Tips Optimalisasi LinkedIn untuk Personal Branding

2 mins
Creative

Ternyata, user LinkedIn itu ada 22 juta lebih di Indonesia, tapi belum banyak yang berani bikin konten. Padahal kalau aktif bisa aja dapat offering dari perusahaan, jadi makin besar peluang dapat pekerjaan.

Pentingnya optimasi LinkedIn

Sebenarnya, platform LinkedIn bisa dioptimasi dengan berbagai cara dan tentu saja menambah professional networking yang relevan dengan keahlian atau bidang yang kamu minati. Dengan begitu, wawasanmu bisa bertambah sekaligus membangun jaringan yang lebih luas. Gunakan kesempatan tersebut untuk menggali informasi dan peluang menarik lainnya. 

Coba deh perhatikan tips ini biar LinkedIn kamu menarik, gak stuck gitu-gitu aja.

1. Captivating profile

Profile jadi fundamental penting di LinkedIn. Harus bener bener perhatiin aspek yang gampang di highlight kayak foto, headline, biodata dan lain sebagainya.

Sebisa mungkin jangan sampai mengosongkan biodata kamu ya, mulai dari pengalaman sampai pendidikan.

Jangan lupa, buat pake foto yang cakep dan formal. Pake foto yang murah senyum serta memberikan positive vibes ya.

Satu lagi, foto harus jelas jangan sampe nge-blur. Tips dari minjar kamu bisa pake ala-ala foto studio biar keliatan rapi sekaligus terlihat professional.

2. Keyword headline

Ini nih yang bikin kamu gampang banget dilihat sama HRD. Pastikan headline yang kamu pake mengandung keyword yg banyak dicari perusahaan.

Misalnya kamu punya skill ngonten, bisa pake keyword "content marketing" atau "content creator" dan lain-lain.

Keyword ga harus skill kok. Bisa cantumin headline sesuai pengalaman kerja sebelumnya. Misal "Web Developer ex. Unilever". Atau freshgrad juga bisa cantumin pernah pendidikan di mana.

Jangan pernah isi headline dengan kata-kata motivasi ya, karena tentu bikin kamu susah dicari HRD.

3. Active participant

Kalau udah punya LinkedIn, jangan dianggurin gitu aja. Pastiin kamu juga aktif minimal like atau komentar di postingan orang lain.

Makin bagus lagi kalau kamu aktif bikin konten. Misal update tentang pencapaianmu atau project yang sedang kamu kerjakan.

4. Connect with the right audience

Ada banyak konten kreator kece disana, rugi kalau kamu gak ambil ilmunya. Banyakin connect sama konten kreator yang sering ngasih ilmu insightful.

Banyak juga HR yang sering share info loker disana. So, pastikan kamu connect sama orang yang tepat ya.

5. Content creator

Linkedin juga cocok loh buat kamu yang mau jadi konten kreator. Platform ini ramah banget buat kamu yang baru memulai bikin konten.

Bahkan konten kamu bisa dilihat langsung sama recruiter, jadi makin besar peluang kamu dapat offering dari perusahaan.

Yuk mulai sekarang upgrade personal branding kamu, untuk menambah peluang dan kesempatan yg datang. Bisa mulai dari optimasi LinkedIn kamu dan jalani tips dari Minjar. Teman Belajar ada tips lainnya? 

Teman Belajar bisa menjelajahi ulasan studi kasus atau menambah insight menarik lainnya tentang pengembangan karier di bidang Digital Marketing di website Belajarlagi.id dan kanal X  @belajarlagiHQ, lho! Selamat membaca, ya!

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.