Kemudahan berbelanja online di platform-platform digital membuat pertumbuhan penjualan online naik mencapai 43%. Besarnya antusiasme masyarakat dalam membeli produk secara online menjadi tantangan bagi UMKM konvensional dalam mempertahankan bisnisnya.
Masalah ini akhirnya menjadi perhatian Bank Indonesia Provinsi Papua menggandeng Belajarlagi dengan menghadirkan program Digital Marketing Training for Trainers (TfT). Pelatihan bagi calon trainer ini bertujuan supaya para mentor terpilih dapat membantu UMKM di Papua supaya lebih memahami dunia digital secara mendalam dengan pendampingan yang intensif.
Latar Belakang Belajarlagi x Bank Indonesia: Digital Marketing Training for Trainers
Bank Indonesia Provinsi Papua memiliki komitmen kuat untuk mendorong pertumbuhan UMKM di wilayahnya. Namun di tengah pesatnya perkembangan e-commerce dan marketplace, UMKM menghadapi tantangan besar dalam bersaing secara digital. Salah satu solusi untuk mengatasinya adalah dengan menghadirkan mentor yang siap membantu mereka menerapkan strategi digital marketing dengan efektif.
32 UMKM Binaan Bank Indonesia Papua akan dilatih oleh para trainers dari pihak Bank Indonesia Provinsi Papua. Tapi tentunya trainers yang statusnya masih mahasiswa ini perlu dibekali dengan pemahaman serius mengenai ilmu digital marketing lewat pelatihan Digital Marketing TfT yang diselenggarakan oleh Belajarlagi dan Bank Indonesia.
Digital Marketing TfT berlangsung pada 15 Juni 2025 dan berlangsung secara online 3 kali seminggu setiap Senin, Rabu, dan Jumat pukul 18.00 – 20.00 WIT. Dengan mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan tidak hanya memahami teori, tapi juga sukses membimbing UMKM secara praktis dan aplikatif.
Adanya Training for Trainers ini dapat memudahkan BI untuk monitor program pendampingan UMKM agar program dapat terus berjalan sinergis dan berkelanjutan.
Pentingnya Memahami Digital Marketing di Era Digital

Kelas digital marketing ini akan dilangsungkan selama 6 hari dan setiap silabus yang disampaikan sudah disesuaikan dengan learning objective dan success metrics yang telah disusun tim Belajarlagi dan Bank Indonesia Papua.
Day 1: Fundamental Marketing
Kelas pertama diawali dengan dasar-dasar marketing, mencakup pemahaman tentang strategi bisnis dan pemasaran, konsep value proposition, marketing mix, dan pengenalan lanskap digital marketing dan marketing funnel.
Day 2: Content Design
Berfokus pada desain konten sebagai kunci komunikasi digital dengan mengenali berbagai referensi konten, membuat perencanaan konten, menggunakan content plan, serta dasar desain visual menggunakan Canva.
Day 3: Marketing Copywriting
Teknik copywriting dimulai dari dasar-dasar cara menulis iklan yang efektif hingga strategi menulis menggunakan formula AIDA.
Day 4: Facebook Ads
Peserta mempelajari cara kerja Facebook Ads mulai dari objective iklan yang sesuai, melakukan targeting yang tepat, hingga menyusun konten yang cocok untuk iklan.
Day 5: Facebook Marketplace
Berfokus pada optimalisasi Facebook Marketplace seperti mengelola toko digital denga baik, memahami fitur-fitur penting di marketplace, dan menganalisis kompetitor.
Day 6: Whatsapp Marketing
Mengangkat topik WhatsApp Marketing yang dimulai dari pengenalan Customer Relationship Management (CRM) dan siklusnya.
Setelah 6 sesi kelas utama, peserta akan mengikuti mentoring class, dilanjutkan dengan sesi presentasi, dan diakhiri dengan graduation.
Ingin Mengadakan Pelatihan Bagi Trainers Perusahaan Anda?
Sebelum terjun ke lapangan, para trainers dari perusahaan atau lembaga pemerintahan perlu dibekali dengan ilmu yang mumpuni supaya tujuan dapat diraih. Untuk itu, persiapkan trainer-trainer di perusahaan Anda dengan baik lewat pelatihan training for trainer dari Belajarlagi.
Hubungi Belajarlagi Corporate Training untuk info training for trainers atau pelatihan bagi internal perusahaan lainnya!