Skill Problem Solving untuk Kerja atau Bisnis

2 mins
Content

Di dunia yang semakin kompleks dengan berbagai macam masalah, skill problem solving jadi salah satu keterampilan yang penting banget buat individu maupun leader dalam menyelesaikan masalah, lho, Teman Belajar! 

Kenapa skill problem solving penting buat di kerjaan?

Skill problem solving di tempat kerja

Kalau di tempat kerja, kemampuan pemecahan masalah ini merujuk pada proses menghilangkan atau mengurangi hambatan yang menghalangi kita buat mencapai tujuan. Bentukan problem solving bisa bermacam-macam, misalnya menangani komplain dari pelanggan, bisa juga berupa penyelesaian masalah jika terjadi kendala teknis lainnya. Meskipun kerap kali dikesampingkan, namun skill problem solving ini bisa menunjang pengambilan keputusan strategis yang lebih komprehensif.

Ada beberapa strategi yang bisa kamu pakai dalam memecahkan sebuah masalah yang bisa Teman Belajar biasakan, simak di bawah ini!

1. Trial and error

Biasanya, strategi paling sederhana ketika menghadapi masalah, yaitu coba-coba. Dari semua solusi yang dimiliki, mencoba semua solusi mana yang tepat buat masalah tersebut. Kalau Teman Belajar merupakan tipikal orang yang senang bermain probabilitas, solusi singkat ini bisa kalian coba. 

Strategi ini memang seringkali dipakai karena kurang pengetahuan dan pengalaman. Tapi ketika berhasil, temuan atau hasilnya bisa menambah insight baru buat kamu.

2. Heuristics

Heuristik adalah strategi problem solving melalui perkiraan dengan cepat. Cara ini dilakukan dengan menghitung perkiraan, solusi yang dianggap mampu menyelesaikan masalah.

Misal nih, kamu bingung nentuin jumlah peserta meeting. Kamu bisa mulai dengan memperkirakan sesuai data yang telah ada sebelumnya.

3. Good instincts

Kalau heuristics bisa menyelesaikan masalah dengan prakiraan berdasarkan data, insting adalah kebalikannya.

Kondisi dimana kamu menyelesaikan masalah lewat insting atau perasaan (kata hati) yang dirasa menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah.

4. Working backward

Cara ini dilakukan dengan memperhatikan step by step sebelum masalah itu muncul. Kamu bisa mencoba memperhatikan apa ada yang salah pada perlakukan sebelumnya?

Contoh kecilnya bisa seperti ketika hasil coding error, kita bisa koreksi rumus/codingan sebelumnya apakah ada yang bermasalah.

Selain itu, pengalaman sangat mendukung keberhasilan strategi yang kamu terapkan buat selesaikan masalah.

Ohiya, buat kamu yang mau belajar lebih mengenai riset market ataupun branding, kamu bisa ikuti bootcamp Full Stack Digital Marketing, lho!  Info selengkapnya bisa kamu pantau di website Belajarlagi.id dan kanal X  @belajarlagiHQ, ya!

Jadilah yang pertama tahu

Langganan Newsletter Kami

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.