Swalayan Mirota di Jogja, Kok Rame Terus?

Marketing Theory
Sales

Kalo Jabodetabek punya TipTop/Hari-Hari, di Jogja ada Mirota (skrng namanya Manna Kampus) yg terkenal sebagai Swalayan yg antrenya nguler

Uniknya, Mirota ini awalnya usaha rumah makan yg punya akronim Minuman, Roti & Tart

Dimulai dari sejarahnya dulu ya.

Pas tahun 1980 ada rumah makan di Jogja dengan nama Mirota Nayan yg dimiliki Bapak Siswanto Hendro Sutikno. Mirota ini singkatan dari Minuman, Roti dan Tart

Seiring berjalannya waktu sekitar thn 1985 Pak Siswanto nambah usaha jualan alat tulis

Karena bisnisnya berkembang dgn baik, akhirnya Pak Siswanto memutuskan buat mengesahkan usaha ini dgn nama PT. Mirota Nayan

Toko buku & alat tulis mereka yg pertama ada di Jalan C Simanjuntak, deket UGM. Makanya tokonya dikasih nama Mirota Kampus, karena target marketnya anak2 kampus

Pas 2021 Mirota Kampus berubah nama jadi Manna Kampus, tujuannya buat memperluas area layanan jadi "Rumah Belanja", karena Mirota kan awalnya nama rumah makan

Tapi orang-orang udh lekat sama nama Mirota, jadi masih pada nyebut Mirota instead of Manna Kampus

Sama kaya pas analisis strategi marketing TipTop, Minjar bakal pake 4P Marketing Mix

Keunggulan Swalayan Mirota

swalayan mirota

Fyi analisis Minjar ini based on experience ya, Minjar sempet berkunjung langsung ke Manna Kampus di Jl C Simanjuntak pas ke Jogja akhir tahun kemarin. Lesgo kita bahas

1/ Product

Baru masuk udh keliatan parkir kendaraan yg rame dan pas ke dalem, luar biasa antrian kasirnya. Padahal dateng pas weekdays

Di lantai 1 terpampang produk makanan baik yg kemasan maupun yg fresh kaya sayuran, buah dan daging. Mereka juga ada private label Manna Bakery

Naik ke lantai 2, ada item fashion, kosmetik & ATK lengkap dan super murah menurut Minjar yg domisili di Jabodetabek

Di lantai 3 ada perlengkapan rumah tangga, tapi Minjar ga mampir

Di samping gedung Manna Kampus ada store khusus buat peralatan rumah tangga, karena ga muat kalo disatuin di Lt. 3

2/Price

Harga produk di sana beneran semurah itu ya, yg paling Minjar notice itu harga item fashionnya. Soalnya kalo di TipTop ga ada.

Baju & bawahan hijab friendly under 100K, segala model, bahan & ukuran ada lengkap pokonya.

Buat produk bakery mereka juga murah under 10K

Harga murahnya ini berhubungan erat sama target marketnya. Dari awal hadir target utama mereka adalah end user kaya mahasiswa dan IRT. Kemudian mereka juga nargetin ke reseller dan pedagang warung kecil, terakhir tergetnya ke trader (belanja partai besar)

Presentase alokasi produknya 75% untuk end user, reseller & pedagang kecil, 25% untuk trader

3/ Place

Nama Kampus sendiri bukan berarti tempat kuliah, tapi karena lokasi Manna Kampus ini yg deket sama kampus/tempat kuliah. Dan memang awalnya kan jualan ATK yg target marketnya Mahasiswa.

Sekarang udah ada  6 outlet Manna Kampus, 3 outlet Manna Kampus mini dan 1 outlet Manna Kampus Peralatan Rumah Tangga

4/ Promotion

Meski harga murah, mereka tetep nerapin banyak promo. Kaya promo murah tiap hari Jumat, promo mahasiswa dan yg paling gong adalah undian hadiah rumah setiap tahun

Cukup belanja 30K udh dapet kupon undian, kalo banyak belanjanya dikasih banyak kupon

Undian ini bukan gimmick, setiap tahun dari 2002 mereka ngumumin pake baliho pemenangnya, dan skrng pengumumannya lewat live sosmed

Btw, Mirota ini punya MT (Management Trainee), jadi semua promo dan strategi marketing memang diolah dan dipikirin supaya tetep fresh

Anw, ada lagi ga nih swalayan murah di kota kamu? Boleh share dong di kolom reply

Oiya, jangan lupa buat follow @belajarlagiHQ buat dapetin info seputar marketing, brand analasis dan personal development. See you di konten selanjutnya!

Temukan Hal Menarik dan Asyik Lainnya

Yuk, Langganan Newsletter Kami

Topik apa yang paling menarik untuk anda?
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Cookie Consent

By clicking “Accept”, you agree to the storing of cookies on your device to enhance site navigation, analyze site usage, and assist in our marketing efforts. View our Privacy Policy for more information.

Cookie preferences