Bank Indonesia adalah bank sentral Republik Indonesia yang memiliki tugas utama mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Salah satu caranya adalah dengan menggerakkan ekonomi melalui berbagai macam kebijakan, termasuk kebijakan sektoral. Kebijakan ini dijalankan dengan cara mendukung pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan UMKM.
Bank Indonesia Provinsi Lampung memahami betul bahwa UMKM di sektor pariwisata daerah mereka memiliki peran strategis dalam menggerakkan ekonomi. Mengutip Disparekraf Porvinsi Lampung, capaian kunjungan wisatawan sebesar 10,26 juta per September 2023 yang naik 123% dibandingkan tahun 2022. Hasil ini menjadikan Provinsi Lampung sebagai daerah kunjungan wisata terbesar ke-3 se-Sumatera.
Sebagai upaya untuk terus memajukan sektor pariwisata, Bank Indonesia Provinsi Lampung menggandeng Belajarlagi untuk mengadakan pelatihan digital marketing bagi pelaku bisnis perjalanan dan perhotelan di Provinsi Lampung. Bukan hanya pelatihan, namun peserta juga mendapatkan pendampingan atau mentoring 1 bulan lamanya.
Pelatihan Digital Marketing untuk Bisnis Perjalanan & Perhotelan
Meningkatnya angka kunjungan wisatawan ke Provinsi Lampung menjadi momen yang tepat bagi sektor perjalanan dan perhotelan untuk meningkatkan kualitas layanan, memperluas jaringan pemasaran,serta memperkuat citra destinasi Lampung di ranah digital.
Oleh karena itu Bank Indonesia Provinsi Lampung mengadakan pelatihan digital marketing bagi pemilik bisnis perjalanan atau travel dan perhotelan. Turut menggandeng Belajarlagi, pelatihan ini bertujuan untuk membantu mereka mengenal dan dapat menggunakan strategi digital marketing secara efektif. Dengan begitu, bisnis travel dan perhotelan di Lampung bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dan mengembangkan bisnisnya secara online.
Program pelatihan kali ini pun dirancang untuk membantu pelaku bisnis perjalanan dan perhotelan memahami serta menerapkan strategi digital marketing secara menyeluruh. Mulai dari dasar hingga praktik langsung membuat konten, menyiapkan kampanye digital, dan beriklan digital.

Berikut adalah materi yang diajarkan pada 22 - 31 Oktober 2025:
Sesi 1: Fundamental Digital Marketing for Travel - Peserta akan mempelajari bagaimana perilaku wisatawan digital mencari dan memesan perjalanan, memahami konsep marketing funnel, hingga merumuskan Unique Selling Point (USP), Value Proposition (VP), dan elemen 4P marketing.
Sesi 2: Creating Engaging Content Marketing - Mengajarkan peserta mengenai strategi konten yang menarik di media sosial, perbedaan antara content marketing dan iklan, cara membuat hook dan call-to-action (CTA) yang efektif, serta pemanfaatan AI dalam brainstorming dan penulisan konten.
Sesi 3: Designing with Canva & AI Tools - Peserta belajar menggunakan Canva dan berbagai fitur AI seperti Magic Design dan AI Image Generator untuk mempercepat proses desain konten visual.
Sesi 4: Editing Video with CapCut – Membekali peserta dengan kemampuan mengedit video promosi menggunakan CapCut, mulai dari teknik dasar hingga penggunaan efek, musik, teks, dan template profesional.
Sesi 5: Facebook Ads Strategy & Performance - Peserta diajarkan tentang struktur iklan Facebook, penggunaan Audience Insights, serta praktik terbaik dalam pembuatan konten iklan dan pengaturan anggaran.
Sesi 6: Creating High-Converting Landing Pages with AI Lovable - Berfokus pada pembuatan halaman arahan (landing page) yang menarik dan berkonversi tinggi menggunakan platform Lovable dan teknik prompting berbasis AI.
Sesi 7: Social Media Evaluation - Mengajarkan pentingnya mengukur kinerja media sosial dengan membedakan vanity metrics dan actionable insights, serta menggunakan data untuk memperbaiki strategi konten.
Sesi 8: Content Marketing on Instagram & TikTok - Peserta belajar memahami algoritma kedua platform, memanfaatkan fitur seperti Reels, Stories, dan TikTok Trends, serta menyusun ide konten yang sesuai dengan perilaku audiens digital masa kini.
Sesi 9: Viral Marketing Strategy - Mengupas strategi menciptakan kampanye viral yang efektif, memahami psikologi di balik konten yang mudah dibagikan, serta menyeimbangkan antara tren jangka pendek dan nilai merek jangka panjang.
Setelah menyelesaikan pelatihan, peserta akan menjalani tahapan mentoring sejak bulan November sampai dengan Desember.
Memiliki keterampilan digital marketing sangatlah dibutuhkan di era serba online seperti saat ini. Namun tentu saja diperlukan mentor yang tepat sehingga bisa membawakan materi yang lengkap dengan strategi terkini.
Belajarlagi sendiri telah berpengalaman dalam menyelenggarakan program pelatihan dan corporate training yang berfokus pada peningkatan kompetensi digital, mulai dari digital marketing, social media management, hingga data-driven business strategy. Untuk kerja sama pelatihan serupa atau kebutuhan peningkatan skill digital lainnya, silakan hubungi Belajarlagi Corporate Training sebagai solusi pelatihan bagi perusahaan, organisasi, atau institusi Anda!
.webp)

.webp)
