Belajarlagi X Bea Cukai: Digital Marketing & Copywriting Training

Pelatihan digital marketing dan copywriting yang diselenggarakan bea cukai bersama Belajarlagi dilaksanakan pada 24 November 2025 – 27 November 2025 di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.
Daftar Isi
[tampilkan]
[sembunyikan]

Bea cukai merupakan instansi yang berfungsi untuk mengawasi lalu lintas barang, mengumpulkan penerimaan negara, dan melindungi masyarakat dari barang yang mengancam keamanan serta kesehatan. Bea cukai sendiri aktif secara digital dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi prosedur, mempercepat layanan, dan memfasilitasi transparansi. Salah satu contoh aktivitas digital yang telah dilakukan ialah dengan memanfaatkan platform media sosial untuk mensosialisasikan kebijakan dan layanan mereka kepada publik.

Karena media sosial memiliki peran penting dalam komunikasi publik, bea cukai perlu meningkatkan kompetensi SDM-nya supaya kanal digital mereka dapat terkelola secara optimal. Melalui kolaborasi dengan Belajarlagi, diselenggarakan digital marketing dan copywriting training sehingga komunikasi publik yang dilakukan bea cukai dapat berjalan lebih efektif dan mendukung keberhasilan pemanfaatan platform digital mereka.

Pemanfaatan Digital Marketing dan Copywriting untuk Kebutuhan Institusi Pemerintah

Perubahan cara masyarakat mengonsumsi informasi dari cetak ke platform digital turut memengaruhi cara institusi pemerintahan berkomunikasi. Tidak hanya sekedar hadir, tapi juga harus mampu mengelola platform digital tersebut menjadi media komunikasi yang efektif dan mudah diakses masyarakat. Di sini, peran digital marketing hadir sebagai strategi yang dapat dimanfaatkan untuk menjawab kebutuhan tersebut.

Berbeda dengan perusahaan yang menggunakan digital marketing untuk kebutuhan komersil, bea cukai memanfaatkannya sebagai sarana komunikasi publik. Jadi tidak heran jika konten yang diunggah di media sosial, website, dan platform lainnya, bersifat edukatif.

Di sisi lain, aplikasi digital marketing tidak lepas dari topik copywriting. Sebab konten yang menarik, informatif, tapi mudah dipahami masyarakat perlu ditulis dengan teknik penulisan yang betul pula.

Digital Marketing dan Copywriting Training untuk Bea Cukai

Digital Marketing dan Copywriting Training untuk Bea Cukai

Pelatihan digital marketing dan copywriting yang diselenggarakan bea cukai bersama Belajarlagi dilaksanakan pada 24 November 2025 – 27 November 2025 di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Acara yang berlangsung secara offline selama 4 hari ini diikuti oleh 15 anggota Direktorat Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa terpilih.

Topik penting yang dibahas pada training kali ini yaitu:

1. Strategi Digital Marketing Komprehensif

Peserta mempelajari konsep dasar digital marketing serta perannya dalam meningkatkan keterlibatan publik.

2. Psikologi di Balik Konten yang Menarik

Peserta mempelajari dasar-dasar psikologi dalam pembuatan konten media sosial, termasuk konsep attention span dan teori cognitive load yang memengaruhi cara audiens memproses informasi.

3. Membangun Brand

Peserta mempelajari pentingnya pembangunan brand di sektor publik sebagai upaya memperkuat kepercayaan dan kredibilitas institusi.

4. Copywriting

Peserta mempelajari pengertian, tujuan, dan formula copywriting serta perbedaannya dengan content writing.

5. Menulis Copy dengan Bantuan AI

Peserta diajarkan cara memanfaatkan AI untuk menghasilkan copy yang sesuai dengan kebutuhan.

6. Organic Social Media

Peserta belajar mengenai pentingnya mengelola media sosial institusi pemerintah  secara organic.

7. Performance Marketing: Facebook / Instagram Ads

Peserta mempelajari cara memanfaatkan platform Meta Ads untuk memaksimalkan sarana komunikasi publik di Facebook dan Instagram.

8. Performance Marketing: Google Ads

Peserta mempelajari cara menggunakan Google Ads untuk memaksimalkan sarana komunikasi publik di mesin pencarian Google.

9. Marketing & Data Analytics

Peserta mempelajari konsep analisis data dalam pemasaran, termasuk customer analytics serta analisis performa media sosial dan performance marketing.

10. Return of Investment (ROI) Iklan Media Sosial dan Anggarannya

Peserta mempelajari pentingnya penerapan strategi periklanan di lingkungan institusi pemerintah.

11. Pengantar TikTok Marketing

Peserta diajak untuk memahami algoritma, fitur-fitur utama TikTok, serta cara mengelola dan membuat kampanye untuk institusi pemerintah.

12. Search Engine Optimization (SEO)

Peserta belajar cara meningkatkan visibilitas informasi dan layanan publik yang ada di dalam website.

13. Pemanfaatan AI untuk Digital Marketing

Peserta mempelajari pengertian AI serta urgensinya dalam mendukung transformasi digital.

Belajarlagi Corporate Training, Solusi Pelatihan Perusahaan Terbaik

Perkembangan teknologi dan pola komunikasi digital mengharuskan banyak perusahaan dan institusi untuk segera bertransformasi. Belajarlagi Corporate Training hadir sebagai mitra yang siap menyediakan program pelatihan guna meningkatkan kompetensi SDM yang lebih terampil dalam menggunakan dan memaksimalkan platform digital sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Jadi, jangan ragu untuk mendiskusikan kebutuhan perusahaan Anda bersama Belajarlagi Corporate Training

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Case Study

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Topik apa yang paling menarik untuk anda?
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.