Bank Indonesia dikenal sebagai bank sentral Republik Indonesia yang memiliki peran penting dalam mencetak uang dan menjaga stabilitas nilai rupiah. Bank Indonesia juga bertanggung jawab untuk mengelola pengelolaan uang rupiah, izin operasional, serta mendukung perekonomian nasional. Tetapi lebih dari itu, Bank Indonesia juga aktif berkontribusi dalam mendukung sektor pendidikan bagi generasi muda Indonesia.
Contoh nyata kontribusi Bank Indonesia dalam pendidikan adalah adanya program BI mengajar, program beasiswa BI, dan pelaksanaan edukasi publik. Dalam pelaksanaan edukasi publik, biasanya Bank Indonesia menggandeng sejumlah universitas untuk kemudian mengajak mahasiswanya memperluas wawasan dan kemampuan sesuai kebutuhan bisnis atau pekerjaan terkini.
Di tanggal 27 – 29 September 2025, Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah melaksanaan edukasi publik dan sertifikasi BNSP Social Media Manager (SMM) dan Copywriting. Tidak sendirian, Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Belajarlagi untuk menyukseskan program ini.
Pentingnya Kompetensi SMM dan Copywriting di Era Digital
Pelaksanaan edukasi publik dan sertifikasi BNSP Social Media Manager dan Copywriting di akhir bulan September ini diadakan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah bersama 5 universitas ternama di Jawa Tengah (Universitas Diponegoro, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Sunan Muria Kudus, UIN Salatiga, dan UIN Sunan Kudus). Pemilihan topik edukasi dan sertifikasi ini pun bukan tanpa alasan mengingat kompetensi terkait marketing dan copywriting menjadi penting dalam industri perkontenan media sosial
.webp)
Pada bidang social media marketing, peserta dilatih untuk memahami dasar-dasar pemasaran digital, riset produk, segmentasi audiens, serta strategi pembuatan konten visual dan video. Materi pelatihan mencakup:
- Riset produk dan peluang pasar;
- Social media content creation dengan Canva;
- Editing video dengan CapCut;
- Analisis social media & kompetitor;
- Social media marketing (Facebook Ads);
- Penyusunan portofolio dan laporan.
Sementara pada bidang copywriting, peserta belajar bagaimana membangun komunikasi efektif melalui tulisan yang persuasif dan berbasis strategi. Materinya meliput:
- Prinsip dasar copywriting;
- Riset produk & brand;
- Memahami audiens;
- SEO & blogging;
- Strategi kampanye 360;
- Copywriting untuk media sosial & artikel.
Sebelum mengikuti uji kompetensi, peserta diminta menyelesaikan tugas akhir berupa pembuatan konten yang disesuaikan dengan bidang sertifikasi yang diambil. Peserta pelatihan SMM wajib membuat konten single image, carousel, atau video reels. Sedangkan untuk peserta pelatihan copywriting perlu menulis artikel pada blog masing-masing.
Semua konten dikaitkan dengan kebijakan Bank Indonesia. Hal ini bertujuan untuk mendorong supaya peserta ikut berperan aktif dalam mengkomunikasikan kebijakan BI kepada masyarakat melalui karya mereka.
Menjadi Institusi Berpengaruh Melalui Penyelenggaraan Program Edukasi
Program kolaborasi Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah dan Belajarlagi ini bukan hanya menjadi wadah pembelajaran teknis, tetapi juga menjadi bentuk nyata dukungan institusi terhadap peningkatan literasi dan kompetensi digital di kalangan mahasiswa.
Melalui kegiatan ini, Bank Indonesia menunjukkan bagaimana lembaga publik dapat mengkomunikasikan kebijakan secara kreatif dan relevan dengan gaya komunikasi generasi muda.
Institusi, perusahaan, maupun lembaga lain dapat mengikuti langkah serupa dengan menyelenggarakan program edukasi dan sertifikasi bersama Belajarlagi, guna membekali peserta dengan keterampilan yang terstandar dan diakui oleh BNSP. Dengan begitu terciptalah talenta muda yang siap menghadapi tantangan dunia digital dan berkontribusi dalam komunikasi publik yang nyata.
Daftarkan perusahaan Anda dengan pelatihan karyawan dari Belajarlagi!



