Bank Indonesia merupakan bank sentral Republik Indonesia yang berperan dalam menjaga stabilitas nilai rupiah. Baik itu terhadap barang dan jasa (inflasi) ataupun terhadap mata uang negara lain (nilai tukar). Tugas utama Bank Indonesia adalah menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur kelancaran sistem pembayaran, dan menjaga stabilitas sistem keuangan.
Merujuk peraturan dan Bank Indonesia terkait Fungsi Komunikasi Bank Indonesia, KPw BI terutama Departemen Komunikasi (DKom) memiliki peran untuk menyampaikan pesan-pesan utama dari kebijakan-kebijakan Bank Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Departemen Komunikasi (DKom) untuk menjangkau publik khususnya di daerah dengan melakukan sinergi dan koordinasi bersama Forum Pengelola Komunikasi (FPK) KPwBI untuk menyusun strategi komunikasi di daerah agar align dengan kantor pusat.
Berangkat dari hal tersebut, Forum Pengelola Komunikasi (FPK) ingin melakukan refreshment dan sinergitas untuk mendalami kebijakan terkini serta pengayaan terkait komunikasi dan pengelolaan sosial media. Nah, Belajarlagi pun berkesempatan untuk terlibat dalam hal tersebut.
Pada 26 Februari 2025, Belajarlagi bekerja sama dengan Bank Indonesia menyelenggarakan Corporate Training Bertajuk “Optimasi Media Sosial untuk Pegawai KPwDN” yang berlangsung di Cikini, Jakarta. Pelatihan ini diikuti oleh 46 peserta terpilih dari FKP atau Humas yang berada di KPwDN.
Tujuan dari pelatihan ini adalah mendorong peserta mampu mengikuti tren media sosial terbaru serta mengidentifikasi dan mengurangi risiko terkait peretasan akun di media sosial KPwBI. Selain itu, peserta diharapkan dapat mengoptimalkan kinerja akun untuk meningkatkan efektivitas komunikasi dan keterlibatan audiens.
Pemahaman akan tren media sosial dan identifikasi risiko peretasan
.webp)
Pada pelatihan kali ini, Belajarlagi mencoba menyusun kurikulum dan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan Bank Indonesia. Beberapa materi yang diberikan ke peserta meliputi:
- Keep up with Meta’s Policy
- Government Institution Social Media Management & Optimization
- Social Media Trends & Strategies
Pada setiap materi pelatihan, para peserta diharapkan dapat memahami sekaligus mengimplementasikannya ke pekerjaan sehari-hari. Dalam pelatihan tersebut, peserta juga didorong untuk melakukan studi kasus serta membuat analisis media sosial melalui metric tertentu.
Ada juga beragam sesi praktik yang diselenggarakan. Mulai dari penyusunan SOP media sosial KPW untuk mitigasi suspend account dan cara penanggulangannya, pembuatan ide konten dari 1 kebijakan BI di berbagai platform, serta pembuatan pelaporan media sosial sederhana dan insightful.
Secara umum, pelatihan ini akan memperkenalkan tren dan strategi media sosial terbaru kepada peserta. Nantinya bukan saja lebih melek terhadap media sosial, tetapi juga dapat mengelola media sosial secara lebih strategi untuk meningkatkan efektivitas komunikasi.
Manfaat pelatihan bagi peserta
Dengan pelatihan optimasi media sosial ini, para pegawai dari FKP atau Humas yang berada di KPwDN dapat mengikuti tren media sosial dari waktu ke waktu. Selain itu, peserta pun menjadi lebih punya pemahaman mendalam akan risiko peretasan akun sekaligus cara mengatasinya.
Pada akhirnya, peserta pun dapat menyampaikan kebijakan-kebijakan Bank Indonesia ke audiens melalui komunikasi yang sinergis dan tepat di media sosial. Dengan begitu, audiens pun makin mengenali dan memahami beragam kebijakan yang dikeluarkan bank sentral ini.
Testimoni peserta pelatihan
Rizkyajeng Pradnya Devi, salah satu peserta sekaligus Assistant Manager KPwBI Purwokerto, memberikan testimoni berikut setelah mengikuti pelatihan:
“Banyak banget insight baru untuk saya, termasuk social media handling. Saya juga menjadi lebih banyak memahami istilah-istilah terkait pengelolaan media sosial. Kelasnya fun dan para speaker membawakan materi dengan sangat baik sehingga mudah untuk saya terima dan pahami. Mudah-mudahan ke depannya bisa diterapkan ke dalam pengelolaan media sosial.”
Semoga nantinya akan ada kerja sama lainnya antara Belajarlagi dan Bank Indonesia untuk mengadakan pelatihan bagi para pegawai, ya!
Butuh upgrade skill digital bagi karyawan?
Dengan kemajuan dan perkembangan teknologi yang kian pesat, instansi maupun perusahaan sangat butuh untuk cepat beradaptasi. Keterampilan digital kini menjadi hal wajib yang mesti dikuasai para karyawan.
Belajarlagi hadir untuk mendampingi instansi pemerintah ataupun perusahaan yang ingin mengembangkan kemampuan digital para karyawan. Corporate Training dari Belajarlagi menawarkan pembelajaran dan program pelatihan yang fleksibel, seru, komprehensif, serta menyesuaikan kebutuhan perusahaan.
Informasi lebih lengkap mengenai Corporate Training Belajarlagi dapat dicek langsung, ya!