaya untuk memaksimalkannya dengan mengadakan program pelatihan social media optimization bagi startup binaan IBT Untan. Tidak sendirian, program pelatihan ini didukung oleh Belajarlagi selaku penyedia corporate training.

Mengoptimalkan Strategi Marketing Start Up Lewat Media Sosial

Sebagai lembaga pendampingan berbasis teknologi, IBT Untan memiliki peran strategis dalam mendukung perkembangan startup di wilayah Pontianak dan sekitarnya. Untuk menyukseskan tujuannya tersebut, IBT Untan memiliki 4 program utama yaitu inkubasi, fasilitasi, hilirisasi, dan sinergi.

Sebagai bagian dari upaya memperkuat aspek pemasaran digital bagi internal Untan maupun start up binaan, IBT Untan menggandeng Belajarlagi untuk menyelenggarakan Digital Marketing Workshop Program: Social Media Optimization. Pelatihan ini berlangsung secara online lewat media Zoom selama 1 minggu yaitu pada 19 – 26 Desember 2022. Peserta pelatihan berasal dari 5 mentor start up dan 5 perwakilan dari Untan.

Pelatihan ini dirancang supaya peserta dapat memahami pemasaran media sosial, membuat konten, mengelola channel media sosial, hingga pemanfaatan data dan algoritma untuk mengoptimalkan pemasaran produk.

Materi Social Media Optimization yang Dibawakan Para Pakar

pelatihan mahasiswa

Materi yang dibawakan telah disusun secara sistematis dan komprehensif oleh pihak Belajarlagi dan IBT Untan yang mencakup:

  • Kelas 1 (Introduction to Advanced Social Media): Mengangkat materi dasar hingga materi lanjutan yang mencakup dasar-dasar digital growth marketing, memahami tujuan bisnis global, menetapkan tujuan serta sasaran media sosial, menentukan target audiens, alasan memilih media sosial organik, memahami dan memilih channel social media yang tepat, dan funneling audiens.
  • Kelas 2 (Campaign and Content Ideation): Berfokus pada kampanye dan ideasi konten, seperti menentukan tujuan kampanye, memahami data internal seperti wawasan audiens dan benchmarking kompetitor, memilih channel media sosial yang tepat, dan penyusunan pilar konten hingga pengenalan dasar kampanye.
  • Kelas 3 (Instagram Organic): Membahas Instagram organik, dimulai dari pengenalan fitur pada Instagram, mempelajari taktik dan strategi pertumbuhan Instagram, memahami pembaruan algoritma dan kebijakan terbaru, dan menganalisis studi kasus yang ada.
  • Kelas 4 (Tiktok Organic): Membahas Tiktok organik, dimulai dari pengenalan fitur pada Tiktok, mempelajari taktik dan strategi pertumbuhan Instagram, memahami pembaruan algoritma dan kebijakan terbaru, dan menganalisis studi kasus yang ada.
  • Kelas 5 (Twitter Organic): Membahas Twitter organik, dimulai dari pengenalan fitur pada Twitter, mempelajari taktik dan strategi pertumbuhan Instagram, memahami pembaruan algoritma dan kebijakan terbaru, dan menganalisis studi kasus yang ada.
  • Kelas 6 (Recorded Class – Design by Canva): Pada materi ini, peserta mempelajari dan melakukan praktik langsung bagaimana cara mendesain foto / visual menggunakan Canva.

Para pengajar yang membawakan materi pada pelatihan ini adalah:

·         Aldio Judisya (Social Media Manager di Gojek Merchant Marketing;

·         Bagus Lufthy (Social Media Lead di Gojek)

·         Roro Ajeng (Social Media & Optimization Lead di Kompas TV)

·         Anin Andhita (Head of Marketing di Belajarlagi)

·         Farchan Noor Rachman (Government Social Media Strategist)

Ingin Tim Anda Advanced dalam Menghandle Media Sosial Perusahaan?

Untuk hasil yang maksimal, media sosial perusahaan tidak bisa dikelola secara sembarangan. Perusahaan Anda membentuk tim yang profesional yang mampu mengelolanya secara berkelanjutan. Untuk itu bekali mereka dengan keterampilan yang lebih advanced dalam mengelola media sosial lewat Corporate Training bersama Belajarlagi. Mari berdiskusi untuk informasi lebih lanjut!

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Case Study

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Topik apa yang paling menarik untuk anda?
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.