Rahasia Wardah Jadi Salah Satu Brand Kosmetik yang Mendunia

2 mins read
Ads
Marketing Theory
Sales

Teman Belajar, set kosmetik merupakan set penunjang bagi kita yang ingin menjaga penampilan dan mempercantik diri. Bicara soal kosmetik, brand-brand kosmetik lokal kita sekarang semakin menjamur dan tak kalah saing dengan brand luar negeri, lho Teman Belajar!

Salah satu brand kosmetik lokal kebanggaan dalam negeri karena mendunia adalah Wardah. Wardah merupakan salah satu brand kosmetik halal terbesar di dunia dan tetap eksis di Indonesia meski bersaing dengan brand luar ternama seperti Loreal, Maybelline, dan lain-lain.

Lalu, kira-kira apa ya yang menyebabkan Wardah bisa sangat digandrungi oleh banyak konsumen hingga membuat brand tersebut mendunia? Ternyata, salah satu kekuatannya adalah strategi marketing Wardah yang patut dipelajari.

Dengan itu, Wardah bisa membawa diri dari bisnis rumahan menjadi sebuah brand yang terkenal di mana-mana. Terus, kira-kira apa ya yang khas dari strategi marketingnya? Yuk, kita bahas!

1. Brand Positioning yang kuat

Brand kosmetik Wardah sangat kuat memposisikan diri sebagai kosmetik halal. Wardah sendiri adalah brand kosmetik pertama yg dapat label halal dari MUI. Langkah ini disambut baik masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim. Dari momentum ini, secara tak langsung, Wardah memunculkan positioning halal yang kuat pada brand Wardah. Brand positioning itu pun tetap bertahan hingga saat ini. 

2. Menggunakan strategi sub-brand

Agar tetap survive atau bertahan dari gempuran kosmetik luar, Wardah sadar mereka tak bisa cuma mengandalkan 1 lini produk saja. Hal itu membuat mereka pada akhirnya mengeluarkan beberapa sub-brand dengan target pasar yang berbeda-beda. Tiga sub-brand yang dimiliki Wardah adalah Wardah, Emina, dan Make Over. Sub-brand Wardah sendiri menyasar target pasar menengah ke bawah, sub-brand Emina menyasar target pasar remaja, dan sub-brand Make Over menyasar ke target pasar high class atau menengah ke atas. 

3. Terus melakukan inovasi

Melakukan inovasi dengan mengikuti zaman adalah salah satu cara untuk tetap bertahan dalam gempuran produk dan brand yang terus bermunculan. Wardah berinovasi dengan terus membuat produk baru mengikuti trend kosmetik yang ada. Wujud dari inovasi itu adalah jenis produk kosmetik Wardah yang saat ini telah lebih dari 1000 jenis. Banyak banget ya, Teman Belajar! 

4. Dekat dengan konsumen melalui CSR

Brand Wardah memanfaatkan program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mendekatkan diri dengan konsumennya. Beberapa kegiatan semasa pandemi, dimanfaatkan oleh Wardah untuk menyalurkan bantuan ekonomi dan kesehatan.

Salah satu contohnya adalah campaign #/SelaluAdaBahagia yang dicanangkan oleh brand kosmetik ini. Campaign ini merupakan campaign mengenai Ramadhan saat pandemi yang sangat relate dengan banyak orang di masa tersebut. Wardah menyalurkan kebutuhan ramadhan ke masjid, ruang publik, dan lain-lain, saat campaign ini berlangsung.

Nah, itu tadi adalah beberapa strategi marketing yang dilakukan oleh brand Wardah hingga membuat mereka mendunia. Kira-kira, apa lagi ya strategi yang diterapkan Wardah agar tetap bisa bertahan sampai saat ini?

Teman Belajar masih bisa berdiskusi dan pantengin insight-insight baru tentang Digital Marketing melalui website Belajarlagi.id dan Twitter @BelajarlagiHQ ya! Jika kamu ingin belajar banyak tentang Digital Marketing, kamu juga bisa mendaftarkan diri di beberapa kelas Digital Marketing yang tersedia di BelajarlagiHQ. Yuks, gabung bareng kami!