Strategi Kopi Kenangan Makin Siap Saingi Starbucks

2 mins read
Content
Marketing Theory

Kopi Kenangan makin keren aja nih. Mereka jadi kopi lokal yang makin siap saingi Starbucks setelah launching outlet pertamanya di luar negeri, Malaysia. Minjar coba analisis strategi Kopi Kenangan yang bikin brand ini makin sukses. 

Minjar mau coba analisis lewat indikator dari brand equity. Kita pelajari sama-sama, ya!

Brand equity atau ekuitas merek adalah sejumlah aset yang berhubungan dengan merek yang bisa menambah atau mengurangi nilai dari merek tersebut. Brand equity atau aset yang bisa membantu kita dalam menilai keefektifan mereka ini terbagi dalam lima kategori sebagai berikut; Connection, Awareness, Accesibility, Relevant & Value.

Untuk memudahkan dalam memahami konsep brand equity ini, mari kita ambil contoh Kopi Kenangan. 

1. Connection 

Kata kenangan yang identik bikin konsumen yang beli mengingatkan akan cinta & kenangan. Aset brand yang berupa nama produk juga menguatkan koneksi dengan konsumennya.

2. Awareness

Brand awareness bukanlah sesuatu yang datang tiba-tiba. Brand besar bisa menghabiskan budget iklan untuk ngenalin produknya diman-mana. Saat ini, popularitas Kopi Kenangan sebagai brand kopi lokal ga diragukan lagi. Value & inovasi nya selalu identik berbeda sama brand lain. 

3. Accesibility

Ekspansi outlet yang luas bikin jangkauan konsumen semakin dekat. Konsumen ga susah cari produknya di setiap pusat kota.

4. Relevant

Produk Kopi Kenangan fleksibel masuk di banyak segmen pasar. Produk mereka mudah diterima oleh anak muda maupun pecinta kopi. 

5. Value

Orang-orang marketing akan stuju kalau jauh lebih murah buat mempertahankan konsumen yang udah loyal dibandikan dengan cari konsumen baru. Brand yang udah nempel di otak pelanggan, ditambah dengan pelayanan yang oke bakal berumur panjang. 

Pelanggan bersedia membayar lebih buat brand yang udah melekah di hati mereka. Harga yang ditawarkan sebenernya ga terlalu pricey, meskipun masuk menengah atas. Tapi, ini sebanding sama kualitas & branding yang kuat.

Kita patut bangga dan mendukung Kopi Kenangan sebagai brand kopi lokal yang sukses, dong. Growth nya yang pesat ini membuat mereka berambisi menyaingi brand kopi dunia.

Teman Belajar bisa juga loh mengintip lebih banyak lagi ulasan mengenai digital marketing dan studi-studi kasus lainnya tentang psychology marketing di website belajarlagi.id dan twitter @belajarlagiHQ

Kalau kamu ingin lebih intensif mempelajarinya lagi, yuk segera daftarkan diri kamu di kelas umum maupun kelas spesialisasi digital marketing di BelajarlagiHQ! Sampai jumpa di kelas!

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.