3 Unsur Penting Personal Branding

2 mins
Creative

Kamu pasti tau, kalau pie itu salah satu jenis kue yang enak banget. Tapi ternyata ada jenis PIE yang bikin personal branding kamu jadi lebih kece loh.

Sini minjar jelasin PIE yang bisa bikin karir kamu makin melesat. Maksud dari PIE di sini adalah singkatan dari 3 unsur penting dalam personal branding, yaitu; performance, image, dan exposure.

Oke Minjar coba jelaskan satu per satu ya!

Memperbaiki citra diri dengan personal branding

1. Performance

Kualitas adalah hal dasar dalam bekerja. Kalau kamu punya kinerja yang bagus, tentu bakal dapat apresiasi dari orang sekitarmu.

Inilah mengapa kamu penting untuk memperhatikan performa atau kinerja kamu dalam personal branding.

Pastikan kamu punya portofolio terbaik yang menunjukkan bahwa kamu punya skill yang mumpuni. Coba highlight skill yang benar-benar kamu kuasai dan tunjukkan hal tersebut dalam portofolio kamu.

Selain itu, pengalaman juga bisa mendukung bukti bahwa kamu punya performa bagus di bidang tersebut.

2. Image

Untuk sebuah brand, mereka membutuhkan brand image yang bagus agar tampak menarik di hadapan konsumen mereka.

Begitu juga dengan personal branding. Kamu harus bisa nunjukin citra yang bagus di hadapan HR atau orang sekitar kamu.

Tunjukan citra bagus kamu dari segi attitude maupun skill yang kamu punya. Tapi inget, tetap sesuaikan dengan kemampuan yang kamu miliki ya.

Jangan sampe menipu biar punya image yang bagus, tapi ternyata kualitas aslinya tidak sebagus image yang dipublikasikan.

3. Exposure

Kalau kamu udah punya skill yang mumpuni serta citra yang bagus, bakal sia-sia kalau kamu gak dikenal oleh banyak orang.

Ini nunjukin kalau koneksi yang luas bakal membantu kamu punya personal branding yang bagus. Kamu bisa coba perluas koneksi lewat Linkedin atau media sosial lain.

Pastikan kalau banyak orang mengetahui kualitas kinerja kamu, skill yang kamu miliki, hingga citra yang baik di hadapan orang lain.

Semakin banyak orang tau lebih detail tentang kamu, semakin besar peluang kamu disegani orang bahkan dapat pekerjaan sesuai yang kamu impikan.

Dari ketiga unsur ini, masih ada unsur lain yang harus kamu pahami biar personal branding kamu makin menarik dan dilirik sama HRD.

Buat kamu yang mau belajar lebih dalam tentang personal branding, Minjar bakal buka mini bootcampnya nih, segera. Stay tuned buat info lengkapnya! Dan buat Teman Belajar yang mau belajar lebih tentang personal branding, kamu bisa baca tips menarik lainnya di blog Belajarlagi.id. Semoga bermanfaat, ya!

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.