Merespon Brand Viral Pakai Strategi Raw Unfiltered Marketing

2 mins read
Marketing Theory
Content

Teman Belajar, kalian kenal gak dengan Rahmat Okky Boy yang viral di media sosial beberapa waktu lalu? Rahmat "okky" boy ini viral di tiktok gara-gara tingkahnya yang lucu. Makin menarik karena dia selalu memakai baju yang bertuliskan “OKKY.”

Brand Okky Jelly Drink yang berada di bawah naungan perusahaan gede Garudafood dapet exposure yang disebut sebut namanya. Tapi, sayang brand gabisa manfaatin moment memaksimalkan campaign mereka. 

Ini adalah bentuk dari Raw Unfiltered Marketing. Lantas apa sih raw unfiltered marketing itu? Kita bahas bersama, ya!

Apa itu raw unfiltered marketing?

Unfiltered marketing merupakan strategi brand merespon sebuah peluang dengan jujur dan tanpa settingan. Brand harus bisa ngasih respon yang humanis agar mampu meningkatkan emotion & value terhadap konsumen nya.

Hasil pengamatan mengenai budaya dan teknologi yang dikenalkan oleh Stephen Denny dan Paul Leinberger ini dari hasil riset kualitatif selama 5 tahun tersebut bisa jadi strategi untuk mendapatkan kembali kepercayaan konsumen melalui ulasan-ulasan yang jujur dan relate dengan pengalaman audience

Alih-alih bikin campaign dengan cerita humanis yang powerful sebagai ciri khas unfiltered marketing, brand Okky justru kurang maksimal merespon kejadian tersebut. Mereka membuat campaign sayembara giveaway yang gabisa ngasih "tap in emotion" pada konsumennya. Seharusnya brand bisa bikin campaign berbau kemanusiaan sehingga bisa membentuk emosional kuat di benak konsumen.

Peluang ini justru dibaca dengan baik oleh Windah Basudara, content creator yang sukses galang dana sampe dapat lebih dari 300 juta dari livestream di youtube. Netizen sangat mengapresiasi langkah kemanusiaan yang baik ini.

Ini jadi pembelajaran buat brand bahwa mereka bisa memanfaatkan momentum kayak gini sebagai bentuk ekspresi kemanusiaan. Hal ini tentu menguntungkan berbagai pihak, termasuk brand yang akan dapat apresiasi dari konsumen mereka.

Teman Belajar bisa juga loh mengintip lebih banyak lagi ulasan mengenai digital marketing dan studi-studi kasus lainnya di website belajarlagi.id dan twitter @belajarlagiHQ

Kalau kamu ingin lebih intensif mempelajarinya lagi, yuk segera daftarkan diri kamu di kelas umum maupun kelas spesialisasi digital marketing di BelajarlagiHQ! Sampai jumpa di kelas!

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.