Belajarlagi X Bank Indonesia DKOM SOBI 2: Pelatihan AI dan Content Creation untuk Menjadi Kreator Andal

16 Oktober 2025, 30 peserta terpilih dari komunitas SOBI dilatih untuk bisa menguasi topik-topik terkait perkontenan dan AI
Daftar Isi
[tampilkan]
[sembunyikan]

Bank Indonesia merupakan bank sentral Indonesia yang memiliki tugas dalam mengelola dan mengatur kebijakan keuangan negara. Sebagai lembaga publik yang memiliki peran vital di setiap kegiatan perekonomian masyarakat, Bank Indonesia perlu menerapkan gaya komunikasi yang terbuka dan edukatif supaya setiap kebijakannya dapat dipahami semua kalangan.

Sejumlah cara pun telah dilakukan termasuk dengan membuat sebuah program yang dikenal dengan SOBI atau Sobat Digital  Bank Indonesia. Program ini merujuk pada sekumpulan influencer terpilih yang memiliki tugas untuk berperan aktif dalam menyampaikan kebijakan keuangan dari Bank Indonesia kepada khalayak luas lewat akun media sosial mereka masing-masing.

Namun, SOBI menghadapi tantangan untuk memaksimalkan pembuatan konten terutama setelah adanya kecerdasan buatan (AI). Oleh karena itu Bank Indonesia menginisiasi pelatihan AI dan pembuatan konten bersama Belajarlagi yang dirancang untuk membekali para SOBI agar mampu memanfaatkan teknologi secara bijak, kreatif, dan bertanggung jawab di era disrupsi saat ini.

Menjadi Kreator Andal di Era Disrupsi

Era disrupsi digital ditandai oleh perubahan cepat dalam cara masyarakat mengakses dan memproduksi informasi. Apalagi keberadaan AI berupa deefake, manipulasi visual, hingga doxing yang sering disalahgunakan.

Di sisi lain, muncul pula fenomena micro-attention di mana rentang perhatian audiens pada sebuah informasi menjadi semakin singkat. Masalah ini tentu menjadi tantangan bagi SOBI untuk bisa menyampaikan pesan secara efektif tetapi tetap menarik dalam waktu sesingkat mungkin.

Maka dari itu di tanggal 16 Oktober 2025, 30 peserta terpilih dari komunitas SOBI dilatih untuk bisa menguasi topik-topik terkait perkontenan dan AI meliputi:

1.    Cara membangun digital trust di era AI content

Peserta fokus mempelajari etika dan tanggung jawab creator di tengah AI generated content.

2.    Strategi konten di era micro attention

Peserta diajak untuk memproduksi konten singkat yang relevan dan menarik perhatian audiens.

3.    Produksi dan editing konten interaktif

Peserta belajar cara meningkatkan interaksi dan engagement melalui konten visual.

Semua materipun dijelaskan oleh para mentor yang berpengalaman di bidang AI maupun pembuatan konten, mereka adalah:

1.     Timothy Laksamana – Social Manager | AI Trainer at Scale AI

2.     Aldio Judisya | Head of Brand at Bobobox

3.     Brama Danuwinata | Social Media and Marketing Professional Speaker Ex. Amazon & Grab

4.     Fadli Ramadhan | Content Creator – Videographer - Editor

Hadapi Tantangan di Era Disrupsi dengan Corporate Training yang Tepat

Teknologi seperti AI menghadirkan peluang besar untuk efisiensi dan kreativitas, namun juga membawa tantangan baru pada meningkatnya hoax, perubahan perilaku audiens, dan tuntutan berkomunikasi yang lebih beretika serta transparan.

Dalam situasi seperti ini, corporate training dari Belajarlagi menjadi pilihan tepat bagi perusahaan yang ingin segera menghadapi transformasi digital secara berkelanjutan. Sebab Belajarlagi Corporate Training telah terbukti sukses berkolaborasi dengan 40+ perusahaan dalam penyelenggaraan pelatihan seputar digitalisasi . Para mentor yang terpilih pun sangat ahli di bidangnya, dan yang tidak kalah penting adalah semua materi yang disampaikan telah dikustomisasi sesuai kebutuhan klien. Jadi jangan ragu untuk menyelenggarakan corporate training bersama Belajarlagi!

 

 

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Case Study

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Topik apa yang paling menarik untuk anda?
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.