TUKU jadi kopi lokal pertama yg beli naming rights MRT
Bukan ticketing, tapi Naming Rights atau Hak Penamaan inilah yg jadi sumber income terbesar buat MRT
Brand rela mengeluarkan puluhan miliar buat dapetin kontrak kerja sama ini. Tujuan utama brand dapetin naming rights adalah untuk Brand Exposure dan Brand Recognation
Misalnya Grab yg nempel di stasiun MRT lebak bulus ngelakuin kerja sama sejak 2019 & bayar ke MRT sebesar 33M/tahun untuk kontrak selama 5 tahun.
Grab pilih stasiun Lebak Bulus karena ini adalah stasiun terakhir yg namanya akan terus disebut dari awal perjalanan sampai akhir
Sehingga brand Grab ini dapet exposure dengan cara disebut berkali-kali yg bikin penumpang di MRT terekspos oleh Grab secara terus menerus.
Dari exposure tersebut, secara nggak sadar Grab jadi top of mind dan pilihan buat ngelanjutin perjalanan selanjutnya dgn pakai Grab
Akhirnya brand recognation dari Grab ini naik karena makin banyak konsumen yg kenal dan juga cari tau layanan apa aja yg ditawarkan sama brand.
Selain Grab, ada BCA, Mandiri, BNI, Astra, Indomaret dan yg terbaru ada Mastercard di stasiun MRT Senayan
Selain MRT, strategi naming rights gini udah dilakuin sama perusahaan apa aja nih?
Teman belajar yg tau boleh share di kolom reply yaa