Padahal dateng pas weekday & bukan pas payday juga, tapi antrean kasir di TipTop Supermarket tuh selalu nguler
Harga produk mereka bisa lebih murah karena pake konsep dagang ala Nabi yg cuma ambil untung 2-3%, ga heran sih kalo rame mulu. Sayangnya TipTop cuma ada di Jabodetabek
Minjar mau coba analisis strategi marketing TipTop pake 4P-Marketing Mix, yaitu taktik dari brand buat promote produknya di pasaran. Ada 4 elemen yg difokusin: Product, Price, Place & Promotion
Strategi ini dipake buat mudahin brand ngejangkau potential cust dgn berbagai riset
TipTop ini supermarket yg konsisten pake konsep islami di semua elemen marketingnya. Vibes storenya juga islami mulai dari salam di gate sampe dinyalain murrotal
Mereka punya komitmen untuk menjual produk yg halal & mencari suplier yg sudah bersertifikasi Halal MUI
Buat nentuin harga, TipTop pake Cost-Plus Pricing Method dgn formula:
BIAYA TOTAL+HARGA+MARGIN= HARGA JUAL
Mereka selalu ngelakuin update by system setiap 1 jam sekali buat mencegah kekeliruan harga produk di price tag dengan komputer
Harga yg ditetapin TipTop ini murah karena mereka memang punya segmentasi market masyarakat menengah ke bawah, kaya IRT & pedagang atau pengecer
Ini selaras sama visi misinya yg mau membantu masyarakat sekitar memenuhi kebutuhan, makanya TipTop ga ngambil untung besar
TipTop baru ada 8 cabang dgn 2 gudang buffer dan semuanya ada di Jabodetabek.
Untuk pemilihan tempatnya, mereka sengaja memilih membangun swalayan di lokasi yg rame tapi yg berdekatan dengan masyarakat menengah ke bawah. Jadi ga susah buat dijangkau target marketnya. TipTop juga pake konsep one stop shopping di mana customer bisa belanja semua kebutuhan dengan berbagai fasilitas, kaya:
- Food court
- Tempat Ibadah
- Arena bermain anak
- Parkir gratis yg luas
Semua fasilitas dihadirin supaya customer bisa makin nyaman belanja di sana.
Ga cuma ngandelin harga murah, TipTop juga ngasih banyak promo & benefit, diantaranya:
-Promo dari bank
-Member Loyalty Card
-Promo JSM (Jumat, Sabtu, Minggu)
Selain itu, mereka ngelakuin promosi lewat media sosial & website, supaya lebih deket sama generasi muda
Btw, tempat groceries shopping favorit kamu di mana nih? Punya rekomendasi swalayan murah juga ga?