Traffic Bun Pakai Strategi Raw Unfiltered Marketing, Apa ya Itu?

Teman Belajar, kalian tahu nggak kalau ide bisnis sebenarnya bisa direalisasikan secepat mungkin dan bisa berhasil? Salah satu contohnya adalah brand burger lokal yang diramaikan oleh influencer Fadil Jaidi, Traffic Bun.

Nah, usut punya usut, Traffic Bun ini pada awalnya diadakan dari ide mentah Fadil Jaidi. Mereka menjual burger dengan cerita ide pembuatan burger dari Fadil Jaidi yang spontan. Ternyata, ini merupakan bagian dari strategi marketing yang disebut "raw unfiltered marketing", loh, Teman Belajar!

Lalu, apa sih "raw unfiltered marketing" itu? Yuk, kita bahas selengkapnya!

Raw Unfiltered Marketing adalah strategi memanfaatkan kejujuran dari cerita yang terjadi secara real atau mentah (raw). Jadi strategi ini tampaknya tanpa "settingan". Strategi ini efektif dilakukan oleh influencer yang menonjolkan kepercayaan dan harapan mereka pada audience mereka.

Pada awalnya, Fadil Jaidi belajar untuk membuat burger enak dibantu oleh chef Juna. Setelah jadi, akhirnya ia memutuskan menjual burger itu dengan nama brand Traffic Bun.

Dia pun gencar melakukan promosi brand barunya itu. Hingga pada akhirnya, Traffic Bun memiliki 100 ribu followers instagram hanya dalam kurun waktu satu pekan saja! Waaaahhh.. Sekarang pun Traffic Bun menjadi bisnis franchise dengan puluhan cabang di Indonesia. Gils kan, Teman Belajar.

Lalu, apa yang bisa kita ambil hikmah dari peristiwa ini? Pertama, strategi “ide mentah” ini terbilang efektif dan optimal, dengan sebuah syarat. Yaitu menggunakan strategi influencer marketing.

Kedua, "storytelling" adalah kunci dari strategi ini. Dengan cerita unik yang kuat dan menggugah rasa penasaran audiens, yang tentunya diceritakan pula oleh seorang influencer, maka kita bisa optimal menggunakan strategi ini. 

Ketiga, collaborative marketing juga bisa dikombinasikan dengan strategi ini. Dengan bantuan Chef Juna, burger Traffic Bun pun memiliki cita rasa yang menarik dan tidak kalah untuk dijual. Dan jangan lupa, Chef Juna pun seorang pesohor di Indonesia.

Gimana, Teman Belajar? Seru kan ulasan tentang Traffic Bun kali ini? Teman Belajar bisa juga loh cari tahu ulasan tentang digital marketing yang lain yang ada di website belajarlagi.id!

Kalau kamu ingin memperdalam ilmu digital marketing, yuk daftarkan diri kamu untuk bergabung di kelas-kelas digital marketing yang tersedia di BelajarlagiHQ! Sampai jumpa di kelas!