Belajarlagi X Bank Indonesia DKom: Content Creation untuk Menguatkan Peran GenBI dalam Memahami Kebijakan Bank Indonesia

Pelatihan bertajuk Capacity Building GenBI: Youth as Policy Communicators diadakan oleh Bank Indonesia bersama Belajarlagi pada 20 November 2025. Diikuti oleh 160 GenBI terpilih, pelatihan berlangsung secara luring selama 2 hari.
Daftar Isi
[tampilkan]
[sembunyikan]

Bank Indonesia merupakan lembaga negara yang bertugas untuk menjaga stabilitas moneter guna mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. Di luar fungsi utamanya, Bank Indonesia juga memiliki misi untuk mendorong pengembangan kapasitas SDM unggul lewat pemberian beasiswa bagi mahasiswa dan pelajar berprestasi. Para penerima beasiswa ini akan tergabung dalam organisasi Bernama Generasi Bank Indonesia (GenBI).

Selain mendapatkan dukungan dari segi finansial, GenBI juga didukung untuk dapat mengembangkan skillnya lewat pelaksanaan pelatihan-pelatihan tertentu. Pada tanggal 20 November misalnya, Departemen Komunikasi (DKom) mengadakan pelatihan content creation bersama Belajarlagi bagi GenBI terpilih.

Pemuda sebagai Komunikator Kebijakan Bank Indonesia

Pelatihan bertajuk Capacity Building GenBI: Youth as Policy Communicators diadakan oleh Bank Indonesia bersama Belajarlagi pada 20 November 2025. Diikuti oleh 160 GenBI terpilih, pelatihan berlangsung secara luring selama 2 hari. Tujuan pelatihan ini yaitu memperkuat kemampuan komunikasi strategis dengan mempelajari cara menyusun konten digital yang jelas dan kreatif, serta menyampaikan pesan kebijakan secara konsisten dan percaya diri melalui simulasi konferensi pers.

Pelatihan bertajuk Capacity Building GenBI: Youth as Policy Communicators diadakan oleh Bank Indonesia bersama Belajarlagi pada 20 November 2025. Diikuti oleh 160 GenBI terpilih, pelatihan berlangsung secara luring selama 2 hari.

Untuk mencapai tujuan tersebut, terdapat 4 topik utama yang disampaikan, yaitu:

1. Mengubah isu kompleks menjadi pesan yang bermakna

Peserta diharapkan mampu merangkum isu-isu makro lokal ke dalam narasi yang ringkas dan berbasis data untuk kebutuhan kampanye publik.

2. Strategi Konten Multi-Channel untuk Amplifikasi Pesan

Peserta diharapkan mampu merancang infografik dan naskah video pendek yang selaras dengan identitas GenBI serta siap untuk dipublikasikan.

3. Membuat Konten dengan Tampil Di Depan Kamera

Peserta mempelajari Teknik komunikasi saat tampil di depan kamera guna meningkatkan kepercayaan diri serta keterlibatan audiens.

4. Membuat Video Talking Head yang Menarik Menggunakan CapCut

Peserta diharapkan mampu mengedit video talking head yang jelas dan terlihat profesional dengan memanfaatkan fitur serta Teknik dasar yang tersedia di CapCut.

Di akhir pelatihan, peserta diwajibkan membuat tugas akhir berupa konten video mengenai  kebijakan Bank Indonesia yang akan dipublikasikan. Pelatihan ini menjadi cara bagi peserta untuk mengimplementasikan teori yang sudah disampaikan fasilitator menjadi sebuah karya nyata.

Meningkatkan Kualitas SDM dengan Pelatihan yang Tepat

Pelatihan yang diadakan DKom Bank Indonesia ini memiliki tujuan supaya beswan mereka dapat memahami sekaligus menjadi komunikator kebijakan Bank Indonesia dengan baik. Di sisi lain, keterampilan membuat konten juga sangat dibutuhkan di era digital seperti saat ini sehingga bisa dipraktikkan oleh para peserta di bidang atau industri lain.

Jika Anda  ingin membekali tim dengan kemampuan yang relevan dengan kebutuhan perusahaan, Anda dapat menghubungi Belajarlagi Corporate Training. Kami dapat membantu perusahaan Anda dalam membekali tim dengan skill yang dibutuhkan, tentunya dengan materi dan program yang dirancang secara praktis, aplikatif, dan kontekstual.

 

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Related Case Study

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Topik apa yang paling menarik untuk anda?
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.